Jalan Menuju Curug Kembar

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”8161″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah 53151

Map: Klik Disini

HTM: Rp. 5.000 Untuk Parkir

Buka Tutup: 08.00 – 18.00

Telepon:

Jawa Tengah, salah satu provinsi di Indonesia di kenal sebagai “jantung” budaya Jawa. Begitu juga wisata alam yang disajikan di sana cukup menarik. Mulai dari pantai, telaga, curug dan wisata alam lainnya. Bahkan salah satu keajaiban dunia juga terletak di provinsi ini adalah Candi Borobudur tepatnya di kabupaten Magelang.

Curug Kembar satu dari sekian banyak wisata alam di Jawa Tengah tidak lepas dari perhatian wisatawan. Terletak di Purwokerto, kota dengan aneka macam julukan mirip kota wisata, kota keripik, kota transit, kota pendidikan, hingga kota pensiunan. Ya, karena banyak dari pensiunan pejabat Indonesia menentukan untuk menikmati kala bau tanah di kota ini.

Curug Kembar merupakan wisata gerojokan yang aman alasannya adalah kedalaman air tidak seberapa adalah sekitar 2 meter saja. Dengan cuaca khas yang terbilang lembab dengan presentase kelembaban antara 70-90% sepanjang tahunnya.

foto by instagram.com/purwokerto_keren

Suhu maksimal mencapai 30°C pada siang hari dan suhu minimal 21°C pada dini hari (BMKG), bisa di bilang kawasan ini cocok untuk wisata air. Karena dengan suhu relatif sedang tersebut pengunjung akan lebih mencicipi sensasi segarnya ‘bermain’ air.

Ada sesuatu yang menarik di tempat wisata ini, yakni hanya mampu dilihat dimana ketika debit air sedang tinggi saja. Maksudnya kalau debit air sedang rendah maka gerojokan yang terbentuk hanya satu.

Sehingga mampu dikatakan Curug Kembar ini menghilang alasannya adalah intinya kembar bermakna dalam objek sepasang atau lebih dari satu. Namun berbeda dikala demam isu hujan dan debit air tinggi maka anutan sungai akan membelah menjadi dua membentuk Curug Kembar tersebut.

foto by instagram.com/purwokerto_keren

Dan uniquely air terjun ini akan berubah warna menjadi hijau pada dikala animo kemarau. Saat air menjadi hijau nama dari kawasan wisata ini pun juga berubah, menjadi Curug Telaga Hijau.

Kaprikornus bisa dibilang nama dari curug ini sesuai dengan musimnya, ketika musim hujan ialah Curug Kembar dan dikala isu terkini kemarau menjadi Curug Telaga Hijau. Meski begitu air disini tetap jernih sehingga kerap dijadikan tujuan freediving bagi sebagian wisatawan yang tiba.

Rute Menuju Lokasi

Lokasinya tidak jauh dari gerojokan lainnya mirip Curug Petir dan Curug Abang. Lokasi wisata ini beralamat di Karangsalam, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jika anda berada di pusat kota Purwokerto maka rute perjalanannya ialah sebagai berikut.

Untuk rute yang ditempuh dari sentra kota Purwokerto berjarak lebih kurang 13,6 km dan memakan waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke lokasi. Anda dapat menempuh rute perjalanan melalui Jl. Raya Baturaden dimulai dengan ke arah barat di Jl. Telpon menuju Jl. Purwobakti.

foto by instagram.com/sigit_phiyo

Kemudian belok kiri ke Jl. Adhyaksa sekitar 130 meter lalu belok kanan menuju Jl. Merdeka. Setelah itu belok kiri ke Jl. Gatot Subroto kemudian belok kanan ke Jl. Ksatrian dan terus saja menuju Jl. Karang Kobar sampai Anda melewati Generali di sebelah kiri jalan.

Sejauh lebih kurang 750 meter Anda akan sampai di Jl. Jatisari, terus saja sekitar 1,1 km kemudian belok kanan ke Jl. Riyanto lalu ke kiri melalui Jl. Profesor DR. HR. Boenyamin Anda akan menemui KFC Drive-Thru Purwokerto di sebelah kanan jalan. Terus saja mengikuti jalan sejauh 5,7 km menuju ke Jl. Raya Baturaden.

Setelah sampai perjalanan masih berjarak lebih kurang 3,5 km dari lokasi. Belok kanan lalu lurus menuju Jl. Raya Desa Kemutug Kidul lalu belok kanan sejauh 600 meter. Belok kiri di Jl. Projo Tarmedja dan belok kiri lagi sejauh 1,3 km dan Anda akan sampai di lokasi.

Melalui Desa Kemutug Lor

Namun mampu juga Anda melewati jalur Desa Kemutug Lor melewati Kebun Raya Baturaden ke arah selatan dan melalui gerbang Mandala.

foto by instagram.com/purwokerto_keren

Belok kanan lalu ikuti sepanjang Jl. Kemutug Lor hingga hingga di pertigaan, akan nampak penunjuk arah menuju Taman Kehati atau Curug Kembar. Ikuti petunjuknya sampai sampai ke lokasi. Tenang saja, jalannya mampu di terusan dengan kendaraan beroda dua maupun empat.

Buka Jam Berapa

Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Lonjakan wisatawan yang datang biasanya terjadi pada pagi menjelang siang hari.

Tentunya ketika weekend akan lebih ramai dibandingkan dengan weekday, jadi untuk Anda yang mengharakpan suasana lebih sepi mampu datang dikala hari kerja. Disini Anda tidak perlu membayar tiket masuk cukup membayar uang parkir saja sebesar lima ribu rupiah.

Ada Juga di Bogor

Anyway, Curug Kembar Purwokerto ini bukan satu-satunya yang ada di Indonesia melainkan masih banyak riam serupa yang terletak di aneka macam tempat. Di Jawa Barat contohnya, kabupaten Majalengka yang populer dengan wisata curugnya, ada pula di kabupaten Bogor desa Cibeureum yang masuk dalam daerah Sentul disana terdapat Curug Kembar yang populer.

Tak hanya itu, disana juga terdapat Curug Hordeng dan Curug Ciburial yang keduanya mempunyai keunikan tersendiri. Tak kalah menarik disana juga terdapat wisata Gunung Pancar dan Curug Leuwi Hejo yang terletak dekat dengan kecamatan Babakan Madang.

foto by instagram.com/gniyup

Megamendung kabupaten Bogor juga ada dan terdapat pula Curug Dawuan yang terletak di kabupaten Subang, Jawa Barat. Di Banten tepatnya di desa Cinoyong kecamatan Carita kabupaten Pandeglang juga terdapat daerah wisata serupa yang terletak tidak jauh dari Anyer.

Pun sama halnya dengan yang ada di kecamatan Cinangka kabupaten Serang, Banten. Ada juga yang terletak di kampung Cibeureum kecamatan Sukamakmur Jonggol, Bogor ialah Curug Kembar Cibeureum, dalam perjalanan Anda mampu menyempatkan untuk mampir berbelanja ke pasar Citeureup.

Juga di Sukabumi

Di Sukabumi juga terdapat Curug Kembar di kecamatan Kadudampit dan ada pula yang berada di daerah Gunung Gede kecamatan Jampang Tengah, namun sempat memakan korban jiwa sebab bahwasanya bukan untuk umum.

foto by instagram.com/lutviyaaris1919

Sebenarnya masih banyak kawasan yang menyimpan pesona alam Curug Kembar ini mirip di Cianjur, Kuningan, Garut, Lembang di Bandung Barat hingga ke Lampung. Belum lagi Curug Kembar Batulayang yang terletak di kecamatan Cisarua daerah Puncak, Bogor, atau Curug Kembar Mas dan Curug Kembar Pangalengan di Bandung.

Seperti Franchise

Jawa Tengah pun bekerjsama juga banyak seperti Curug Kembar Grenjengan di kecamatan Pakis, Magelang ataupun Dayeuh Luhur kabupaten Cilacap. Bahkan di Tegal juga ada di kecamatan Bumijawa tepatnya di desa Guci.

Curug Kembar Baladewa yang dalam bahasa jawa di baca Bolodewo juga berada di Jawa Tengah tepatnya di kecamatan Banyubiru, serta kawasan wisata Kopeng di kabupaten Semarang. Ada juga Curug Grenjang di desa Ketenger kecamatan Baturraden, Banyumas.

foto by instagram.com/ristihozah

Anda juga mampu menemukan kawasan wisata serupa di kecamatan Randudongkal kabupaten Pemalang, dan juga di kecamatan Bawang kabupaten Batang.

Tak hanya itu, di Daerah Istimewa Yogyakarta juga terdapat Curug Kembar Jurang Gandul di kecamatan Prambanan, Sleman. Jika diperhatikan negara ini memang sangat banyak menyimpan pesona alam khususnya wisata air terjun.

foto by instagram.com/umi_amiroh

Bahkan dari beberapa daerah diatas ada salah satu yang menyimpan cerita melegenda. Majalengka, salah satu kabupaten di Jawa Barat ini ternyata memiliki sosok seorang perempuan manis yang di percaya sebagai cikal bakal berdirinya kawasan ini.

Masyarakat sekitar percaya jika kawasan ini dahulunya ialah kerajaan Sindangkasih berada di bawah kekuasaan ratu cantik berambut mayang mengurai bernama Nyai Rambut Kasih. Tapi menurut berita yang kami dapatkan hingga dikala ini belum jelas siapa atau dari mana kisah legenda ini berasal.

foto by instagram.com/lutviyaaris1919

Berwisata tidaklah harus mahal, masih banyak tempat wisata di negeri ini yang memberikan pesona alam manis dengan harga terjangkau. Wisata ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat Kendal, Ambarawa dan Pekalongan.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke Curug Kembar Purwokerto? Atur agenda liburan Anda bersama kerabat mulai hari ini sebab dijamin Anda tidak akan puas dengan kunjungan ke satu tempat saja.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni