Ocarina Batam, Taman Bermain Modern Di Halaman Depan Singapura

Megawisata Ocarina Batam yakni sebuah kawasan wisata pantai yang terletak di Pulau Batam. Ocarina berada di lahan seluas 40 hektare, dengan pantai berpasir putih yang bagus. Pantai dihiasi rindang pinus, banyak sekali wahana permainan, panggung terbuka, gazebo dan jogging track.

Ocarina Batam sebuah taman wisata modern di pulau batam
Ocarina Batam. Image via: iklantravel.com

Saat masuk ke area Ocarina Batam, pengunjung akn disambut dengan aneka macam patung shio yang berderet di sepanjang jalan taman. Patung patung shio tersebut antara lain Kelinci, Kerbau, Naga, Tikus, Harimau, Kambing, Ular, Monyet, Kuda dan Ayam.

Tidak hanya menyaksikan patung shio, pengunjung juga mampu mengetahui filosofi dari masing-masing shio tersebut. Masing-masing patung tersebut disertai dengan klarifikasi sifat dari shio dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Bahasa Indonesia.

Setelah lelah berkeliling taman, pengunjung dapat rehat di sebuah restaurant seafood. Di sini pengunjung dapat memesan berbagai macam kuliner dan minuman khas Batam.

Apabila ingin membeli buah tangan untuk keluarga di rumah, di Ocarina Batam juga terdapat pusat buah tangan yang menjual aneka macam souvenir yang harganya relatif terjangkau.

ocarina batam juga berhiaskan pepohonan untuk menjaga suasana rindang di area taman bermain
Banyak pohonnya. Image via: beningasafirdaustia

Simak juga: tempat wisata Pekanbaru

Lokasi Ocarina Batam

Lokasi wisata ini berada 1 km dari Pelabuhan Batam Centre, Tepatnya di Jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong, Kep, Riau.

Dari Bandara Hang Nadim menuju lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit melalui Jln. Raja Isa.

Rute Menuju Ocarina Batam

Untuk menuju daerah wisata Ocarina Batam tidak menempuh jalan yang sulit dijangkau. Hal ini disebabkan alasannya adalah kawasan wisata ini terletak di Batam Center yang bersebelahan dengan pelabuhan internasional dan sentra perbelanjaan berjulukan Megamall.

Jika pengunjung menggunakan kapal feri untuk menuju kawasan wisata ini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki dari pelabuhan Tanjung Pinang, Kepulauan Karimun. Kapal feri biasanya juga dipakai untuk wisatawan yang datang dari Johor Bahru dan Singapura.

Sedangkan bila memilih untuk menggunakan pesawat terbang, pengunjung mampu melanjutkan perjalanan dari Bandara dengan menumpang taksi. Bisa juga menyewa mobil dengan jarak tempuh yang memakan waktu sekitar 15 menit.

Taman bermain air ocarina batam didesaina man untuk anak bahkan balita
Taman Air. Image via: beningasafirdaustia

Jam Buka Ocarina Batam

Pengujung yang ingin bermain di kawasan wisata ini mampu datang mulai pagi hari. Pada hari Senin-Sabtu, Ocarina Batam buka pukul 10.00-22.00. Sedangkan hari ahad buka jam 06.00-22.00.

Tiket Ocarina Batam

Pengunjung yang tiba ke Ocarina Batam dikenai biaya tiket masuk.  Tiket masuk ke wisata ini juga cukup murah. Untuk Dewasa seharga Rp 10.000 dan untuk anak Rp 5.000.

Ada lagi aksesori biaya parkir kendaraan senilai Rp 5.000.

Fasilitas Ocarina Batam

Ocarina Batam sedari awal telah didesain untuk melayani kunjungan dari ribuan orang per-hari. Untuk itu tentu saja akomodasi penunjang wisata diperhatikan benar keberadaannya. Fasilitas yang tersedia juga tersebar di setiap area.

Area parkir luas dan tentu kondusif sebab harus melewati gerbang resmi. Toilet, stand penjual makanan, dan musala juga tersebar di banyak titik.  Selain itu, kalau lelah berjalan, pengunjung mampu memilih memakai sepeda yang disewakan.

Daya Tarik di Ocarina Batam

  1. Plaza Coastarina

 

Plaza Coastarina ocarina batam menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi di taman ini
Plaza Coastarina. Image via: tabloidwisata.com

Simak juga: Pesona Menara Siger

Plaza luas menghadap laut lepas ini menjadi lokasi yang mendominasi area Ocarina Batam. Pengunjung mampu dipastikan akan mendatangi Plaza luas ini. Salah satu sebabnya, alasannya adalah di plaza ini terdapat goresan pena signage besar bertuliskan Coastarina yang biasa dijadikan latar berfoto.

Lokasi ini juga menjadi daerah terbaik untuk memandang laut lepas. Satu lagi objek yang menjadi daya tarik saat di Plaza Coastarina ialah bianglala.

  1. Bianglala Kincir Raksasa

Bianglala merupakan wahana yang umum dijumpai dari pasar malam sampai taman rekreasi. Untuk bianglala yang paling ikonik di Tanah Air, bisa ditemui di Dunia Fantasi, Jakarta. Namun di Batam juga ada Bianglala yang tidak kalah menarik hati untuk dicoba.

Bianglala atau Giant Wheel Ocarina berada persis di tepi Plaza Coastarina. Wahana ini menjadi begitu menarik lantaran terletak tepat di tepi pantai. Memiliki diameter 30 meter, Bianglala ini menjadi wahana yang siap mengajak pengunjung melihat pemandangan kawasan Ocarina.

 

Bianglala Tepi Laut ocarina batam memebrikan keseruan dan panorama yanglebih luas dari ketinggian
Bianglala Tepi Laut. Image via: jogiesuaduon.com

Pemandangan Kota Batam, lautan, dan pulau-pulau di sekitarnya dari titik tertinggi 25 meter. Bianglala ini sendiri memiliki 16 gondola dengan masing-masing mampu dinaiki maksimal lima orang.

  1. 360 Madness

Wahana ini terbilang esktrem dan cocok bagi mereka yang memang suka menguji adrenalin. 360 Madness merupakan wahana permainan berbentuk mirip ayunan raksasa dimana pengunjung harus duduk di dingklik yang berbentuk bundar. Dalam sekali putaran mampu menampung sampai 16 orang.

Permainan ini akan berputar hingga 360 derajat. Pada awalnya orang yang naik di atasnya akan diayun terlebih dahulu, lalu akan berangsur naik ke atas dan diputar sampai 360 derajat dikala berada di atasnya. Permainan ini akan membuat yang menaikinya berputar mirip jarum jam. Saat berada di atas adalah sekitar dua hingga tiga menit.

Yang bisa menaiki wahana menantang di Ocarina batam ini yaitu usia di atas 15 tahun. Juga ada syarat minimal tinggi 150 cm. Dan juga ada ketentuan mereka tidak mempunyai riwayat sakit jantung, asma, Epilepsi, atau pun yang sedang hamil.

  1. Sky Runner

Sky Runer adalah berlari denganm engguankan alat bantu berupa pegas pada kaki
Sky Runner. Image via: outdoorsportslab.com

Simak juga: Wibawa Masa Lalu di Istana Siak

Permainan satu ini mampu dikatakan egrang modern. Pemainnya harus mencoba menjaga keseimbangan alasannya harus berdiri di atas alat yang cukup tinggi dari aluminum yang dipasang di kaki. Alat ini dilengkapi dengan pegas sehingga penggunanya juga bisa melompat-lompat.

Pengunjung  mampu menikmati permainan yang sangat ekstrim tersebut sehabis berguru. Untuk belaja rmengguankan alat ini ada beberapa tantangan. Diantaranya keadaan lantai yang agak licin. Tantangan lain berupa keseimbangan tubuh untuk berdiri di atas sebuah alat yang cukup tinggi.

Saat mengoperasikan permainan ini, pengunjung akan berjalan dengan melompat-lompat layaknya seekor Kangguru.

Tentunya harus ikut antri mengingat wahana yang satu ini termasuk sebagai idola pengunjung yang tiba. Ini memebuat selalu penuh dengan pengunjung, apalagi pada saat malam hari dimana keadaan sudah cukup dingin. Sambil mencar ilmu menjadi kanguru, pengunjung juga berolahraga untuk membakar kalori, sangat cocok untuk yang tengah menurunkan berat badan.

  1. Spin Tower

spin tower di ocarina batam mejadi wahana adrenalin yang relatif ramah bagi anak.
Spin Tower. Image via: netrakepri.com

Spin Tower intinya yakni wahana berupa komidi putar. Bedanya, wahana ini cukup menantang lantaran pengunjung akan dibawa naik hingga cukup tinggi sebelum akibatnya wahana tersebut berputar.

Semakin lama putaran akan semakin kencang sehingga menciptakan bangku-dingklik ayunannya semakin melebar keluar dan tentunya menguji keberanian.

Spin tower ini bisa dinaiki untuk usia di atas 10 tahun. Bentuknya mirip ayunan, akan berputar kemudian akan naik hingga ke atas. Wahana Ocarina Batam satu ini terbilang cukup aman untuk bawah umur. Karena hanya berputar saja, tidak ada naik atau turun.

  1. Water Park

Water Park Ocarina Batam memebrikan kesempatana nak anak untuk bebas bermain air dengan tetap aman.
Water Park Ocarina Batam. Image via: netrakepri.com

Simak juga: Keseruan main air di Galaxy Waterpark

WaterPark Ocarina Batam merupakan salah satu wahana yang berada di tempat Mega Wisata Ocarina Batam. Fasilitas ini menyajikan daerah wisata air yang dapat di nikmati oleh para pengunjung baik sampaumur maupun Anak-anak.

Untuk sampaumur terdapat pilihan bak dengan ukuran yang cukup luas dengan kedalaman air sekitar 1.5-3 meter. Selain itu, pengunjung dewasa mampu pula menikmati aneka wahana yang ada mirip Flying fox. dan Trampoline.

Sedangkan untuk kolam Anak-anak mempunyai kedalaman air sekitar 30 sampai 50 cm. Kolam anak-anak dilengkapi aneka permainan air seru dan menyenangkan. Diantaranya terdapat bejana tumpah, dan seluncuran.

Waterpark Ocarina Batam mempunyai wahana cukup banyak untuk anak-anak bermain. Dimulai dari message chair atau dingklik pijat, bridge, gountai atau pancuran dengan tampungan air. Ada juga arc tend atau tenda peristirahatan, permainan jaring selam, dan Kran hujan.

Tersedia pula fasilitas taman air yang memiliki Air mancur yang menari dan Water gun.

  1. Playground

play ground ocarina batam menjadi tempat anak anak bermain dan pra orang tua untuk itirahat
Play ground. Image via: batamnews.co.id

Disamping banyak sekali wahana yang memompa adrenalin, Ocarina Batam juga memiliki daerah taman dengan playground konvensional. Taman itu dilengkapi dengan banyak sekali permainan untuk anak. Diantaranya mulai dari mulai ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, hingga outdoor gym.

Tidak hanya diperuntukkan untuk belum dewasa, taman ini juga cukup menyenangkan untuk pengunjung cukup umur yang ingin bersantai. Kawasan taman playground yang rimbun, juga menjadikannya cukup nyaman untuk beristirahat santai.

360 madness ocerina batam adalah wahana paling menguji adrenalin di taman ini
Wahana 360. Image via: @yulia.devitasari

Simak juga: Pesona Puncak Pusunge Tahuna

Objek Wisata Dekat Ocarina Batam

Selepas bermain-main di Ocarina batam, pengunjung juga bsia mencoba mengeksplorasi lokasi lokasi wisata lain di Batam. Dalah satunya ada Pantai Nongsa. Pantai yang berjarak 27 km dari ocarina ini memiliki pasir putih, terumbu karang, arena outbond,  dan pemandangan menawan. Secara keseluruhan tidak berlebihan jika disebut surga alam.

Ada juga wisata kota Mati. Marina City yang berjarak 22 km dari Ocarina Batam, dahulu adalah markas dan pusat perjudian. Namun, kehidupan di sana berubah total sehabis pemerintah melarang perjudian secara total. Marina City kini hampir tak berpenghuni. Terdapat banyak bangunan kosong sehingga kerap dijuluki kota hantu.

Sekian dulu hal yang bisa kami bagikan mengenai ocarina Batam. Semoga bsia menunjukkan citra betapa seru bila berkunjung ke lokasi ini. Untuk mencicipi sensasi faktual, ayo segera jadwalkan kunjungan ke salah satu pulau terluar Indonesia ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni