Menuju Pantai Kerikil Karas

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10927″
data-slug=””>

3.2
/
5
(
6

votes

)

Lokasi: Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat 46394

Map: Klik Disini

HTM: Rp.1.500 – Rp.80.500 (Tergantung Jenis Kendaraan)

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon: 0857-9344-7067

Keindahan alam ialah hal yang tidak selalu dicari oleh orang-orang. Bukan tanpa tujuan, pencarian ini berkaitan dengan pelepasan kepenatan setelah bekerja siang dan malam atau dapat dikatakan sebagai liburan.

Memang liburan mampu dilakukan dimana saja. Namun jika kembali ke alam, liburan akan serasa lebih berkesan dan amat berbeda. Tidak akan seru jikalau liburan hanya di isi dengan liburan di sekitar tempat tinggal, apalagi di tempat perkotaan.

Daerah perkotaan umumnya banyak pusat perbelanjaan dan ini yakni pilihan termudah bagi warga kota untuk menghabiskan waktu liburannya. Sedikit sekali warga perkotaan berlibur di kawasan wisata alam, maupun mengisi liburannya dengan berdiam diri di Masjid.

Terkadang kita terlalu membatasi liburan kita sendiri, padahal wisata rohani juga amat penting. Namun kali ini kita akan membahas mengenai keindahan wisata alam.

Alam di Indonesia begitu indah. Tiap provinsi mempunyai keindahan, salah satunya di Jawa Barat. Keindahan alam Jawa Barat cukup banyak. Oleh sebab itu, kita akan membahas salah satu diantaranya, adalah Pantai Batu Karas.

foto by instagram.com/satri913

Keindahan pantai Batu Karas tak mampu dilukiskan. Ombaknya terbilang tinggi dan besar. Namun pantai ini tetap cocok untuk berlibur bersama keluarga. Beberapa titik di pantai ini mempunyai ombak tidak begitu besar, karena terhalang batu. Tetapi tidak disarankan untuk bermain di airnya, cukup bermain di area pasirnya saja.

Tidak diketahui secara niscaya apakah yaitu asal ajakan derma nama pantai ini, dongeng rakyat (mitos), sejarah, legenda maupun misteri. Makara jikalau ada yang mengetahui, mampu tinggalkan di kolom komentar.

Pengunjung Pantai Batu Karas terbilang sedikit, jikalau dibandingkan dengan Pantai Pangandaran. Walaupun demikian, inilah yang mengakibatkan daerah wisata pesisir pantai hits Jawa Barat ini cocok sebagai kawasan berlibur bersama keluarga maupun berlibur guna melepaskan penat.

Semakin sedikit pengunjung, maka semakin hening tempat tersebut. Inilah yang menyebabkan objek wisata ini sangat cocok untuk melepaskan penat. Bisa dibilang ini ialah keunggulan lain dari tempat wisata pesisir hits Jawa Barat.

Penghobi Selancar

Ombak Pantai Batu Karas sangat cocok untuk acara berselancar. Ombak pantai ini sudah begitu populer di kalangan penghobi surfing. Bahkan karena ombaknya ini, membuatnya menerima julukan Bali kecil. Tak heran ada bule juga di sini.

Ombak pantai ini cocok bagi peselancar pemula sampai kelas menengah. Makara bila ingin berguru olahraga ini dapat dilakukan di sini. Jika dibandingkan dengan Bali, tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat irit bila dilakukan di sini. Namun itu semua tergantung asal tempat masing-masing.

foto by instagram.com/violina02_

Pantai Batu Karas ternyata memiliki sebuah teluk. Dari teluk ini para peselancar tidak perlu lagi repot untuk mendayung papan selancarnya sampai ke tengah bahari atau ke ombak tinggi atau ke titik awal gelombang.

Tidak perlu khawatir jikalau tidak membawa papan selancar atau tidak memilikinya, sebab di sini ada persewaan papan selancar. Selain itu, jikalau baru belajar, maka di sini juga ada instrukstur yang sudah berpengalaman. Jadi semua kebutuhan belajar berselancar di sini sudah lengkap.

foto by instagram.com/irpan_hidayat14

Total ada tiga titik favorit para peselancar, yakni Bulak Pendak, Karang dan Legok Pari. Bula Pendak merupakan spot untuk peselancar profesional, alasannya ombanya tinggi dan panjang. Jika ingin menuju ke spot ini harus dengan perahu, jadi harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Untuk spot selancar Karang hanya muncul ketika sedang pasang saja. Namun untuk Legok Pari mampu kapanpun. Ombak di Legok Pari juga tidak begitu tinggi dan ini menjadi spot paling populer. Spot selancar ini juga paling cocok untuk pemula.

Harga Tiket Masuk

Memasuki area Pantai Batu Karas diharusan membayar sejumlah uang atau membeli tiket masuk. Namun tiket masuk terbaru ini dihitung tiap kendaraan. Tiket masuk termurah yaitu Rp. 1.500 yang diperuntukkan untuk pejalan kaki dan termahal yakni Rp. 80.500 untuk bus besar.

foto by instagram.com/mic56239

Untuk kendaraan lainnya seperti jeep atau sedan Rp. 9.200, jenis carry Rp. 17.200, kendaraan penumpang besar (minibus) Rp. 22.200, bus kecil Rp. 32.700 dan bus sedang Rp. 49.500. Harga tiket masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu. Namun ini bisa jadi patokan dalam penentuan budget wisata. Pastikan melebihi minimal Rp. 10.000.

Fasilitas Yang Ada

Pantai Batu Karas termasuk mempunyai akomodasi lengkap. Tentu kelengkapan kemudahan ini ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Di sini ada pondok wisata yang di dalamnya ada arena bermain, sehingga cocok untuk bawah umur.

Sebenarnya berenang di Pantai Batu Karas diperbolehkan, namun harus melihat ombaknya terlebih dahulu. Selain itu, bila bersama dengan anak-anak, maka pastikan tidak pernah luput pandangan dari mereka semoga tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

foto by instagram.com/erikrisandi86

Disini juga ada wahana air lainnya, seperti watersport jet ski dan banana boat. Mungkin saja ada paket wisata kedua watersport tersebut. Namun untuk snorkeling kelihatannya tidak ada. Tapi ternyata di sini juga ada terapi air bahari yang cukup digemari warga sekitar.

Fasilitas lainnya adalah sarana untuk beribadah. Makara mau sampai kapanpun disini, asalkan ada tempat ibadah maka tidak akan timbul problem. Disekitarnya juga banyak penginapan dan rumah makan.

Di sini juga ada toko cinderamata, jadi bisa membawa buah tangan untuk saudara maupun sahabat. Belanja ikan segar pun juga sangat mudah dilakukan disini, alasannya adalah ada pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan. Lengkap sekali, semua ada di Pantai Batu Karas.

Penginapan Hotel

Di sekitar area obyek wisata pantai indah Jawa Barat ini banyak tersedia penginapan. Mulai dari hotel berbintang, homestay, villa bahkan sampai rumah warga. Namun untuk resort belum diketahui secara niscaya. Disini ada villa yang cukup populer adalah Villa Monyet dan Pondok Putri.

foto by instagram.com/indradwputraaa

Harganya bervariasi, tergantung fasilitas yang ingin didapatkan. Kemungkinan harga paling murah yakni dengan menyewa rumah penduduk setempat dan ini sangat cocok untuk para backpacker.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Batu Karas, maka letak pantai ini berada di Jalan Pantai Indah, RT. 37/ RW. 04, Batukaras, Cijulang, Pangandaran. Lokasinya terbilang mudah diakses. Baik dengan kendaraan eksklusif maupun dengan kendaraan umum. Jaraknya dari pusat Kota Pangandaran kurang lebih 34 km.

Cara Menuju Lokasi

Perjalanan menuju Pantai Batu Karas dengan memakai langsung diawali dengan kawasan Pangandaran. Dari sini ambil arah menuju ke Cijulang. Jika tidak tahu, maka cukup gunakan GPS, karena ini solusi termudah jikalau gres berkunjung ke suatu daerah. Namun kombinasikan dengan menanyakan pada masyarakat sekitar.

Jika memakai kendaraan umum atau transportasi umum, maka rute pertama harus berada di terminal Pangandaran. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan minibus dengan jurusan Cijulang.

foto by instagram.com/indradwputraaa

Sesampainya di Cijulang, perjalanan dilanjutkan dengan ojek menuju ke Pantai Batu Karas. Tarifnya kurang lebih Rp. 30.000 atau bisa lebih. Setidaknya siapkan budget lebih. Jika mempunyai informasi terbaru atau informasi terbaru dari tarif ojek maupun tarif transportasi umum, maka silahkan tinggal di kolom komentar. Terima kasih.

Buka Jam Berapa

Pantai Batu Karas buka selama 24 jam. Jadi silahkan ke sini kapanpun. Jam buka ini tentu amat menguntungkan, karena para pengunjung mampu menikmati angin maritim serta bersantai dikala malam hari.

foto by instagram.com/tutigusdinar/

Mungkin akan lebih seru jika menyalakan api unggun, tetapi acara itu bisa jadi tidak diperbolehkan. Jika ingin berkemah atau camping juga mampu dan tentu ini lebih seru serta lebih dapat menikmati suasana malam hari.

Apalagi ditemani dengan murottal ataupun lagu tentang apapun sesuai dengan kesukaan masing-masing. Selain itu lebih leluasa melihat sunrise dan sunset. Berikut foto gambar sunrisenya.

Disini juga mampu melaksanakan aktivitas memancing. Lokasi mancingnya terletak di sekitar sini dan lebih baik tanyakan ke warga sekitar, karena bisa jadi tersembunyi. Jika ingin melihat lebih erat maupun review maka mampu dilihat di video youtube maupun situs review wisata lainnya.

foto by instagram.com/anggyrizky025

Sebenarnya masih banyak wisata alam lainya di bersahabat sini, seperti dari Green Canyon dan Pantai Madasari. Pengunjungnya juga mampu jadi bermacam-macam kawasan, mirip Sukabumi, Ciamis, Cijulang, Tasik, Tasikmalaya, Nunggul, Garut maupun tempat lainnya.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni