Lumpia Samijaya Malioboro, Street Food Legendaris Dari Kota Jogja

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”66279″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

  • Alamat: Jln.Malioboro No.18, Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Jogja, Daerah spesial Yogyakarta
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: Setiap Hari (08.00-21.00)
  • No.Telp/HP: 0858 7645 4699
  • Harga Mulai: Rp.5.000-Rp.6.000

Malioboro yakni salah satu destinasi favorit para wisatawan saat bertandang ke kota Gudeg. Bagaimana tidak, kawasan ini menjadi spot yang mencerminkan “Jogja banget” dari sekian banyaknya daerah wisata disana.

Bisa dibilang, Malioboro yaitu ikonnya kota Jogja. Berbagai hal menarik mampu kau lakukan disini mulai dari belanja, jalan-jalan, swafoto hingga menikmati aneka masakan khas Yogyakarta yang lezat dan murah.

Ya, menjadi pilihan tepat kalau kau menyebabkan Malioboro sebagai tujuan untuk berwisata masakan. Sebab di tempat ini ada banyak daerah yang menyuguhkan aneka makanan lezat dan siap untuk menggoyang lidahmu.

Membahas perihal kuliner khas Jogja, ada satu street food yang pembelinya rela antre demi untuk mencicipinya, yakni Lumpia Samijaya yang terkenal legendaris dan kerap menjadi pilihan ketika orang-orang ingin menyantap makanan ringan enak di sekitar Malioboro.

Foto By @khabiburrahman_97

Menurut sejarahnya, lunpia hadir pertama kali di Indonesia pada kurun ke-19 dan menjadi salah satu teladan kuliner akulturasi budaya orisinil Tionghoa dan Jawa.

Perpaduan keduanya menghasilkan sentuhan baru dengan citarasa menarik hati. Isinya yang pada awalnya terbuat dari daging babi dirubah menjadi daging ayam atau udang lalu dicampur bersama rebung kemudian dibungkus memakai kulit lumpia.

Sebenarnya lunpia bukanlah makanan khas Jogja, melainkan masakan orisinil dari kota Semarang. Namun keberadaan Lumpia Samijaya ini cukup mendapat perhatian bagi pengunjung yang melintas di kawasan Malioboro dan kesannya menjadi sangat terkenal.

Harga Lumpia

Foto By @itsnama

Lumpia di Sami Jaya ini mempunyai ukuran yang biasa saja, sama seperti pada umumnya, tidak terlalu kecil ataupun besar. Namun begitu, isiannya dibentuk padat.

Dan biasanya disajikan saat masih dalam keadaan hangat sebab akan digoreng ketika ada pembeli yang memesan. Makara gurih renyahnya masih tetap terjaga.

Saat membeli lumpia disini, kamu akan diberi komplemen cabai rawit dan saus yang terbuat dari bawang putih. Rasanya terasa sangat segar, apalagi kalau ditambahkan dengan acar.

Foto By @marcellacells

Lumpia Sami jaya atau sering disebut juga dengan lunpia Malioboro ini menawarkan beberapa varian rasa, adalah ada spesial telur puyuh dan ayam.

Perlu diketahui, bila jenis lumpia disini yang ditawarkan hanya dalam bentuk goreng saja, tidak ada yang berair. Kamu mampu menikmatinya langsung di kawasan atau mampu juga dibungkus untuk dibawa pulang ke rumah.

Seperti yang kita lihat diatas, harga untuk satu potong lunpianya dijual dengan sangat terjangkau. Bisa dibilang salah satu jajanan termurah untuk ukuran kudapan kaki lima di sekitar kawasan Malioboro.

Legendaris Sejak 1976

Foto By @arnie_jellyart_cakes

Lunpia Samijaya termasuk sebagai salah satu kuliner legendaris di kota Gudeg sebab sudah berkelana semenjak tahun 1976. Usaha ini pada awalnya dirintis oleh Nur Seto, namun kini telah berganti tangan kepada generasi kedua.

Walaupun sudah berganti pengelola, tapi rasanya masih sama saja hingga menciptakan banyak orang dari luar kota penasaran ingin mencobanya dan bahkan ada yang menjadi pelanggan setianya.

Hal ini tentu tak lepas dari resep dan cara membuat lumpianya yang khas bebuyutan. Soal citarasa, mampu dibilang sangat berbeda dari yang lain, kalau tidak percaya kau mampu mencobanya saat sedang berkunjung ke kota Jogja.

Asal Usul Nama

Foto By @rinanazulla

Diberi nama demikian, tentu tidak lepas dari sebuah dongeng. Jadi, pada awalnya lumpia ini dijajakan sempurna di depan sebuah toko berjulukan Sami Jaya yang berada di samping hotel Mutiara, Jogja.

Oleh sebab itulah, mengapa spot masakan kondang satu ini sering dikenal dengan nama Lumpia Samijaya Malioboro ataupun lunpia Mutiara.

Jika kau bertanya kepada warga setempat mengenainya, pasti mereka tahu alasannya namanya memang sudah cukup terkenal dan bahkan kerap menjadi tumpuan destinasi kuliner bagi para wisatawan.

Cara Penyajian

Foto By @yusantaavi

Meski murah tapi rasa lumpianya Mutiara atau Sami Jaya ini tidak murahan loh. Citarasanya yang sangat yummy tidak perlu diragukan lagi.

Untuk penyajiannya sendiri, biasanya dikemas dengan memakai kardus sederhana yang beralaskan kertas minyak. Sajian ini bisa kamu nikmati ditemani berbagai cocolan pilihan, dari mulai cabai rawit hijau, acar mentimun ataupun saus bawang putih.

Renyah Menggoda

Foto By @yusantaavi

Banyak diburu orang-orang tentu karena mempunyai citarasa lezat dan menggiurkan. Kulit lumpia Samijaya ini sedikit berbeda dari penjual lunpia lainnya, terasa lebih renyah atau biasa juga disebut dengan crispy.

Minyak yang melekat pada kulitnya terlihat lebih sedikit sebab setelah digoreng, dilakukan penirisan terlebih dahulu. Campuran isian antara ayam dan sayurnya juga seimbang.

Citarasanya cenderung gurih, tanpa didominasi rasa asin ataupun anggun. Bila dibandingkan dengan lunpia khas Semarang mirip Gang Lombok akan terasa sedikit berbeda karena sudah dibentuk sesuai lidah masyarakat kota Jogja.

Lokasi Dimana

Foto By @nugrohotrianto

Untuk menemukan spot masakan yang sangat terkenal di Jogja ini, tidaklah sulit. Pasalnya letaknya cukup strategis dan gampang buat dijangkau.

Kamu tinggal datang saja ke depan toko Sami Jaya yang terletak di Jl. Malioboro nomor 18, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya itu tepat di sebelah hotel Mutiara.

Cara mudah untuk sampai ke lokasi ialah dari Malioboro kau bergerak ke arah selatan dan cukup berjalan kaki saja sejauh kurang lebih 200 meter. Posisi tepatnya berada di emperan toko di sebelah timur jalan.

Spot masakan satu ini biasanya buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam. Jangan heran ketika datang disana, sebab kau akan melihat antrean panjang orang-orang yang ingin merasakan kelezatan lumpia Samijaya disana.

Selain di jalan Malioboro, ada cabang lain Lumpia Samijaya yang juga mampu kamu kunjungi. Letaknya ialah di jl. Mataram No.44, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Daerah spesial Yogyakarta.

Foto By @lintang.ayuningtyas

Letaknya mampu dibilang masih dekat dengan Malioboro. Lumpia disini juga dijual menggunakan gerobak sederhana dan ukurannya tidak terlalu besar.

Harganya lebih murah kalau dibandingkan dengan yang ada di Malioboro. Disini, kau cukup merogoh kocek Rp.4.500 buat menikmati lumpia ayam dan Rp.5.000 untuk jenis spesial.

Keberadaannya mampu menjadi penawar saat lapar melanda saat sedang berjalan-jalan di sekitar kawasan Malioboro. Kamu pun tak perlu memasuki restoran dalam sentra perbelanjaan atau mall.

Overall, lunpia Mutiara ini menjadi pilihan wisata kuliner yang wajib buat kau cicipi apabila sedang bertandang ke tempat Malioboro Jogja.

Itu ia ulasan singkat ihwal Lumpia Samijaya Malioboro. Bagaimana, kini percaya kan bila kota Jogja itu surganya kuliner enak dan juga murah?

Gimana, kau juga pasti tertarik kan untuk mencobanya? Beli yang banyak ya, agar tidak menyesal dan mampu puas mencicipinya. Pokoknya, tidak akan menyesal deh memborongnya.

Kalau belum sempat ke Jogja, kamu juga bisa bikin ala rumahan loh. Untuk resep atau cara membuat, mampu pribadi di cek di google atau youtube ya!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni