Mau Mendaki Di Pulau Jawa, Ini Ia 10 Gunung Terbaik Untuk Dikunjungi

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”67735″
data-slug=””>

5
/
5
(
3

votes

)

Mendaki gunung merupakan salah satu acara olahraga yang terbilang cukup ekstrim dan dihentikan dilakukan dengan sembarangan.

Selain membutuhkan mental dan fisik yang prima, perlengkapan dalam melakukan acara mendaki juga harus diperhitungkan secara masak-masak, alasannya adalah kita tak tahu bagaimana kondisi yang sebenarnya di alam terbuka, apalagi di puncak gunung.

Bagi yang hobi melaksanakan pendakian, bisa mendaki banyak gunung merupakan satu pujian tersendiri. Soal tinggi atau medan berat bukanlah problem, asalkan ada budget dan sahabat.

Menurut data persebaran gunung di Indonesia, di Pulau Jawa ada lebih dari 40 jumlah gunung yang terdiri dari lipatan bukit-bukit rendah dan menarik untuk didaki, baik itu dari mulai ketinggian 1.000 hingga 3.000 mdpl, semua bisa ditemui disini.

Berikut terdapat 10 daftar gunung di Pulau Jawa yang pas buat dijadikan alternatif untuk menyalurkan hobi mendaki, baik bagi pemula maupun professional. Langsung aja ya simak ulasan dibawah ini!

1. Gunung Semeru

Foto By @ahlul.karim

Gunung berapi bertipe kerucut ini yaitu salah satu puncak tertinggi di Pulau Jawa, dimana ketinggiannya tembus mencapai 3.676 meter diatas permukaan bahari.

Semeru juga menjadi berapi tertinggi urutan ketiga di Indonesia, sesudah Kerinci di Sumatera dan Rinjani di Lombok. Kawah pada puncaknya dikenal dengan nama Ranu Kumbolo.

Secara administratif, Mahameru ini terletak dalam dua wilayah kabupaten yaitu Malang dan Lumajang, provinsi Jawa Timur. Wilayahnya sendiri masih termasuk dalam daerah wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Menurut gosip yang beredar, pada April 2020 kemarin Semeru sempat mengalami erupsi dan mengeluarkan material vulkanik serta awan panas sampai sejauh 2 kilometer dari tempat puncaknya.

2. Gunung Welirang

Foto By @pasuruan_hebat

Spot dengan ketinggian 3.156 meter diatas permukaan laut ini merupakan salah satu gunung berapi aktif. Secara administratif, beliau menunjukkan bahwa letaknya berada di perbatasan 3 kabupaten adalah Kota Batu, Mojokerto dan Pasuruan.

Welirang ini berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo dan letaknya berdekatan dengan Mount Arjuna serta Gunung Kembar I & II.

Selain itu, Welirang juga masih satu punggungan dengan Arjuno dan keduanya kerap disebut kompleks Arjuno Welirang. Berada berdekatan, tak heran jikalau banyak pendaki yang tertarik mendaki kedua gunung ini secara sekaligus.

3. Gunung Lawu

Foto By @rizki_ikhsanr

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah dengan Kab.Magetan, Jawa Timur, tidak banyak yang tahu jika gunung penuh misteri ini termasuk dalam Seven Summits of Java.

Gunung api tertua di Pulau Jawa ini dulunya berjulukan Wukir Mahendra dan merupakan bab dari pegunungan Purba. Lawu mempunyai ketinggian sekitar 3.265 meter diatas permukaan bahari.

Tabir misteri Lawu ini tergolong unik dimana diatas puncaknya aneka macam ditemukan bebatuan mirip yang ada di dasar bahari dan itu menawarkan bahwa gunung tersebut dulunya diduga memang berasal dari sana.

Dan bukti lain yang menawarkan bahwa Lawu adalah tertua adalah banyaknya ditemui aneka tumbuhan serta fauna langka seperti Edelweiss, Elang Jawa, dll.

4. Gunung Ijen

Foto By @adrieljonathan11

Mount Ijen ini terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Ia disebut-sebut sebagai salah satu puncak terindah di Pulau Jawa.

Ijen cukup terkenal di kalangan wisatawan karena selain mempunyai pemandangan indah, spot tersebut juga menjadi daerah terbaik untuk melihat fenomena blue fire yang terkenal langka dan hanya ada dua di dunia.

Tak heran jikalau spot yang namanya kerap disebut dalam soal TTS ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kaprikornus buat kamu yang penasaran ingin menyaksikan langsung keindahan blue fire, siapkan fisik kuat ya karena untuk mendakinya harus malam hari.

5. Gunung Raung

Foto By @rifaiharahap_

Mount Raung berketinggian 3.344 meter diatas permukaan laut ini merupakan berapi tipe kerucut yang letaknya berada di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, daerahnya meliputi 3 kabupaten yakni Bondowoso, Jember dan Banyuwangi.

Sementara jikalau secara geografis, Raung berada dalam tempat kompleks pegunungan Ijen. Dilihat dari tingginya, dia masuk dalam daftar tertinggi keempat di pulau Jawa.

Raung juga memiliki sebuah kaldera kering yang disebut-sebut sebagai kaldera terbesar kedua di Indonesia setelah milik Tambora Mountain di provinsi Nusa Tenggara Barat dan disana terdapat 4 puncak yakni puncak 17, Tusuk Gigi, Bendera serta Sejati.

6. Gunung Bromo

Foto By @rqjna

Berbeda dari lima daftar sebelumnya, Bromo Mountain ini menjadi salah satu gunung terdingin di Pulau Jawa. Hawa di sekitarnya dikala animo kemarau tiba bisa mencapai angka dibawah 10 derajat. Bahkan pada saat dinihari sampai 0 derajat.

Saat bertandang ke Bromo, cobalah untuk trekking menuju puncak kawah ketika menjelang subuh. Namun untuk mencobanya, kamu harus siap berperang menembus suhu sedingin es dengan kadar oksigen yang sangat tipis.

Tenang, semua perjuanganmu akan terbayar lunas sebab Bromo merupakan salah satu daerah terbaik untuk melihat sunrise ataupun sunset.

Selain itu, disana pun terdapat berbagai objek wisata menarik lainnya yang layak dikunjungi seperti Pasir Berbisik, kawah manis serta Gumul Pasir.

7. Gunung Argapura

Foto By @travellerindokece

Argapura dikenal alasannya adalah memperlihatkan trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Spot ini mempunyai ketinggian mencapai 3.088 mdpl dan menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Argapura juga mempunyai banyak keistimewaan yang bisa membuatmu terpesona, dari mulai 3 puncaknya, danau Taman Hidup sampai Sabananya yang begitu luas.

Sebagai spot dengan trek pendakian terpanjang sekitar 40 km menuju puncak, tak heran jika letak Argapura mencakup lima kabupaten, yaitu Lumajang, Bondowoso, Jember, Probolinggo dan Situbondo.

Untuk menuju lokasinya, terdapat dua jalur pendakian. Pertama melalui Desa Bremi, Kec.Krucil, Kab.Probolinggo dan yang kedua lewat Ds.Baderan, Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

8. Gunung Salak

Foto By @salakmountain

Mount Salak di Jawa Barat ini termasuk salah satu spot pendakian yang cukup keramat dan sekaligus terangker. Disebut-sebut menyeramkan alasannya adanya makam di bab puncaknya.

Salak Mountain ini memiliki ketinggian sekitar 2.211 meter diatas permukaan bahari. Bukan hanya karena adanya makam saja, ia juga dikenal seram alasannya disini pernah jatuh beberapa pesawat, salah satunya Sukhoi Superjet pada tahun 2012 silam.

Dan selain itu, disana juga banyak pendaki yang tewas. Namun begitu, tak sedikit pendaki tertarik ingin menaklukkan Mount Salak di kabupaten Bogor Jawa Barat ini.

9. Gunung Merbabu

Foto By @yogasowiyk

Puncak tertinggi ke lima di Jawa Tengah ini berada pada ketinggian 3.142 meter diatas permukaan bahari dan letaknya meliputi dalam 3 kabupaten yaitu Semarang, Magelang juga Boyolali.

Untuk menuju puncaknya, mampu ditempuh dari sisi sebelah selatan, barat ataupun utara dan terdapat lima jalur alternatif yang dapat kau jadikan pilihan. Kelimanya merupakan trek pendakian resmi dari kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Dan masing-masing jalurnya menyajikan panorama yang tak kalah indah dari pegunungan Kapur. Mendaki Merbabu, katanya kurang lengkap kalau tidak mencoba semua jalur pendakiannya.

10. Gunung Ciremai

Foto By @zanazan_07

Menurut peta, spot ini menempati 3 kabupaten yakni Kuningan, Cirebon serta Majalengka dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Ciremai dengan ketinggianmencapai 3.078 mdpl.

Ciremai memiliki dua buah kawah dan satu goa populer, Gowa Walet namanya. Untuk menuju puncaknya, terdapat 3 jalur yang mampu dijadikan pilihan, adalah dari Majalengka, Palutungan dan Linggarjati.

Namun jalur yang paling banyak dipilih oleh para pendaki biasanya ialah Linggarjati. Pasalnya rute ini mempunyai medan cukup rumit, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

Nah, itulah beberapa daftar gunung di Pulau Jawa. Dari nama-nama yang di sebutkan diatas, mana nih paling menarik buat didaki menurutmu?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni