Merangin Garden, 1 Dari 3 Taman Bunga Mempesona Di Merangin

Taman Bunga Merangin Garden memanjakan pengunjung dengan akomodasi dan tempat kawasan yang indah tertata. Hamparan Bunga yang luas dan banyak sekali macam bentuk, model dan fantasi menambah pengetahuan akan jenis tumbuhan. Bahkan daerah ini mampu digunakan sebagai tur edukasi ihwal tumbuhan.

Taman BUga Merangin Garden memanjakan pengunjung dengan fasilitas dan tempat tempat yang indah tertata. Hamparan Bunga yang luas dan berbagai macam bentuk, model dan fantasi menambah pengetahuan kita akan jenis tanaman
Merangin Garden. Image via: @Rulyaminah

Taman bunga ini mempunyai luas sekitar 6 hektar. Di area yang luas ini dihiasi dengan aneka macam jenis bunga berwarna warni. Kombinasi antara kesegaran pohon dan kecerahan warna bunga, menciptakan kawasan ini sangat indah dilihat mata dan hati yang nyaman.

Begitu masuk, kita akan disambut oleh payung berwarna-warni yang bergantungan. Tentu saja ini menjadi spot foto pertama yang harus diabadikan. Tipsnya, tunggulah hingga orang-orang tidak terlalu banyak berlalu-lalang dibawah payung-payung tersebut, sehingga hasil foto lebih elok dan tidak banyak gangguan.

Selanjutnya pengunjung disambut dengan hamparan bunga-bunga berwarna kuning dan merah. Warna yang sangat mencolok dan sangat indah bila diabadikan dengan kamera. Pengunjung bisa bereksperimen denganberbagai cara untuk menemukan spot dan angle yang pas saat berfoto.

Ada hal penting yang harus diingat, jangan sampai menginjak atau merusak bunga saat asik berfoto-foto.

Selain taman bunga, masih ada rumah sangkar burung yang mampu dijadikan spot foto. Tentu saja harus antri dengan pengunjung lainnya. Jangan khawatir, masih ada ayunan ranting, dan hammock yang juga mampu dijadikan properti untuk bergaya dibalik kamera.

pengunjung disambut dengan hamparan bunga-bunga berwarna kuning dan merah. Warna yang sangat mencolok dan sangat indah bila diabadikan dengan kamera.
Serasi. Image via: @Riris_salon

Simak juga: 10 lokasi wisata populer di Jambi

Lokasi Merangin Garden

Taman bunga Merangin Garden berada di kelurahan Pematang Kandis, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Lokasi taman tidak jauh dari sentra kota Bangko, jikalau bepergian menggunakan kendaraan, kurang lebih sekitar 10 menit.

Untuk menuju ke sini, paling mudah yaitu dengan menggunakan Google Maps, dijamin tidak akan tersesat. Bahkan, kira-kira 1 km sebelum daerah wisata ini, ada spanduk besar yang menawarkan arah jalan.

Kalaupun ingin bertanya kepada masyarakat sekitar, mereka akan dengan ramah membantu.

Jam Buka Merangin Garden

Merangin Garden buka setiap hari. Mulai pagi jam 08.00 sampai tuutp di sore hari jam 17.00.

Tiket Merangin Garden

Setelah hingga di Merangin Garden, ada petugas parkir yang menawarkan karcis parkir sesuai kendaraan yang dibawa, yakni Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 2.000 untuk motor. Setelah itu, petugas akan mengarahkan di mana pengunjung dapat memarkir kendaraan.

Taman bunga ini memiliki luas sekitar 6 hektar. Di area yang luas ini dihiasi dengan berbagai jenis bunga berwarna warni.
Lapang. Image via: travelblog.id

Loket penjualan tiket berada di bersahabat pintu masuk, dengan harga tiket Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk belum dewasa di bawah 7 tahun tidak dikenakan tiket masuk, namun bila anak balita lebih dari satu orang maka harus membayar separuh dari harga tiket normal.

Fasilitas Merangin Garden

Taman bunga ini memiliki kemudahan yang sangat memadai, mulai dari kamar mandi, tempat parkir, sampai daerah beribadah yang mampu ditemui di Desa. Kondisi jalan menuju taman pun sudah sangat baik. Terdapat pula transportasi alternatif seperti kendaraan umum dan travel sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke taman ini.

Jika berkunjung ke Merangin Garden pada siang hari, tentu saja akan merasakan panasnya sengatan matahari, mengingat taman ini berada di tempat terbuka. Untuk itu ada kemudahan sewa payung dengan harga Rp 5.000 tanpa batasan waktu pengunaan.

Jika berkunjung ke Merangin Garden pada siang hari, tentu saja akan merasakan panasnya sengatan matahari, mengingat taman ini berada di tempat terbuka. Unutk itu ada fasilitas sewa payung dengan harga Rp 5.000 tanpa batasan waktu pengunaan.
Fasilitas bersantai. Image via: travelblog.id

Simak juga: Sunrise di Bukit Sikendil

Bagi yang malas berjalan kaki, pengelola menyediakan kendaraan beroda empat terbuka untuk berkeliling. Ongkosnya Rp 10.000,- sekali putaran. Karena taman ini tidak terlalu luas, cukup 5 menit saja durasi naik kendaraan beroda empat ini.

Daya Tarik Merangin Garden

Nama Merangin Garden tertulis besar-besar di gerbangnya dan juga bagian dalam taman berupa leter raksasa. Taman bunga yang dibentuk semenjak awal tahun 2016 ini sekarang menjadi daya tarik dan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kita berada di Kabupaten Merangin.

Taman ini setidaknya mengoleksi 25 jenis tumbuhan bunga dari krisan, miana, dahlia, begonia, kana merah, matahari, krokot, hanjuang merah, jengger ayam dan lain-lain. Baik yang tersebar di areal taman maupun yang ditempatkan khusus di dalam rumah plastik.

Di antara setiap kelompok tumbuhan bunga tentunya dibuatkan lorong biar pengunjung mampu menyusuri dan berfoto di antara bunga-bunga tanpa harus merusaknya. Untuk itu, pengunjung juga dibutuhkan bisa menjaga perilaku serta tingkah laku demi ikut serta memelihara keasrian taman dengan tidak memetik bunga. Karena bagaimanapun inilah taman pujian bersama.

Bunga-bunga tertata dengan apik. Harapan ke depan taman ini akan menjadi sarana yang nyaman guna menyejukkan hati dan mata bagi warga Jambi dan sekitarnya, yang dipercaya akan mendatangkan wisatawan.
Tertata. Image via: @Merangin-Garden

Bunga-bunga tertata dengan apik. Harapan ke depan taman ini akan menjadi sarana yang nyaman guna menyejukkan hati dan mata bagi warga Jambi dan sekitarnya, yang dipercaya akan mendatangkan wisatawan.

Itu terbukti ketika hari raya Idul Fitri kemudian, taman ini padat disambangi oleh para penikmat pariwisata. Baik dari Jambi maupun dari luar tempat mirip Jakarta dan Bandung. Di dalam taman, pengunjung juga dapat mempelajari beraneka-ragam bunga melalui galeri serta album yang disediakan.

Tips Mengunjungi Merangin Garden

Jika ingin berkunjung ke Taman Bunga Merangin Garden, berikut 4 tips yangs ebaiknyadiperhatikan

  • Datang dikala cuaca cerah

Taman Bunga Merangin Garden merupakan jenis wisata luar ruangan sehingga paling pas dikunjungi saat cuaca cerah. Saat cuaca cerah, penjelajahan dan aktivitas berfoto bisa dilakukan dengan leluasa.

Begitu masuk, kita akan disambut oleh payung berwarna-warni yang bergantungan. Tentu saja ini menjadi spot foto pertama yang harus diabadikan
Penuh warna. Image via: @Merangin-Garden

Simak juga: Sibajag Green Canyon, lokasi berburu foto instagramble

Saat cuaca cerah, bunga-bunga dan ornamen lain di taman ini akan semakin hidup. Terlebih jikalau langit sedang cerah, maka langit biru akan membuat hasil jepretan semakin menawan.

  • Datang pagi atau sore hari

Saat cuaca cerah, datang di pagi atau sore hari merupakan keputusan yang pas. Jika datang pada pagi atau sore hari, maka kondisi tidak akan sepanas di waktu siang. Sengatan matahari siang akan cukup terasa.

Selain itu, cahaya matahari pagi dan sore juga mampu semakin memunculkan warna-warni bunga dan ornamen yang ada di taman. Terlebih menjelang sore, warna oranye matahari benar-benar menjadi pencahayaan alami yang menawan.

  • Tidak memetik bunga

Sama seperti namanya, Merangin Garden penuh dengan tumbuhan bunga yang elok-cantik. Ada aneka macam bunga penuh warna. Keindahan taman wajib dijaga oleh siapa pun. Tak hanya oleh pengelola, keindahan taman ini juga harus dijaga oleh setiap pengunjungnya.

Saat cuaca cerah, datang di pagi atau sore hari merupakan keputusan yang pas. Jika datang pada pagi atau sore hari, maka kondisi tidak akan sepanas di waktu siang
Taman yang luas. Image via: galerijambi.com

  • Membuang sampah pada tempatnya

Tidak ada larangan dari pihak pengelola bagi pengunjung yang akan membawa kuliner dari luar. Pengunjung bebas membawa bekal sendiri untuk lalu disantap sembari menikmati keindahan taman bunga.

Namun satu hal yang harus diperhatikan yakni, sampah harus dibuang pada tempatnya. Membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan. Selain itu, petugas keamanan juga akan menegur pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Selain lorong payung di merangin GArden juga ada lorong caping warna warni
Lorong caping. Image via: genpi.co

Simak juga: Pantai Ujung Tiro Bulukumba

Objek Wisata Dekat Merangin Garden

Selain Merangin Garden, di Kabupaten merangin ini juga ada Taman bunga Destinasi Hesti’s Garden. Pesona indah Kebun Bunga Hesti terus menjadi buah bibir di kalangan pecinta bunga. Banyak pengunjung yang datang dari luar Jambi, mirip Jakarta, Bandung, Medan, dan banyak lagi.

Barisan bunga di Hesti’s Garden disusun sedemikian rupa untuk membuat estetika unik yang jarang ditemukan di tempat lain. Komposisi warna benar-benar bisa mensugesti pengunjung. Tak heran bila daerah ini sering dipenuhi wisatawan, terutama dikala musim liburan.

Untuk objek wisata alam, Merangin memiliki beberapa Air Terjun. Salah satunya Air Terjun Segerincing, yang berlokasi di Dusun Tuo, Lembah Masurai. Air terjun dengan ketinggian 62 meter ini memiliki pemandangan yang indah nan menawan. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan membuat riam ini mempunyai udara sejuk yang menenangkan hati.

Nah, itulah ulasan perihal beberapa keindahan dari Merangin Garden Jambi, yang anggun untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata di Jambi.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni