Keindahan Pantai Kasih

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”13148″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Jalan Hasanudin, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh 23511

Map: Klik Disini

Buka Tutup: 24 Jam

Pantai Kasih masih berada di tempat Pulau Weh, Sabang. Pulau weh memang banyak mempunyai pantai indah dengan keunikan masing-masing. Sementara Kota Sabang merupakan kota paling barat Indonesia dan namanya mungkin masih belum familiar.

Mungkin hanya dari lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”, masyarakat mengetahui namanya. Tapi, ternyata kota Sabang ini memiliki banyak pesona, mulai dari titik nol kilometer barat Indonesia sampai Pulau Weh ini.

Karena masih belum terlalu familiar, tentu sangat wajar jikalau banyak belum tahu tentang Pantai Kasih. Atau bahkan beberapa orang khawatir akan sulitnya mengakses lokasinya. Padahal letaknya masih berada dalam kota dan hampir semua masyarakat mengetahui lokasinya.

Tentang Nama

foto by instagram.com/neverainthereyet/

Dinamakan pantai kasih adalah alasannya dikala kamu memasuki ke area pantai, eksklusif akan melihat bangku-kursi yang banyak. Dan terbesit dalam pikiran kau bahwa bangku tersebut diperuntukkan pasangan atau dua orang pada setiap bangkunya.

Selain itu, nama kasih juga mampu disimpulkan dari banyak pasangan akil balig cukup akal atau muda-mudi bersantai sambil menikmati keindahan alam pantai ini. Namun, bukan berarti kau beranggapan bahwa hanya pasangan saja boleh mengunjunginya.

foto by instagram.com/henikagraphy/

Semua wisatawan dari mancanegara sekalipun, baik sendirian maupun bersama keluarga boleh berkunjung kesana. Menikmati alam Pantai Kasih mampu menyegarkan pikiran serta menghilangkan stres akibat rutinitas.

Daya Tarik

Jejeran pohon palem dengan deburan ombak cukup tenang, pasir putih menghampar luas itulah Pantai Kasih. Bangunan Beton di sepanjang bibir pantai menjadi pemisah antara objek wisata ini dengan jalan raya sekaligus pemecah ombak.

foto by instagram.com/dhian.woii/

Lalu, hamparan bebatuan dan karang membentang hampir seluruh bibir pantai, itu mampu menahan erosi dan memiliki pesona tersendiri. Jika di malam hari, cahaya sorot lampu jatuh di permukaan bahari, menambah kemegahan panorama alamnya.

Yang Bisa Dilakukan

Langkah pertama, kau harus mengamati bagaimana keindahan alam pantainya. Dimana tampak pasir putih yang halus dan bersih. Lalu, air maritim berwarna biru jernih yang berkilauan dikala terkena matahari. Area pinggirannya begitu tertata rapi tertutup semen.

foto by instagram.com/rita_yee/

Pasir ini dapat kamu gunakan untuk bermain-main bersama pasangan atau bersama anak-anak. Beberapa pengunjung menentukan main bola kaki atau voli. Pasirnya yang halus tanpa kerikil, sangat nyaman dikaki.

Di Pantai Kasih, kamupun mampu menyaksikan matahari terbenam. Seru sekali melihat keindahan sunset. Kalau tidak ingin lama menunggu, kamu bisa tiba sore hari sekitar jam 3 atau 4 sore. Atau jikalau datang di pagi hari, kau dapat berenang.

foto by instagram.com/reyhan6252/

Ketika berkunjung ke objek wisata, jangan lupa cicipi kulinernya. Begitu pula saat tiba ke Pantai Kasih, cicipi masakan khas Aceh dari warung-warung makan sekitarnya. Beberapa sajian yummy yang bisa kamu temukan yaitu sate gurita, mie kepiting dan bakpia Istimewa.

Selanjutnya, kunjungi objek wisata bersejarah mirip peninggalan perang dunia ke-2 adalah meriam yang disimpan di benteng dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin menambah wawasan, datanglah kesana.

foto by instagram.com/infosabang/

Hamparan pasir luas di objek wisata ini, menciptakan anda mampu menggelar tikar atau semacamnya untuk berpiknik. Menikmati masakan bersama orang-orang tercinta, mengobrol serta menyaksikan pemandangan bahari eksotis, sungguh mengesankan.

Kegiatan selfie atau berfoto juga tak boleh dilewatkan di daerah indah ini. View alaminya, bisa menjadi latar terbaik bagi foto kamu. Bangku-bangku elok mampu menjadi area terbaik untuk bersantai bersama pasangan atau orang lain yang bersama kau.

Fasilitas

foto by instagram.com/fahdfadzly/

Sebagai objek wisata, Pantai Kasih menyediakan kemudahan-fasilitas penunjang aktivitas wisatawan. Diantaranya seperti bangku-kursi pasangan, toilet, restoran, penginapan, guset house, area parkir dan beberapa fasilitas lainnya.

Untuk jam buka dan harga tiket masuk ke lokasinya belum ada ulasan niscaya. Mungkin saja buka 24 jam dan pastinya biaya masuk cukup murah. Biaya makan serta menginap juga cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Letak Dimana

foto by instagram.com/infosabang/

Lokasi objek wisata ini berada di Jalan Hasanudin, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh 23511. Karena letaknya masih di tempat pulau weh, berarti harus menempuh jalur maritim. Dari Banda Aceh, ke Pelabuhan Ulee Lheu sementara hingga di Sabang ialah pelabuhan Balohan.

Perjalanan mampu dilakukan memakai kapal motor express yang memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan biaya Rp 50.000 – Rp 90.000 per orang. Rute Ulee – Balohan berangkat pukul 09.30 dan jalur Balohan – Ulee Lheu pukul 16.00.

foto by instagram.com/dhian.woii/

Atau mampu menentukan kapal Roro dengan biaya lebih murah Rp 30.000 per orang, memerlukan waktu selama 1-2 jam perjalanan. Pada hari Rabu, Sabtu, Minggu saja rute pelabuhan Ulee Lhue – ke pelabuhan Balohan pada jam10:30 dan 15:30.

Sedangkan untuk pemberangkatan Balohan – Ulee jam 07:45 dan 13:00. Kalau acara pemberangkan hari Senin – Jumat, rute Ulee Lhue – Balohan, beroperasi pada jam 13:00 dan 07:45 rute Balohan – Ulee.

Sesampainya di Sabang, lanjutkan perjalanan melalui jalur darat. Tak sulit menemukan objek wisata ini karena, kau dapat menggunakan google map atau aplikasi map lainnya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni