Keindahan Pantai Labuhan Gresik

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11583″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Lokasi: Desa Tanjungori, Kec. Tambak, Kab. Gresik, Jawa Timur 61182

Map: Klik Disini

Hampir Mirip

foto by instagram.com/a.n_fitri

Labuhan. Ada banyak daerah di Indonesia yang memakai atau setidaknya hampir seperti dengan nama itu.

Labuhan Jukung salah satunya. Beralamat di Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, ia memperlihatkan pantai dengan pasir putih nan halus dan ombak yang tinggi, sangat cocok bagi para penghobi surfing.

Selain itu, panorama sunsetnya bakal menciptakan pengunjung terkagum-kagum. Tidak heran jika setiap hari libur tiba, kawasan ini selalu dibanjiri wisatawan. Apalagi, letaknya memang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Krui.

foto by instagram.com/riantrt_

Lalu, ada Pantai Labuhan Haji yang berada di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), NTB, berjarak 42 km dari Pantai Tangsi atau bernama lain Pink Beach. Tapi, bukan di Labuan Bajo yang mampu diakses via Banyuwangi.

Selain memiliki pasir hitam, ia populer akan keindahan sunrisenya. Itu yang membuat wisatawan rela berangkat subuh-subuh demi mengabadikan momen ketika matahari terbit ke dalam foto.

Saat Bulan Ramadhan datang, dia juga kerap didatangi masyarakat yang ingin ngabuburit sambil mencari siput laut.

Menurut sejarah, pada periode penjajahan Belanda dan Jepang, umat muslim melaksanakan ibadah haji dari daerah ini.

foto by instagram.com/rully_photography

Terdapat pula Pantai Labuhan Amuk atau yang oleh turis gila disebut Amuk Bay di Bali Timur, Labuan Sait Beach di Kabupaten Badung, Bali, Pantai Tanjung Labu di Bangka Belitung dan Pantai Labuhan di Gresik yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Selanjutnya, ada Danau Labuan Cermin di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang airnya jernih bak sebuah beling. Bahkan, batang pohon pun terlihat sangat jelas dari atas. Bila ingin tau, Anda bisa search di Google dengan kata kunci “Picture of Labuan Cermin Lake”.

Selain tempat pelesir, Labuhan juga dijadikan sebagai nama sebuah desa di Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah, dimana Pantai Labuana berada.

foto by instagram.com/raj_janan

Lalu, di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jatim yang memiliki objek wisata unik dan istimewa berjuluk Pantai Ya’ang serta Pantai Kutang nan dapat diakses melalui Tuban.

Kemudian, kecamatan di Kabupaten Lampung Timur, adalah Labuhan Maringgai yang mempunyai Wisata Pantai Kerang Mas, Labuhan Badas di Kabupaten Sumbawa, NTT dan Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi.

Ada lagi, Kecamatan Labuan di Kabupaten Pandeglang yang berjarak sekitar 40 km dari Anyer dan ditetapkan sebagai sentra perikanan laut di pesisir barat Banten.

foto by instagram.com/tri4425

Selanjutnya, Kelurahan Labuh di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dan Kabupaten Labuhan Batu atau Labuhanbatu di Sumatera Utara, provinsi yang mempunyai wisata pemandian Pulo Wiski.

Ia juga menjadi nama suatu tradisi, adalah Upacara Labuhan, yang diadakan di Pantai Ngliyep, pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang dan Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo serta Pantai Glagah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pesona Keindahan

foto by instagram.com/nia.naia

Keindahan Pulau Bawean tidak pernah berhenti menciptakan para wisatawan kagum. Sebab, pulau yang terletak di Laut Jawa itu memang masih terjaga kelestariannya. Terdapat beberapa spot keren yang dilarang dilewatkan kalau singgah ke sana.

Satu di antaranya, yakni Pantai Labuhan. Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya, dia juga menghadirkan panorama alam yang eksotis.

Yakni, berupa hamparan pasir putih yang lembut dan air laut nan bernuansa biru jernih dengan gelombang erat. Karena hembusan ombaknya cukup hening, pengunjung bisa menjumpai beberapa rumah kepiting di sekitar.

foto by instagram.com/onerayklik

Bentuk Memanjang

Bentuk pantainya sendiri memanjang, menciptakan mereka dapat memandang laut tanpa batas. Amat menguntungkan bagi yang tiba dengan tujuan untuk melihat maupun mengambil gambar lansekap matahari terbenam.

Walaupun demikian, dia mempunyai perairan yang relatif dalam dan airnya tidak pernah benar-benar surut. Maka, sangat cocok dimanfaatkan untuk berenang.

Tidak cukup sampai di situ, pemandangan bawah lautnya pun sangat menakjubkan. Sehingga, bakal memuaskan pengunjung yang hobi snorkeling.

foto by instagram.com/marrecoangga

Aktifitas Lain

Aktifitas lain yang bisa dilakukan di Labuhan Beach yaitu bermain pasir, memancing dan mengelilingi laut menggunakan bahtera karet dengan biaya sekitar Rp.100.000.

Bentuk Pantai Labuhan nan menjorok ke dalam serta membentuk sebuah teluk menjadikannya sering disinggahi kapal-kapal yang hendak berlindung dari gelombang tinggi.

Bahkan, di musim tertentu, Anda mampu menemui kapal yang membawa turis mancanegara untuk mampir ke tempat tersebut.

foto by instagram.com/velalikawulandari

Lokasi Dimana

Pantai Labuhan terletak di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, tentu pengunjung harus menggunakan jalur maritim dengan menumpang kapal yang ada di Pelabuhan Gresik.

Meski terdapat banyak destinasi di Bawean Island yang recommended, namun Pantai Labuhan tetap layak dimasukkan ke dalam daftar kunjungan. Apalagi keelokannya tidak kalah dari Kuta dan Senggigi Beach yang telah lebih dulu dikenal oleh para wisatawan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni