Lokasi Pulau Sikuai

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6732″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Pulau Sikuai, South Teluk Kabung, Bungus Teluk Kabung, Padang City, West Sumatra

Maps: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon:

Keindahan Eksotis

Padang merupakan salah satu kota di kawasan Sumatra dengan keindahan alam nan eksotis. Padang atau tanah Minang ini sekarang sudah bersolek untuk menjadi daya tarik tersendiri di Indonesia guna menarik minat para turis terutama aneh.

Ibukota provinsi atau propinsi Sumatra Barat ini mempunyai banyak kawasan wisata dan kawasan liburan yang memiliki kisah sejarah bahkan hingga kisah mitos di dalamnya sebagai salah satu daya tarik tersendiri. Seperti kisah Malin Kundang yg menjadi daya tarik di sini.

Di Profinsi Sumbar ini memang banyak lokasi wisata alam dengan memperlihatkan pesona alam sebagai salah satu sumber daya pariwisata guna menarik minat para turis. Ada banyak pulau-pulau di sekitar Sumatra Barat yg menunjukkan pesona tersendiri.

Contohnya mirip pulau Pagang, Mentawai sampai Painan menjadi salah satu bukti bagaimana Padang sudah menawarkan kemudahan keindahan alam untuk para wisatawan yg berlibur ke ibukota Sumatra Barat tersebut. Tentu saja menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satu pulau di Padang yg menyajikan sisi panorama dari propinsi ini adalah Pulau Sikuai. Pulau yang mempunyai dongeng sejarah hingga beberapa perkara pada dikala terjadinya gempa besar serta tsunami di Padang ini memiliki keindahan tersendiri.

foto by instagram.com/syahrul_art

Mengenal Lokasi

Kawasan wisata Pulau Sikuai di kota Padang ini pada jaman dahulu merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan ajaib yang menetapkan untuk berlibur ke propinsi Sumatera Barat.

Pulau ini sendiri memang pertama kali menurut dongeng dan juga berita yang tersebar baik di lembaga kaskus sampai wikipedia sendiri dikembangkan oleh pemerintah dan pengelola swasta sebagai destinasi wisata di tahun 1994.

Ketika itu lebih banyak didominasi yang menuju ke pulau ini adalah para wisatawan gila dimana ingin melihat keindahan serta pesona alam yg ditawarkan oleh Padang. Apalagi dengan adanya akomodasi yang sangat glamor dengan banyaknya penginapan mirip resort, villa, cottage, sampai hotel berbintang.

foto by instagram.com/syahrul_art

Bahkan dahulu situs resmi dari kawasan liburan ini ialah www. Pulau sikuai .com ini cukup ramai dikunjungi oleh para turis gila guna menikmati keindahan alam yg ditawarkan oleh Padang. Sayangnya pesona ini kini sudah tidak bisa dinikmati.

Pesona dari Sikuai melalui foto, photos, gambar, pictures hingga video di Youtube sudah mulai hilang. Masalah dan masalah yg terjadi antara pemerintah dan pengelola swasta menjadi salah satu penyebab pulau ini semakin ditinggalkan.

Konflik dan juga kondisi yg cukup miris ini menciptakan dunia pariwisata Padang ikut terkena pengaruhnya. Sekarang ini memang tempat liburan ini dirusak oleh kasus tersebut. Sehingga penginapan di sini sudah hancur.

foto by instagram.com/alfihervian

Mulai Berubah

Wajah dari Pulau Sikuai Padang ini sendiri memang sudah mulai berubah. Dengan timbulnya masalah tersebut para turis abnormal balasannya enggan berlibur ke pulau yang cukup luas tersebut. Meski begitu keindahan pulau ini memang masih bisa dinikmati. Terutama bagi para turis lokal.

Meski ditutup untuk keperluan wisata, para turis domestik tetap bisa mengunjungi daerah ini dengan mengikuti tour dari para travel agent atau sendiri. Rasakan sensasi alam yg berpadu dengan sisi misteri dan menakutkan di dalamnya.

foto by instagram.com/alfihervian

Letak Dimana

Pulau Sikuai Padang ini seperti yang sudah disebutkan di awal merupakan pulau yang cukup luas. Ada sekitar 44,4 hektar. Praktis menciptakan area ini memang sangat pas untuk menjadi lokasi wisata.

Obyek wisata ini masuk ke dalam wilayah administratif Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. Lokasi dan alamat dari pulau ini sendiri sudah dikenal oleh kalangan masyarakat di kota ini dan juga wisatawan.

Area ini menyajikan suasana pantai yang indah dan juga eksotis. Ditambah lagi dengan adanya keragaman hayati bawah laut yg sangat eksotis. Jarak menuju ke pantai ini memang cukup jauh dari pusat kota.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan para turis tetap bisa menikmati keindahan dari daerah wisata alam ini.

Perjalanan menuju ke Sikuai ini rata-rata dilakukan melalui Pelabuhan Muara. Selanjutnya, transportasi menuju ke area ini menggunakan perahu nelayan. Setelah ditutup dan juga banyak permasalahan, transportasi hanya menggunakan speedboat atau bahtera nelayan.

foto by instagram.com/alfihervian

Bagi para wisatawan yg menggunakan jasa tour, bisa menggunakan speedboat menuju ke sini. Tentu saja jauh lebih cepat dan juga tidak terlalu rumit. Akan tetapi biaya transportasinya menjadi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kapal nelayan.

Untuk tour, ada beberapa paket yg mampu dipilih. Apalagi semenjak tahun 2000-an seperti 2014, 2015, 2016 sampai 2017 dan tahun ini, sudah ada paket tour yg memudahkan para turis mengunjungi pulau yg terletak di Padang tersebut.

Para traveler bisa menggunakan denah, peta atau map untuk mengetahui jalur atau jalan utama serta rute menuju ke kawasan ini. Meskipun kini nasib dari island ini sudah tutup dan keadaannya sedikit terbengkalai, tetapi tidak membuat pulau ini dilupakan.

Kenapa begitu ? Pasalnya ketika ini keindahan di kawasan island ini tetap menarik dan menawarkan daya tarik tersendiri. Ditambah lagi harga tiket masuk menuju ke sini gratis. Hanya perlu membayar biaya atau tarif transportasi saja.

foto by instagram.com/angkushalih

Meski terusan satu-satunya hanya melalui laut, tidak membuat para wisatawan mundur. Di sini para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya yakni bersantai di pinggi pantai.

Bisa juga dengan berenang, snorkeling hingga diving untuk menikmati keindahan alam bawah maritim nan menggoda. Selain itu para turis mampu pula melakukan trekking di area perbukitan dimana letaknya tidak jauh dari lokasi pantai.

foto by instagram.com/randangsakato.official

Perbukitan yg ada di sekitar pantai ini menyajikan keindahan alam nan mempesona. Di area ini para turis bisa melihat kemegahan laut dan pantai.

Kok Ditutup?

Seperti yang sudah disebutkan diawal bergotong-royong para traveler saat menginjakkan kaki ke Pulau Sikuai Padang ini bisa melihat keadaan dari island ini yg seperti kota mati.

Hal ini disebabkan bahwa kawasan wisata ini memang bukan lagi kawasan wisata. Sehingga membuat penginapan dan fasilitas umum lainnya terbengkalai. Di tahun 2009 kemudian, pengelola dari Sikuai Resort ini memang sudah menetapkan untuk tidak meneruskan bisnis tersebut.

foto by instagram.com/kelantara_id

Sehingga mampu terlihat sesungguhnya kemudahan tersebut akhirnya terbengkalai dan tidak terjaga dengan baik. Memang sangat disayangkan terutama melihat akomodasi yg ada di sana sudah cukup lengkap.

Apalagi dengan adanya cottage untuk penginapan, cafe dan juga fasilitas lainnya. Praktis semuanya menjadi terbengkalai dan tidak digunakan kembali.

foto by instagram.com/kolaxs11

Akan tetapi para turis masih bisa mengunjungi salah satu island di Padang tersebut. Para turis hanya perlu menyewa perahu nelayan sebagai alat transportasi. Harga atau tarif sewa membutuhkan biaya sekitar 600 ribu.

Dengan harga ini para turis bukan hanya menuju ke Sikuai saja. Di sekitar area ini juga banyak lokasi-lokasi menarik. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Praktis membuat para turis bisa menikmati keindahan dari Padang nan menggoda.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni