Menikmati Pemandangan Pantai Suwuk

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10220″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
4

votes

)

Lokasi: Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah

Map: Klik Disini

HTM: Dewasa Rp.4.500, Anak Anak Rp.2.500

Buka Tutup: 24 Jam

Tidak Jauh

Berada tidak jauh dari Pantai Karang Bolong, bahkan mampu ditempuh hanya dalam waktu 5 menit dengan menggunakan bahtera motor, menciptakan Pantai Suwuk mempunyai kondisi yang hampir sama dengan Pantai Karang Bolong, adalah memiliki pemandangan alam yang eksotis.

Keindahan alam tersebut dibangun lewat perpaduan laut dengan ombaknya yang besar serta perbukitan dari batuan sedimen yang berasal dari gunung berapi berhiaskan hijaunya pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai.

foto by instagram.com/anjar_af

Jika ada yang berbeda antara Pantai Karang Bolong dengan Pantai Suwuk adalah kondisi yang sengaja diciptakan oleh masyarakat setempat serta pemerintah kawasan.

Pantai Karang Bolong seolah sengaja dibiarkan dengan kondisinya yang alami dan menyimpan sejuta misteri, sedang Pantai Suwuk dijadikan sebagai tempat rekreasi lengkap dengan banyak sekali fasilitas dan sarana pendukung.

Hal tersebut mampu dilihat dari keberadaan bak renang, kebun binatang mini, aneka macam macam wahana permainan serta kemudahan yang lain, bahkan ditempatkan pula Pesawat Boeing 737-200 yang dibuat tahun 1986 serta Helikopter C100 produksi tahun 1987 sebagai salah satu wahana rekreasi.

Kondisi berbeda itulah yang mengakibatkan pengunjung merasa perlu untuk singgah ke Pantai Suwuk dikala berkunjung ke Pantai Karang Bolong, atau sebaliknya, singgah ke Pantai Karang Bolong ketika berkunjung ke Pantai Suwuk.

foto by instagram.com/anjar_af

Karena lokasi kedua pantai tersebut memang hanya dibatasi oleh selat yang mampu ditempuh dalam waktu sekitar 5 menit dengan memakai bahtera motor yang tersedia di dermaga kedua pantai tersebut.

Sekilas Tentang

Pantai Suwuk secara admistratif berada di Dusun Suwuk, Desa Tambakrejo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah yang jaraknya sekitar 22 km di sebelah Selatan Kota Gombong atau sekitar 35 km di sebelah Barat Daya Karanganyar dan sekitar 50 km dari sentra Kota Kebumen.

Untuk menuju ke lokasi, butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Gombong, sekitar 1 jam dari Kota karangnyar dan sekitar 1,5 jam dari Kota Kebumen. Perjalanan untuk menuju ke lokasi mampu ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda empat eksklusif maupun angkutan umum, karena rute yang dilewati memang menjadi jalur transportasi umum.

Pengunjung yang datang dari arah Timur mampu menyusuri jalan selatan-selatan atau yang lebih dikenal dengan nama Jalan Daendels sedang pengunjung yang tiba dari arah Barat mampu mengikuti jalan lurus yang menuju ke Pantai Suwuk.

Tidak berbeda jauh dengan Pantai Karang Bolong, pemandangan di Pantai Suwuk pada sisi sebelah Barat dihiasi tiga bukit yang menjulang tinggi yang berbatasan langsung dengan Samodra Hindia.

Begitu juga dengan kondisi pantainya yang memiliki pasir berwarna hitam pekat. Berhiaskan rerumputan, pohon cemara udang dan tumbuhan pandan. Selain itu, pada sisi sebelah Barat terdapat Muara Sungai Telomoyo yang setiap hari dikunjungi oleh mereka yang memiliki hobby memancing.

foto by instagram.com/ponpes_anwar_putra

Keindahan Panorama

Karena memiliki konstruksi pantai yang sama dengan Pantai Karang Bolong, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Suwuk juga tidak mampu mandi di daerah pantai disebabkan bibir pantai yang curam dengan kemiringan 35 derajat ditambah ombak yang besar dan arus balik yang besar lengan berkuasa.

Meski tempat pantainya lebih ganas dari Pantai Parangtritis yang ada di Jogja dan tidak mampu dipakai untuk mandi dan berenang, namun keindahan alam yang disuguhkan sudah lebih dari cukup untuk memuaskan para pengunjung.

Perpaduan antara hamparan pasir hitam yang eksotis dengan birunya air maritim dan perbukitan yang ada di kejauhan, membuat mata seolah tidak pernah merasa puas untuk menikmatinya.

foto by instagram.com/halid_97

Selain itu, bibit pantai yang lebar menyebabkan kawasan pesisir sangat mengasyikkan untuk dipakai banyak sekali macam aktifitas, seperti volley pantai, bola pantai, dan berbagai aktifitas lainnya.

Di tempat pantai juga dapat ditemui persewaan kuda dan persewaan sepeda tandem berkapasitas 4 – 6 orang yang dihiasi lampu beraneka warna, sehingga menyusuri bibir pantai yang panjang menjadi sangat menyenangkan.

Satu hal yang dihentikan dilewatkan saat berada di tepi pantai yaitu menikmati sunset pada senja hari. Matahari yang tenggelam di balik perbukitan dengan cahaya kuning keemasan yang dipantulkan oleh air bahari, bakal memperlihatkan pemandangan yang indahannya sulit untuk diungkap dengan kata-kata.

foto by instagram.com/wahyu_gams

Puas menikmati pemandangan laut dan beraktifitas di pantai, bagi mereka yang mempunyai hobby memancing mampu menuju ke muara Sungai Telomoyo yang dihuni banyak ikan dengan brbagai jenis dan banyak sekali ukuran.

Selain itu pengunjung juga mampu melanjutkan aktifitas menyenangkan lainnya dengan menikmati sarana rekreasi buatan mulai dari bak renang, aneka macam macam wahana permainan, kebun hewan mini hingga dengan Pesawat Boeing 737-200 milik TNI AU dan Merpati Nusantara yang dibentuk tahun 1986 serta Helikopter C100 produksi tahun 1987 sebagai salah satu wahana rekreasi.

Harga Tiket Masuk

Sebagaimana diungkapkan di atas, Pantai Suwuk tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang memukau tapi juga menghadirkan sarana rekreasi buatan berbentuk wisata edukasi dan rekreasi.

foto by instagram.com/z__aarf

Itu sebabnya, dengan harga tiket masuk sebesar Rp.4.500 untuk remaja dan Rp.2.500 untuk anak-anak, menciptakan HTM yang berlaku relatif murah, karena kawasan wisata ini sudah dikelola secara profesional dengan fasilitas dan sarana-prasarana yang serba lengkap.

Fasilitas Yang Ada

Pengunjung yang tiba bersama anak-anak, mampu mengajak mereka untuk bergembira sekaligus mencar ilmu di banyak sekali akomodasi yang ada di lokasi. Wahana rekreasi yang tersedia bagi anak-anak yaitu bak renang dan aneka macam wahana permainan, baik yang gratis maupun berbayar.

Sedang wahana edukasi yang tersedia di sini yaitu Helikopter C100 dan Pesawat Boeing 737 yang setiap bagiannya mampu dijelajahi oleh pengunjung, bahkan sampai ke ruang pilot dan co-pilot.

foto by instagram.com/joan_spazzers

Helikopter dan pesawat tersebut didatangkan oleh Dinas Pariwisata dalam kondisi yang terbelah-belah. Kepingan pesawat itu selanjutnya dirangkai kembali oleh tenaga mahir sehingga membentuk pesawat sebagaimana pesawat terbang pada umumnya.

Pengunjung yang ingin masuk ke dalam pesawat dikenakan biaya sebesar Rp.5.000 perorang dan diberi waktu selama 20 menit untuk melihat-lihat seluruh bab dalam pesawat dan memanfaatkannya untuk background foto. Selain itu di dalam pesawat pengunjung juga akan disuguhi film 3D yang menarik utamanya bagi belum dewasa.

Wahana edukasi lainnya yakni kebun binatang mini yang memiliki beberapa koleksi hewan, seperti rusa, tapir, landak, monyet, beberapa jenis burung serta sejumlah hewan lainnya yang ditempatkan di sangkar-sangkar kecil. Kebun hewan mini ini terletak di sebelah Barat pantai.

foto by instagram.com/aenii_054

Kamar kecil dan toilet telah disiapkan di sejumlah titik, sedang untuk tempat beribadah bagi umat Islam tersedia Masjis Al-Mutaqien. Terdapat pula Information Center bagi pengunjung yang ingin menerima informasi seputar Pantai Suwuk atau ingin memberikan pengumuman melalui pengeras suara supaya dapat didengar oleh seluruh pengunjung.

Area parkir yang luas siap menampung hingga ribuan kendaraan pengunjung dengan tarif Rp.3.000 untuk sepeda motor, Rp.5.000 untuk kendaraan beroda empat dan Rp.15.000 untuk bus.

Bagi yang tidak membawa bekal ketika berkunjung ke Pantai Suwuk, tidak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan, alasannya di lokasi banyak berdiri warung-warung yang menjual kuliner dan minuman serta kios-kios yang menjual banyak sekali macam souvenir.

Warung-warung yang menjual masakan dan minuman yang ada sini patut untuk dicoba, alasannya kuliner yang disuguhkannya sebagian merupakan masakan dan minuman khas Kebumen yang sulit dijumpai di kawasan lain, seperti lanting, peyek ubur-ubur, gesek dan beberapa hidangan yang lain.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni