Pantai Air Manis

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”9435″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat

Map: Klik Disini

HTM: Rp.5.000

Buka Tutup: 24 Jam

Cukup Banyak

Dengan lokasi yang berada di pesisir Barat Sumatra, menciptakan Kota Padang memiliki cukup banyak objek wisata pantai dan salah satu wisata pantai yang mempunyai daya tarik lebih tersebut yaitu Pantai Air Manis yang dalam bahasa Padang disebut Pantai Aia Manih.

Pantai yang berjarak sekitar 10 km ke arah Selatan dari sentra Kota Padang ini menjadi objek wisata favorit tidak hanya karena menyuguhkan panorama pantai yang memukau, tapi juga dipercaya merupakan kawasan dikutuknya Malin Kundang oleh sang Ibu dikarenakan telah durhaka dan tidak mau mengakui ibunya yang miskin.

foto by instagram.com/kamal_karim

Sebagaimana dituturkan dalam legenda yang sudah tidak abnormal lagi bagi masyarakat Indonesia, Malin Kundang yakni seorang perjaka desa yang tinggal bersama ibunya yang janda. Suatu hari beliau pergi merantau meninggalkan kampung halamannya. Setelah sukses dan menjadi saudagar kaya raya, beliau menengok tanah kelahirannya.

Di Pantai Air Manis itulah, Malin Kundang melabuhkan bahtera sebelum menuju ke pantai. Di pinggir pantai, ibunya yang mengetahui kepulangan anaknya dengan besar hati menyambut. Namun tidak disangka, Malin Kundang ternyata tidak mengakui perempuan yang melahirkan dan membesakannya.

foto by instagram.com/asriekhalisha

Terbawa oleh amarah, sang ibupun melontarkan kutukan, sehingga saat itu juga Malin Kundang beserta seluruh harta benda yang dibawanya berubah wujud menjadi batu.

Konon, kerikil-watu dengan bentuk menyerupai manusia dan benda-benda berharga yang hingga sekarang terhampar di Pantai Air Manis merupakan penjelmaan dari Malin Kundang.

Legenda itulah yang menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Air Manis, sehingga traveller yang kebetulan singgah di Kota Padang, senantiasa menyempatkan diri berkunjung ke pantai ini.

Bahkan pada waktu-waktu tertentu objek wisata ini juga dikunjungi wisatawan ajaib karena keindahan yang disuguhkannya benar-benar memanjakan mata.

Selayang Pandang

foto by instagram.com/blackgold327

Secara administratif Pantai Air Manis yang berada di Belakang Gunung Padang ini mempunyai alamat di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumbar. Karena jaraknya hanya sekitar 10 km dari sentra Kota Padang menciptakan lokasi pantai ini cukup mudah dijangkau.

Terlebih saluran jalan yang menuju ke lokasi sangat anggun dan menjadi rute angkutan umum, sehingga kapanpun wisatawan ingin berkunjung ke sini tidak perlu khawatir untuk problem transportasi.

foto by instagram.com/yodharahman

Untuk menuju ke Pantai Air Manis, wisatawan yang memakai sarana transportasi umum dan berangkat dari Kota Padang mampu naik bus Trans Padang.

Perjalanan akan menempuh rute Lubuk Buaya – Pasar Raya hingga Atas Kota dengan melewati Jalan Raya Teluk Bayur. Setelah datang di Persimpangan Pantai Air Manis, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan memakai angkutan kota atau dengan naik ojek.

Pesona Pantai

Sebagaimana telah disebutkan di atas, salah satu daya tarik dari objek wisata ini adalah eksistensi kerikil-watu yang menyerupai sosok manusia dan harta benda yang konon merupakan penjelmaan Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya.

instagram.com/yuldiandri011

Untuk menunjukan kebenaran dari legenda tersebut, wisatawan mampu berjalan menuju ke sisi Selatan pantai. Disana akan dijumpai sebongkah kerikil berwujud manusia yang tengah bersujud, kerikil-kerikil yang seperti dinding kapal serta watu-watu yang wujudnya seperti dengan gentong kayu dan tambang.

Namun Sayang, seiring dengan perjalanan waktu, watu-kerikil tersebut terkikis oleh ombak sehingga dilakukan perbaikan yang membuat wujud dari kerikil-watu tersebut sudah tidak lagi natural. Karena itulah banyak wisatawan yang menyangsikan bahwa watu-watu tersebut merupakan penjelmaan dari Malin Kundang.

foto by instagram.com/suryagilangg

Kalaupun kecewa dan sangsi akan kebenaran kerikil penjelmaan Malin Kundang, wisatawan dipastikan tidak akan kecewa ketika menikmati keindahan dari Pantai Air anggun. Bibir pantainya yang panjang dengan pasir putih yang lembut, menciptakan wisatawan akan terlarut oleh keindahan panorama pantai yang memanjakan mata.

Dengan bibir pantai yang panjang, wisatawan juga mampu melaksanakan berbagai macam aktifitas menyenangkan saat berada di lokasi. Setelah puas beraktifitas, bila ingin beristirahat, telah disediakan gazebo-gazebo yang bangkit di atas pasir.

Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti saat berkunjung ke sini karena siapapun pasti akan termakan untuk mandi di airnya yang jernih dengan ombak yang tenang.

Tidak hanya itu saja, di seberang pantai yang jaraknya sekitar 500 meter terdapat sebuah pulau seluas kurang lebih 1 hektar yang dikenal dengan nama Pulau Pisang Ketek atau Pulau Pisang Kecil.

foto by instagram.com/iinindrianni

Pulau tersebut pada pagi sampai sore hari mampu dituju dengan hanya berjalan kaki melewati air laut yang dangkal. Namun pada malam hari, ketika air bahari sedang pasang, untuk menuju ke Pulau Pisang Kecil harus dengan memakai perahu yang dapat disewa dari para nelayan yang ada di pinggir pantai.

Tidak jauh dari Pulau Pisang Kecil terdapat lagi sebuah pulau yang dihuni oleh penduduk setempat yang dikenal dengan nama Pulau Pisang Gadang atau Pulau Pisang Besar atau Pulau Sikuai. Wisatawan yang ingin bermalam di kawasan pantai, mampu menginap di rumah-rumah penduduk, alasannya tempat tinggal mereka juga difungsikan sebagai homestay.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/desisirait03

Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk dapat menikmati keindahan Pantai Air Manis, karena harga tiket masuk hanya Rp.5.000 ditambah biaya parkir motor sebesar Rp.2.000 dan parkir mobil Rp.5.000.

Dengan harga tiket yang murah tersebut wisatawan mampu menikmati indahnya Pantai Air Manis sepuas-puasnya dan melakukan aktifitas apapun sepanjang 24 jam tanpa takut diusir oleh petugas.

Fasilitas

Selain itu, wisatawan juga tidak perlu cemas untuk masalah akomodasi, sebab fasilitas dasar sebagaimana kawasan-tempat wisata pada umumnya telah tersedia di sini, seperti kawasan ibadah, serta kamar mandi dan WC umum.

Bagi mereka yang tidak membawa bekal, di pinggir pantai dapat ditemui warung-warung dan restoran yang menjual hidangan ikan bakar, nasi kapau dan banyak sekali jenis makanan lainnya.

Tersedia pula akomodasi yang lain, mirip gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan panorama pantai, persewaan bahtera dayung dan bahtera motor kalau ingin menjelajah daerah perairan dan persewaan motor ATV untuk yang tertarik menyusuri panjangnya bibir pantai.

Bagi yang ingin bermalam di tempat pantai, bila membawa uang yang cukup dapat menyewa villa atau kamar hotel, sedang bagi yang berbekal uang-pas-pasan atau yang ingin lebih dekat dengan alam, mampu memanfaatkan panjangnya hamparan pasir di bibir pantai dengan mendirikan tenda.

Sudah barang tentu, harus membawa tenda sendiri dari rumah alasannya di lokasi wisata tidak terdapat daerah persewaan peralatan camping.

Alternatif lain untuk dapat menikmati suasana malam di tempat pantai yaitu memanfaatkan rumah-rumah penduduk yang disewakan atau dijadikan homestay. Hanya saja, homestay hanya mampu ditemui di Pulau Pisang Besar, sehingga wisatawan harus terlebih dahulu menyeberang dengan memakai bahtera.

Bermalam di daerah Pantai Air Manis bakal menjadi pengalaman yang mengesankan, karena sunrise dan sunset yang dilihat dari pantai ini menyuguhkan panorama yang benar-benar memukau.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni