Lokasi Pantai Trianggulasi

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”7416″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Jalan Brawijaya No 20, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur 68417

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: 0333 428675

Pasti Tahu

Semua orang niscaya sudah tahu bahwa Banyuwangi adalah nirwana bagi pecinta wisata pantai. Nmulai dari kawasan wisata yang sudah terkenal diseluruh dunia hingga destinasi yang masih terbilang perawan. Maka dari itu tak heran bila tiba ke kota Osing ini akan menemui berbagai turis asing.

foto by instagram.com/tripalaspurwo

Artikel kali ini akan membahas salah satu kawasan wisata perawan di Banyuwangi. Banyak sekali pantai – pantai baru di kota ini. Maka dari itu kita perlu untuk mengeksplore lebih dalam. Tempat wisata ini mempunyai nama Pantai Trianggulasi.

Keindahan Potensi

Nama Pantai Trianggulasi memang tidak seterkenal dengan Pulau Merah, Teluk Ijo atau Pantai Bangsring. Tetapi untuk pesona pemandangannya tidak perlu untuk diragukan lagi. Pemandangan alamnya begitu luar biasa indahnya.

foto by instagram.com/oedhie

Tempat ini masih dalam tempat Taman Nasional Alas Purwo. Bahkan erat sekali dengan tempat wisata lain adalah Pantai Plengkung. Kalau dihitung hanya sekitar kurang lebih 2 km saja dari Pantai Plengkung.

Lokasi tepanya berada di Desa Tegaldlimo. Jika kamu berangkat dari arah kota Banyuwangi maka kurang lebih sekitar 80 km dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat.

foto by instagram.com/iniimar

Cerita sedikit tentang asal seruan nama Trianggulasi ialah diambil dari sebuah tugu yang ada di sini. Tugu tersebut digunakan sebagai titik ikat saat pengukuran dari arah pantai. Kurang lebih hanya sekitar 500 meter jarak dari tugu tersebut ke pantai.

Nama sebelumnya dari daerah wisata ini ialah Pantai Tanggul Sari tetapi sejak diubah menjadi Trianggulasi masyarakat setempat jika mengenalkan kepada pengunjung yang tiba dengan nama Trianggualasi. Selain alasannya adalah asal usul tersebut merak menganggap nama Trianggulasi lebih menjual dan mempunyai daya tarik yang besar.

foto by instagram.com/nindi1020

Pantai Trianggulasi sendiri mempunyai hamparan pasir putih yang sangat luas. Pasir di sini begitu halus maka tak jarang pengunjung dikala datang ke sini bahagia dan bisa bermain pasir dengan puas. Di sini juga mempunyai garis pantai yang begitu landai.

Pantai ini masih dikelilingi dengan pepohonan yang masih tumbuh. Pepohonan tersebut masuk di dalam tempat hutan Alas Purwo. Pohon – pohon tersebut berjenis Bogem dan Nyamplung.

Pohon yang tumbuh begitu lebat, memang Taman Nasional Alas Purwo ini masih aktif sehingga memungkinkan beberapa hewan akan tiba. tetapi hewan tersebut tidak akan mengganggu para pengunjung yang datang jikalau tidak diganggu.

foto by instagram.com/muhemin95

Lokasi pantai mirip memang sangat cocok bagi pengunjung bila ingin berkemah. Selain hamparan pasir yang luas juga udara yang diberikan sangat segar dan sejuk. Tak jarang pengunjung tiba kesini bermalam dengan mendirikan tenda dipinggir pantai.

Ombak di Pantai Trianggulasi ini cukup tinggi dan deras. Tentu saja pemandangan ombak ini begitu mempesona. Maka banyak juga pengunjung datang ke sini memanfaatkan ombak tersebut sebagai olahraga air. Mereka surfing dan berenang di laut.

foto by instagram.com/erico_004

Tetapi pengelola Pantai Trianggulasi sendiri tidak mengizinkan bagi mereka yang belum profesional dalam hal surfing alasannya ombak di sini masih terbilang berbahaya bagi kelas pemula.

Di sini juga disediakan jasa menyewakan wisma bagi wisatawan yang ingin bermalam di sini. Harga yang diberikan juga sangat murah. Untuk semalam kamu perlu membayar 75 ribu rupiah. Jika ingin menyewa satu rumah untuk keluarga hanya membayar 150 ribu rupiah.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/11uchi

Pantai Trianggulasi ini secara administrasi berada di Jalan Brawijaya No 20 Kalipait Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi. Ada beberapa rute yang mampu kau lalui. Ini akan kami jelaskan secara lengkap tentunya di sini.

Jika kamu berangkat dari arah kota Banyuwangi maka akan melewati Kecamatan Rogojampi kemudian ke Srono sesudah itu Muncar dan Tegaldlimo. Perjalanan kau tidak berhenti hingga di Kecamatan Tegaldlimo ya. Malah ini bisa dibilang sebagai awal perjuangan perjalanan kau.

foto by instagram.com/adityagusetyawan

Di sini kamu akan melewati jalan yang mampu dibilang tidak cantik atau makadam. Maka dari itu jikalau kamu menggunakan kendaraan roda dua maka harus memperhatikan dulu keadaan motor dengan baik. Untuk motor matic kami menyarankan biar tidak menggunakannya.

Lokasi Pantai Trianggulasi ini sama dengan dikala kamu akan mendatangi kawasan Taman Nasional Alas Purwao. Jadi tentu saja gampang sekali untuk ditemukan. Banyak sekali petunjuk jalan yang mampu kamu temui. Jika masih kesulitan maka mampu bertanya pada masyarakat setempat.

Jam Buka

foto by instagram.com/r_yogis

Untuk jam buka di pantai ini tidak ada yang memilih akan ditutup dan dibuka jam berapa. Tetapi di sini alasannya adalah masih terbilang tempat wisata gres maka kurang penerangan dan keamanan. Kami menyarankan agar kau bisa datang di pagi hari dan meninggalkan tempat wisata sebelum gelap.

Area Taman Nasional Alas Purwo dikala malam datang memang terbilang cukup menakutkan. Itu disebabkan alasannya adalah suasana mistis sangat kental di sini. Dan Pantai Trianggulasi sendiri masih berada di dalam tempat Alas Purwo.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di sini sendiri tidak dikenakan biaya. Inilah yang disukai oleh para backpacker pasti menyukai saat tempat wisata gratis. Tentu ini akan meminimalisir biaya keperluan mereka. Makara, kapan kamu akan pergi ke Pantai Trianggulasi?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni