Mata Air Cimincul Subang

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11932″
data-slug=””>

4
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Map: Klik Disini

HTM: Rp.10.000 per Orang

Buka: 07:00 – 18:00

Mata Air Cimincul

foto by instagram.com/sdverdana

Mata Air Cimincul, termasuk destinasi wisata Kota Subang yang tersembunyi. Letanya berada diDesa Pasanggrahan, Kecamatan Kasoalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Di Indonesia ini, tergolong Negara yang kaya akan keindahan alamnya terlebih hamparan lautan dan produksi air yang meningkat dari beberapa sumber mata air di tiap-tiap daerah dari sekian banyak provinsi yang ada di Indonesia.

Tak heran kalau akhir-tamat ini aneka macam destinasi wisata yang mulai ditemukan oleh para traveller yang lalu menjai perbincangan yang menarik di media Sosial.

foto by instagram.com/indra_paregar

Awalnya Tersembunyi

Dari media sosial ini pulalah yang nantinya akan menghantarkan sesuatu yang awalnya tersembunyi, menjadi terekspose. Yang awalnya tidak banyak yang mengunjungi, jadi semakin banyak dan ramai pengunjung. Yang awalnya hanya tempat biasa disulap menjadi objek wisata yang luar biasa.

Sama halnya dengan Objek Wisata Mata Air Cimincul ini, yang awalnya hanya sumber mata airbiasa yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat setempat terlebih para wisatawan luar.

Objek Wisata yang satu ini, sekarang menjadi salah satu primadona Kota Subang yang populer dengan Aliran Air Sunganya yang sebening kristal. Bebatuan yang berada di airpun mampu mampu terlihat dengan terang ketika berada di Cimincul ini.

foto by instagram.com/yuk.piknik

Asal Usul Nama

Nama dari Mata Air Cimincul ini sendiri berasal dari 2 suku kata dalam bahasa Sunda. Pasalnya, berdasarkan warga sekitar Cimincul ini berasal dari kat Cai dan Mincul. Cai yang berarti Air. Dan Mincul yang berarti Timbul.

Karna seiring berjalannya waktu yang menjadi modern, akibatnya Mata Air ini dikenal dengan sebutan Cimincul.

Menurut catatan dalam bahasa Sunda, masyarakat kerap menyebut sumber mata air dengan sebutan Sirah. Sedangkan dalam bahasa Jawa, masyarakat kerap menyebut sumber mata iar dengan sebutan Umbul yang mempunyai arti keluar.

foto by instagram.com/siregarsapta

Tak heran jikalau di Provinsi Jawa Barat ini banyak Daerah yang berawalan nama dari kata Cai yang berarti yakni Air. Seperti beberapa nama di kabupaten Bandung. Misalnya, Cimahi, Cimindi, Ciburial dan masih banyak lagi.

Yang mana, dahulu tempat tersebut juga terdapat sumber mata air yang dijadikan sebagai sumber kebutuhan air masyarakat. Namun seiring popularitas yang berkembang di masyarakat, sumber mata air tersebut mulai surut dan seolah menghilang.

Destinasi mata air terlebih di Indonesia memang kini cukup meroket popularitasnya. Karena estetika yang disajikan dari kejernihan air mengakibatkan pesona yang langka ketika ini untuk dikunjungi. Tak heran kalau kini banyak bermunculan destinasi wisata mata air yang tersembunyi.

foto by instagram.com/kotasubang

Mata Air Cimincul, memang ketika ini sudah banyak diketahui oleh para wisatawan luar khususnya bagi masyarakat Subang. Cimincul ini sudah bukan menjadi kawasan wisata sumber Mata Air yang tidak gila lagi untuk dikunjungi.

Padahal menengok ceritanya terdahulu, sumber mata air ini tergolong aneh dan bahkan belum ada warga sekitar yang mengunjunginya hingga sampai saat ini disebut juga sebagai salah satu tempat wisata.

Keberadaan sumber Mata Air Cimincul ini, kini menyebabkan berkah tersendiri bagi warga sekitar. Utamanya pemasukan dari sektor pariwisata. Karena dikala ini memang tergolong sudah cukup banyak bangun warung-warung kecil yang didirikan oleh warga sekirtar Cimincul.

foto by instagram.com/siregarsapta

Belum Profesional

Meski Mata Air Cimincul sendiri belum dikelola secara profesional oleh pengurus Desa maupun Kecamatan. Namun, sumber mata air ini kini sudah mulai diatur dangan adanya penampungan.

Dari adanya penampungan tersebut, didalam air terdapat watu-kerikil alami dan anutan air yang dihasilkan oleh sumber mata air ini mengalir ke sungai-sungai kecil di area persawahan. Sehingga, pemandangan hamparan persawahan yang luas menghijau ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

foto by instagram.com/maulins64

Di Desa Pasanggrahan Kasomalang ini, selain Mata Air Cimincul terdapat pula mata air Kasumber. Yang tentunya tak pelu diragunkan lagi kejernihan air yang membuatnya terlihat menjadi sangat bening.

Karna kejernihannya, mata iar Kasumber Kecamata Kasomalang ini dijadikan sebagai bahan baku air mineral. Selain itu, spot reanang juga berada di belakang pabrik materi baku pembuatan air mineral tersbut.

Jika berkunjung di Desa Pasanggrahan Kasomalang Subang ini. Selain menikmati beberapa Destinasi wisata yang menyejukkan mata seperti sumber Mata Air Cimincul dan Kasumber ini, para wisatawan juga bisa mengunjungi potensi produksi yang dihasilkan oleh para penduduk.

foto by instagram.com/afrian1917

Potensi penduduk warga Desa pasanggrahan ini mempunyai ketrampilah yang sangat anggun dalam pembuatan gula aren, sagu, kelontong buram, juga rengginang. Makara para wisatawan selain mampu menikmati keindahan alam, juga mampu menikmati produk khas yang dihasilkan oleh warga sekitar sebagai buah tangan.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi objek wisata Mata Air Cimincul ini tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Kabupaten Subang. Jika dari Subang, maka akan menempuh perjalanan sekitar 27 Km / sekitar 90 menit.

foto by instagram.com/indra_paregar

Namun, bila pengunjung dari Kota Bandung, Jarak menuju Subang sekitar 30 Km / sekitar 120 menit. Untuk mampu hingga ke daerah ini, pengunjung bisa melalui jalur Tol Cipali dan keluar di gate Kalijati/ Jl Raya Kalijati, kemudian meuju ke jalan Cijambe menuju ke Jalan Cagak sampai samapai di Desa Pasanggrahan.

Letak sumber Mata Air Cimincul ini tepatnya akrab dengan PT Tirta Investama/ Air Mineral Aqua.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni