Kamu Pendaki Sejati? Coba Taklukkin 10 Gunung Tertinggi Di Malaysia Ini

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67470″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Sebagai pecinta alam sejati, niscaya kamu tidak akan merasa puas hanya dengan menaiki puncak-puncak gunung yang ada di dalam negeri saja. Rata-rata pendaki, pasti mempunyai keinginan untuk bisa menaklukkan gunung tertinggi di dunia, adalah Mount Everest.

Namun sebelum mempunyai niat menaklukkan Everest, JejakPiknik sarankan semoga kau mencoba mendaki sejumlah gunung tertinggi di Malaysia dulu.

Selain mempunyai beberapa objek wisata sungai, Negeri Jiran Malaysia juga memiliki beberapa gunung tinggi yang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Nah, buat kau yang sudah menaklukkan puncak tinggi di Indonesia dan mau mencoba muncak di luar negeri, JejakPiknik sarankan untuk taklukkan 10 daftar gunung tertinggi di Malaysia ini.

1. Gunung Kinabalu

Foto By @sabahhacks

Seperti di sebutkan pada brainly.com, Kinabalu menempati yaitu gunung tertinggi pertama di Malaysia. Ketinggian yang dimiliki yakni mencapai 4.095 meter diatas permukaan maritim. Berarti kurang lebih 500 meter dari puncak Semeru di Pulau Jawa.

Kamu pasti tidak akan pernah menyangka bila Mount Kinabalu yang terletak di daerah Sabah, bagian dari Malaysia Timur ini ternyata sebagian wilayahnya masuk ke salah satu pulau di Indonesia, adalah Kalimantan.

Terlepas dari pesona alamnya yang elok, Kinabalu juga ternyata menyimpan banyak kisah dan kisah-kisah penuh misteri. Bahkan masyarakat Kadazan Sabah meyakini jikalau ini merupakan kawasan bersemedinya jiwa-jiwa mereka yang sudah meninggal.

2. Gunung Trusmadi

Foto By @88milestones

Untuk urutan tertinggi kedua di Malaysia, jatuh kepada Mount Trusmadi. Gunung berketinggian 2.642 meter diatas permukaan laut ini letaknya berdekatan dengan Kinabalu mountain. Ia juga memiliki keunikan tersendiri yang layak buat kau telusuri.

Keunikan Trusmadi terletak pada ragam faunanya. Disamping itu, panorama alamnya yang begitu menyegarkan juga menjadi alasan sempurna untuk mengunjunginya.

Kalau kau suka dengan tantangan dan mempunyai fisik yang cukup kuat, coba deh taklukkan Trusmadi. Ya, hitung-hitung nambah pengalaman hiking lah. Tapi ingat, selalu utamakan keselamatan ya!

3. Gunung Tambuyukon

Foto By @thenomadguru

Nama gunung tertinggi di Malaysia berikutnya yang juga cukup populer yakni Tambuyukon. Ia terkenal di kalangan wisatawan karena mempunyai pemandangan alam yang begitu indah dan membuatnya patut kau sambangi.

Tambuyukon ini merupakan puncak yang terbentuk diatas tempat pegunungan Crocer, yaitu sebuah dataran tinggi di Sabah, Malaysia bagian Timur. Ia mempunyai ketinggian sekitar 2.579 meter diatas permukaan laut.

Secara geografis, Tambuyukon masih merupakan bagian dari kompleks Kinabalu Park, sebab letaknya sendiri berada sebelah Kinabalu dan Trusmadi.

4. Gunung Kaingaron

Foto By unnianje.blogspot.com

Kaingaron ini ialah salah satu penemuan terbaru di Tambunan, Negeri Sabah dan telah dicatat sebagai gunung tertinggi ke-4 di Malaysia. Ia sangat terkenal alasannya memiliki hutan yang masih terpelihara alaminya.

Gunung berketinggian 2.476 meter diatas permukaan laut ini terletak di Banjaran Trusmadi Kampung Nupakan, Tambunan. Para pendaki pasti sangat bahagia dengan inovasi spot baru tersebut.

Apalagi di sepanjang perjalanan menuju puncaknya, tersaji pemandangan yang memanjakan mata. Sama mirip Trusmadi, jika di eksplor lebih dalam Kaingaron juga punya seribu satu pesona unik di dalam hutannya.

5. Gunung Murud

Foto By @joslee_beruga

Mount Murud yang juga menempati 10 senarai gunung tertinggi di Malaysia ini pun mempunyai pemandangan alam begitu memukau dan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Gunung yang juga dikenal dengan nama Mount Muru ini memiliki memiliki ketinggian sekitar 2.424 meter diatas permukaan bahari. Menyuguhkan bentuk sedikit unik dan berbeda dari yang lainnya tentu menjadi alasan sempurna buat para pendaki tertarik ingin mendakinya.

Bukan hanya itu saja, kepopuleran Murud juga terletak pada batu lawinya. Dan di dalam hutannya terdapat bermacam-macam buah-buahan yang bisa kau konsumsi. Nah, menarik kan?

6. Gunung Mulu

Foto By @markharrison4

Tidak jauh dari Murud Mountain dan masih berada dalam satu tempat yang sama adalah Serawak, Mount Mulu berketinggian 2.376 mdpl ini juga cukup terkenal di kalangan pendaki Malaysia.

Gunung tertinggi ke-6 ini mempunyai panorama unik dengan susunan kerikil-batu anggun yang menjulang setinggi 700 meter. Dan di area puncaknya pun terdapat sejumlah goa-goa bersejarah.

Gunung Mulu National Park ini juga termasuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO lho. Kamu para pendaki sejati, jangan sampai tidak menjelajahinya ya!

7. Gunung Tahan

Foto By @xplore_malaysia

Mount Tahan yang termasuk dalam senarai gunung tertinggi di Malaysia ini juga mampu lho kamu jadikan sebagai tempat hiking. Sebab, panoramanya tak kalah indah dari beberapa spot sebelumnya.

Berdasarkan catatan Wikipedia, Mount Tahan memiliki ketinggian sekitar 2.178 mdpl. Momen sunset atau matahari kembali ke upuk barat yaitu hal paling dinanti-nantikan disini.

Menjadikan keindahan sunset sebagai latar foto, dijamin kamu akan mampu banyak jempol dari sobat-teman di sosial mediamu.

8. Gunung Korbu

Foto By @zurienrien_

Berada pada ketinggian 2.183 mdpl, puncak Korbu juga mampu kamu jadikan sebagai tujuan hiking alternatif dikala ingin muncak di Negeri Jiran, Malaysia. Dengan keindahan alam yang dimilikinya, tentu menjadi alasan sempurna buat menaklukkannya.

Korbu juga seringkali disebut dengan nama “Titiwangsa”. Kalau kau ingin mencari pengalaman muncak yang seru di Negeri Jiran, pegunungan terpanjang di Malaysia tersebut bisa jadi solusinya. Tak perlu khawatir, medannya terbilang cukup gampang kok.

9. Gunung Yong Belar

Foto By @hafizhakimi_

Yong Belar yaitu puncak tertinggi kedua di tempat Titiwangsa dan menempati urutan ke-9 di Malaysia. Tingginya sendiri yakni sekitar 2.181 meter diatas permukaan laut.

Memiliki ketinggian yang masih tergolong rendah, membuat Yong Belar selalu kebanjiran pengunjung setiap simpulan pekan.

Meski tidak setinggi Kinabalu, namun ketika mendakinya dibutuhkan perjuangan alasannya trek di sepanjang perjalanan menuju puncak terbilang cukup menantang. Namun begitu, semua akan terbayar ketika kau sudah datang diatas ketika melihat keindahan panoramanya.

10. Gunung Gayong

Foto By @raihanmohamad

Gunung tertinggi berikutnya di Malaysia yakni Mount Gayong, ini juga merupakan bagian dari tempat Pegunungan Titiwatsa. Ketinggian sekitar 2.173 mdpl atau setara dengan 7.129 kaki diatas permukaan bahari.

Menurut kisah banyak orang, hanya pendaki professional yang bisa berhasil mengunjungi puncaknya. Pasalnya, untuk mencapai lokasi diperlukan estimasi waktu sekitar 4-5 hari.

Selain itu, Gayong juga terkenal memiliki jalur cukup menantang, sehingga tak heran jika banyak orang menganggapnya sebagai perjalanan berbahaya. Gimana, kau tertantang untuk menaklukkannya?

Itulah formasi gunung tertinggi populer di Malaysia. Makara mana nih yang ingin kau taklukkan?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni