Ismed Sofyan dan Pemain Persija Lain yang Siap Berkarir Jadi Pelatih

Berita Liga 1 Indonesia: Besarnya kecintaan terhadap dunia si kulit bundar membuat banyak mantan pesepak bola yang memutuskan untuk berkrir sebagai pelatih. Sebagian besar diantaranya sudah mulai mempersiapkan karir kepelatihannya ketika masih aktif sebagai pemain, seperti yang dilakukan Ismed Sofyan dan beberapa pemain Persija Jakarta lainnya.

Bersama dengan Maman Abdurrahman, Ismed memang jadi pemain paling pertama yang mengambil lisensi kepelatihan. Pasangan lini belakang di timnas Indonesia era 2000 hingga 2010 ini telah mengantongi lisensi B AFC pada tahun lalu.

Baik Ismed Sofyan ataupun Maman memang memiliki karakter yang pantas untuk menjadi pelatih suatu saat nanti. Kedua pemain ini memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi yang bisa diaplikasikan saat melatih. Mereka juga berpengalaman menjadi kapten di level klub ataupun timnas.

Selain keduanya, tahun ini beberapa pemain mengikuti jejaknya. Otavio Dutra dan Tony Sucipto mengambil lisensi kepelatihan C AFC yang diselenggarakan PSSI pada awal November. Dutra bahkan langsung mencicipi menjadi pelatih dengan membantu latihan di Persija Soccer School.

Menurut pemain naturalisai itu, langkah tersebu diambilnya untuk mempersiapkan bekal saat pensiun nanti. Selain itu, Ia juga memanfaatkan waktu libur latihan sementara dengan hal yang positif.

“Saya tetap fokus bermain namun saya juga harus mempersiapkan segala hal. Setelah ini jika ada kesempatan saya akan mengambil lisensi B. Mungkin juga bisa saya belajar kepelatihan di Brasil,” tutur Dutra.

Langkah yang diambil para penggawa senior Persija Jakarta ini akan berdampak positif bagi individu dan Macan Kemayoran. Pasalnya, dengan pengalaman dan ilmu yang mereka miliki, dapat ditularkan ke pemain muda yang kini cukup banyak menghuni skuat tim ibu kota.

Artikel Tag: ismed, persija jakarta, maman

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni