Jembatannya Instagramable Banget! Ini Beliau Curug Ciherang Bogor

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”4156″
data-slug=””>

3.8
/
5
(
22

votes

)

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830

Map: Klik Disini

HTM: Rp.20.000 per Orang

Jam Buka: 07.00-18.00 WIB

Telepon: 0812-899-255-96

Harga Tiket Masuk

Untuk Harga tiket masuk terbaru, cukup 20 ribuan saja per orangnya. Sementara untuk mampu menikmati fasilitas Rumah Pohon dan juga Jembatan Gantung, cukup tambah 2 ribuan per orangnya. Kamu sudah bebas berselfie ria ditempat kece yang satu ini.

Untuk parkiran biayanya memang cukup mahal dibanding kebanyakan daerah wisata, untuk tempat motornya sendiri dikenakan 15 ribuan sementara untuk mobil dikenakan tarif 25 ribuan.

Buka Jam Berapa

Bagi Kita yang ingin datang ketempat yang satu ini namun tidak tahu mengenai jam berapa Curug Ciherang mulai beroperasi dan dibuka untuk pengunjung.

Menurut info yang kami dapatkan untuk jam operasionalnya sendiri mulai buka sejak pukul 7 pagi dan tutup pada pukul 6 sore WIB.

Meski di google tertulis tutup pada hari kamis, nyatanya Curug Ciherang tetap buka setiap hari.

Selain memikat dengan keindahan Curug Ciherang dan juga Rumah Pohonnya yang unik, ditempat ini juga tersedia akomodasi lainnya ialah area terbuka untuk OutBound.

Serta beberapa rumah mini yang seperti dengan rumah dalam serial pagi Teletubbies yang ternyata mampu Kita sewa untuk bermalam ditempat yang satu ini.

foto by detik.com

Sebagai salah satu sentra pemerintahan dan tempat beristirahat dari para Gubernur Jenderal pada era penjajahan dulu, Buitenzorg atau yang sekarang erat dikenal dengan nama Bogor.

Bogor memang telah terbukti menjadi gudang wisata dengan panorama pemandangan alamnya yang indah dan juga mempesona di Indonesia bagi setiap wisatawan yang tiba ke Kota ini.

Selain pemandangannya yang memang indah, masih banyaknya pepohonan di kota ini juga menjadikan iklimnya terasa sejuk jikalau dibandingkan dengan ibukota Jakarta atau kawasan lainnya yang sudah dirimbuni oleh Gedung tinggi.

Punya Rumah Pohon, Foto: reservasi.com

Meski selama ini stigma yang menempel dari wisatawan yang biasanya berdatangan dari kawasan Jakarta, Tangerang, Cikarang dan sekitarnya bahwa objek wisata di Bogor hanyalah puncak.

Namun nyatanya Bogor punya lebih dari itu, beberapa di antaranya yang sangat melekat dengan kota Bogor mirip kebun raya, Taman topi, serta beragam jeram.

Padahal kota yang menyandang gelar sebagai Kota Hujan dan sempat dijuluki Kota seribu angkot oleh netizen ini, nyatanya memang mempunyai banyak sekali pilihan daerah wisata dengan konsep alam terbuka.

Terutama wisata-wisata riam atau yang lebih dikenal dengan nama Curug pada penamaan tatar Sunda.

Penamaan Curug ini, berasal dari serpihan 2 suku kata ialah Cur yang konon memiliki arti sama dengan Cai atau Air dan Rugu yang mempunyai makna ngucur atau mengalir (kebawah).

Sehingga bila kedua suku kata tersebut di satukan, Curug berarti air yang mengalir (kebawah).

Beberapa daerah di Jawa barat yang memiliki Curug terindah diantaranya mirip Bandung yang mempunyai Curug Malela dengan penampilan Niagara Fallsnya.

Cianjur punya Curug Cikondang, Garut dengan Sanghyang Taraje, Majalengka dengan Muara Jaya, Sumedang dengan Curug Cinulang, sementara di Subang sendiri punya Curug Cileat.

Weekend Getaway di Curug Ciherang, Foto: pegipegi.com

Beberapa Curug yang ada di Kawasan Bogor sendiri, kurang lebih ada 28 Curug yang sudah terdata.

Beberapa diantaranya yang ada di Sentul seperti Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, Cibaliung, Barong, Ciburial, Curug Hordeng serta Curug Putri Kencana dan Curug Bidadari.

Sementara yang masuk di daerah gunung bunder sendiri ada Curug Pangeran, Curug Luhur, Cihurang, Curug Seribu, Curug ngumpet, Cadas Ngampar, serta Curug Cigamea.

Untuk tempat Gunung Salak ada Curug Macan dan Curug Nangka, Leuwiliang ada Cilontar, Megamendung dengan Cibulao, Curug Panjang, Curug 7 Cilember, Curug Beret dan Curug Naga.

Untuk Cigudeg sendiri punya Curug Rahong, Cariu punya Mini Green Canyon dengan Curug Ciomasnya, Pangrango punya Curug Cikaracak, Cisarua dengan Curug Jaksa, Curug Parigi yang berada di 2 kabupaten antara Bekasi dan Bogor.

Sementara Jonggol yang masih masuk tempat Kab Bogor punya Curug Country di tanjungsari, Curug Cipamingkis serta Curug Ciherang.

Itu semua masih belum termasuk tempat Curug yang telah tereksplorasi maupun Curug – Curug baru yang memang baru saja ditemukan dan dibuka untuk umum.

Naah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sebuah Curug yang bagaikan Curug kembar alias setali tiga uang dengan Curug yang berada persis di dekatnya. Penasaran Curug apa yang dimaksud? Simak info selengkapnya hingga akhir artikel ini!.

Foto: hargatiketmasuk.isu

Sekilas Legenda

Bak sebuah Curug Kembar, Legenda dari Cipamingkis dan Ciherang mempunyai 1 kesamaan dimana mempunyai tuah dapat mendatangkan berkah dan jodoh bagi mereka yang tiba baik sekedar berkunjung maupun mandi ditempat ini.

Perbedaan yang mencolok dari kedua kawasan ini adalah jika di Cipamingkis mempunyai penjaga berupa Ular Naga yang merupakan perpaduan Pangeran Langit dan diberi gelar / julukan Ratu atau Dewi Ular.

Sementara Legenda Ciherang menyebutkan daerah tersebut sebagai kawasan pemandian para Raja dan keturunannya.

Satu hal yang mungkin mencolok / menjadikan keduanya dianggap memiliki korelasi dalam legenda atau sejarah adalah keberadaan Ular Naga, yang mana di Cipamingkis merupakan penjaganya.

Namun di Ciherang hanya ditemukan Jejak / Bentuk tubuh yang memanjang serta meliuk sampai menuju puncaknya.

Legenda yang sangat tenar dari Curug Ciherang oleh masyarakat sekitar ini, menurut dongeng yang telah dituturkan pada awalnya merupakan sebuah area, yang acap kali dijadikan daerah mandi serta kawasan bertapa bagi para Raja dan keturunannya.

Hal inilah yang mendasari mengapa tempat ini sangat di keramatkan oleh para tetua dan akidah tersebut masih tetap dilestarikan hingga kini.

Konon katanya khasiat dari Curug Ciherang ini sendiri, dipercaya mengandung tuah bagi siapa saja yang telah mandi dan berkunjung ke daerah tersebut.

Cerita ini pun sukses menjadi musim dan menyedot perhatian banyak wisatawan, sekaligus meningkatkan trafik pengunjungnya.

Foto: detik.com

Tuah pada fatwa air dari Curug Ciherang yang dimaksud adalah mampu mengobati bermacam-macam penyakitdan dipercaya bisa menambah stamina serta memberi kebugaran bagi tubuh dan juga berkah lainnya bagi setiap pengunjung yang datang.

Selayang pandang kalau dilihat dari bentuk jalur yang membentang menuju Puncak dari Curug Ciherang ini, kolam badan seekor Ular Naga mirip yang sering kita lihat pada film dengan lekuk-lekuknya yang khas.

Akibat iktikad akan tuah tersebut, sampai saat ini Curug Ciherang masih ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik yang memang sekedar berlibur maupun mengharap tuah dan berkah dari tempat ini, serta dijadikan sebagai objek wisata yang dikaitkan dengan wisata religi.

Keindahan

Terlepas dari segala Mitos dan Legenda yang melekat pada Curug ini, Kita membutuhkan sedikit perjuangan ekstra supaya dapat tiba di lokasi riam Ciherang itu sendiri.

Dengan menempuh rute jalan setapak, kurang lebih waktu tempuh yang akan kamu habiskan sekitar 15 menit terhitung semenjak kamu masuk di Gerbang Curug Ciherang.

Namun tentunya pemandangan serta panorama alam yang disajikan di depan mata, tentunya akan membantu kau melewati jalanan ini tanpa terasa letih dengan hijaunya pemandangan khas rimbunan pepohonan di tengah hutan.

Tentunya akan lebih asyik kalau kau datang ketempat ini bersama sobat-sahabat supaya suasana terasa lebih ramai dan tidak membosankan selama di perjalanan.

Setelah tiba di tempat tujuan yaitu pada area Curug Ciherang itu sendiri, kau akan menemukan sebuah Air Terjun yang mempunyai ketinggian lebih kurang 30 m di depan mata sebagai pelepas lelah diperjalanan.

Bentuk dari Air Terjunnya sendiri adalah disertai dengan beberapa undakan batuan yang terbentuk secara alami serta dilengkapi dengan pedoman debit air yang deras, jadi bersiap-siap untuk lembap kuyup kalau kau berada dalam jarak cipratan air dari Curug Ciherang.

Foto: lalerijo.com

Yang lebih mengasyikannya lagi, kau bisa menemukan sebuah bak kecil yang biasanya dipergunakan sebagai tempat berenang kalem maupun sekedar berendam di bawah timpaan curugan air yang deras.

Apalagi kamu juga menerima view yang lain daripada curug lainnya adalah mountain view secara live, sebab lokasinya Curug Ciherang ini berada di dataran yang cukup tinggi maka memungkinkan para pengunjungnya untuk mampu melihat secara bebas ke arah bawah.

Sayangnya bak kecil tersebut merupakan kolam buatan dan bukanlah alami dari proses pembentukan oleh alam sebagaimana yang ada di Curug Ngumpet.

Meski demikian bukan berarti kau tidak dapat bermain air sepuasnya sebagaimana semestinya ketika berkunjung ke daerah Air Terjun, sebab guyuran air yang berjatuhan dari Curug Ciherang terasa sangat sejuk dan juga segar ketika terhempas ke badan para pengunjungnya.

Namun bukan berarti kamu bisa bermain sesuka hati ya! Biar bagaimanapun di daerah wisata alam seperti ini, kita tetap harus bijaksana dan ekstra berhati-hati supaya tidak terjatuh membentur watu alasannya terpeleset.

Sebab batuan yang ada disini, kebanyakan ditumbuhi lumut di atasnya terlebih lagi selepas hujan.

Meski demikian dengan melihat banyaknya lumut yang tumbuh bebas pada bebatuan di sekitar Curug Ciherang, kita mampu berbangga diri karena meski kita bahagia berwisata ke alam.

Namun kita semua masih menjaga kelestariannya dan tidak merusak ataupun menjamah secara berlebihan.

gambar by detik.com

Pemandangan yang didapat pun menjadi semakin indah dengan gradasi warna batuan yang ditumbuhi lumut, disertai dengan beragam vegetasi yang tumbuh disekitarnya dengan rimbun.

Diantara celah maupun pada bagian tebing sekitarnya yang terlihat begitu indah dan hijau dilengkapi dengan gemercik dari runtuhan air Curug Ciherang.

Selain ramai dengan pengunjung biasa, daerah ini biasanya dipergunakan sebagai titik kumpul organisasi gowes maupun daerah photo shoot Pre-Wedding.

Hal lainnya yang turut menyumbang trafik pengunjung Curug Ciherang adalah keberadaan sebuah Rumah Pohon yang dilengkapi dengan Jembatan Gantung.

Rumah Pohon ini terbilang unik sebab dibangun tak hanya pada bagian sebuah pohon berukuran raksasa namun juga berada pada tebing jurang yang tentunya sangat dalam.

Sehingga untuk menuju ke Rumah Pohon tersebut, kau perlu memakai sebuah Jembatan Kayu yang memang telah disediakan khusus sebagai penghubung keduanya.

Sebelum sampai ditempat tersebut, kamu perlu berjalan kaki melalui jalur setapak yang tentunya memerlukan sedikit tenaga ekstra.

Namun kau semua tak perlu khawatir, karena jalanan yang disediakan untuk menuju ke Rumah Pohon dan Jembatan Gantung tersebut sangatlah nyaman dan diperhatikan pula tingkat safetynya untuk para pengunjung.

Trek yang akan di lalui pengunjung pun, sengaja di rapihkan dengan batu yang disusun seperti undakan tangga secara rapi, sebagai wujud pemberian dan akomodasi ekstra bagi pengunjungnya.

Satu alasan mengapa Rumah pohon dan juga jembatan kayu yang ada di Curug Ciherang mampu menjadi viral dan begitu tenar bagi para travelers.

Tentunya bekerjasama pula dengan tempatnya yang memang sudah instagramable banget untuk dijadikan spot selfie maupun swafoto bersama sobat dan acap kali di posting di media umum mirip Instagram dan Facebook.

Apalagi Rumah Pohon Raksasa dan Jembatan Gantungnya ini dilengkapi juga dengan background panorama alam dari perbukitan hijau yang ada disekelilingnya sehingga tampilannya menjadi lebih kece untuk dipamerkan di media umum.

Alamat Lokasi

Curug yang satu ini berada di kawasan Jonggol, yang kawasannya sendiri masih berada di Kabupaten Bogor dengan alamat lengkapnya sendiri berada di antara 2 buah Desa yang bernama Sirnajaya dan Wargajaya, dengan Kecamatan berjulukan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Curug yang satu ini berada pada ketinggian 900mdpl, yang membuatnya memiliki ciri yang sama seperti Curug lainnya yang ada di Bogor yang beriklim sejuk dengan air yang begitu jernih disertai dengan panorama alam yang indah.

Untuk Koordinat GPS nya sendiri, sebagai berikut 6° 34′ 47.58″ S 106° 58′ 54.25″ E.

Fasilitas

Untuk ketersediaan akomodasi di Curug yang satu ini, nampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi keberadaannya.

Beberapa akomodasi yang memang selalu ada di Curug pada umumnya mirip ketersediaan MCK untuk membilas tubuh selepas mandi dibawah Curug Ciherang dan disekitar kolamnya ataupun sekedar untuk berganti baju dan buang hajat.

Kemudian ada juga kemudahan Musholla untuk mereka yang ingin shalat sebelum maupun setelah bermain di Curug Ciherang.

Warung yang menyediakan masakan, snack dan minuman, pakaian ganti hingga souvenir pun lengkap di Curug yang satu ini.

Satu hal yang menjadi akomodasi terbaik yang ada di daerah ini yaitu keberadaan Rumah Pohon dan juga Jembatan Gantung yang memang sengaja disediakan guna meningkatkan trafik wisatawan ditempat ini.

Cerita Misteri

Meski Curug yang satu ini mempunyai Legenda dan juga cerita mengenai airnya yang bertuah selayaknya Curug Cipamingkis yang terletak tak jauh dari Curug Ciherang ini.

Nyatanya Curug yang satu ini bebas dari beragam Cerita Mistis yang biasanya menyebabkan kesan Angker pada suatu tempat wisata. Namun tentunya, bukan berarti kita bebas melaksanakan apapun yang kita inginkan.

Tentu saja kita tetap harus bermawas diri dan menjaga diri dari sikap yang kurang sopan dan kurang beretika untuk dilakukan pada kawasan-daerah yang memang masih di sakralkan sejak dulu hingga sekarang.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ketempat yang satu ini, tentunya rute yang akan Kita gunakan untuk menuju ke Curug Ciherang tidak lah sulit sebagaimana yang Kita bayangkan.

Bagi Kita yang berangkat dari daerah Jakarta maupun Depok, yang termudah tentunya memakai motor.

Kita bisa melalui jalan masuk jalan yang menuju ke arah Cibinong. Dari situ, Kita akan menemukan Carefour yang berada di sebelah kiri jalan searah dengan Kita dan tak jauh dari situ ada jalur flyover.

Ambil arah menaiki jalur flyover, kemudian saat berada di ujungnya belokan kendaraan Kita ke kiri menuju Jl. Ry. Mayor Oking Jayaatmadja hingga tiba di daearah Citeureup.

Dari situ Kita tinggal melanjutkan perjalanan ke Cileungsi menuju Lebak Pasir via Pasir mukti yang juga merupakan Kawasan Wisata, lanjut terus hingga menemukan pertigaan Jonggol Cipanas.

Dari pertigaan tersebut, arahkan kendaraan Kita menuju Cipanas, dengan patokan plang yang bertuliskan Curug Ciherang. Kurang lebih 1,5km lagi, Kita akan datang di tujuan selepas melalui jalur yang sedikit berbatu dan tanjakan.

Bagi Kita yang ingin menuju ke daerah ini dari Bandung, Kita dapat berkendara menuju Kantor Kepala Desa Hegarmanah.

Ketika Kita tiba di pertigaan Sukaluyu, ambil jalur ke arah kanan Jl. Ry. Cibogo-Ciranjang. Setelah melewati PT. Modern Widya Technical, Kita akan menemukan pertigaan dan kembali lanjutkan perjalanan ke arah kanan melalui Jl. Cinangsi-Cibogo.

Lanjutkan perjalanan Kita menuju Kantor Kades Cinangsi, lanjutkan terus perjalanan sampai menemukan SPBU Cinangsi di sebelah kiri, tak jauh dari SPBU tersebut ambilah jalur yang mengarah ke kiri yang mengarah ke Mekargalih.

Lanjut terus hingga melewati Kokot Mekargalih dan terus hingga sampai di Jl. Transyogi, nantinya Kita akan menemukan Sekolah Dasar Negeri Nyengcle yang berada di depan pertigaan dan lurus terus sampai datang di TPA Gunungbatu.

Belok kiri dan lurus terus hingga melewati Warung nasi Teh Ida dan belok kanan di Jalan Wanayasa dan ikuti jalan tersebut sampai datang di tujuan.

Untuk lebih mudahnya Kita mampu menggunakan sumbangan google maps, untuk menerima dukungan rute tercepat menuju lokasi yang Kita inginkan.

Map ini terkoneksi langsung dengan internet, namun dapat juga di operasikan tanpa internet dengan melaksanakan download rute yang telah Kita input sehingga Kita tidak perlu khawatir lagi tersesat alasannya gangguan sinyal.

Sayangnya untuk menuju ketempat ini, sangat sulit jikalau dicapai memakai Transportasi umum. Bila biasanya orang mengandalkan kereta dan turun di stasiun terdekat, maka untuk Curug Ciherang Kita perlu memakai kendaraan langsung.

Tips Berwisata

Bagi Kita yang ingin berkunjung ke tempat yang satu ini, ada baiknya memperhatikan sedikit tips yang telah kami himpun semoga perjalanan Kita menuju Curug Nangka mampu mulus tanpa hambatan.

Tentunya akan sangat disayangkan bukan, jikalau rencana yang telah tersusun matang dan perjalanan yang begitu jauh harus terhenti alasannya beberapa kendala yang bahwasanya dapat Kita antisipasi kejadiannya.

Beberapa yang perlu Kita perhatikan di antaranya seperti :

  1. Pastikan kondisi badan sedang fit

Meski jarak untuk tracking yang di lakukan di Curug Ciherang ini tak seberapa jauh dibanding curug lainnya, tentunya tak ada salahnya juga untuk selalu memantau dan mengetahui serta memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Karena disini, Kita tak hanya akan sibuk bermain air yang teasa cuek-cuek segar.

Namun juga mengalami perjalanan panjang yang melelahkan, Salah-salah Kita malah akan masuk angin atau flu, bila kondisi tubuh memang tidak sedang mendukung.

  1. Bawa pakaian ganti

Poin ini tentunya merupakan poin umum yang sudah niscaya harus dilakukan bagi mereka yang ingin berwisata ke curug.

Sebab curug ini memang identik dengan basah-basahan dan Rasanya sayang sekali perjalanan Kita yang sebegitu jauhnya jadi kurang lengkap akhir kegiatan Kita disana hanyalah berfoto selfie dan bermain air ditepian saja.

Paling tidak siapkan 1 baju dan celana untuk ganti, agar aktivitas Kita selama berwisata lebih leluasa baik itu mau berenang maupun sekedar menikmati berbasah-basahan dibawah pancuran curug yang ada di Curug Ciherang.

  1. Perhatikan kondisi cuaca

Meski terkadang Cuaca memang sulit untuk ditebak, namun tentunya tak ada salahnya untuk mengecek cuaca disekitar tempat yang akan Kita tuju melalui prakiraan cuaca yang ada di smartphone anda.

Karena Cuaca sendiri merupakan salah satu faktor yang acap kali menciptakan liburan seseorang gagal maupun tak berjalan semulus yang dibutuhkan akhir terlalu mengabaikan faktor cuaca.

Lain hal kalau memang Kita berkendara menuju daerah wisata memakai kendaraan beroda empat dan memang daerah wisata yang akan Kita tuju berada di Indoor dan bukanlah kawasan wisata outdoor dengan pemandangan yang indah.

Apalagi bogor merupakan kota yang menyandang predikat sebagai Kota Hujan.

Namun jika kawasan yang akan Kita tuju mirip Curug Ciherang, maka tentunya akan kuat sekali pada debit air yang menjadi tempat tujuan anda.

Apalagi kalau Kita berkunjung dikala awal-awal maupun pertengahan animo penghujan tentunya debit airnya akan terlalu besar dan berbahaya untuk bermain air dibawahnya.

Pun demikian jikalau Kita berkunjung dikala isu terkini kebalikannya, tentunya debit air yang bergemericik di Curugnya akan sangat sedikit bahkan bisa jadi kering sama sekali dan pemandangan yang didapat dikala berwisata kurang maksimal.

  1. Perhatikan kondisi kendaraan

Salah satu faktor yang sesungguhnya sangat vital namun biasanya terlupakan oleh kebanyakan orang adalah melakukan pengecekan kendaraan eksklusif sebelum menuju ke kawasan wisata.

Padahal ada baiknya Kita mengecek segala kemungkinan yang bisa jadi fatal kalau telah terlanjur terjadi.

Misalnya kampas rem yang habis dan membuat rem blong, plat kopling yang habis dan menciptakan slip atau kabel kopling yang sudah rengas dan rawan putus.

Juga air aki yang dibawah ambang minimum, maupun komponen lainnya yang mampu jadi akan menghambat liburan Kita pada hari itu.

Tentunya akan sangat disayangkan, jikalau rencana yang telah di susun semenjak jauh-jauh hari baik bersama orang tersayang ataupun sobat, harus hancur acak-acakan begitu saja.

Hanya sebab keteledoran sepele yang menimbulkan kendaraan kesayangan Kita malah mogok dijalan.

Tempat Favorit, Foto: ngadem.com

  1. Membawa perbekalan pribadi dan obat-obatan

Untuk poin yang satu ini, tentu sudah pasti Kita perlu membawa perbekalan langsung sebagai alternatif penghematan budget selama berwisata.

Kesegaran dan kesehatan produk untuk Kita konsumsi pun sudah Kita ketahui dibandingkan Kita membeli masakan diluar yang tentunya tidak Kita ketahui kebersihannya.

Selain perbekalan seperti yang tertera diatas, bagi Kita yang memiliki beberapa penyakit khusus yang termasuk memerlukan pemberian pertama dengan segera seperti asma ataupun penyakit berat lainnya.

Baiknya membawa beberapa obat-obatan pribadi yang memang penting untuk mencegah hal yang tentunya tidak Kita inginkan.

Hal ini juga akan sangat bermanfaat, dimana ketika Kita membawa obat-obatan penting lainnya dan kerabat ataupun orang tersayang Kita datang-datang jatuh sakit / terluka tentunya dapat segera ditangani lebih cepat tanpa perlu menunggu derma medis.

  1. Menggunakan jasa travel

Opsi yang terakhir ini mungkin lebih pas kalau ditujukan pada mereka yang kebetulan jauh dari Bogor, baik diluar kawasan maupun diluar pulau namun tetap ingin berlibur di Kabupaten Bogor.

Kita mampu menggunakan beberapa jasa travel yang sudah mempunyai nama dan terpercaya agar liburan Kita berjalan lancar, enaknya Kita tinggal membayar, membawa badan dan perlengkapan eksklusif dan tinggal berangkat menuju kawasan tujuan.

Statement Pro Kontra

Beberapa statement yang Pro dengan eksistensi Curug Ciherang ini, dapat Kita simak juga di google review. Beberapa yang kami rangkum di antaranya mirip :

a. Panorama alam yang indah

Panorama alam di Kabupaten Bogor memang sudah tidak di ragukan lagi keberadaannya, dengan iklim yang sejuk ditambah dengan pemandangan alam yang begitu hijau dan pedoman air yang begitu jernih tentunya menjadi nilai tersendiri bagi Curug Ciherang.

b. Fasilitas lengkap dan unik

Meski akomodasi lainnya terbilang standar sebagaimana yang biasanya ada di tempat wisata Curug pada umumnya.

Namun dengan eksistensi Rumah Pohon dan juga Jembatan Gantung dari susunan kayu di Pohon Raksasa tentunya menjadi magnet tersendiri untuk menarik perhatian wisatawan dari banyak sekali tempat agar datang ke Curug Ciherang.

c. Air Terjun Bertuah dan Mendatangkan Berkah

Bagi sebagian orang yang percaya dengan hal-hal goib seperti ini, tentunya ini akan menjadi salah satu daya tarik untuk membuatnya berdatangan ke Curug Ciherang.

Namun tentunya benar atau tidaknya khasiat tersebut, ada baiknya kita tidak perlu terlalu menuhankan khasiat dari sebuah air yang pada kenyataannya merupakan salah satu ciptaan Tuhan.

Sementara untuk Statement yang Kontra dengan eksistensi Curug Ciherang ini, beberapa diantaranya mempunyai statement yang sama antara satu dengan yang lainnya sehingga mungkin perlu diperhatikan oleh pihak pengelola. Beberapa di antaranya mirip:

d. Jalanan rusak dan berlubang

Meski keindahan panorama alam dan juga dilengkapi dengan fasilitas yang unik, namun sayangnya tidak disertai dengan kontur jalanan yang baik untuk menuju ke Curug Ciherang tersebut.

Beberapa jalur memang telah di Hot Mix dengan Aspal, namun sayangnya masih aneka macam bab jalan yang berlubang-lubang dan juga berbatu bahkan pada jalanan yang menanjak.

e. Kebersihan yang kurang terjaga

Dengan harga yang relatif menengah keatas, tentunya kebersihan mutlak untuk dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini.

Sayangnya beberapa reviewer menyatakan, kebersihan di kawasan ini masih sangat kurang terjaga sebab sampah acap kali terlihat berserakan dan tidak ada yang merapihkan kembali.

Mungkin ada baiknya pihak pengelola maupun pemerintah tempat menyediakan lebih banyak lagi akomodasi tong sampah, agar para pengunjung dapat membuang sampah dengan tertib.

f. Kurangnya informasi yang jelas

Poin yang satu ini bahu-membahu sangat vital untuk kelangsungan trafik pengunjung yang tiba ke suatu kawasan wisata, begitupun dengan Curug Ciherang.

Tarif masuknya sendiri masih simpang siur apakah 10 ribu diluar biaya foto sebesar 2 ribuan dan biaya parkir yang tergolong mahal atau 20 ribu dengan biaya foto di Rumah Pohon 3 ribuan dan sudah termasuk biaya parkir.

Tentunya hal ini perlu diperjelas kembali, supaya tidak rancu di kemudian hari.

Main ke Rumah Pohon, Foto: okeinfo.net

Penginapan dan Wisata Lainnya

Bagi Kita yang memang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat sekitar Jonggol dan menginap di daerah ini, rasanya tak perlu repot-repot mencari daerah beristirahat lagi.

Karena di Curug Ciherang, Kita bisa menginap memakai beberapa rumah yang memiliki bentuk unik bak film Teletubbies yang memang disediakan untuk sarana menginap selayaknya villa pribadi.

Untuk biaya penginapan 1 rumah ini, berita mengenai tarif terakhir yang kami mampu berada di kisaran 800 ribuan permalam yang dapat di gunakan untuk menampung 8 hingga 10 orang.

Bagi Kita yang ingin menginap ditempat ini, ada baiknya untuk menghubungi no telp yang tertera terlebih dahulu, untuk memastikan ketersediaan room dan juga menerima free pass untuk masuk ke kawasan Curug Ciherang tanpa perlu membayar lagi.

Di kawasan Kabupaten Bogor ini sendiri, banyak sekali pilihan daerah wisata lainnya selain Curug Ciherang. Beberapa di antaranya mirip kawasan Bukit Batu, daerah Hutan Pinus, Curug Cipamingkis dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya untuk Kita kunjungi.

Makara tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi kawasan yang tengah hits yang satu ini dan abadikan momen kunjunganmu dengan berfoto dan melaksanakan vlog review untuk dibagikan di media sosial favoritmu.

Siapa tahu, poto maupun video yang kau share mampu meningkatkan trafik wisatawan ke Curug Ciherang! Yuk Visit Bogor!.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni