Lokasi Pantai Surga

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6751″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Jl. Raya Padang – Painan, Tlk. Bayur, Padang Sel., Sumatera Barat 25227

Maps: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 06.00 – 18.00 WIB

Telepon:

Pesona Menarik

Sumatra Barat atau Sumbar merupakan propinsi di Indonesia yg mempunyai banyak tempat wisata di dalamnya. Padang memang menjadi salah satu kota dengan pesona menarik. Ada berbagai macam daerah wisata alam di sini.

Salah satunya adalah pantai. Cukup wajar mengingat Indonesia ini adalah negara kepulauan dengan banyaknya gugusan pantai di sini. Mulai dari kawasan Jawa, Sumatra, Sulawesi hingga Papua mempunyai bibir pantai.

Sementara kota-kota mirip Lombok, mntai, Bali, Kendari, Baalang, Pau, Bau, Bangka, Rote, Pulau Buton, Tanjung Pinang, Sultra atau Sulawesi Tenggara, Karimunjawa atau pulau Karimun, Lampung, Pariaman, Bungus, Batam, Banten, Bintang sampai Lagoi mempunyai hal tersebut.

Indonesia memang populer dengan banyaknya daerah wisata alam. Di setiap kota atau city, memang memiliki kawasan wisata alam. Bahkan kota-kota kecil seperti kota satelit layaknya Bogor, Sukabumi, Jepara mempunyai sisi menarik tersendiri.

Di West Sumatra ini terdapat salah satu pantai bernama Pantai Nirwana. Kawasan ini menjadi salah satu lokasi wisata alam selain taman yg bisa dikunjungi oleh para turis baik itu lokal dan juga aneh.

foto by instagram.com/david.yose

Mengenal Lokasi

Kota Padang ini merupakan daerah administratif dimana deskripsinya ialah ibukota dari Sumatra Barat. Dan mudah populasinya akan jauh lebih padat jikalau dibandingkan dengan kota yg berada di kawasan Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Kota ini memang menjadi salah satu tempat atau tujuan wisata bagi masyarakat Sumbar serta para turis baik domestik dan juga mancanegara. Hal ini sudah bisa dilihat dengan banyaknya tempat wisata terutama pantai yg siap memanjakan para wisatawan.

foto by instagram.com/iiiiiskandar

Obyek wisata Pantai Nirwana ini tentu saja menjadi daerah yang sangat pas untuk dikunjungi dikala menginjakkan kaki ke ibukota di Sumbar tersebut. Meski begitu ada beberapa daerah wisata lainnya yg dihentikan terlewatkan.

Letak dan lokasi serta alamat dari Pantai Nirwana ini berada di sebelah Barat dari Padang atau dengan jarak sekitar 14 km dari pusat kota. Praktis susukan atau akomodasinya sudah cukup memudahkan para turis yg ingin mengunjungi salah satu pantai di kawasan Padang tersebut.

Pantai ini memang cukup sarat dengan dongeng sejarah. Apalagi melihat tempatnya yg memanjang dan tidak jauh dari lokasi Pelabuhan Teluk Bayur. Perpaduan keindahan bangunan heritage dengan keindahan alam mampu dinikmati di sini.

foto by instagram.com/berwisata

Sisi Menarik

Lokasi ini terletak di bagian pesisir dari Sumatra. Praktis menyajikan pemandangan dan juga panorama alam nan eksotis. Tidak jarang banyak para photographer mengabadikan foto atau gambar di sekitar area tersebut. Meski kadang ada beberapa razia di sekitar area ini.

Dari sini para pengunjung mampu melihat kapal-kapal dari erat. Pasalnya di sini menjadi jalur untuk kapal penumpang dan juga kapal dagang ketika hendak berlabuh dan menurunkan penumpang di pelabuhan Teluk Bayur. Menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Ketika menjelang malam atau lebih tepatnya kala senja, di sekitar area wisata ini menyajikan pesona yang cukup menarik. Tidak kalah dikala mengunjunginya di masa siang hari. Di sini sudah ada lampu-lampu serta keindahan di sekitar pelabuhan Teluk Bayur.

foto by instagram.com/yantolemon

Mudah menyajikan suasana yg sangat indah dan juga menciptakan tampilan lebih romantis serta eksotis. Hal ini menjadi salah satu daya tarik dari tempat alam ini.

Di sekitar pesisir sudah banyak pepohonan kelapa. Tentu membuat tampilan pantai ini akan lebih terlihat eksotis dan indah. Apalagi jika air laut sedang surut. Di sini sudah ada kerikil karang dan juga koral kecil yang berada di sekitar pasir. Merupakan salah satu daya tarik dari Nirwana.

Tidak heran jikalau banyak para wisatawan ingin mengabadikan keindahan alam tersebut dengan kameranya. Tidak heran jikalau lokasi liburan ini disebut juga sebagai nirwana dunia disebabkan adanya panorama air laut menakjubkan dengan pemanis hamparan pasir putih.

Sebuah kombinasi yang mempesona. Bahkan air maritim di sekitar area ini kerap digunakan sebagai terapi. Tidak heran ketika hari libur panjang atau akhir pekan, daerah ini menjadi incaran para turis.

foto by instagram.com/aldi7764

Menilik Keindahan

Seperti yang sudah disebutkan sebetulnya air bahari yang ada di obyek liburan ini sangat jernih dan juga memiliki keindahan alam bawah bahari nan mempesona. Ditambah lagi dengan dikelilingi area perbukitan dan juga banyaknya tanaman tropis.

foto by instagram.com/photografunk

Para turis bisa menikmati sunset dikala menjelang sore hari. Hal ini yg menjadi incaran para wisatawan guna menyaksikan suasana yang cukup indah. Menikmati sunset atau matahari tenggelam di sini merupakan salah satu aktivitas favorit bagi para wisatawan.

Untuk melihat kemegahan sunset, mampu mengunjungi daerah ini pada bulan Juni sampai Agustus. Pasalnya di bulan-bulan ini keindahan matahari bisa terpancar dengan indah dan tidak tertutup awan mendung.

Fasilitas dan Akses

Kawasan wisata alam ini sudah menyediakan kemudahan yang sangat lengkap. Sudah ada bar, arena bermain anak dan juga persewaan perahu bagi yg ingin mendayung atau bermain kano di sekitar bahari.

Di sini juga bisa digunakan untuk camping. Apalagi penyewaan tenda juga sudah ada. Para turis bisa membangun tenda di sekitar area bibir pantai. Apalagi lokasinya cukup luas dan menyenangkan.

foto by instagram.com/pesonasumbar.id

Untuk menuju ke sini sebenarnya cukup mudah. Terutama jika berangkat dari pusat Kota Padang. Bisa memakai kendaraan pribadi, dengan menuju ke arah selatan dari Teluk Bayur. Cukup mengikuti papan petunjuk dan rambu-rambu kemudian lintas guna menuju ke sini.

Bisa pula menggunakan kendaraan umum dengan naik angkutan umum jalur 437 dari arah Pasar Raya Padang. Perjalanan menuju ke obyek wisata ini nantinya akan melewati jalur Sutan Syahrir. Dilanjutkan ke arah Jalan Padang – Bengkulu.

foto by instagram.com/roniguys

Jalan ini biasanya akan cukup padat dimana banyak truk-truk angkutan barang melintasi jalan ini. Setelah itu hingga pula di Pelabuhan Teluk Bayur. Dari kejauhan sudah mampu terlihat pelabuhan tersebut.

Jalur lain yg dipakai yakni jalan Padang – Muko-muko dimana jalannya sudah sangat mulus. Ditambah lagi membujur di sepanjang tepian maritim dan juga berkelok di area semenanjung. Setelah itu melewati pinggiran ceruk dimana termasuk ke dalam salah satu Teluk Bungus.

foto by instagram.com/dbm67_alghuroba

Selama perjalanan ini tidak jarang ada sekelompok monyet ekor panjang melalui batuan padas besar atau berada di sekitar area pepohonan. Biasanya meminta upeti atau jatah makanan dari para pengunjung yg lewat.

Di sini juga ada kapal-kapal motor yg berada di sekitar tepi obyek wisata tersebut. Dan kapal motor milik nelayan in ibisa disewa untuk menuju ke tengah laut. Nikmatilah suasana di tengah laut ketika kapal nelayan ini sedang menangkap ikan atau sekedar menikmati suasana di alam bawah maritim tersebut.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni