Masjid Agung An Nur

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”8513″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Jalan Hangtuah Ujung, Sumahilang, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau 28156

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Gratis

Operasional: 24 Jam

Nomor Telepon: (0761) 271612

Bernilai Sejarah

Mengunjungi sebuah tempat yang baru untuk kita tidak ada salahnya tiba ke salah satu kawasan yang dibanggakan di daerah tersebut. Misalnya saja bangunan yang mempunyai nilai sejarah yang berpengaruh. Atau bangunan yang dianggap membanggakan oleh warga setempat.

foto by instagram.com/__luv_luv_luv__

Salah satu yang akan kita bahas kali ini yakni Masjid Agung an Nur yang ada di Pekanbaru. Masjid ini sangat dibanggakan oleh warga Pekanbaru yang konon katanya mirip Taj Mahal yang ada di India. Tentu kamu penasaran kan? Mari kita jelaskan lebih lengkap.

Potensi Keindahan

foto by instagram.com/wanzmalayan

Masjid Agung an Nur yang ada di Provinsi Riau ini sering kali disebut sebagai Taj Mahal yang ada di Negara India. Ini dapat kita lihat dengan bangunan yang sangat seperti dengan Taj Mahal. Ini sebabnya selain sebagai kawasan beribadah, di sini sering kali dikunjungi oleh orang-orang untuk berfoto.

foto by instagram.com/ig_nusantara

Sedikit berbicara wacana sejarah Masjid Agung an Nur ini bahwa bangunan ini bangkit semenjak tahun 1963 tetapi baru mampu diresmikan pada tahun 2000 yang pada ketika itu Saleh Djasit menjabat sebagai Gubernur Riau.

Awal mula bangkit masjid ini hanya memiliki luas sekitar 4 hektar saja, tetapi berkembang sampai kini menjadi 12, 6 hektar bahkan mampu menampung daya sebanyak 3000 jamaah. Dengan daya tampung sebanyak ini tentu bisa dibayangkan betapa besarnya bangunan ini.

foto by instagram.com/khairun_nisa2003

Nama Masjid Agung an Nur ini bukan hanya berada di Pekanbaru saja tetapi ada juga di Kota Batu, Jawa Timur yakni An-nur, Pare di Sulawesi dan di Banyumas dengan nama Annur.

Untuk kamu yang datang dari luar kota dan ingin bermalam di Kota Pekanbaru tenang saja, di akrab masjid ini ada penginapan atau hotel yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Harga yang diberikan untuk penginapan di sini tentu saja masih relatif akrab di kantong.

Lokasi Dimana

foto by instagram.com/about.pku

Alamat lengkap dari Masjid Agung an Nur ini berada di Jalan Hangtuah Kota Pekanbaru. Tenu tempat ini berada di tengah kota yang gampang sekali untuk ditemukan. Banyak sekali papan petunjuk jalan yang akan membantu kau bisa hingga di masjid ini.

foto by instagram.com/zulfiakbarr

Atau kamu juga bisa memakai aplikasi Google Maps yang bisa membantu kau untuk mengetahui jalan yang akan digunakan. Kamu hanya membutuhkan mendownload aplikasinya kemudian terhubung dengan internet maka dengan mudah akan mendapatkan petunjuk jalannya.

Buka Jam Berapa

foto by instagram.com/pkucity

Masjid Agung an Nur merupakan sebuah kawasan beribadah bagi umat muslim, jadi tempat ini tidak dibatasi waktu kedatangan. Ini berarti bahwa daerah ini dibuka selama 24 jam. Jika kamu tiba dari luar kota dan berkunjung ketika malam atau pagi hari maka tentu saja mampu.

foto by instagram.com/deswaymsyl

Harga Tiket Masuk

Begitu juga dengan harga tiket masuk, tentu saja tidak dikenakan. Hanya saja saat akhir kau berkunjung ada baiknya melakukan amal dengan menyumbangkan sedikit dari rezeki yang kita punya. Tentu saja di Masjid Agung an Nur ini tidak ditentukan berapa tarif yang dipakai.

foto by instagram.com/share_islamiah

Makara jangan lupa ya untuk mampir dan melakukan wisata religi ke Masjid Agung an Nur ketika kau berkunjung ke Pekanbaru. Berfoto tentu bukan hal yang dilarang di sini. Jangan lupa untuk membawa kamera saat tiba ke sini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni