Konsumsi Pepaya Dapat Memenuhi Kebutuhan Vitamin E

Konsumsi Pepaya Dapat Memenuhi Kebutuhan Vitamin E – Tahukah kamu bahwa dalam tiap buah pepaya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh? Selain menjaga kesehatan pencernaan, rutin mengonsumsi buah pepaya meningkatkan kualitas kesehatan rambut hingga kulit. Hal ini disebabkan kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam buah pepaya.

Selain rasanya yang manis dan lezat, buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya vitamin C, kandungan vitamin E dalam buah pepaya membantu kamu dalam menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, dan juga kesehatan otak. Ketahui beberapa manfaat lain dari mengonsumsi pepaya secara rutin.

Kandungan Vitamin E dalam Pepaya

Banyaknya aktivitas dan kegiatan yang dilakukan di luar ruangan setiap harinya tentu berisiko meningkatkan paparan radikal bebas pada kulit. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit sehat. Selain itu, bahkan radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga kanker.

Tentunya, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas, salah satunya memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E adalah salah satu jenis antioksidan untuk membantu tubuh dan mencegah dampak negatif dari paparan radikal bebas pada kulit.

Selain itu, melansir National Institutes of Health, vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang paling efektif menangkal paparan radikal bebas dan dapat memperlambat proses penuaan pada sel-sel kulit.

Vitamin E dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan sehat yang sering kamu konsumsi setiap harinya, salah satunya adalah buah pepaya. Selain memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, buah pepaya dinilai menjadi sumber vitamin E yang baik bagi kesehatan. Dalam 140 gram buah pepaya, nyatanya terdapat kandungan vitamin E sebesar 1 miligram. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi buah pepaya secara rutin.

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menikmati buah pepaya, bisa kamu makan dalam bentuk potongan buah, campuran jus dengan buah lain, atau menjadikan buah pepaya sebagai salah satu buah yang ada pada mangkuk salad buah kamu. Kamu dapat gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung dengan dokter mengenai manfaat lain yang bisa kamu rasakan setelah mengonsumsi buah pepaya.

Manfaat Lain Buah Pepaya

Ternyata, buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi lain yang tak kalah penting bagi tubuh kamu, seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat, dan potasium. Ketahui beberapa manfaat lain yang dirasakan saat mengonsumsi buah pepaya, yaitu:

1.Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menambahkan buah pepaya dalam menu diet yang kamu lakukan dapat membantu kamu menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya.

2.Menjaga Kesehatan Pencernaan

Enzim papain dalam pepaya membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Inilah mengapa masyarakat banyak memanfaatkan buah pepaya untuk mengatasi masalah konstipasi atau sembelit.

3.Menyehatkan Rambut

Tidak hanya berdampak positif pada kesehatan kulit, rutin mengonsumsi buah pepaya dapat membantu kamu untuk menyehatkan rambut. Hal ini disebabkan buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga membantu pertumbuhan jaringan dalam tubuh, termasuk rambut dan kulit.

Itulah manfaat dari buah pepaya yang perlu diketahui. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah pepaya setiap harinya sebagai asupan makanan yang sehat. Selain rasanya yang nikmat dan lezat, buah pepaya mudah ditemui dan harganya terjangkau.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni