Jalan Masuk Menuju Curug Tilu

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6696″
data-slug=””>

4.7
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41116

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp.5.000 per Orang

Jam Operasional: 06.30 – 16.00 WIB

Nomor Telepon: 0857 2407 7277

Berlibur Kemana

Untuk para pecinta alam yang sedang bingung akan pergi berlibur kemana, kami akan merekomendasikan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Purwakarta ini. Kamu mampu menikmati keindahan alam dimana ketika akan menghabiskan liburan.

foto by instagram.com/rainaldier

Salah satu tempat wisata tersebut adalah Curug Tilu. Ya, kau tidak perlu mewaspadai lagi bagaimana keindahan yang disajikan oleh wisata ini. Akses menuju daerah wisata ini juga sangat mudah dilalui.

Untuk artikel kali ini kami akan review ihwal Curug Tilu lengkap dengan misteri, sejarah dan mitos yang ada. Makara sebelum menetapkan untuk pergi ke sini lebih baik membaca dulu beberapa penjelasan dari kami bahkan lengkap dengan gosip harga tiket masuk.

Keindahan Potensi

foto by instagram.com/ezriil_

Purwakarta memang dikenal dengan penghasil listrik yang baik yakni di Waduk Jatiluhur. Tetapi di kota ini tentu saja memiliki berbagai destinasi wisata yang patut untuk didatangi. Seperti Curug Tilu yang akan menjadi pembahasan artikel kita kali ini.

Tempat wisata ini memang terbilang sebagai wisata baru bagi warga Purwakarta. Ini terlihat dari saluran jalan menuju CUrug Tilu masih terbilang butuh perjuangan. Tetapi ini merupakan salah satu cerita seru dikala berlibur loh, jadi dibuat kalem saja ya.

Secara resmi Curug Tilu ini baru dibuka untuk umum tepatnya pada tahun 2016 lalu. Karena antusias pengunjung yang tiba ke sini semakin banyak maka dari itu tempat wisata ini dikelola secara resmi oleh pemerintah daerah setempat.

foto by instagram.com/explorepurwakarta

Dalam bahasa Sunda Curug mempunyai arti gerojokan atau waterfall dalam bahasa Inggris. Sedangkan Tilu mempunyai arti Telu atau tiga. Konon katanya di kawasan ini terdapat gerojokan dengan tiga jenis. Tetapi sering berjalan waktu tiga jenis gerojokan ini sudah hilang karena makin banyak tumbuhan dan bebatuan di sini.

Pengunjung yang tiba ke sini tak hanya muda mudi saja. Orang tua dan bawah umur juga banyak yang tiba. Ini disebabkan alasannya banyak sekali pengunjung dikala datang menghabiskan waktu dengan berendam atau berenang di air terjun.

foto by instagram.com/prawiraningrat

Selain dikenal dengan wisata airnya, di sini tak sedikit juga wisatawan yang datang untuk bermain outbond. Kegiatan ini memungkinkan sekali mengingat akses menuju air terjunnya masih banyak sekali watu-batuan. Memang penuh perjuangan dikala kau melakukan perjalanan darat.

Untuk pengunjung apabila tidak mampu berenang tetapi ingin mencicipi sensasi segarnya air terjun tak perlu khawatir. Di sini sudah disediakan kawasan untuk menyewa pelampung. Harga sewa pelampung ini sendiri yaitu 5 ribu rupiah. Cukup murah bukan.

Selain itu, pengunjung bisa mencicipi sensasi melompat dari atas gerojokan yang bila diukur ialah mempunyai ketinggian sekitar 3 meter. Ini mampu jadi pengalaman baru yang tak akan terlupakan ya buat kamu.

foto by instagram.com/dhaly_baladewa

Istilah lain dari melompat di jeram ini ialah Clifjumping. Tak perlu khawatir karena bak yang ada di bawah riam ini sangat dalam ialah sekitar 2 meter.

Tentu saja dikala datang ke sini jangan lupa untuk membawa kamera ya. Ambil lah gambar atau foto sebanyak mungkin di setiap aktivitas yang kamu lakukan di Curug Tilu ini. Setelah itu jangan lupa untuk post di media sosial seperti Instagram, Facebook atau lainnya.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/rudyhartono_id

Untuk rute menuju kawasan wisata ini sangat mudah untuk ditemukan. Jika kamu ingin bertanya pada seseorang atau warga setempat maka bisa saja tanya lokasi jembatan merah. Semua warga setempat niscaya mengetahui dimana jembatan merah yang dimaksud.

Jembatan ini ialah satu-satunya jalan penghubung untuk mampu hingga ke Kecamatan Sukasari. Kecamatan ini yakni lokasi dimana Curug Tilu dan Gunung Beleud ini berada. Itu artinya dikala akan menuju jeram tilu kau hanya mampu melewati jembatan merah tersebut.

foto by instagram.com/herulakbar21

Jalan yang dilalui juga sangat mudah, adalah kamu hanya tinggal mengikuti arah. Lurus saja sebab jalan satu-satunya memang tidak berbelok-belok/ tidak ada lagi pilihan belokan atau cabang jalan di sini. Jalan lurus ini sampai dengan Bendungan Parang Gombong.

Sampai di bendungan tersebut kamu akan menemukan pertigaan maka pilihan belokan ke arah kanan. Arah ini akan membawa kau menuju Karawang. Setelah itu belok ke kiri yang itu artinya kamu sudah hingga di jalur arah menuju Kecamatan Sukasari.

Ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu mampu melewati waduk Jatiluhur. Memang ini adalah rute terdekat. Tetapi kamu perlu menyeberang waduk tersebut. Menyeberangi menggunakan bahtera miliki warga setempat untuk dapat hingga di curug ini.

foto by instagram.com/anggiafandy

Menyeberang menggunakan perahu ini tentu menggunakan biaya pemanis alasannya perlu untuk membayar sewa bahtera miliki warga. Tetapi jika ingin mencicipi sensasi seru di dalam perjalanan bersama sahabat-teman maka bisa menggunakan jalan darat.

Karena curug ini berada di Kabupaten Purwakarta awa Barat maka masih mampu diakses dengan Google Maps. Gunakan saja titik koordinat yang sudah kami berikan diatas kemudian akan eksklusif tersambung dengan peta atau bagan online.

Buka Jam Berapa

foto by instagram.com/muhamadyuda002

Untuk jam buka di kawasan wisata alam ini bergotong-royong tidak ada batasan waktu. Hanya saja petugas yang menjaga memberi saran kepada setiap pengunjung biar meninggalkan kawasan sebelum matahari terbenam. Ini disebabkan sebab masih kurangnya penerangan di sini.

Lebih baik kamu datang pagi hari agar mampu mencicipi keseruan saat berada di Curug Tilu untuk mandi di saat panas satang di siang hari. Lalu sore harinya kamu bisa meninggalkan lokasi wisata sebab perjalanan darat menuju jalan umum bisa mencapai 1 jam perjalanan darat.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk harga tiket masuk di sini sangat terbilang murah. Hanya membeli karcis sebesar 5 ribu rupiah per orang kau bisa merasakan keindahan pemandangan alam di sini. Serta mampu merasakan kesegaran air terjunnya.

Selain itu kamu juga perlu membayar karcis parkir untuk kendaraan bermotor yang kau bawa. Setiap kendaraan memiliki tarif yang berbeda yakni untuk roda dua 5 ribu dan roda empat 7 ribu. Dengan begini kamu tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan dikala berlibur ke sini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni