Lembah Hijau Lampung, Wisata Alam Dan Edukasi Di Lampung

Lembah Hijau Lampung mempunyai konsep wisata unik karena memadukan unsur rekreasi dan pemandangan alam hijau. Tempatnya pun cukup luas, mencapai 30 hektar dengan bermacam-macam wahana menarik, mulai dari wahana air, outbound hingga camping ground.

Lembah hijau lampung, lokasi wisata berkonsep ecopark yang dekat dengan pusat kota
Lembah Hijau Lampung. Image via: @tamansatwalembahhijaulampung

Taman Wisata Lembah Hijau lokasi sangat erat dengan sentra kota, hanya 10 km dari bandar lampung. Berbeda dengan wisata ecopark lain yang biasnya jauh dari sentra kota. Lembah hijau terlindung di lembah kecil, cocok sekali dengan konsep Lembah Hijau yang berorientasi pada alam.

Keindahan alam berpadu dengan wahana-wahana menarik di tempat ini tak berhenti memanjakan pengunjung. Tamasya di alam berpadu dengan pengetahuan yang bisa didapat oleh belum dewasa. Rekreasi yang memiliki nilai tambah.

Pengelola membagi Taman Wisata Lembah Hijau seluas 30 hektar menjadi 2 bagian. 15 hektar untuk taman wisata dan 15 hektar berfungsi untuk taman satwa.

Pada zona taman wisata, terdapat banyak wahana yang tersedia di Lembah Hijau Lampung. Ada wahana air, outbound, daerah berkemah, wahana permainan, hingga water park. Pada zona taman satwa pengunjung akan menyaksikan koleksi 465 satwa dari 65 spesies berbeda.

lembah hijau lampung juga memeilki fasilitas konservasi burung
Arena Out bound. Image via: lampung77.com

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Lembah Hijau Lampung

Alamat lokasi wisata Lebah Hijau Lampung yaitu di Jalan Raden Imba Kesuma Ratu Kelurahan Sukadana Ham Tanjung Karang Barat Bandar Lampung.

Lokasi wisata ini tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, hanya berjarak kurang lebih 30 menit saja dengan kendaraan.

Rute Menuju Lembah Hijau Lampung

Untuk mencapai ke Lembah Hijau, bisa dari Kemiling, Teluk Betung, atau dari arah Pasar Tamin. Jika dari Kemiling, ambil arah Sukadanaham melewati Palang Besi di Jalan Imba Kesuma. Setelah melewati tanjakan, lalu turunan, dan tanjakan lagi, persis sehabis tanjakan ini di sebelah kiri jalan ada plang Lembah Hijau.

Jika dari arah Teluk, tinggal ikuti Jalan Imba Kesuma, dari Lazuardi Haura School lurus lalu ada tanjakan, turun sedikit, kemudian ada tanjakan dan turunan, ketemu Tugu Durian. Dari Tugu Durian masih lurus lagi sekitar 300 meter. Di sebelah kanan jalan akan anda jumpai Plang Lembah Hijau.

Kolam Pelikan lembah hijau lampung. sering dikunjungi rombongan siswa sebagai bagian dari kegiatan pendidikan mereka.
Kolam Pelikan. Image via: lampungpost.id

Jika dari arah Pasar Tamin, jalan menuju arah teluk, 50 meter dari pasar ada lampu merah, ambil arah kanan, lalu jalan lurus dan ada tanjakan tajam. Ikuti terus jalan ini sampai ketemu Tugu Durian. Dari Tugu Durian ambil arah kanan, dan sampailah anda di Lembah Hijau Lampung.

Dari arah Kemiling, lembah hijau ada di sebelah kiri jalan sebelum Tugu Durian. Jika dari arah Teluk, ada di sebelah kanan jalan.

Jam Buka Lembah Hijau Lampung

Lembah Hijau Lampung bisa dikunjungi mulai pagi hari. Tempat wisata ini sudah buka pukul 07.15 pagi dan tutup jam 18.00 sore.

Tiket Lembah Hijau Lampung

Harga tiket masuk wisata lembah hijau ini dipatok sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000 untuk umum, Rp 8.000 untuk pelajar.

Ada juga komplemen biaya Rp 2.000 untuk biaya parkir motor, dan Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil.

Fasilitas Lembah Hijau Lampung

Fasilitas pendukung wisata di lokasi inis udah sangat lengkap. Mulai dari tempat parkir, mushola, toilet, gazebo, hingga rumah makan.

Mengenai kemudahan wisata, ada fasilitas gratis, mencakup playground anak, gazebo, aquarium, pemandu taman satwa, menyaksikan pentas satwa, bird park, edukasi gajah, life music, medis standby dan asuransi. Gratis disini maksudnya tidak emembayar biaya pemanis selain dari tiket masuk.

Aktivitas Menarik di Lembah Hijau Lampung

  1. Aktivitas Outdor

Fasilitas outbound lembah hijau merupakan salah satu fasilitas unggulan yang banyak digemari
Outbound arena. Image via: familygoers.com

Simak juga: Rabit Town.

Beraktivitas di alam terbuka, tentu menunjukkan kesenangan tersendiri. Lembah Hijau Lampung menyediakan semua fasilitas untuk kegiatan luar ruangan itu. Pengunjung dapat mencoba mancakrida (outbound), seperti arena tali, jembatan bergoyang, dan lain-lain.

Outbound training center, yang merupakan acara pelatihan outbond yang akan mengembangkan aktivitas outbond wisatawan dengan aneka macam macam arena dan permainan outbond.

Outbond kids & children playgound, yang merupakan konsep mencar ilmu di alam untuk wisatawan kecil untuk menyebarkan minat dan talenta mereka wacana alam dan juga kedisiplinan melalui permainan. Untuk menggunakan paket ini, dikenakan biaya Rp 55.000.

Camping ground, yang merupakan area berkemah di Lembah Hijau yang mampu dipakai untuk berbagai program camping dan menambah kebersamaan antar wisatawan. Untuk camping di sana, wisatawan harus membayar Rp 75.000 per orang dengan akomodasi full set camping. Sehingga wisatawan tidak perlu membawa alat camping dari luar.

Paint ball &air soft guns, yang merupakan permainan simulasi dengan perlengkapan khusus yang bisa digunakan untuk melatih ketangkasan dan menambah keceriaan. Paint ball mampu dilakukan dengan membayar Rp 280.000 per orang dengan minimal anggota 25 orang.

  1. Taman Satwa

pentas satwa lembah hijau lampung, merupakan fasilitas sejnis pertama yang ada di luar pulau jawa-bali
Pentas Satwa. Image via: tribunnews.com

Lembah hijau juga mempunyai taman satwa yang mewadahi rekreasi edukasi. Fasilitas ini akan memberikan banyak sekali macam berita mengenai satwa. Di taman satwa ada beberapa spot yang bisa dieksplorasi, seperti taman burung, taman flora, dan juga aquarium.

Ada berbagai satwa langka di taman satwa yang akan menawarkan wawasan tambahan, baik itu satwa lokal maupun satwa di luar negeri. Di area ini pula, wisatawan mampu berkeliling menikmati taman burung, pentas satwa, dan kebun hewan.

Setiap satwa disediakan daerah luas, sampai mereka bisa tinggal mirip di alam bebas. Misalnya burung pelikan, yang disediakan taman luas dengan bak air dan batu-batuan. Burung-burung ini pun mampu bergerak dan berenang bebas di area mereka.

Pengunjung pun dapat melihat kijang dan rusa di sebuah sangkar berpagar kayu. Pihak Lembah Hijau Lampung menyediakan setumpuk daun di samping sangkar. Daun-daun ini mampu pengunjung manfaatkan untuk memberi makan binatang-hewan tersebut. Selain binatang-hewan di atas, ada pula orangutan, siamang, beruang madu, banteng, dan buaya.

  1. Interaksi dengan hewan

Tunggang Gajah lembah hijau lampung, bagian darikegiatan interaksi pengunjung dengan hewan
Menunggang Gajah. Image via: rahmawatie.com

Simak juga kebun hewan Surabaya.

Di lembah hijau, pengunjung tidak harus puas hanya dengan melihat-lihat binatang. Di sini pengunjung diperkenankan berinteraksi dengan mencoba menunggang beberapa jenis binatang. Hewan yang paling populer tentu saja gajah.

Selain gajah, ada kuda berwarna hitam, coklat, dan putih yang mampu ditunggangi.. Wisatawan bisa berkeliling taman selama dua kali perjalanan dengan didampingi petugas.

Kegiatan ini memberikan ruang interaksi dekat antara pengunjung dan binatang-hewan tersebut. Guna memberikan kenyamanan, wahana tersebut menyediakan kursi tabrakan yang besar di punggung gajah. Dengan begitu, satu dingklik bisa diduduki 1-3 orang anak, di belakang kemudi petugas.

Setelah lelah berkeliling, pengunjung bisa rehat sejenak di dekat bak ikan besar. Terdapat meja dan bangku untuk bersantai seraya menikmati camilan. Pengunjung pun bisa mengajak bawah umur bermain dan melihat-lihat aneka ikan.

  1. Water Park

Prosotan lembah hijau lampung,s alahs atu fasilitas dalam wahana water park di taman ini
Prosotan tinggi. Image via: Anggara

Setelah puas dengan mengelilingi taman satwa dan bermain out bound, pengunjung bisa berbelok ke water park untuk main air. Ada lima buah kolam yang menyediakan wahana air menantang berbeda.

Lembah Hijau memiliki wahana waterboom yang akan menciptakan wisatawan mampu bermain air dan berenang sepuasnya. Beberapa akomodasi waterboom atau permainan air yang mampu digunakan antara lain: Gelas Tumpah, Kolam Arus, Spiral Slide, Torpedo Slide, Twins Boomerang, Water Canon, dan Water Splash

Dari semua kemudahan water park itu Twins Boomerang, menjadi wahana air primadona di sini. Dengan dua jalur sepanjang 160 meter dan tinggi 28 meter, wahana ini memompa adrenalin pengunjung. Lintasan Slide yang meliuk liuk namun curam, membuat pengunjung yang menaiki wahana ini berdetak kencang.

  1. Berbagai Wahana Ala Taman Hiburan

rumahhantu,s alahs atu wahana populer yang digemaripengujung muda-mudi di lembah hijau lampung
Rumah hantu. Image via: jejamo.com

Simak juga: Malang Night Paradise.

Selain kemudahan di atas, ada lagi banyak wahana di taman wisata ini. Keberadaan semua wahana ini membuat pengunjung tak perlu takut merasa bosan di Lembah Hijau Lampung.

Dengan lahan yang luas, maka banyak pula ruang permainan disediakan. Di antaranya ada komidi putar, kereta api kecil, dan boom-boom car. Tidak ketinggalan Rumah Hantu menjadi wahana berisi hantu menyeramkan yang cukup banyak menarik pengunjung.

Bahkan di sini ada wahana untuk memperoleh sensasi pengalaman naik roller coaster. Walau secara fisik di lembah hijau tidak ada wahana roller coaster.  Pengunjung dapat menikmati sensasi itu di Cinema Empat Dimensi. Di wahana ini, pengunjung menonton film dengan kacamata 4D. Duduk kalem, dan rasakan sensasi berguncang mirip naik roller coaster.

kereta mini, fasiliats wisata utnuk anak di lembah hijau lampung
Kereta api mini. Image via: lembahhijaulampung.com

Objek Wisata Dekat Lembah Hijau Lampung

Setelah seharian keliling taman satwa dan menikmati wahana di lembah hijau, ada baiknya singgah sejenak ke lokasi wisata instagramable yang sangat bersahabat dengan taman ini. Puncak mas hanya berjarak 1.3 km. DI sana sambil jalan pulang ke bandar lampung, pengunjung bisa menambah koleksi foto-foto indah dengan latar spot-spot  inovatif.

Bagi pencinta eco park, jikalau memutuskan menginap di lembah hijau, keesokan harinya anda mampu pindah lokasi ke eco park Taman Wisata Alam Wawai. Dua lokasi ini hanya terpisah jarak 900 meter saja. Taman ini yakni destinasi wisata ramah lingkungan yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Alam Wawai memperlihatkan banyak sekali akomodasi menarik mulai dari area outbound hingga pemandangan kota dan laut yang menjadi satu.

Sekian dulu kami nativeindoensia.com membagikan dongeng soal wisata lembah hijau lampung. Semoga di hari ke depan, anda mampu luangkan waktu untuk datang mengunjungi lokasi taman sakral ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni