Menikmati Wisata Baturraden Bersama Keluarga

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”8159″
data-slug=””>

3.1
/
5
(
21

votes

)

Lokasi: Lokawisata, Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151

Map: Klik Disini

HTM: Rp. 14.000 per Orang

Buka Tutup: 08.00 – 17.00 WIB

Telepon:

Berbicara mengenai kekayaan serta keindahan alam Indonesia mungkin tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari dataran tinggi sampai ke dataran rendah Indonesia niscaya memiliki daya tarik tersendiri bagi para traveler baik domestik maupun internasional.

Hal inilah yang menciptakan nama Indonesia dikenal sebagai nirwana dunia.

foto by instagram.com/vico_vicool

Mendengar nama Baturraden bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya, tetapi bagi anda baru pertama kali mendengar nama dari salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas ini anda patut mengetahui informasi mengenai tempat wisata di tempat Baturraden ini.

Terlebih lagi bila anda penikmat wisata yang berkaitan dengan alam.

foto by instagram.com/nanikrustanti

Keindahan alam Baturraden dengan aneka macam macam destinasi wisatanya mungkin dapat menjadi opsi bagi anda untuk menghabiskan final pekan dengan orang tercinta atau keluarga.

Terdapat berbagai macam aktivitas yang berbeda di setiap tempat wisatanya, tentunya dengan kegiatan yang menarik ini cocok bagi anda yang lebih menyukai acara outdoor.

Sebelum lebih jauh lagi membahas mengenai wisata di Kawasan Baturraden ini, ada baiknya anda mengetahui sekilas apa itu Baturraden. Baturraden sendiri merupakan salah satu kecamatan itu berada di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Kurang lebih berjarak 15 kilometer kearah utara dari Kota Pwt.

foto by instagram.com/banyumaskeren_

Wisata Alam

Dengan keindahan alamnya serta lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet membuat tempat Baturraden mempunyai hawa sejuk serta lingkungan asri.

Tentunya dengan kondisi seperti ini objek wisata yang berada di daerah Baturraden tidak jauh berbeda dengan wisata puncak lainnya. Berikut ini adalah daftar objek wisata yang patut anda kunjungi selama berada di Baturraden.

Lokawisata Baturraden

Satu lagi daerah wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Baturraden tepatnya di desa/kelurahan Karangmangu. Objek wisata ini memiliki perpaduan alam serta modern di dalamnya.

Sangat cocok bagi keluarga terlihat dari fasilitas dan wahana yang dapat digunkan dari orang remaja sampai anak – anak mirip kolam renang, pemandian air panas, dan sepeda air yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

foto by instagram.com/nanikrustanti

Di tempat terpisah dalam Lokawisata Baturraden pengunjung dapat menemukan beberapa penampilan seni lokal mirip kenthongan, ebeg atau kuda lumping, calung. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah teater alam unik, ini karena teater tersebut berupa pesawat jenis Forex 28 milik Garuda Indonesia.

Teater tersebut memutar film berdurasi pendek ihwal alam Indonesia yang sangat kaya ini. Setelah melihat keindahan alam melalui teater tersebut lebih lanjut lagi ada kemudahan atau wahana lain berupa Flying Fox, studio 4 dimensi, mainan anak – anak mirip odong – odong, kereta putar, dan lain – lain.

foto by instagram.com/semarangkotakita

Bagi pengunjung dari luar kota dapat menetap sementara di beberapa hotel yang dekat dengan daerah wisata tempat Baturraden ini.

Salah satunya adalah hotel Rosenda Baturaden yang memiliki jumlah kamar sebanyak 89 kamar mulai dari harga kurang lebih sekitar 500 ribu rupiah pengunjung dapat menikmati aneka macam fasilitas hotel tersebut. Selain bak renang di hotel ini juga terdapat lapangan tenis.

foto by instagram.com/ansyarhmoktrn_

Seperti objek wisata lainnya Lokawisata Baturraden mampu dengan mudah diakses oleh semua traveler. Agar dapat masuk ke objek wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya kurang lebih sebesar 14 ribu rupiah per orangnya.

Jika anda tiba dengan rombongan akan mendapat cuilan sebesar 10% sesuai kebijakan project the legend of 2015 panas bumi pengelolah kawasan wisata ini. Jam operasi dari tempat wisata ini dimulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Baturraden Adventure Forest

Baturraden Adventure Forest (BAF) dari nama objek wisatanya pastinya anda sudah terbayang kegiatan – acara seru yang mampu anda dapatkan dan tentunya bagi anda yang mempunyai jiwa petualang, BAF patut anda masukkan ke dalam daftar objek wisata anda.

Disini anda akan mendapat pengalaman yang seru dengan banyak sekali macam kegiatan yang dapat anda pilih di objek wisata ini. Mulai dari Water Adventure, yakni river boarding, anda akan menerima sensasi bagaimana terbawa arus sungai sejauh 150 meter dan berakhir di bak alami sebening beling.

foto by instagram.com/proudbeingdave

Abseiling/Rappeling aktivitas ini berkaitan dengan ketinggian alasannya anda akan menuruni tebing dengan tali.

Jika anda pemula dalam abseiling/rappeling ini damai saja anda tetap mampu menikmati kegiatan ini alasannya terdapat jalur abseil untuk para pemula dan tentunya untuk para profesional abseiling/rappelling terdapat jalur abseil ekstrim setinggi 60 meter.

Canyon Adventure ini yakni aktivitas menelusuri sungai untuk merambah green valley dan jurang. Kegiatan mirip ini pastinya memiliki sifat high impact dan mampu dikombinasikan dengan aktivitas outbound.

foto by instagram.com/pesonajogjajateng

Untuk mampu menikmati Canyon Adventure ini pengunjung dapat memilih 3 trek yang masing – masing memiliki harga yang berbeda. Trek Lawang 415 ribu rupiah, Trek Bening 475 ribu rupiah, Trek Kinyami 575 ribu rupiah masing – masing adalah tarif perorangnya dan minimal 20 orang.

Dari ketiga paket itu pengunjung mendapatkan Canyoneering selama 6 jam, instruktur dan guide, canyoning gears, snacks & meals. Treetrek Adventure ini merupakan kawasan yang juga dapat dijadikan sebagai outbound baik dengan keluarga maupun organisasi.

Terdapat 4 sirkuit pada Treetrek adventure ini adalah Sirkuit Pelus, Sirkuit Penyami, Sirkuit Moprok, dan Sirkuit latih tentunya setiap sirkuit memiliki tantangan yang patut anda selesaikan.

Varisai dari tantangan Treetrek Adventure diantanya yaitu Postman Walk, Flying Fox, Barrel Bridge, dan lain – lain. Kemudian kegiatan lainnya ada Night Adventure, Mini Circuit Bike, Longslide, Forest Trekking, Bungee Trampoline.

Selain acara yang mengasyikan seperti yang sudah di bahas di BAF juga terdapat Cold-water Theraphy di kawasan ini pengunjung Cilacap dapat berendam di air dingin sebagai treatment komplemen bagi orang sulit tidur, tekanan darah tinggi, dan lain – lain.

Dengan sekian banyak aktivitas outdoor yang dimiliki oleh Baturraden Adventure Forest tentunya berbanding lurus dengan keamanan pada ketika menjalani kegiatan tersebut. Safety di Baturraden Adventure Forest ini memiliki standar FPTI yang mengacu pada standar UIAA

foto by instagram.com/banyumascity_/

Standar keselamatan di BAF juga berada eksklusif di bawa pengawasan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Alat – alat safety diantaranya yakni Carabiners, Automatic Recoil, Brake System, dan lain – lain berdasarakan standar UIAA.

Untuk fasilitas sendiri Baturraden Adventure Forest mempunyai Bonfire spot, First Aid Station ini adalah pelayanan darurat di tempat wisata ini, Forest Canteen, Gathering Area, Prayer Room, Rangers Barrack ini berfungsi sebagai kemudahan pusat keselamatan dan pelayanan pendukung para petualang, Toilet dan Kamar Mandi.

Serta Viewing Area ini memperlihatkan anda pemandangan dari seluruh kemudahan yang terdapat di Baturraden Adventure Forest ini.

Untuk tiket masuk di Baturraden Adventure Forest ini 230 ribu rupiah untuk satu paketnya, dan kalau dirasa kurang anda dapat mengambil paket 2 hari dengan biaya 450 ribu rupiah, namun dengan pembelian 30 paket.

Dari daftar biaya masuk tersebut sudah termasuk dengan asuransi, fasilitas, kuliner dan snack, serta kelengkapan safty program – program, jam beroperasinya dari tempat wisata ini dimulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Tidak jauh dari tempat wisata lainnya di Baturraden, Baturraden Adventure Forest terletak di desa/kelurahan Karangsalam.

Pesona Air Terjun

Air terjun atau curug juga merupakan salah satu wisata alam yang tidak kalah populer dengan wisata alam lainnya, kali ini terletak di desa/kelurahan Kalipugu ini populer dengan curug-curugnya yang memiliki pesona indah.

Berada di ketinggian 600 mdpl Kalipugu memiliki hawa yang sejuk dan terdapat wisata alam berupa teladas atau curug. Cukup dengan membayar 5.000 rupiah pengunjung dapat menikmati keindahan curug ini. Tentu ini cukup murah.

Curug Jenggala

Bagi pasangan spot di curug jenggala menjadi favorit untuk mengabadikan moment mereka, selain keindahan air terjunnya di curug jenggal terdapat sebauh desk yang terbuat dari kayu dan berbentuk hati atau love.

Tentu hal ini mampu menjadi daya tarik bagi traveler alasannya keunikan bentuk desk tersebut. Letak desk selfie ini juga berada persis di depan curug ditemani rindangnya pohon sekitae, hawa sejuk, cowok – pemudi mana yang tak ingin selfie di spot curug jenggala ini.

Curug Pengantin

Curug pengantin berada lebih di tempat lebih tinggi dibandingkan curug jenggala maka untuk menuju curug ini diharapkan tenaga ekstra serta medan yang cukup terjal dan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam.

Dengan jarak tempuh sekian jam pastinya terdapat sebuah tempat – tempat untuk beristirahat berupa dingklik – bangku yang terletak di pinggir rute menju curug pengantin.

Curug pengantin mempunyai ketinggian 50 meter, dengan dua pedoman air yang tidak mengecewakan deras. Dari dua fatwa air terjun ini lah pengantin dijadikan nama untuk curug ini.

Selain keindahannya curug pengantin ini juga menyimpan sebuah mitos dan legenda sejarah sal permintaan yang sampai sekarang di percaya oleh sebagian orang. Masyarakat percaya bahwa jikalau datang ke curug pengantin dan membasuh kaki atau mandi di curug ini mampu menciptakan cinta mereka akan baka selamanya.

Terdapat kisah pula bahwa air terjun ini tidak pernah mengalami kekeringan dari sini masyarakat percaya selain cinta yang awet pasangan tersebut juga akan mendapatkan kebahagiaan secara terus menerus.

Penginapan di Kalipugu

Bagi anda pengunjung yang berasal dari luar kota dan ingin menikmati seluruh objek wisata yang berada di Baturraden terutama di desa/kelurahan Kalipugu terdapat beberapa penginapan, baik berupa homestay, wisma, vila, maupun resort dengan taman pancuran.

Dimana area sekitar sini ada Surya, Pringsewu, Edelweiss dan Tranggulasih.

Terdapat villa disekitaran curug Bayan. Curug satu ini tentu mampu anda nikmati sama seperti dengan curug jenggala dan curug pengantin. Vila – vila disini diperuntukan bagi wisatawan asal luar kota dengan biaya 400 ribu rupiah hingga 1,2 juta rupiah per malamnya.

Lokasi Dimana

Baturraden sendiri terletak disebelah selatan Gunung Slamet, Banyumas, Jawa Tengah dan mempunyai ketinggain sekitar 640 mdpl berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak Gunung Slamet.

Jika dari Purwokerto berjarak sekitar kurang lebih 15 kilometer menuju ke arah utara jarak tempuh rata – rata sekitar 28 menit dari pusat kota purwokerto. Bila dilihat dari peta titik koordinat Baturraden berada di -7.313205,109.229000.

Tapi di balik semua itu terdapat salah satu misteri rakyat dan cukup susah untuk dinalar oleh akal pikiran manusia, itu adalah tragedi jembatan gantung yang sempat ambruk pada tahun 2006 dan menewaskan 6 orang.

Baru-baru ini juga tempat ini diterjang banjir dan diiringi dengan longsor. Foto, photos, video dan gambar dongeng memilukan tersebut ada di internet.

Di sini juga ada Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA). Di sini juga dengan sman atau sma negeri. Kawasan ini juga populer sebagai lokalisasi psk, jablay, kimcil, virgo queen zone. Daerah terminal banyak warung udik babad moro seneng. BBPTU juga ada. Kawasan ini juga dibahas dengan bahasa inggris di Wikipedia.

Terlepas dari itu semua, keindahan alam Baturraden tidak diragukan lagi. Suasana alam serta daerah asrinya menjadi nilai plus bagi traveler yang berkunjung dan berwisata di Batturaden.

Apalagi disini juga ada puri bumper (bumi perkemahan). Cocok sekali untuk berkemah sambil mendengarkan lagu mp3.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni