Ketinggian Bukit Cumbri Berapa Mdpl?

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”12453″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Kepyar, Purwantoro, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57695

Map: Klik Disini

HTM: Rp. 2.000 – Rp. 3.000 Untuk Sepeda Motor dan Rp.5.000 Mobil

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon: 0813-260-5957

Apa yang terlintas di benak Anda dikala mendengar kata hiking? Gunung? Tebing? Atau mungkin sunrise? Hiking memang sebuah kegiatan mengharuskan Anda untuk menaiki tanjakan di daerah-daerah tinggi seperti gunung, tebing atau bukit.

Kegiatan ini bukan hanya memacu adrenalin, tapi juga menyuguhkan Anda dengan “upah” setimpal, mirip contohnya pemandangan indah yang mampu menyembuhkan rasa lelah anda sesudah tenaga Anda banyak terkuras balasan hiking.

Indonesia mempunyai puluhan, bahkan ratusan gunung yang mampu dijadikan daerah acuan ber-hiking. Sebut saja Gunung Semeru ialah gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Tapi tahukah Anda bahwa belakangan ini muncul satu destinasi hiking gres yang tak kalah menarik dari Gunung Semeru? Ia adalah Bukit Cumbri, yang banyak dikenal melalui media sosial.

Mulai Dikenal

Penampakan Bukit Cumbri tidak begitu hijau seperti bukit-bukit pada umumnya. Di sana hanya didominasi oleh rumput liar yang tumbuh tinggi dan beberapa pohon jambu simpanse.

Meskipun demikian, aneka macam macam keindahan disuguhkan tidak akan membuat Anda merasa rugi sehabis berkunjung, terutama yang suka untuk berburu foto-foto eksotis.

foto by instagram.com/bangtian96

Bukit Cumbri tergolong tinggi, akan tetapi beliau tetap tergolong ke dalam bukit. Akan tetapi, alasannya masyarakat Jawa tidak mengenal “bukit”, maka mereka tetap menyebutnya sebagai Gunung Cumbri.

Kecantikan Cumbring sangat mempesona dan tak kalah dengan wisata sejenisnya. Ketinggiannya mencapai 638 mdpl sudah cukup untuk menciptakan serasa berada di atas awan.

Legenda

Ada dongeng menarik di balik nama Bukit Cumbri ini. Menurut legenda, asal permintaan kata “Cumbri” berasal dari seekor burung lalu berubah menjadi gunung, adalah Garuda Cumbri. Dikisahkan bahwa pada suatu saat, burung ini memangsa seorang petani dikala membajak sawah.

foto by instagram.com/travelningrum

Akan tetapi, petani tersebut berhasil menyelamatkan dirinya dengan cara merobek leher burung tersebut. Tentu saja hal ini seketika menciptakan sang burung terbunuh.

Lalu, burung ini dikatakan jatuh ke bumi dan lambat laun berubah wujud menjadi sebuah gunung lalu dinamai Gunung Cumbri. Itu adalah kisah mengenai penamaannya, untuk sejarah maupun misterinya masih belum diketahui.

Wisata alam Wonogiri ini terletak di antara Wonogiri dan Ponorogo. Alamat lengkapnya ialah di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri dengan koordinat yakni 7.840745,111.3058816,15z. Denah lokasi belum diketahui.

Cara Menuju Lokasi

Oleh alasannya adalah lokasinya terbagi ke dalam dua wilayah berbeda, ada beberapa rute bisa dipakai untuk mencapai Bukit Cumbri ini. Rute pertama yaitu rute mampu ditempuh dari Wonogiri, rute kedua mampu ditempuh dari Solo, rute ketiga dari Madiun, dan terakhir ialah dari Ponorogo.

foto by instagram.com/ditaindy

Jika Anda memilih jalur Wonogiri, maka dapat menentukan pergi melalui Ponorogo atau melintasi Jalan Purwantoro dengan kondisi cukup mulus, sehingga tidak perlu khawatir mengenai trek sulit.

Meskipun demikian, tetap harus mempersiapkan kondisi kendaraan dan tubuh fit biar lancar dikala melalui trek menanjak.

Jika Anda berasal dari Solo dan sekitarnya, Anda dapat memakai rute Solo-Wonogiri menggunakan Jalan Purwantoro menuju Desa Biting.

Jika Anda tidak menggunakan kendaraan eksklusif, Anda dapat menggunakan jasa transportasi umum, adalah bus AKDP jurusan Solo-Jateng ke Purwantoro. Sesampainya di sana, Anda dapat memanfaatkan jasa ojek untuk mencapai Bukit Cumbri.

foto by instagram.com/ladita_tour

Selanjutnya, Anda juga mampu memakai rute Madiun. Dari Madiun, dapat menuju Ponorogo ke Sampung dan turun di Pager Ukir.

Ada empat jalur pendakian, yakni melalui jalur pintu timur yaitu melewati Dusun Jatisari Desa Biting, jalur pintu tengah yaitu melewati Dusun Sumber Desa Biting, dan jalur barat ialah melewati Dusun Kepyar.

Rute terakhir untuk mencapai Bukit Cumbri ini yakni rute Ponorogo, adalah melalui Desa Pager Ukir di Kecamatan Sampung. Semua rute di atas sudah difasilitasi dengan trek mudah.

Akan tetapi, sehabis hingga di parkiran Bukit Cumbri, perjalanan dilakukan trekking lagi dengan berjalan kaki. Trekking ini akan memakan waktu kurang lebih satu jam.

Pemandangan Indah

Setelah melaksanakan trekking di jalan menanjak selama kurang lebih satu jam, Anda akan disuguhi dengan pemandangan luar biasa indah di puncak Bukit Cumbri ini. Anda akan menemukan bahwa Bukit Cumbri memiliki dua puncak berlawanan arah, yaitu menghadap ke barat dan ke timur.

foto by instagram.com/citoadventuremadiun

Bagian puncak menghadap ke barat memiliki ketinggian lebih rendah daripada puncak menghadap ke timur. Puncak Cumbri berstruktur tidak rata dengan banyak batuan yang tidak teratur.

Ditambah lagi, sisi kanan dan kiri puncak Cumbri cenderung curam sehingga Anda harus ekstra berhati-hati dikala berada di sana.

Bisa Berkemah

Bukit Cumbri memang mempunyai bentuk sedikit terjal dan curam, akan tetapi bagi penggemar ngecamp, maka tetap mampu membawa peralatan camping untuk bermalam di puncak Bukit Cumbri.

Dengan bermalam di sana, maka mampu menemuan pemandangan menakjubkan di keesokan paginya, mengingat salah satu pesona terbaik Bukit Cumbri ialah sunrise di pagi hari.

Sunrise Cantik

Sunrise di Bukit Cumbri merupakan salah satu momen paling dinantikan oleh para pengunjung. Selain keindahannya tidak mampu dipungkiri, sunrise di atas ketinggian memang merupakan spot foto sangat mengagumkan.

Dari sini lah Bukit Cumbri dikenal oleh khalayak luas, adalah melalui foto-foto pengunjung yang di-upload ke media sosial.

foto by instagram.com/citoadventuremadiun

Perlu usaha untuk menerima foto manis ketika sunrise di Bukit Cumbri. Selain bermalam di puncak Bukit Cumbri, Anda tentu saja harus rela mendaki pagi-pagi sekali untuk mampu mendapatkan foto anggun di atas awan dengan sunrise yang menawan.

Selain itu, Anda juga harus rela mengantri dengan puluhan pengunjung lainnya yang juga ingin mendapatkan hasil jepretan anggun.

Oleh alasannya itu, sangat dianjurkan untuk Anda berkunjung dikala weekday untuk menghindari massa yang melimpah saat weekend. Sunset di sini juga menggambarkan pesona tiada tara.

foto by instagram.com/citoadventuremadiun

Persiapan yang dilakukan untuk dapat mencapai Bukit Cumbri ini hanyalah keadaan badan dan kendaraan yang fit.

Hal ini alasannya tidak ada pungutan biaya apapun atau free entry, melainkan hanya biaya parkir saja. Informasi mengenai ini bisa jadi berubah, mampu jadi ketika artikel ini ditulis sudah mengenakan tiket masuk.

foto by instagram.com/pilihdana

Selain itu, daerah wisata satu ini dibuka 24 jam dalam seminggu, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan jam buka-tutup jikalau Anda datang ke sana ketika weekday.

Wisata ini mungkin ditutup bila ada kejadian tertentu. Selain itu, dapat menghubungi kontak yang tersedia jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai Bukit Cumbri, yaitu 0813-260-5957.

Keindahan di Atas Awan

Menikmati keindahan alam di atas awan membawa kepuasan tersendiri. Hal ini merupakan upah paling setimpal setelah bersusah payah mencapai puncak.

Bukit Cumbri merupakan salah satu alternatif yang mampu Anda coba. Jika ingin melihat keindahannya melalui video, coba cari di youtube.com.

foto by instagram.com/robertalexaprimat

Selain menjadi trek yang elok untuk para penggemar hiking, para pemula pun dapat menyebabkan Bukit Cumbrii sebagai salah satu arena berlatih.

Di samping itu semua, keindahannya ialah hal utama yang paling dicari-cari. Kaprikornus, apakah Anda juga berminat?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni