Janjang Saribu, Objek Yang Indah

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”7934″
data-slug=””>

5
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat 26136

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: ­-

Tempat Indah

Berbicara perihal Sumatera Barat memang tidak akan ada habisnya tentang kawasan wisata yang begitu indah. Banyak sekali tempat-tempat indah yang wajib dikunjungi saat tiba ke provinsi yang populer dengan budbahasa minangkabau.

foto by instagram.com/rizkimuhammad2710

Salah satunya yakni Ngarai Sianok. Kamu mampu melihat lembah dengan kemiringan yang hampir 90 derajat. Uniknya lagi di tempat wisata Ngarai Soanok ini juga ada didalamnya wisata bernama Janjang Saribu. Nah, yang akan kita bahas kali ini yaitu Janjang Saribu.

Jajang sendiri mempunyai arti Tangga sedangkan Saribu yakni Seribu. Berarti tempat ini mempunyai sejarah dengan tangga dengan jumlah seribu. Selain itu di sini juga terdapat sebuah sungai yang alirannya membelah lembah tersebut. Unik bukan? Lengkapnya masi kita simak dibawah ya.

Keindahan Potensi

foto by instagram.com/yeptirani

Janjang Saribu yaitu formasi anak tangga yang konon katanya berjumlah seribu. Meski sebenarnya kalau dihitung jumlah anak tangga ini tidak hingga seribu. Ratusan anak tangga ini akan berakhir di sebuah kawasan yang berjulukan Janjang Koto Gadang alias Tembok Besar China.

Para wisatawan yang datang ke sini tentu sangat ingin tau dengan nama Janjang Saribu. Bahkan ada pengunjung yang benar-benar pernah menghitung jumlah anak tangga di sini. Panang janang ini sendiri ialah 780 meter.

foto by instagram.com/ciek_duotigo

Dari dulu kawasan ini bahu-membahu bisa dibilang tidak seramai sekarang. Tetapi alasannya sering kali dilakukan renovasi maka banyak orang tiba ke sini. Bahkan akses menuju kawasan wisata ini sudah sangat bagus.

Pengunjung yang tiba ke sini bukan hanya sekedar penasaran dengan tempat wisatanya. Banyak juga yang memang datang ke sini untuk berfoto. Dengan latar belakang pemandangan indah maka orang tak akan ragu lagi menjadikan Janjang Saribu sebagai objek foto.

foto by instagram.com/adyalvaro1

Tetapi dikala kamu tiba ke sini tentu saja juga memperhatikan keselamatan ya alasannya di sini terdapat sedikit bukit tinggi yang curam. Tetapu berhati-hati terlebih saat kau tiba bersama anak kecil.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/wilsafestiarsy

Lokasi kawasan wisata ini berada di Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi , Provinsi Sumatra Barat. Akses dan rute ke daerah ini sangat mudah untuk dilalui. Semua orang pasti akan sangat gampang untuk menemukannya.

foto by instagram.com/muh_iqballe07

Ada beberapa alternatif jikalau kamu ingin datang ke Janjang Saribu. Bisa melalui dasar Ngarai Sianok atau juga dari atasnya. Kita akan bahas satu-satu ya. Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi menuju daerah tuuan ini dari dasar Ngarai Sianok maka akan melewati Taman Panorama Lubang Japang.

Ambil saja alur lurus lalu sekitar 500 meter akan bertemu simpang empat. Setelah belok ke kiri maka akan ada jalan turunan. Nah dari situ tidak usang akan masuk ke gerbang Janjang Saribu. Saat memasuki area pintu masuk kau akan menemukan jembatan dan ada beberapa café dan restoran.

foto by instagram.com/boi_arsitek_bkt

Selain dengan kendaraan langsung kamu tentu bisa menggunakan angkutan umum. Bisa menggunakan angkutan kota dari Pasar Bawah dengan jurusan Ngarai. Setelah itu berhentilah di jembatan pertama Dasar Ngarai. Tak usang kamu akan samapi di gerbang pintu masuk Janjang Saribu.

foto by instagram.com/muhammadrizkilubis01

Selain itu ke daerah ini juga mampu dari atas Ngarai Sianok. Kamu bisa menggunakan angkutan umum jurusan Bukik Apik dari Pasar Bawah lalu eksklusif turun di depan Masjid Baiturrahman. Gerbang pintu masuk Janjang Saribu sendiri berada tepat disebelah masjid.

Untuk ongkos angkutan kota tersebut juga sangat murah ialah sekitar 4 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Jadi saat berlibur ke sini amu tidak perlu memikirkan biaya yang mahal loh.

Jam Buka

foto by instagram.com/yeptirani

Untuk jam buka di sini tidak ditentukan jadi kamu mampu tiba kapan saja. Banyak pengunjung dan wisatawan luar kota datang ke sini ketika pagi hingga sore hari. Mereka beranggapan bahwa pemandangan indah di sini sangat manis dikala sore hari.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan untuk tiket masuk juga tidak ditentukan alias gratis. Tidak ada tarif masuk untuk dapat melihat panorama indah di sini. Hanya saja jika kamu membawa kendaraan eksklusif maka perlu membayar biaya parkir.

Untuk kendaraan roda dua hanya membayar 2.000 rupiah sedangkan untuk roda empat sebesar 5.000 rupiah. Dengan membayar biaya parkir ini kau bisa tenang meninggalkan kendaraan dikala berlibur alasannya adalah sudah ada petugas yang menjaga.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni