Ini Yang Bisa Kamu Lakukan Dikala Di Gunung Pancar

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”2481″
data-slug=””>

3.4
/
5
(
49

votes

)

Lokasi: Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810

Maps: Klik Disini

HTM: Hari Biasa Rp.5.000, Akhir Pekan dan Libur Nasional Rp.7.500, Pemandian Air Panas Rp.25.000

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon: 021 3665949 dan 0812 1344 6514

Berlibur ke pegunungan tentu saja menjadi salah satu hal yang cukup menyenangkan. Apalagi memang keindahan alam di daerah pegunungan menjadi salah satu daya tarik yang mampu menenangkan hati.

Suasana yang masih asri dan juga alami memang menjadi salah satu pesona yang ditawarkan oleh tempat wisata alam ini kepada para wisatawan.

Daerah pegunungan menjadi salah satu kawasan wisata yang siap memanjakan para wisatawan. Tentu saja sekarang ini area pegunungan sudah menjadi incaran bagi para wisatawan yang ingin berlibur.

Apalagi keindahan alam menjadi salah satu alasan untuk berkunjung sembari mengabadikan momen menarik era berada di sekitar pegunungan.

gambar by @imeldazefanya

Mengenal Gunung Pancar

Salah satu kawasan wisata alam yang cukup dikenal dan juga menjadi incaran para wisatawan ialah objek wisata Gunung Pancar. Di kawasan wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di sekitar tempat Sentul, Kabupaten Bogor.

Dan sudah menjadi belakang layar umum bahwa Gunung Pancar ini menjadi salah satu destinasi yang sangat favorit bagi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada banyak penikmat perjalanan terutama yang berasal dari Jakarta dan Bogor yang ingin menikmati keindahan serta pesona yang ditawarkan oleh Gunung Pancar ini.

Menjajal Kuliner Nusantara: Jajan Enak yang Patut Dicoba di Pasar Ah Poong Sentul

Tentu saja tempat wisata Gunung Pancar ini menjadi salah satu alternatif bagi para wisatawan yang cukup lelah dengan rutinitas dan juga hiruk-pikuk kota, terutama kota Jakarta.

Jika sedang tidak ada acara terutama saat tamat pekan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu kawasan wisata alam di Bogor yang satu ini.

photo by @anavalizaatmadja

Selain memperlihatkan keindahan alam dan pesona pegunungan yang masih asri, di sini para wisatawan juga mampu mendapatkan banyak hal. Salah satunya dengan mandi air panas yang mampu menyehatkan dan menyegarkan badan.

Wisata Gunung Pancar ini memang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat lengkap dan juga menarik. Perpaduan area tempat pemandian air panas dan juga kemegahan alamnya, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Selain itu di sini juga terdapat aktifitas yang tentu saja mampu memudahkan para wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya.

Kawasan wisata Gunung Pancar ini sendiri berada di ketinggian 300 – 800 meter di atas permukaan bahari. Sementara untuk kemiringannya sendiri sekitar 15 – 40%.

Untuk menuju ke tempat wisata ini para wisatawan mampu menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum guna menuju ke pegunungan ini. Di Gunung Pancar ini sendiri terdapat vegetasi dari hutan alam dataran rendah dan juga hutan tanaman serta adanya semak belukar.

Prewed, foto by @padamoto

Suhu dan Vegetasi

Gunung Pancar ini menunjukkan sesuatu yang cukup menarik kepada para wisatawan. Di gunung ini sendiri memiliki udara dan juga suhu yang sangat sejuk dengan tambahan pemandangan alam yang masih asri dan sangat kental pepohonan rindang di sekitarnya.

Suhu udara di sekitar tempat wisata Gunung Pancar ini memang tidak terlalu acuh taacuh. Akan tetapi masih segar. Di siang hari Gunung Pancar ini memiliki suhu sekitar 24 derajat Celcius. Cukup dingin untuk menikmati tidur atau bersantai di area outdoor.

Sementara di siang hari justru sedikit lebih panas. Bisa mencapai 33 derajat Celcius. Meski begitu dengan banyaknya pepohonan rindang, membuat suhu tidak terlalu terik. Pasalnya tertutup dengan rindangnya pepohonan di sekitar Gunung ini.

Baca Juga: 40 Tempat Makan di Bogor Yang Enak dan Murah

Daerah Jawa Barat memang sudah sangat populer dengan aneka kawasan wisata alam y ang mempesona. Di sini terdapat tempat pemandian air panas seperti Walini Ciwidey, Ciater, dan juga Cipanas hingga Garut.

Dan Gunung Pancar menjadi salah satu aspek yang mendukung dunia pariwisata Jawa Barat yang siap memanjakan para wisatawan. Tentu saja hal ini membuat para wisatawan menjadi lebih betah berada di sekitar daerah wisata alam ini.

poto by @anavalizaatmadja

Di tempat wisata Gunung Pancar, seperti yang disebutkan memiliki pepohonan rindang di sekitarnya. Untuk vegetasinya, Gunung Pancar mempunyai pepohonan yang cukup variatif. Di sini para wisatawan bisa melihat pohon pinus, Rasamala, Puspa sampai Rotan.

Selain itu terdapat flora Jamuju, Saninten dan beberapa vegetasi lain yang membuat tempat wisata alam ini lebih rindang. Kawasan wisata alam yang berada di daerah Bogor ini ternyata mempunyai binatang yang hidup bebas di sekitar ini.

Tidak perlu heran jika sedang mendaki atau berada di sekitar Gunung Pancar ini, para wisatawan bisa menemui atau melihat kera, owa, babi hutan sampai jelarang. Yang paling banyak ditemui di sini yaitu aneka jenis burung.

Di Gunung Pancar ini terdapat kutilang, ayam hutan merah, jalak dan juga habitat elang yang dipelihara dan dilindungi di sekitar kawasan wisata ini.

Keindahan dan eksotisme Hutan Pinus. Foto: initempatwisata.com

Cerita Misteri

Ternyata daerah wisata Gunung Pancar ini memiliki cerita dan legenda tersendiri. Oleh masyarakat lokal, Gunung Pancar ini memang dipercaya sebagai pondasi bumi yang sangat utama. Pasalnya gunung ini dipercaya sebagai gunung yang pertama kali ada di pulau Jawa.

Banyak yang percaya saat bumi diciptakan, saat itu bumi masih rata dengan tanah dan belum ada pegunungan dan juga gunung. Dengan tidak adanya gunung tersebut, di bumi masa itu kerap terjadi gempa yang membuat bumi tidak stabil.

Liburan di Bogor: Nikmati 9 Wahana Permainan di Jungle Fest

Masyarakat setempat percaya bahwa ketika keadaan bumi yang tidak stabil akhir gempa, kesudahannya diciptakanlah gunung yang berfungsi sebagai pondasi atau pasak sehingga bumi bisa lebih hening dan juga tidak terjadi gempa.

Dan Gunung Pancar ini dipercaya sebagai gunung yang pertama kali dibentuk. Oleh karena itu gunung ini berjulukan Gunung Pancar. Arti dari Pancar sendiri yaitu “Muncul Pertama Kali.”

Letak dan juga lokasi dari Gunung Pancar ini berada di Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jalur sepeda di Gunung Pancar. Foto: initempatwisata.com

Harga Tiket Masuk

Jika tertarik untuk memasuki daerah wisata Gunung Pancar ini, para wisatawan tentu saja harus membayar tiket. Untuk masuk ke pegunungan ini, diperlakukan harga tiket masuk ke daerah wisata Gunung Pancar di Bogor ini sekitar 2 ribu untuk 1 orang.

Sementara jikalau para pengunjung membawa kendaraan sendiri, cukup membayar parkir kendaraan. Untuk tiket parkir, bagi yang membawa kendaraan beroda empat atau kendaraan roda 4 dikenakan biaya sebesar 1.500. Sedangkan untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya sebesar 1.000.

Hari ini Ulang Tahun? Jika iya, Bisa Gratis Tiket Masuk di The Jungle Waterpark Bogor

Gunung Pancar ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam di Bogor. Kawasan wisata Gunung Pancar tentu saja sudah siap memberikan kemegahan serta eksotisme panorama serta pemandangan yang alami dan juga hutan lindung yang menyajikan keindahan jejeran pepohonan pinus.

Tentu saja tampilan serta pemandangan yang ditawarkan oleh Gunung Pancar ini sangat menawan dan juga memberikan keunikan tersendiri. Yang menarik yaitu di sini para pengunjung mampu mendengar suara hewan-binatang yang hidup di sekitar hutan lindung. Apalagi suara burung kutilang yang saling bersahut-sahutan di sekitar area hutan tersebut.

Di kawasan wisata Gunung Pancar ini para wisatawan juga mampu melihat wisata budaya yang ada di sekitar masyarakat lokal yang hidup di kaki Gunung Pancar. Di sini para pengunjung bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat setempat untuk menghormati dan juga menjaga kelestarian dari Gunung Pancar tersebut.

Wisata budaya yang mampu dilakukan di kawasan wisata ini mampu juga berziarah ke makam keramat yang terdapat di daerah wisata Gunung Pancar ini. Di area puncak, para pengunjung mampu melihat makam-makam keramat yang sudah ada semenjak jaman dulu.

Di sini terdapat nama tokoh yang dimakamkan di daerah wisata Gunung Pancar. Para pengunjung bisa berziarah ke makam Raden Lawulung, Ki Mas Bungsu dan juga H Dalem Putih serta Raden Surya Kencana sampai Kalijaga.

Selain itu ada beberapa tokoh lokal yang dimakamkan di sini. Di ketika-dikala tertentu, di area ini kerap digelar pertunjukkan seni dan upacara keagamaan.

Rute Jalur Hiking. Foto: lovelybogor.com

Aktifitas

Selain menikmati keindahan objek wisata Gunung Pancar dan juga mendengar aneka kicauan burung, ada banyak sisi menarik yang mampu dilakukan oleh para wisatawan. Di sini para wisatawan mampu melaksanakan aktivitas bersepeda. Terutama sepeda gunung.

Pasalnya jalur menuju ke kawasan pendakian di Gunung Pancar ini memang tidak terlalu mulus. Tentu saja bagi yang gemar bersepeda, jalur di Gunung Pancar ini bisa memuaskan hasrat. Apalagi suasana dan panorama di sini memang sangat menyenangkan.

Main Air? Marcopolo Adventure Serpong Bogor, Water Park Pertama di Atas Gedung

Selain bersepeda, para wisatawan juga mampu melakukan joging. Di sini jalur joging memang tidak terlalu mulus mirip di stadion atau di taman-taman. Akan tetapi dengan adanya hutan pinus di Gunung Pancar ini, tentu saja acara joging para wisatawan bisa lebih menyenangkan sembari menikmati pemandangan di sepanjang hutan pinus ini.

Sisi menarik lain yang ada di kawasan wisata Gunung Pancar ini adalah saat hiking para wisatawan bisa melihat keindahan alam di sekitar hutan lindung. Apalagi jalur hiking di sini sudah cukup lezat dan tidak terlalu terjal. Sehingga bagi para pemula tidak terlalu berat berhiking di tempat wisata ini.

Di daerah wisata ini juga sudah tersedia kuda yang tentu saja mampu dipakai para wisatawan untuk berkeliling di sekitar area hutan pinus. Tidak perlu khawatir dengan harga. Pasalnya harga sewa untuk kuda tersebut cukup murah. Sembari berkuda para wisatawan mampu menikmati eksotisme dan romantisme yang ditawarkan oleh tempat wisata alam ini.

Di tempat wisata alam Gunung Pancar ini para wisatawan juga bisa melihat lapangan tenis yang tersedia di sini. Bagi yang gemar berolahraga, mampu mencoba bermain tenis di sini. Tentu saja bermain tenis dengan latar belakang pemandangan alam di sekitar kawasan wisata alam ini sangat menyenangkan.

Dulu daerah ini hanya populer dengan hutan pinusnya aja. Tapi kini Gunung Pancar punya banyak spot kece buat foto, Gunung dengan hutan pinus eksotis ini memang udah populer jadi destinasi wisata. Gambar by @bogorkotahijau

Sementara salah satu aktivitas yang sangat populer dan juga menjadi incaran para wisatawan ialah mandi di daerah pemandian air panas Gunung Pancar. Tentu saja menjadi salah satu aktifitas yang cukup menyenangkan.

Sembari bersantai, menikmati dan mengamati pemandangan hutan pinus dan pegunungan di sekitar area tempat pemandian tersebut. Untuk masuk ke daerah pemandian, para wisatawan mampu membayar sekitar Rp 10 ribu per orang. Tidak perlu khawatir bagi para wanita yang berhijab. Pasalnya area pemandian dibagi dua dan terpisah.

Yang menciptakan daerah pemandian air panas ini cukup diincar para wisatawan yakni sumber mata air panas di Gunung Pancar ini sangat alami dan juga eksklusif diambil dari pegunungan. Sumber mata air ini dialirkan melalui pancuran yang langsung masuk ke dalam bak.

Dan banyak para wisatawan yang percaya bahwa dengan mandi di pemandian air panas di Gunung Pancar ini memiliki khasiat guna menghilangkan pegal-pegal dan juga membuat badan lebih segar dan fresh. Air panas ini juga memiliki kandungan sulfur dan mineral yang dipercaya bisa digunakan untuk terapi otot.

Area Camping dan Makan di Hutan Pinus. Foto: piknikasik.com

Aktifitas lain yang mampu dilakukan oleh para wisatawan adalah dengan hunting foto. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa daerah wisata Gunung Pancar ini menyajikan keindahan alam dan juga pesona hutan pinus yang istimewa dan eksotis.

Tidak jarang di depan pintu masuk daerah Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini, para wisatawan akan ditagih tiket untuk foto. Biasanya dikenakan biaya sebesar 20 ribu saja untuk berfoto di sini.

Tidak terlalu mahal jikalau dibandingkan dengan keindahan dan pesona yang didapatkan abad mengunjungi kawasan wisata alam ini. Mulai dari pintu masuk para wisatawan sudah mampu mencicipi sensasi hutan yang ridang.

Setelah memasuki area Gunung Pancar ini para wisatawan sudah ditawarkan keindahan hutan pohon pinus yang mempesona. Area yang berjulukan Pine Forest ini tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan.

Tidak jarang para pengunjung akan bertemu dengan pengunjung lain yang sedang melakukan aktivitas hunting foto dan juga foto pre-wed yang kerap dilakukan di sini. Selain itu foto-foto observasi burung juga biasa dilakukan di sini.

Cukup wajar mengingat banyak habitat kutilang dan elang yang berseliweran terbang di sekitar hutan pinus. Pine Forest ini memang sangat seperti dengan hutan pinus di Imogiri. Disarakan jikalau ingin mengunjungi hutan ini, semenjak pagi hari sudah berada di Gunung Pancar. Pasalnya keindahan sunrise dan kabut pagi menjadi salah satu daya tariknya.

Selain hunting foto, para wisatawan juga mampu camping atau berkemah di sekitar area Gunung Pancar dan hutan Pinus. Tentu saja area hutan pinus ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di malam hari.

Apalagi bagi yang gemar berada di alam bebas. Terutama yang gemar berpetualang. Sayangnya perlengkapan untuk kemah tidak terlalu lengkap. Sehingga para wisatawan harus membawa sendiri perlengkapan kemah tersebut.

Para pengunjung mampu memilih sendiri area camping yang diinginkan. Bisa menentukan lokasi yang sedikit nyempil atau jauh dari area camping. Biasanya dipilih untuk menyendiri dan bebas dari gangguan.

Sementara bagi yang ingin beramai-ramai, bisa memilih lokasi yang letaknya berdekatan dengan jalan raya. Bisa juga menentukan di area hutan yang sedikit lebih ke dalam. Hal ini biasanya dipilih para pecinta alam.

Akan tetapi harap berhati-hati dengan hewan yang sering berlalu lalang di malam hari. Gunung Pancar memang sangat pas bagi para wisatawan yang ingin menikmati alam bebas tanpa kendala.

Selain camping, para wisatawan juga mampu mencoba untuk glamping. Glamping ini sangat pas buat para pengunjung yang mempunyai duit banyak dan ingin mencoba menikmati berkemah di hutan pinus.

Selain itu glamping juga bisa menjadi salah satu pilihan yang pas bagi para wisatawan yang belum pernah berkemah dan ingin mencoba sensasi berkemah. Glamping sendiri merupakan kepanjangan dari Glamorous Camping atau camping yang mewah dan menyenangkan.

Di sini para wisatawan bisa menerima daerah camping yang sudah terdapat aneka akomodasi dan juga semua hal yang cukup mewah di dalamnya. Para pengunjung hanya cukup membawa diri dan pribadi berkemah di salah satu tenda yang sudah disediakan di kawasan atau area Glamping Gunung Pancar.

Spot foto favorit. Gambar: pegipegi.com

Hotel Atau Penginapan

Jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, para wisatawan mampu memilih penginapan yang banyak tersebar di sekitar kawasan tersebut. Ada beberapa hotel yang sangat akrab dengan Gunung Pancar.

Mulai dari Hotel Neo Green Savana Sentul City, RUKUN Senior Living Residence dan juga HARRIS Hotel Sentul City Bogor yang bisa diakses dengan mudah. Hanya berjarak 4 – 6 km dari Gunung Pancar. Apalagi sekarang ini banyak situs hotel yang semakin memudahkan para wisatawan.

Pesona Hutan Pinus. Foto: hellobogor.com

Rute Ke Lokasi Naik Motor

Untuk menuju ke tempat wisata Gunung Pancar ini, ada beberapa rute perjalanan yang tentu saja bisa di tempuh dengan gampang.

Rute menuju ke kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini bisa diakses baik dari Bandung, Jakarta dan juga mampu diakses dari pusat kota Bogor. Jika berangkat dari Jakarta, perjalanan menuju ke tempat wisata Gunung Pancar ini mampu menempuh jarak sekitar kurang lebih 45 km.

Jika para wisatawan ini berangkat dari Jakarta, bisa menuju ke kawasan Cawang di Jakarta yang dilanjutkan untuk menuju ke tol Jagorawi atau masuk ke jalan tol yang menuju ke arah Bogor.

Dari arah tol Jagorawi, perjalanan dilanjutkan menuju ke pintu masuk tol Sentul City. Dari pintu tol ini ambil jalur sebelah kanan yang menuju ke arah jalan Sentul Raya.

Perjalanan ini menempuh jarak kurang lebih sekitar 8 km. Di sini para wisatawan bisa menemukan bundaran yang mempunyai bentuk hanya setengah. Dari sini ambil jalur yang ke arah kiri.

Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan menempuh jarak sekitar 600 meter yang bergerak ke arah kanan. Perjalanan lalu dilanjutkan menuju ke kawasan Babakan Madang.

Dari sini para wisatawan tinggal mengikuti petunjuk arah yang menuju ke Jln. Sumur Batu. Dari jalan Sumur Batu ini para wisatawan bisa menemukan jalan Uli dan masuk ke jalan tersebut hingga bertemu dengan jalan Air Panas.

Sementara jikalau berangkat dari arah Depok menuju ke Gunung Pancar, para wisatawan bisa menuju ke jalan Raya Bogor yang menuju ke arah Cibinong. Lurus ikuti jalan utama sampai nanti bertemu dengan lampu merah pemda Bogor. Dari sini tetap ikuti jalur utama, lurus sampai bertemu dengan lampu merah perempatan Jl. Alternatif Sentul.

Dari jalan Alternatif Sentul tersebut para wisatawan bisa menuju ke arah kiri yang akan mengantarkan ke arah Jl. Alternatif Sentul selanjutnya. Dari sini lurus saja mengikuti jalur utama sampai 4KM dan akan melewati Terowongan.

Dari sini belok kiri yang menuju ke arah arah tol Jagorawi. Akan tetapi jangan masuk ke pintu tol. Melainkan eksklusif berbelok ke kanan yang akan mengarah ke jalan Sentul Raya.

Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju ke jalan Babakan Madang dan mengikuti jalur utama. Setelah itu bertemu dengan pertigaan dan ambil ke arah kiri. Dan jalan lurus sekitar 1 km dan bertemu dengan pertigaan. Setelah itu lurus sampai bertemu dengan jalan raya Gunung Pancar.

Ikuti jalan utama sampai menemukan perempatan Jungle land. Tidak perlu berbelok, terus lurus mengikuti jalan utama hingga nanti bertemu dengan pertigaan.

Di pertigaan ini sudah terdapat papan petunjuk dan juga tulisan belok kanan yang menuju ke arah pemandian Air Panas Gunung Pancar. Aplikasi Google Map juga sudah cukup membantu para wisatawan.

Sunrise di Hutan Pinus. Foto: klikhotel.com

Tips Berlibur

Jika para wisatawan ingin berlibur ke kawasan Taman Wisata Gunung Pancar ini, disarankan untuk membawa perlengkapan yang memperlihatkan kenyamanan. Salah satunya sepatu. Pasalnya jalur di Gunung Pancar ini tidak terlalu halus.

Masih banyak jalan tanah dan bebatuan yang ditemukan di sini. Apalagi bila hendak hiking atau joging dan bersepeda. Perlengkapan yang dibawa harus komplit dan aman. Terutama hiking dan sepeda.

Persiapkan peralatan seperti helm dan juga alat safety lainnya. Jika ingin berkemah, semua perlengkapan kemah mirip sleeping bag dan lampu juga harus dipersiapkan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni