Ke Flores, 10 Masakan Khas Ini Wajib Buat Dicobain!

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66551″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Flores yakni salah satu provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia dan tamat-tamat ini semakin banyak dikunjungi para wisatawan.

Apalagi alasannya kalau bukan sebab alamnya yang menawan. Salah satu teladan destinasi wisatanya yang paling populer yakni Pulau Komodo di Manggarai Barat.

Selain memiliki pemandangan alam yang sangat elok dan mempesona, kehadiran komodo juga menjadi daya tarik dari objek wisata Flores satu ini.

Nah, selain untuk menjajal banyak sekali daerah wisata, kau juga mampu menikmati aneka masakan di Flores. Kebetulan daerah di Nusa Tenggara Timur ini memiliki sejumlah makanan khas yang populer enak dan menarik hati, dari Labuan Bajo sampai Larantuka.

Ada beberapa masakan khas Flores yang akan JejakPiknik rekomendasikan. Sejumlah tumpuan kuliner tersebut diharapkan dapat membantumu untuk mengetahui apa saja sajian yang wajib kamu coba saat bertandang ke sana nantinya.

Penasaran kan, apa saja makanan khas Flores yang kami rekomendasikan? Yuk simak pribadi ulasan artikel dibawah ini!

1. Se’I

Foto By @sei_bowl.id

Jika kau mengaku sebagai seorang meat lovers, masakan khas Flores satu ini wajib untuk dicoba. Se’i sendiri ialah sajian daging yang diawetkan dengan cara diasapi menggunakan kayu bakar. Bahannya biasanya terbuat dari daging babi atau sapi.

Namun di beberapa kawasan, kuliner orisinil kawasan Ende ini sudah mulai diolah dengan menggunakan bahan dasar ikan. Untuk pembuatan se’i mampu dibilang dibutuhkan waktu lebih lama.

Namun setelah diasapi, kau mampu menyantapnya eksklusif atau mampu juga digoreng maupun ditumis dengan bunga pepaya serta sayuran lainnya sebelum disajikan.

2. Rumpu Rampe

Foto By @rasamasa

Makanan khas Flores, NTT selanjutnya yang wajib kamu cicipi dikala berwisata kuliner disana adalah rumpu rampe. Hidangan asli orang Maumere ini bahan dasarnya terbuat dari campuran buah, daun serta bunga pepaya dan tak ketinggalan, jantung pisang.

Citarasa yang dihasilkan kuliner khas Maumere ini memang terasa sedikit agak pahit. Namun sangat luar biasa bila dipadukan dengan udang rebon.

Kata orang sana, hidangan rumpu rampe ini biasanya dihidangkan sebagai suplemen nasi putih hangat ataupun jagung bose. Ke Maumere, jangan hingga lewatkan untuk mencicipinya ya!

3. Ohu Ai Pungan

Foto By foodnesia.net

Selain rumpu rampe, ada kuliner tradisional orang Flores yang juga tak kalah lezat untuk dicicipi. Nama hidangan ini yaitu Ohu Ai Pungan. Pengana tersebut terbuat dari ubi kering yang ditumbuk kemudian dicampur dengan garam, kelapa parut dan ikan teri.

Hidangan ini rasanya gurih serta cenderung asin, dan kau bakal ketagihan ketika menyantapnya. Tak hanya di Maumere, Ohu Ai Pungan juga merupakan masakan tradisional di kabupaten Maumere, khususnya suku Muhang Tana Ai dan Sikka Krowe.

4. Jagung Titi

Foto By @adrianuslangoday

Jagung titi adalah ciri khas dari Larantuka. Namun begitu, kamu juga bisa menjumpainya di Adonara, Lembata dan beberapa daerah lain di Flores.

Masyarakat setempat biasanya menjadikannya sebagai cemilan dengan ditemani secangkir kopi bajawa khas Flores. Tak hanya itu, jagung titi juga kerap dibawa pulang oleh para wisatan untuk dijadikan oleh-oleh.

Bahan dasarnya ialah jagung yang digoreng tanpa menggunakan minyak dan kemudian ditumbuk. Sekilas dilihat dari gambar, cemilan ini bentuknya ibarat popcorn. Sekali dicicip, kamu bakal ketagihan dibuatnya.

Jika tidak suka rasa dingin, kau mampu request untuk menciptakan jagung titi bagus sebelum ditumbuk. Tak sulit menemukannya, sebab hampir setiap warga di Larantuka selalu menyediakannya.

Jika ingin membawa sebagai oleh-oleh, kau tinggal tiba saja ke sentra oleh-oleh di sekitar Flores. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membawanya pulang, alasannya sebungkusnya hanya dihargai sekitar 25 ribu saja.

5. Muku Loto

Foto By merahputih.com

Makanan unik khas Flores satu ini, aslinya berasal dari daerah Nagekeo. Muku Loto sendiri sudah ada semenjak zaman dulu dan biasanya disajikan pada saat pesta adat mirip pernikahan atau komuni pertama.

Cara membuatnya lumayan gampang, pertama kupas kulit luar pisang, kemudian potong kecil-kecil. Begitu pun dengan materi perhiasan lainnya mirip batang pisang dan daging, jenisnya mampu daging babi, sapi atau kerbau, tergantung pilihanmu.

Setelah itu, semua bahan direbus sampai teksturnya lebih lembut, kental dan warnanya berkembang menjadi keabu-abuan. Sekali makan, kamu bakal dibikin ketagihan.

6. Jagung Catemak

Foto By @herat_lalang

Nah, jika masakan khas Flores satu ini bantu-membantu ialah masakan orisinil dari daerah Manggarai. Seperti namanya, sajian tersebut memakai jagung sebagai materi dasarnya, kemudian diberi kacang hijau dan labu lilin sebagai tambahannya.

Agar masakan semakin sedap, biasanya diberi racikan rempah-rempah dengan perasan jeruk nipis. Melihat resep yang dipakai, kau bakal menerka kuliner tradisional khas Manggarai ini memiliki citarasa anggun dan cocok untuk disantap dikala cuaca terik.

Namun bahu-membahu tidak, jagung catemak ini justru mempunyai citarasa asin dan segar, alasannya adalah kaya rempah-rempah. Orang-orang di Manggarai biasanya makan hidangan tersebut dengan ditemani nasi putih.

7. Kolo

Foto By @atokdean

Kolo yakni makanan khas Flores lainnya yang wajib buat kamu cicipi. Hidangan ini terbuat dari beras yang dimasak dalam sebilah bambu berukuran 30 cm. Dilihat dari gambar, tampilannya memang mirip mirip lemang.

Penganan ini biasanya dihidangkan pada ketika upacara etika. Menurut warga setempat, akan semakin nikmat jika ditemani aneka macam macam lauk mirip kuah ayam serta segelas moke, minuman tradisional yang terbuat dari sulingan bunga aren.

Saat menyantapnya, penambahan kuah ayam yaitu hal paling wajib semoga tekstur nasi kolo semakin terasa empuk dan citarasanya pun akan makin nikmat.

8. Rebok

Foto By life.108jakarta.com

Rebok atau reebok yaitu jajanan tradisional orang Manggarai yang ada di bagian barat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Cemilan ringan ini bahan dasarnya terbuat dari gabungan tepung beras dan parutan kelapa.

Biasanya, orang di sekitar menyajikannya kepada para tamu ketika ada acara budpekerti. Rasanya kurang lebih mirip sagon khas Jawa Tengah, namun bentuknya tidak lingkaran melainkan berupa bubuk.

Di beberapa toko buah tangan di sekitar Labuan Bajo, sudah banyak yang menjual reebok dalam bentuk kemasan. Jadi dikala berwisata ke sana, jangan lupa untuk membelinya ya, biar nanti mampu dibagikan ke sanak saudara atau tetangga.

9. Jawada

Foto By @medha_id

Di Flores, cemilan ringan satu ini sering disebut dengan kue rambut. Dinamakan demikian tentu alasannya adalah mempunyai bentuk bergelombang mirip rambut manusia. Ciri khas lain dari kudapan manis tersebut yaitu warnanya kecoklatan dan memiliki aroma yang harum.

Bahan utama jawada sendiri yakni tepung beras, air nira, gula aren, santan, minyak dan garam. Semua bahan itu dicampur kemudian digoreng sambil digoyang-goyang biar bentuknya seperti seperti rambut.

Selain bisa dicicipi di tempat, kamu pun wajib membawanya pulang sebagai buah tangan. Karena kue satu ini mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

10. Jagung Bose

Foto By @dyahsurhardja

Hidangan satu ini adalah bubur a’la Flores. Seperti namanya, materi utama pembuatan kuliner tradisional tersebut adalah jagung yang kemudian diolah bersama kacang merah, santan dan kacang tanah.

Orang Flores biasanya menyantapnya dengan ikan bakar atau se’i. Mereka kerap menjadikannya sebagai hidangan sarapan atau makan malam. Bahkan, jagung bose sudah dianggap sebagai pengganti nasi.

Demikianlah artikel mengenai beberapa kuliner khas Flores yang wajib kamu coba. Bagaimana, menggoda semua kan rekomendasi kami? Oh ya, dari daftar diatas, mana sih paling menarik untuk dicicipi menurutmu?

Dan sehabis kita ulas ihwal makanan khas Flores, yakin masih mau melewatkan liburan ke sana? Sayang kan, jika cuma menikmati keindahannya dari gambar saja tanpa mengunjunginya. Makara, langsung aja yuk agendakan waktumu!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni