Letak Alun Alun Kota Kediri

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”7919″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Kp. Dalem, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur 64129

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon:

Tiada Henti

Wilayah perkotaan identik dengan kesibukkan tiada hentinya. Waktu terasa lebih cepat bila berada di wilayah metropolitan.

Kendaraan kemudian lalang, suara mesin dan asapnya menjadi sobat sejati warga perkotaan. Aktivitas monoton layaknya sebuah De Ja Vu. Itulah mengapa warga kota membutuhkan hiburan.

Hidup memang membutuhkan uang, namun terkadang banyak yang tidak sadar bila menyebabkan uang sebagai landasan hidup. Tentu ini tidak akan pernah ada habisnya.

Seberapa banyak pun uang diperoleh, tetaplah hal itu tidak akan pernah bisa mencapai batasnya. Oleh alasannya adalah itu, janganlah salah memiliki pola pikir.

foto by instagram.com/740aerialvideography

Hiburan Penting

Hiburan yaitu hal penting. Tidak jarang orang depresi karena pekerjaannya. Mengunjungi kawasan-kawasan wisata ialah solusi kedua sehabis bertemu dengan Sang Maha Pencipta.

Memang ibadah yaitu obat paling mujarab untuk menghilangkan rasa tersebut, namun jangan lupa juga untuk memanjakan diri sendiri dari rezeki yang dikirimkan oleh-Nya.

Warga perkotaan tentu akan kebingungan jika ditanya kawasan wisata. Umumnya tidak ada daerah wisata yang berada di kawasan tersebut. Namun jangan lupa, tiap kota mempunyai sebuah alun-alun.

Di kawasan tersebut biasanya menjadi sebuah daerah hiburan bagi warga perkotaan. Inilah satu-satunya solusi liburan bila menjadi warga kota. Selain dekat juga tidak terlalu membutuhkan biaya banyak.

Berbicara mengenai alun-alun, maka tiap kota di Nusantara niscaya memilikinya. Namun kali ini akan membahas salah satu diantaranya yaitu di provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kota Kediri. Kota ini amat terkenal dengan sejarah dan kuliner khasnya, ialah tahu kuning dan pecel.

foto by instagram.com/explorekediriraya

Layaknya wilayah kota lainnya, pusat kota Kediri juga amat sibuk. Untuk mengimbangi hal itu tentu harus ada sebuah daerah hiburan guna meluapkan kebosanan yang disebabkan karena rutinitas sehari-hari. Mungkin alun-alun menjadi tempat yang cocok untuk hal tersebut.

Ramai Ketika Malam

Alun-alun Kota Kediri tak pernah sepi oleh pengunjung, apalagi saat malam hari. Remaja banyak mendominasi kawasan ini. Nongkrong dan ngobrol bersama teman adalah aktivitas yang menyenangkan. Interaksi sosial semacam ini memang amat dibutuhkan.

Alun alun kota kediri alamat foto gambar letak deskripsi peta di kampung dalem kecamatan sejarah
foto by instagram.com/miamauni28

Tempat wisata perkotaan di Kediri ini tidak mirip sejenisnya, yaitu berupa tanah lapang nan luas. Di sini, tempat tersebut malah mirip taman dengan luas sedang. Lokasi kawasan wisata warga kota Kediri ini amat gampang ditemukan. Bukan hal yang mengherankan, karena umumnya alun-alun berada di daerah strategis.

Sejarah tempat wisata warga kota Tahu Kuning ini dulunya hanya tanah gersang berumput. Bagian tengahnya terdapat patung berwarna emas. Patung ini yaitu Mayor Bismo dan berikut ini adalah gambar foto dari letak patung tersebut dari deskripsi peta.

foto by instagram.com/kedirikusuka

Lokasi Dimana

Sejarah pemugaran alun-alun ini dilakukan pada tahun 1990-an. Pemugaran ini antara lain dijadikan sebuah taman dengan area pejalan kaki dan sentra kaki lima di sebelah Utara. Alamat kawasan ikonik ini berada di Jalan Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kecamatan Kediri, Kota Kediri.

foto by instagram.com/rohmanaquarius

Wisata masakan khas Kediri tentu sangat mampu di alun-alun. Jadi jikalau wisatawan ingin tau kuliner khas Kediri, mungkin bisa ditemukan di kawasan wisata kota ini.

Namun itu berlaku dikala malam hari, sebab saat siang hari panas dari terik matahari akan pribadi menyapa kulit. Makara saat siang, daerah ini cukup sepi.

foto by instagram.com/gresikpedia

Ketika pagi hari, kawasan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai daerah olahraga. Udara yang sejuk dan dikombinasikan dengan daerah yang nyaman tentu menjadi sebuah kombinasi pas untuk menyehatkan tubuh.

Rencana Dirombak

Alun-alun kota Kediri saat ini (2018) akan dirombak. Memang dikala ini daerah ikonik di Kota Kediri itu masih menjadi favorit bagi warga Kediri sebagai kawasan hiburan guna melepas penat. Namun banyak warga yang mengeluh karena kondisinya.

Oleh alasannya itu, pemerintah kota pribadi menanggapi keluhan tersebut dengan melakukan perombakan.

Warga Kediri yang mengeluh ingin sekali tempat hiburan warga kota tersebut menjadi seperti Taman Sekartaji. Dilansir dari Koranmemo.com, ada seorang warga diwawancarai mengenai kondisi tempat ini.

Ia berkata kalau berbagai menemukan tikus berkeliaran, terutama di sekitar patung Mayor Bismo dan di tempat pedagang kaki lima (PKL).

foto by instagram.com/dewaprom

Coretan dan cat tembok juga ditemukan di patung Mayor Bismo. Selain itu, cat dari patung itu juga sudah mulai terkelupas. Terlepas dari itu semua, tentu perombakan serta perbaikan harus segera dilaksanakan, sebelum kondisi kawasan wisata warga Kediri ini lebih parah.

Rencana perombakan ini bekerjsama sudah dicanangkan sejak awal tahun 2016, bahkan sudah sempat dianggarkan sebesar 7,4 milliar rupiah.

Pengambilan tender juga dulu rencannya dibarengkan dengan lelang proyek Taman Sekartaji dan Memorial Park. Namun dibatalkan dan hanya alun-alun ini yang tidak mendapat pemenang.

foto by instagram.com/kedirihitz_

Tentu ini cukup mengecewakan, mengingat dana sudah dianggarkan dan terpaksa dana tersebut tidak mampu dipakai. Tentu warga Kediri sangat mengharapkan alun-alun kota tercintanya segera diubah penampilannya supaya lebih nyaman saat digunakan sebagai tempat melepas penat.

Dilansir dari Rayapos.com, pada tahun 2017, pemerintah Kota Kediri menganggarkan sampai Rp. 15 milliar untuk perbaikan alun-alun. Rencananya, pada tahun itu, desain dari tempat wisata warga Kediri ini tidak hanya diperbaiki tata letaknya, melainkan juga dibuat akomodasi untuk warga difabel.

foto by instagram.com/yogi.mondan

Tentu ini ialah rencana yang sangat bagus, bahkan dari desain yang diusung pada tahun lalu warga yang berkunjung ke sini dapat melakukan beragam acara.

Kegiatan ini seperti berlari, menikmati kuliner dan bermain. Tempat PKL juga sudah disediakan, sehingga akan tampak rapi.

Sayangnya, planning anggaran tahun kemudian belum disetujui oleh DPRD Kota Kediri. Namun perbaikan ini akan diupayakan sudah berjalan tahun ini.

Kemauan yang besar lengan berkuasa dari pemerintah pusat kota Kediri juga menjadi pendorong yang ampuh untuk mewujudkan planning perombakan serta perbaikan alun-alun kota ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni