Lokasi Taman Blambangan

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”6411″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Jl. Diponegoro No.2, Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411

Maps: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon:

Jarang Dilirik

Banyuwangi memang jarang dilirik oleh para wisatawan. Terutama wisatawan domestik. Rata-rata Surabaya dan juga Bali yang mengapit kota tersebut menjadi destinasi wisata para turis.

Memang cukup masuk akal mengingat Surabaya dan juga Bali memiliki banyak keindahan dan keunikan tersendiri untuk memanjakan para wisatawan yg ingin berlibur. Akan tetapi ada banyak hal dan sisi menarik yg mampu ditemukan oleh para turis bila menginjakkan kaki ke kota Banyuwangi ini.

foto by instagram.com/ayodolan

Jika membahas mengenai lokasi liburan dan daerah wisata di Banyuwangi ini memang mayoritas obyek wisata pantai di sekitarnya. Cukup masuk akal mengingat Banyuwangi ini berbatasan pribadi dengan laut. Dan menjadi tempat untuk menyeberang ke pulau Dewata, Bali.

Di sini ada banyak kawasna wisata pantai mirip Pantai Plengkung, Pantai Teluk Hijau sampai Pantai Tabuhan yang memang sudah didominasi sebagian besar kawasan wisata di ujung timur Jawa tersebut.

Pantai inilah yang menjadi incaran para wisatawan terutama turis gila. Cukup masuk akal tentunya mengingat pantai ini menjadi alasan para turis asing yg gemar berselancar.

Di pantai-pantai Banyuwangi tersebut memiliki ombak cukup tinggi dan relatif kondusif untuk para surfer menyalurkan hobi mereka di sini. Dan tidak jarang pula para wisatawan abnormal ini memang lebih menentukan guna menghabiskan waktu di sekitar area pantai di Banyuwangi ini.

foto by instagram.com/potretbanyuwangi

Menilik Lokasi

Ternyata bukan hanya pantai saja keunikan yg bisa dinikmati oleh para turis. Di Banyuwangi ini juga terdapat taman-taman rekreasi yang asyik dan menyenangkan.

Salah satunya adalah Taman Blambangan yg berdekatan dengan area sentra kota dan juga pantai serta pasar tradisional Banyuwangi.

Taman ini berada di jalan Diponegoro Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Letak dan lokasinya yang berdekatan dengan pusat kota membuat saluran dan rute menuju ke sini cukup gampang.

Bahkan Taman Blambangan ini pernah menjadi lokasi syuting acara Inbox yang sudah cukup terkenal di televisi nasional Indonesia

foto by instagram.com/opiehwa99

Banyuwangi memang bukan hanya terkenal dengan tempat wisata pantai saja. Taman Blambangan menjadi salah satu bukti bahwa Banyuwangi memiliki pesona tersendiri.

Apalagi ada banyak cerita sejarah di sekitar area taman tersebut. Jika dibandingkan dengan lokasi wisata pantai memang masih kalah populer.

Akan tetapi Taman Blambangan ini bisa menawarkan nuansa serta suasana keindahan yang bisa memanjakan para turis dan juga masyarakat.

Apalagi kini ini sudah dilakukan sejumlah pembenahan di banyak sekali macam sektor sehingga menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Banyuwangi.

Tidak heran kalau taman ini menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi untuk masyarakat sekitar dan juga turis lokal. Tidak jarang bagi para pelancong yang ingin ke Bali dan Surabaya kerap mampir sejenak di Banyuwangi tersebut.

foto by instagram.com/banyuwangi_hitss

Pagelaran Seni dan Budaya

Ada banyak hal yg bisa ditemukan di Taman Blambangan Banyuwangi ini. Bahkan lokasi liburan tersebut kerap pula menerima julukan sebagai Taman Gesibu Blambangan.

Tempat rekreasi ini berbentuk lapangan besar atau biasa disebut alun-alun di daerah pulau Jawa. Dan mirip yang sudah disebutkan di awal bahwa lokasi serta letaknya berada di jantung Kota Banyuwangi.

Pusat kota ini berada persis di antara 4 jalan utama. Yaitu Jalan Veteran, Jalan Diponegoro, Jalan RA Kartini dan juga Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Para turis mampu melihat hiruk pikuk jalanan utama ini di malam hari atau dikala tamat pekan.

Tidak jarang pula banyak belum dewasa muda berfoto dan mengambil gambar suasana Taman Blambangan di malam hari tersebut.

foto by instagram.com/potretbanyuwangi

Dengan lokasinya yang ada di sentra kota, tidak heran bila banyak hotel yg mampu ditemukan di sekitar alun-alun ini. Dahulu periode Taman Blambangan ini memiliki nama yang berbeda.

Sebelum diberi nama Blambangan, alun-alun ini mempunyai nama ialah Lapangan Tegaloji. Jika dilihat bahwa dahulu di sekeliling area ini banyak bangunan dengan gaya arsitektur kuno yang khas.

Bangunan ini dahulu digunakan untuk daerah tinggal bagi warga Belanda yg tinggal di Banyuwangi. Sekarang ini masih ada beberapa bangunan Belanda yg masih dipertahankan sebagai salah satu heritage.

Luas dari alun-alun ini sekitar 32 ribu meter persegi. Bisa dibayangkan luasnya area tersebut. Jika memasuki area ini sudah mampu terlihat rumput-rumput halus dan menghiasi hampir seluruh area di alun-alun ini.

Sementara di area tepi sudah dibangun trek khusus yang mampu dipakai untuk berolahraga jogging atau lari bagi para warga masyarakat dan juga para turis.

foto by instagram.com/nuriftitahatul_

Sementara jika bergerak ke arah Barat ini para wisatawan bisa melihat area Gesibu Blambangan atau biasa disebut Gelanggang Seni dan Budaya.

Dengan bangunan khas candi, gedung atau areal ini biasanya digunakan untuk menggelar aneka macam macam pertunjukkan seni dan budaya guna memperkenalkan budaya asli Jawa dan Banyuwangi kepada masyarakat serta wisatawan.

foto by instagram.com/hasbyabdat

Fasilitas Yang Ada

Di sini ada banyak kemudahan yg bisa digunakan oleh para masyarakat dan juga para wisatawan. Di area Gelanggang Seni dan Budaya ini sudah ada kemudahan berupa area skateboard dan juga lapangan basket.

Para turis bisa mencoba bermain skateboard serta menikmati pertandingan basket yg kerap digelar di sini. Dan spesial buat semua pengunjung yaitu area kuliner dimana menyajikan aneka kuliner khas Jawa Timur yg khas.

Kawasan wisata ini memang merupakan lokasi wisata yang multifungsi. Dalam artian memiliki banyak akomodasi dan juga daerah yg sangat nyaman untuk berlibur dan juga bersantai baik bersama keluarga, teman dan juga pasangan.

Menariknya lagi ialah taman ini juga kerap dijadikan tempat untuk menggelar aneka aktivitas seperti upacara, konser musik dan tentu saja kampanye parpol ketika isu terkini pemilu tiba.

foto by instagram.com/sandiharoen

Dilirik Masyarakat

Dengan areal alun-alun yang cukup luas dan besar menciptakan Blambangan menjadi lirikan masyarakat sekitar untuk bersantai atau menggelar program di sini. Tidak jarang pula di daerah ini digelar acara Car Free Day setiap hari Minggu.

Kawasan Taman Blambangan ini sudah menjadi pujian bagi sebagian masyarakat Banyuwangi. Pasalnya menjadi kawasan utama guna mencari hiburan.

Ditambah lagi dengan semakin banyaknya para turis yg datang ke taman ini membuat Blambangan menjadi terkenal. Tidak heran kalau rempat ini sekarang sudah menjadi favorit bagi warga sekitar guna menghabiskan waktu liburan.

foto by instagram.com/m.hidayat_af

Jika final pekan atau malam menjelang libur nasional ini lokasi wisata ini menjadi incaran para wisatawan hingga masyarakat sekitar. Di area Taman Blambangan ini yg menjadi inacaran para wisatawan yaitu program pagelaran musik dan juga pameran kuliner.

Ada banyak jajanan yg mampu dinikmati di sini. Sembari menikmati acara pagelaran musik serta seni budaya seperti tari-tarian hingga wayang, para pengunjung bisa menikmati jajanan di sekitar area taman tersebut.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni