Liburan Lebaran Di Jakarta? Ini 6 Acara Yang Harus Kamu Lakukan!

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”12065″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Sebagai kota metropolitan, Jakarta sangat padat penduduk. Tapi ketika libur lebaran datang, Jakarta menjadi sangat sepi bahkan bisa sebagai lapangan bola. Justru itulah nikmatnya Jakarta, kamu bisa menemukan hal berbeda ketika menghabiskan libur lebaran.

Kamu takkan lagi terjebak macet ketika itu, sungguh menyenangkan. Bagi kamu orisinil orang Jakarta, tak usah gundah dalam menghabiskan waktu libur lebaran alasannya adalah semua sudah ada di kota ini. Ada banyak kawasan wisata alam, wisata budaya maupun wisata peninggalan bersejarah.

Makara, kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup melaksanakan banyak acara di kota sendiri sudah berkesan. Tapi, tak ada salahnya bagi orang luar kota berkunjung ke Jakarta dikala libur lebaran karena niscaya memberikan kesan tersendiri juga. Berikut destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi pada waktu lebaran!

Berkeliling di Kota Tua

Bersepeda di Wisata Kota Tua Jakarta, foto: instagram.com/nceskndm21

Setelah akhir bersilaturahmi di hari pertama dan kedua lebaran, kamu bisa berkunjung ke Kota Tua. Kawasan itu merupakan tujuan wisata heritage dan surganya bangunan kolonial. Sampai saat ini Kota Tua menjadi destinasi berfoto.

Kawasan ini sangat menarik untuk foto karena menyajikan suasana klasik alasannya kehadiran bangunan kuno. Tak hanya itu, kawasan ini juga memberikan beberapa atraksi unik seniman jalanan yang mengais rejeki.

Menariknya mereka menjadi tokoh-tokoh tertentu. Kalau sudah puas berfoto, coba sewa sepeda untuk mengelilingi wilayah Kota Tua. Ajak pasangan, teman atau keluarga kesana ketika lebaran, pastilah seru sekali.

Lokasi Kota Tua ini di Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat. Harga tiket masuknya gratis, tapi jikalau ingin sewa sepeda sediakan uang sebesar Rp 20 ribu/ 30 menit. Tersedia berbagai warna sepeda, pilih mana favorit kamu.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa, foto: instagram.com/eka_djoharsyah

Jika liburan lebaran di Jakarta, kamu juga mampu mengunjungi pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini menawarkan pemandangan jajaran bahtera pinisi raksasa yang sedang bersandar. Disana kamu mampu berfoto dengan latar daerah pesisir.

Naiklah ke atas kapal agar mencicipi pengalaman naik kapal pinisi raksasa. Tak usah ragu mau naik kapal alasannya adalah akan banyak orang menunjukkan ke kamu. Di atas kapal, kamu bersama keluarga akan lebih menikmati panorama alamnya serta pemukiman penduduk.

Alamat Sunda Kelapa di Jl.Maritim No.8 Sunda Kelapa, Jakarta Utara 14430. Buka setiap hari selama 24 jam, untuk harga tiket masuk Rp 2.500 /orang. Cukup murah bukan? Bisa irit budget uang liburan.

Pantai Ancol

Serunya Bermain di Pantai Ancol, foto: instagram.com/sukmangesti

Destinasi liburan lebaran di Jakarta berikutnya adalah Pantai Ancol. Sudah tak asing lagi di pendengaran kita tentunya. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga selama libur lebaran. Terdapat daerah makan yang menyajikan bermacam-macam makanan yummy dan nikmat.

Saat makan bersama, kau bisa sambil menikmati suasana maritim. Alangkah baiknya datang di sore menjelang magrib semoga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari sisi terindah. Sungguh memukau, panorama laut disertai samar-samar kelap kelip lampu kota Jakarta.

Indahnya Pantai Ancol, foto: instagram.com/christina.retno.12

Letak pantai ini di Kota Tua, Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk harga tiket masuk individu Rp 25 ribu. Selain itu, harga tiket masuk dihitung berdasarkan kendaraan atau paket-paket tertentu. Objek wisata ini buka pada 10.00 – 17.00 WIB weekdays, sementara weekend & hari Libur : 10.00 – 19.00 WIB.

Dia.Lo.Gue Artspace

Sedangkan bagi kamu sekeluarga yang suka dengan seni, datanglah ke galeri unik Dia.Lo.Gue Artspace. Libur lebaran menjadi waktu tepat menikmati seni-seni dengan view berbeda. Galeri ini menampilkan seni mirip fine art hingga paper instalations.

Dia.Lo.Gue, foto: instagram.com/dindabaki

Sembari menikmati serta mengapreasiasi seni, kamu bisa berfoto. Lalu, jangan lupa nikmati masakan dan minuman dengan nongkrong di kafetaria. Rasakan sensasi berbeda melihat pameran seni modern bersama teman-teman atau keluarga. Tempat ini juga cocok untuk foto keluarga.

Agar mampu melihat seni modern ini, kau harus menuju alamat Jl. Kemang Sel. No.99A, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Buka pada jam 09.00 – 18.00 WIB di hari-hari biasa. Saat weekend dan hari libur jam 09.30 – 21.00 WIB.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove, foto: instagram.com/kou.sidjabat

Kawasan hutan mangrove mampu menjadi tujuan wisata lebaran selanjutnya. Di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, kau akan menemukan jajaran pohon mangrove yang dihubungkan oleh jembatan berbahan kayu. Itu bisa menjadi spot foto berkesan dalam libur lebaran tahun ini.

Tak hanya menghadirkan suasana khas hutan mangrove, disana juga menyajikan bangunan-banguan kayu yang dilihat nampak seperti mengapung di air. Di sela-sela pengamatanmu, pelajarilah jenis-jenis tanamannya. Pemandangannya akan menyejukkan mata dan menyegarkan pikiranmu.

Bangunan yang ada di sekitar taman wisata, foto: instagram.com/kou.sidjabat

Letaknya di Jalan Garden House, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Buka setiap hari, saat idul fitri sekalipun mulai jam 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk bagi WNI Rp 25 ribu dan Rp 250 ribu WNA.

Taman Menteng

Selama di Jakarta, kau takkan kehilangan daerah menarik. Ketika lebaran tiba, kamu dapat meningkatkan quality time bersama keluarga di Taman Menteng. Tidak perlu menyiapkan banyak budget kalau ingin kesana.

Taman Menteng, foto: instagram.com/ms.tiwi

Di kawasan ini kau takkan membayar biaya tiket masuk. Meskipun begitu, spot foto disana tak kalah bagusnya di area wisata yang berbayar. Suasananya menyenangkan, penuh dengan bunga-bunga, nyaman sekali dimata.

Tak hanya gratis, Taman Menteng menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Pokoknya kamu takkan mati gaya selama berlibur bersama keluarga disana. Ada kemudahan free wifi, jogging track dan beberapa akomodasi lainnya.

Taman Menteng Malam Hari, foto: instagram.com/yaaaaash_

Taman Menteng terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.03 / RW.05, Jakarta Pusat, 10310. Buka 24 jam, jadi bisa kesana dikala pagi, siang atau malam selama libur lebaran.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni