Kiara Artha Park, Pengingat Infinit Spirit Persamaan Nasib Bangsa Asia-Afrika

Taman Kiara Artha Park merupakans ebuah tempat Super blok di tengah kota bandung seluas 12 hektar lebih. Kawasan ini dikembangkan dengan konsep taman, dengan Taman Konferensi Asia Afrika sebagai tempat inti nya.

Taman Kiara Artha Park merupakans ebuah kawasan Super blok di tengah kota bandung seluas 12 hektar lebih. Kawasan ini dikembangkan dengan konsep taman, dengan Taman Konferensi Asia Afrika sebagai kawasan inti nya.
Wisata Kiara Artha Park. Image via: wisataoke.com

Wisata Kiara Artha Park ini dibuka untuk umum semenjak tanggal 17 Agustus 2019. Sejak dibuka, wisata ini selalu ramai pengunjung. Ini sangatlah masuk akal, alasannya wisata ini menawarkan sebuah keindahan hingga sejarah bangsa.

Wisata ini dibangun di lahan seluas 2,9 hektar, cukup luas dan bisa menampung cukup banyak pengunjung. Apalagi dikala hari libur, pengunjung yang datang semakin banyak.

Dibangunnya obyek wisata Kiara Artha Park Bandung ini dengan tujuan untuk memperingati Konferensi Asia Afrika (KAA). Yang di laksanakan di Bandung pada tahun 1955. Di wisata ini juga dibangun patung para inisiator KAA disertai dengan bendera negara-negara yang mengikuti konferensi tersebut.

Wisata dibangun dengan konsep taman, mirip halnya Alun-alun pada umumnya. Sebagian lahan dipenuhi rerumputan hijau dan ada juga pohon-pohon. Sebagian berupa lantai yang halus. Di tengah terdapat bak air yang luas berisi air mancur. terdapat daerah duduk, serta dilengkapi pula dengan lampu-lampu di sekitarnya.

Kita Sepakat, salah satu monumen peringatan KAA di KIara Artha Park
Kita Sepakat Bersama. Image via: ayobandung.com

Simak juga: 39 wisata pilihan di Bandung

Lokasi Kiara Artha Park

Kiara Artha Park beralamat di Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat

Lokasi Kiara Artha Park ini mudah sekali ditemukan. Letaknya sangat strategis di tengah-tengah kota. Juga akrab dengan Trans Studio Mall Bandung. Jika butuh daerah berlibur yang asyik, maka kawasan ini mampu dijadikan sasaran kunjungan.

Jam Buka Kiara Artha Park

Wisata Kiara Artha Park mampu dikunjungi setiap hari. Namun ada perbedaan jam operasional pada hari-hari tertentu.

Senin sampai umat, operasional taman mulai jam 08.00 sampai jam 22.00

Hari sabtu jam 07.30 hingga 00.30. dan hari ahad jam 05.30 sampai jam 22.00

ada beragam pilihan Spot Foto di kiara arthe park
Spot Foto. Image via: m.ayobandung.com

Tiket Kiara Artha Park

Ayiknya liburan di wisata ini salah satunya karena harga tiket masuknya sangat terjangkau. Harga tiket masuknya Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 15.000 pada tamat pekan dan hari libur. Untuk masuk area foto light festival, maka pengunjung harus membayar lagi biaya sebesar Rp 25.000 untuk hari kerja, dan Rp 35.000 saat libur dana khir pekan.

Kalau ingin melihat pertunjukan gratis, maka bisa melihat pertunjukan air mancur.

Selain itu, ada biaya parkir kendaraan buat para pengunjung yang datang memakai kendaraan langsung. Tarif parkir untuk kendaraan roda 2 seharga Rp 5.000, sedangkan kendaraan roda 4 seharga Rp 10.000.

Fasilitas Kiara Artha Park

Mengenai fasilitas penunjang kenyamanan berkunjung, pengunjung tidak perlu memikirkan akomodasi yang ada di wisata gres ini.

Meski termasuk wisata gres, tetapi akomodasi yang ada cukup mumpuni. Beberapa fasilitas umum yang penting diantaranya mirip: daerah parkir, kamar mandi, toilet, musholla, gazebo, cafe dan lain-lain

Daya Tarik Kiara Artha Park

  1. Taman Asia Afrika

Patung Pemrakarsa KOnfrensi KAA di kiara artha park
Patung para pemrakarsa KAA. Image via: republika.co.id

Simak juga: Curug malela, kembang hutan yang mempercantik diri

Gerbang masuk Taman Asia Afrika begitu lebar dan tinggi, dan di samping kanan-kirinya berjajar gedung-gedung seperti hangar. Ada sekitar 5-6 gedung mengelilingi area bak utama yang ada di tengah Taman Asia Afrika.

Konsep Taman Asia Afrika ini dibangun untuk memperingati Konferensi Asia Afrika dan diwujudkan dengan sebuah taman yang berkonsep art and cultural. Pengerjaan Taman Asia Afrika ini sendiri belum rampung sepenuhnya, masih banyak area yang belum final dan masih dalam tahap pengerjaan.

Ke depannya pengembangan area Kiara Artha Park ini akan semakin besar dan luas, termasuk di antaranya akan dibangun apartment, mall, dan gedung-gedung perkantoran.

patung 6 anak kecil,s alah satu simbolisasi smenagat KAA di kiara artha park
Tunas abad depan. Image via: galamedianews.com

Taman Asia Afrika ini begitu terasa sekali fungsinya sebagai monumen peringatan Konferensi Asia Afrika. Salah satu area memuat lima patung tokoh penggerak Konferensi Asia Afrika. Di area ini juga dibangun semacam anjungan yang punya tiga buah dermaga yang menjorok ke kolam.

Di seputarannya ada dipasang tiang-tiang bendera tinggi. Dulu sewaktu peringatan Konferensi Asia Afrika terakhir di tahun 2019, Taman Asia Afrika ini sempat dipakai untuk salah satu acara peringatan. Di tiang-tiang ini dipasang bendera-bendera penerima konferensi.

Di beberapa tempat dari taman juga dibangun patung-patung sebagai peringatan Konferensi Asia Afrika. Seperti patung tangan yang sedang berjabat tangan. Selain itu ada patung enam anak kecil yang sedang bergandengan tangan membentuk lingkaran sambi bermain dan tertawa riang.

  1. Dancing Fountain

Air mancur menari di kawasan taman KIara artha park
Dancing fountain . Image via: jabar.antaranews.com

Simak juga: Taman hijau pantai Ngrawe

Dancing fountain atau air mancur menari yakni salah satu spot yang paling banyak menarik pengunjung. Menghadirkan atraksi riam yang seirama dengan lantunan musik, ditemani dengan lampu warna-warni membuat penonton terkesima dan terhibur.

Atraksi ini seolah-olah membawa pengunjung ke nuansa laser show Marina Bay Sands, Singapura. Pengunjung mampu menonton atraksi ini di anak tangga yang dibentuk di sekeliling danau.

Hal menyenangkan lainnya dari air mancur ini yakni harga tiketnya yang cuma-cuma alias gratis. Pengunjung bisa menyaksikan atraksi ini setiap Senin sampai Jumat pada pukul 18.30 dan 19.30 serta hari Sabtu dan Minggu pukul 18.30, 19.30 dan 20.30.

  1. Kampung Korea

Kampung Korea, vabue favorit di kiara artha park
Kampung Korea. Image via: jkldiary.life

Tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mencicipi nuansa kota di Korea. Kawasan Kiara Artha Park ini juga menyediakan Kampung Korea yang mampu menawarkan Anda suasana seperti di negeri ginseng.

Berlatarkan kawasan-tempat di Korea, pengunjung bisa berfoto ria sambil menikmati sore. Nuansa Korea semakin kental terasa alasannya adalah kawasan ini menyediakan banyak sekali tenant yang menjual street food khas Korea. Ada aneka macam sajian mirip tteokboki, bibimbap, jjangmyeon, corndog, dan lainnya.

Bagi Anda pencinta K-Pop, tempat ini akan semakin menjadi nirwana untuk Anda. Berbagai merchandise dan pernak-pernik Korea dijual di sini dan mampu semakin melengkapi koleksi Anda.

Di sisi utara terdapat satu bak ikan bertegel keramik biru. Tampal lucu dengan adanya pijakan batu-batunya seperti di benteng Takeshi. Di sisi selatan, ada satu coffee shop cukup besar luasnya. Areanya ada indoor dan semi outdoor.

Selfie dan Jajan ala Korea di kiara artha park.
Selfie dan Jajan ala Korea. Image via: wisataoke.com

Simak juga: Pendakian rekreasi di Gunung parang

Cofee shop itu nyaman juga untuk tempat nongkrong dan kongkow. Harganya saya lihat di sajian masakan cukup reasonable dan affordable. Tapi waktu itu aku masih kenyang, jadi cuma sekadar melihat sajian saja.

Yang menarik yakni banyak juga bagian-bagian kampung ini dihias dengan lukisan bernuansa Korea dan China. Gaya Asia-nya kerasa. Ini bikin suasana menarik dan unik, sekaligus cocok buat foto-foto selfie.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi daerah ini, harga tiket masuk pada Senin sampai Jumat ialah Rp 10.000 dan pada Sabtu, Minggu dan tanggal merah yakni Rp 15.000. Anak di bawah lima tahun tidak dikenakan biaya.

  1. Jogging dan Speda

Karena areanya luas, pengunjung bisa joging pagi dan sore mengelilingi area taman. Hal serupa juga berlaku bagi para pesepeda. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dengan lalu-lalang kendaraan yang mencari parkir di jam-jam ramai kunjungan.

Karena areanya luas, Anda bisa joging pagi dan sore mengelilingi area taman. Hal serupa juga berlaku bagi para pesepeda.
Sepeda kalem. Image via: wisataoke.com

  1. Fasilitas Trem

Bagi pengunjung yang berminat untuk mengitari kawasan Taman Asia Afrika, Kiara Artha Park juga menyediakan kemudahan trem yang mampu membawa jalan-jalan di sekitar taman. Trem yang disediakan bernuansa vintage dan dikatakan bahwa trem ini seperti dengan Bus Bandros Kota Bandung.

Hingga dikala ini, sudah tersedia dua buah trem berwarna merah dan hijau yang dijalankan bergantian dari pagi hingga malam.

Trem kiara Artha Park untuk mengelilingi taman.
Trem kiara Artha Park. Image via: wisataoke.com

Simak juga: Jejak misteri Piramida Emas di Gunung Padang

Objek Wisata Dekat Kiara Artha Park

Wisata Kiara Artha Park bukanlah satu-satunya wisata yang bagus dan patut untuk dikunjungi. Ada banyak obyek wisata lainnya di Bandung yang juga bisa menjadi alternatif wisata, antara lain: Trans Studio Bandung, Kampung Gajah Wonderland, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park dan lainnya.

The Lodge Maribaya memperlihatkan banyak sekali hal pada pengunjung. Disini pengunjung mampu melaksanakan banyak sekali akitivitas mirip camping, trekking mengelilingi area hutan pinus yang indah, acara gathering dan team building, atau bahkan hanya sekedar refreshing menikmati kuliner. Terdapat juga banyak sekali wahana yang instagramable.

Area Dago Dream Park cukup luas, dengan kontur berbukit. Suasana alami di tempat ini terjaga sehingga terasa lebih fresh. Banyaknya pilihan wahana, spot berfoto, dan juga fasilitas yang ada tentunya bakal mampu memanjakan liburan anda sekeluarga.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Silahkan share pengalamannya di kolom komentar ya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni