Laguna Dodo, Dimana Alam Menyembunyikan Kecantikannya

Laguna Dodo merupakan bak renang alami yang memesona. Laguna ini dibatasi oleh karang besar yang secara alami membentuk laguna ini seperti bak renang di tepi laut.

Laguna Dodo Lampung, kolam air asin alami di bebatuan karang
Laguna Dodo. Image via: lifestyle.okezone.com

Laguna Dodo mempunyai warna air yang unik. Perpaduan warna hijau dan biru seolah mengundang memanggil-manggil untuk berenang di Laguna ini.

Berenang di laguna ini memperlihatkan sensasi tersendiri. Suara debur ombak yang dahsyat terhalang oleh batuan karang akan setia menemani. Terlebih lagi, alam di sekitar Laguna ini masih sangat asri.

Pengunjung tidak usah kaget jikalau saat asik berenang mendengar bunyi Siamang. Suara siamang itu biasanya bernyanyi bersahutan dari kejauhan. Bahkan kadang kala ada juga kera ekor panjang yang menampakan diri.

Pasir putih serta bebatuan besar tersusun yang mengelilingi pantai ditambah dengan pohon-pohon besar di bukit. Perpaduan dua hal itu membuat eksotisme laguna ini semakin terpancar. Di lokasi laguna, ada tiga laguna yang mampu dimanfaatkan untuk berenang atau menyelam. Satu laguna dengan ukuran besar sementara dua yang lainnya dengan ukuran sedang.

Bersantai di Laguna dodo. bisa nyaman karena air yang tenang di Laguna.
Menikmati laguna. Image via: lampung.tribunnews.com

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Laguna Dodo

Obyek Wisata Laguna Dodo di Lampung terletak di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Rute Menuju Laguna Dodo

Dari Kota Bandar Lampung Butuh waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke Laguna Dodo, dengan jarak sekitar 80 km jika dilihat di peta.

Adapun terusan menuju ke Laguna Dodo masih lumayan sulit sebab di sana sini terdapat titik yang belum tersentuh pembangunan. Di sana pun belum ada listrik pun juga sinyal komunikasi masih sulit, warga memakai generator untuk mendapatkan sumber listrik.

Sebaiknya datang ke Laguna Dodo ketika isu terkini kemarau, dikala itu jalan lumayan erat dan tidak licin. Saat datang dengan kendaraan beroda empat pribadi, sebaiknya menggunakan kendaraan beroda empat untuk off road seperti jeep atau SUV. Hindari menggunakan mobil biasa, terlebih yang sasis rendah atau matic.

Untuk ke Laguna Dodo, pengunjung dapat menuju ke Teluk Kiluan dahulu. Kendaraan di parkir di sana.

Rute perjalanan menuju Laguna Dodo
Lintasan ke laguna. Image via: cumilebay.com

Dibutuhkan waktu 2 jam berjalan sejauh 3 km, untuk mencapai kolam dari tempat parkir. Hiking ini melewati perkebunan milik penduduk setempat. Rute akan meningkat ke jalan curam tinggi dan turunan. Pengunjung akan bertemu pantai Gayao yang sangat indah. Setelah 1 jam melewati pantai berbatu yang curam dan licin serta melewati jembatan bambu, maka sampailah Laguna Dodo.

Jam Buka Laguna Dodo

Tidak ada jam buka resmi untuk laguna Dodo. Hal ini mungkin arena lokasi ini belum dikelola sebagai objek wisata oleh manajemen yang niscaya. Jadis ecata teknis, laguna ini buka 24 jam.

Walau demikian sangat tidak disarankan untuk mengunjungi laguna dodo pada malam hari. Mengingat ketiadaan kemudahan penerangan di lokasi ini.

Tiket Laguna Dodo

Untuk masuk dan berendam di laguna dodo tidak ada pungutan biaya tiket. Gratis.

Fasilitas Laguna Dodo

Sama mirip daerah wisata lainnya, Pantai Laguna Dodo juga mempunyai beberapa akomodasi yang lengkap dan bisa dipakai oleh wisatawan. Pantai Laguna Dodo mempunyai area parkir, kawasan ibadah untuk Muslim, kamar mandi untuk membersihkan badan kita setelah berendam, penginapan dan warung makan.

Daya Tarik Laguna Dodo

  1. Berenang di Laguna

Berenang di laguna bening laguna dodo lampung
Renang di laguna bening. Image via: lampung.tribunnews.com

Simak juga: Teluk Kiluan lampung.

Berenang di laguna ini memberikan sensasi tersendiri. Berenang di kolam renang laguna, membuat kita seperti mempunyai bak renang eksklusif di tepi laut. Suara deburan ombak yang dahsyat terhalang oleh batuan karang akan setia menemani. Terlebih lagi alam di sekitar Laguna ini masih sangat asri.

Tidak jarang pengunjung dapat mendengar suara Siamang senantiasa bernyanyi bersautan dari kejauhan. Bahkan kadang kala ada juga kera ekor panjang yang menampakan diri.

Pasir putih serta bebatuan besar tersusun yang mengelilingi pantai ditambah dengan pohon-pohon besar yang tumbuh di bukit menciptakan eksotisme laguna ini semakin terpancar.

Di bebatuan karang pantai ini ada tiga laguna yang dapat dimanfaatkan untuk berenang atau menyelam. Satu laguna dengan ukuran besar sementara dua yang lainnya dengan ukuran sedang.

  1. Spot Foto yang anggun.

Di batas Laguna dodo lampung
Di Batas Laguna. Image via: palugadanews.com

Laguna Dodo mempunyai karakteristik alam sebagai kolam alami di cekungan kerikil karang. Kolam dikelilingi bebatuan Karang. Makara dengan sudutpandang rendah sekeliling Laguna semuanya terbuat dari bebatuan Karang berwarna hitam legam.

Hal ini tentu mampu dimanfaatkan sebagai latar pengambilan foto yang cantik. Apalagi kalau sudut pengambilan gambar benar-benar tepat mampu memaksimalkan komposisi alam ini. Ada eberapa Spot favorit yang umum digunakan sebagai pengambilan foto.

Yang pertama yaitu di dalam kolam. Foto diabil dengan objek berendam di Laguna. Kemudian foto diambil dengan sudut rendah, untuk tidak menampakkan pohon di atas bukit. Foto yang dihasilkan akan memperlihatkan seakan-akan foto dilakukan di kawasan yang gila. Tempat jauh bahkan seperti bak ini ada di Planet Mars.

Spot foto Spiderman
Spot Foto Spiderman. Image via: cumilebay.com

Spot yang lain yaitu tepian laguna. Objek foto duduk di salah satu karang di tepi Laguna dengan latar Laguna dan bahari di belakangnya. Hasil foto akan memberikan kesan misterius, terasing, sepi, khusuk, kontemplatif, namun tetap elok.

Spot foto lain cukup populer yaitu objek foto berdiri di watu karang yang membatasi antara bahari dan Laguna. Gambar diambil dikala ketika ombak sedang mengalir masuk ke dalam Laguna melalui sela sela kaki objek. Kesan yang ditimbulkan berkesan agung dan berwibawa..

Spot lainnya ialah bergantungan di spider-man pada Titian bambu yang dipasang di tebing Karang di atas laguna. Tentu dibutuhkan nyali lebih dari objek foto untuk berpose menggantung seperti itu.

  1. Lokasi yang alami dan bersih

Pantai Laguna yang bersih. Lokasi ini jarang dikjunungi orang
Kebersihan Pantai Gayo, lokasi laguna. Image via: cumilebay.com

Simak juga: Pantai Pangi Blitar.

Dibandingkan lokasi wisata pantai lain di Lampung, Laguna Dodo mungkin yang paling bersih dan juga paling alami. Sama sekali belum ada sentuhan manusia yang justru merusak kecantikan Laguna. Belum ada kerikil karang yang dipecahkan untuk dibangun daerah berjualan.

Fasilitas yang dibangun atas nama pelayanan pariwisata, namun bahu-membahu hanya memenuhi ketamakan ekonomi. Ketamakan dengan mengorbankan hak watu karang untuk bangkit ditempat beliau sudah ada semenjak jutaan tahun lalu.

Di laguna Dodo tidak ada sampah plastik pembungkus masakan yang berserakan di sekitar lokasi. Yang biasanya berserak alasannya adalah kemalasan Manusia yang tidak peduli kepada alam. Pada Alam yang sudah ribuan tahun menjaga diri untuk tetap higienis.

Keterpencilan dan kesulitan kanal untuk mencapai lokasi laguna, seakan yakni sebuah harga yang dibayar untuk keasrian dan keindahan tetap terjaga di lokasi ini.

Semoga ke depan saat lokasi ini sudah lebih terbuka untuk dikunjungi, jalan masuk jalan lebih mudah di lalui, kebersihan dan keasrian lokasi tetap terjaga mirip ini

tenang dan nyamannya air di laguna dodo lampung
Laguna Dodo. Image via: @valineyarangga

Tips Mengunjungi Laguna Dodo

Selama mengunjungi laguna dodo, diperlukan persiapan khusus. Persiapan serius diperlukan mengingat lokasi ini terpencil dan memerlukan 2 jam jalan kaki dengan rute off road. Beberapa persiapan yang perlu diperhatikan:

  • Periksa ramalan cuaca. Jadwalkan kunjungan pada demam isu kemarau. Pastikan waktu perjalanan yaitu hari cerah Jika diramalkan hujan sebaiknya batalkan perjalanan. Resiko kecelakaan alasannya karang dan jalan tanah licin men jadi terlalu besar.
  • Pakai Satu sol datar yang nyaman. Saran ini berlaku untuk pengunjung wanita maupun pria. Kunjungan laguna dodo akan memaksa untuk berjalan kaki di lintasan of road dan karang. Makara pemilihan ganjal kaki mampu meminimalkan resiko pergelangan kaki sakit atau bahkan keseleo.
  • Bawa Bekal secukupnya. Bawa camilan dan air minum minimal 2 liter per orang. Hal ini penting mengingat berjalan sejauh 6 km (PP) tentu akan menciptakan badan butuh air minum. Bekal harus dibawa sendiri, sebab di lokasi tidak ada dagang.
  • Berangkat sebelum siang. Pastikan mulai jalan dari lokasi parkir teluk kiluan sebelum jam 12 siang. Jika lebih dari itu khawatir kemalaman di jalan saat balik.
  • Jangan pergi sendiri. Minimal rombongan 3 orang. Kalau memungkinkan mengajak orang sudah pernah ke sana. Akan lebih baik jika mengajak warga lokal.

Indahnya Laguna Dodo lampung kala ombak memasukkan airnya ke dalam kolam alami ini
Indahnya Laguna dodo. Image via: jirolupatmo.tumblr.com

Objek Wisata Dekat Laguna Dodo

Untuk lokasi wisata terdekat dari Laguna dodo, tentu saja teluk Kiluan. Berhubung di sana yakni area parkir sebelum berjalan kaki ke laguna dodo yang berjarak 3 km. Kalau pengunjung laguna ingin bermalam, teluk kiluan juga yaitu lokasi bermalamnya. Di sana ada homestay dan akomodasi pendukung wisata lain.

Bagi pengunjung yang memiliki waktu wisata agak usang, mungkin mampu melanjutkan kunjungan ke pulau Tangkil. Pantai ini berada 60 km ke arah timur. Pantai yang telah dikelola dengan administrasi pariwisata modern ini mempunyai berbagai wahana wisata air. Mulai dari banana boat hingga parasailing.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai keindahan Laguna Dodo Lampung yang mampu kami bagikan. Semoga mampu menginspirasi anda untuk mencoba berwisata ke Laguna Dodo.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni