Pantai Akkarena, Pantai Indah Delta Muara Sungai Jeneberang

Pantai Akkarena merupakan pantai berpasir hitam yang mempesona, menyebabkan pantai ini sebagai pilihan yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Pantai Akkarena menawarkan banyak sekali sarana untuk bersantai, bermain serta berolahraga bagi seluruh keluarga.

Pantai Akkarena merupakan pantai berpasir hitam yang mempesona, menjadikan pantai ini sebagai pilihan yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga.
Pantai Akkarena. Image via: corlena

Simak juga: Wisata Sekitar Makassar

Sebelum dikelola dan difungsikan menjadi tempat wisata dengan bermacam-macam akomodasi, pantai ini tidak terawat. Namun semenjak adanya pengembangan daerah hunian dan areal bisnis Tanjung Bunga, tempat ini kini berkembang menjadi menjadi salah satu nirwana wisata pantai yang paling banyak dikunjungi.

Berbagai fasilitas dan tata kelola yang baik mengakibatkan oyek wisata bahari ini mempunyai banyak peminat. Reklamasi telah menciptakan kawasan ini semakin menarik dan indah. Bahkan, pengelolalan serta infrastuktur tidak kalah dari Pantai Lossari yang dianggap maskot Makassar.

Disini memang merupakan lokasi melihat sunset terbaik sehingga banyak pengunjung tiba ketika menjelang sore. Namun, bukan berarti selain sore pantai ini tidak layak dikunjungi. Banyak sekali wahana permainan telah disediakan pihak pengelola mirip jetsky dan banana boat. Pengunjung mampu mencoba wahana air tersebut di siang maupun sore hari.

Pantai Akkarena mempunyai pasir hitam, namun airnya cukup jernih sehingga pengunjung mampu langsung berenang dengan menggunakan pakaian yang sesuai. Ketika sudah puas bermain dengan air laut, telah tersedia kamar mandi untuk bilas dan berganti pakaian.

pesona pantai akkarena selalu memebkas di hati tiap pengunjungnya
Pesona Akkarena. Image via: @agestia22

Lokasi Pantai Akkarena Makasar

Alamat Pantai Akkarena berada di Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tarnalate, Kota Makasar, Sulawesi Selatan.

Pantai indah ini berada di tengah perkotaan. Letaknya pun tidak jauh dari pantai losari dan Mall GTC.

Rute Menuju Pantai Akkarena

Sebagai salah satu destinasi wisata menarik Sulawesi Selatan, kanal menuju kawasa pantai Akkarena tidaklah sulit. Terletak di kawasan Komplek Tanjung Bunga Kav 3-5, Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Akkarena beach sangat mudah ditemukan. Pasalnya pantai ini berada erat dengan jantung kota Makassar. Tanjung Bunga sendiri berada sempurna di seberang GTC Mall yang jaraknya hanya sekitar 10 menit saja dari pusat kota. Untuk menemukan tempat tersebut, anda hanya harus menelusuri Jl. H. M. Patompo.

Senja di pantai akkarena selalu ramai pengunjung, khususnya para pemburu suasana romantis nan syahdu
Senja di Pantai. Image via: bookingmurah.com

Simak juga: Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Jalanan Jl H M Patompo tepatnya yang berkelok kelok dipayungi pepohonan yang tumbuh di median jalan. Pohon menciptakan jalanan ini tetap teduh. Namun warga lokal kerap menyebut jalan ini dengan Jl Metro Tanjung Bunga, nama lama jalan ini.

Jam Buka Pantai Akkarena

Pantai Akkarena buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00. Pantai ini niscaya menjadi tujuan utama liburan di Kota Makassar. Tidak salah jikalau pantai ini selalu ramai setiap hari.

Pada hari-hari tertentu, jam operasional ditambah sampai pukul 24.00.

Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

Harga tiket masuk paantai Akkarena sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 4.000, ditambah parkir mobil Rp 2.000 atau Rp 1.000 untuk motor, pengunjung sudah mampu menikmati romantisme suasana sunset Pantai Akkarena.

nyatakan cinta di pantai akkarena
Katakan Cinta. Image via: puangrate

Fasilitas Pantai Akkarena

Sebagai pantai dengan tata kelola yang baik, tentu saja Akkarena Beach telah mempunyai beragam fasilitas lengkap untuk memanjakan para pengunjung.

Fasilitas yang ada di objek wisata sudah sangat memadai dengan keberadaan kawasan sewa ban pelampung, kamar ganti dan bilas, mushola dan yang lainnya. Namun yang lebih menarik adalah, Akkarena beach juga telah difasilitasi dengan ruang meeting berkualitas dengan ukuran small and large.

Mengunjungi Akkarena Beach anda tidak perlu khawatir kelaparan, alasannya di tempat tersebut berbagai cafee yang menjual beragam masakan dari ringan sampai berat. Pisang goreng kipas rasa keju atau coklat dan es kelapa muda, merupakan kuliner wajib yang banyak diburu pengunjung Akkarena.

Hal Menarik Dari Pantai Akkarena

  1. Romantisme Sunset

Sunset Romantis di Dermaga Cinta di pantai akkarena
Sunset Romantis di Dermaga Cinta. Image via: viva.co.id

Simak juga: Pulau Samalon, sekeping Surga di Makassar

Sunset di Pantai Akkarena memang luar biasa indah. Setiap sore mata pengunjung akan dimanjakan pemandangan sunset. Dengan begitu sempurnanya cahaya sunset berpendar di antara kilauan cahaya dari lautan.

Pantai Akkarena juga dilengkapi dermaga panjang. Dermaga dilengkapi dengan kawasan duduk dan lampu taman yang semakin menambah suasana romantis Pantai Akkarena. Romantisme Pantai Akkarena memang sudah populer hingga ke negeri seberang.

Banyak muda-mudi baik dari dalam maupun luar negeri yang datang dan menikmati sunset di pantai ini. Mereka biasanya mengabadikan gambar di dermaga pantai. Ada sebuah iman yang beredar di masyarakat. Jika sepasang kekasih mengabadikan gambar di dermaga Pantai Akkarena, cinta mereka akan bertahan lama.

Semakin sore, suasana di Pantai Akkarena akan semakin ramai. Ada baiknya jika pengunjung menyewa kawasan istirahat bersama keluarga sambil menikmati kuliner yang disajikan oleh pengelola. Suasana akan lebih romantis dengan adanya hiburan musik.

  1. Dermaga Cinta

dermaga cinta pantai akkarena Makassar
Dermaga Cinta. Image via: kataomed.com

Inilah ia, salah satu yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Tempat selfi yang instagramable. Popularitas pantai ini menjadi begitu dikenal, memang dari promosi di media sosial yang sangat masif. Untuk memenuhi kebutuhan selfie pihak pengelola membangun sebuah jembatan atau bisa disebut dengan dermaga.

Dermaga ini menjadi sisi romantis Pantai Akkarena yang sayang apabila dilewatkan. Ukuran dermaga ini kurang lebih panjangnya 150 meter, dengan memiliki lebar 5 meter. Dermaga ini juga berfungsi sebagai kawasan bersandar kapal-kapal yang memang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Banyak yang menyebut kawasan ini yakni dermaga cinta. Nama ini konon katanya berasal dari ketika dermaga ini telah final dan dipakai sebagai akomodasi pengunjung. Ada dua orang wisatawan yang pegi ke tempat ini. kemudian, salah satu dari mereka menyatakan perasaannya. Di tengah senja yang akan temaram.

Membayangkan saja sudah sangat romantis. Apalagi, melaksanakan secara pribadi, pasti lebih romantis lagi. Terlepas dari dongeng tersebut memang banyak wisatawan yang tiba berkunjung ke sini. Mereka memanfaatkan momen yang ada untuk mendapatkan gambar yang anggun.

  1. Wahana Permainan

wahana Zip Bike di Pantai Akkarena, cocok untuk buat foto berpasangan
Zip Bike Pantai Akkarena. Image via: makassar.tribunnews.com

Simak juga: Pesona Pulau Rupat, Negeri tanah Melayu Tua

Kalau dilihat dari warna pasir pantainya, berwarna hitam. Warna yang kurang esoktis memang. Tetapi, menjadi manis karena wahana permainan yang mampu dibilang sangat lengkap. Sehingga, mereka tidak akan memikirkan pasir. Tetapi, untuk airnya sangat jernih, bahkan pantai losari pun kalah jernih dengan Pantai Akkarena.

Disini, pengunjung mampu mencoba wahana permainan air seperti banana boat dan jetski. Dua wahana yang jadi favorit para pengunjung akkarena. Apabila tiba libur panjang, jangan harap kedua permainan ini masih ada. Pengunjung harus mengisi daftar tunggu yang cukup panjang terlebih dahulu.

Ada juga Wahan danau cinta. Di atas danau terpasang dua pasang Zip Bike, yang melintasi sebuah rel terbuat dari tali terpasang melintang di atas danau. para pengunjung pun juga dapat menikmati spot foto yang menarik, di tengah lintasan atau saat berada di tengah danau, bersama pasangannya.

  1. Wisata Kuliner

PIsang epe salah satu menu khas di pantai akkarena, berupa pisang gepeng bakar saos gula merah
Pisang epe Makassar. Image via: m.brilio.net

Setelah berkeliling pastinya perut keroncongan. Pengunjung Pantai Akkarena tidak perlu khawatir soal kuliner. Di daerah ini sudah banyak beberapa resto dan cafe. Dengan segala jenis kuliner dan kuliner yang siap menggoyang pengecap wisatawan.

Yang menarik, pihak pengelola café biasanya mengadakan pertunjukan live music. Pertunjukan ini dihadirkan setiap Sabtu dan Minggu saja. Bagi pengunjung yang punya hobi menyanyi juga mampu disalurkan dengan menyanyi di live band itu.

Salah satu kuliner unik ialah camilan pisang epe. Berbeda dengan olahan pisang bakar atau pisang goreng, pisang epe ini unik alasannya adalah digepengkan kemudian dibakar. Setelah matang, pisang disiram dengan saus gula merah yang anggun dan gurih.

Kalau sudah terbiasa makan sup daging, maka disini tempatnya untuk makan sup yang unik. Sup Singkong. Sup dengan isian potongan dadu singkong rebus, yang lalu ditambahkan berbagai macam topping dan sayur, seperti tauge dan mie kuning atau bihun, bawang goreng dan juga seledri.

Festival Bahari Pantai Akkarena. rutin digelar setahuns eklai untuk menghidupkan kegiatan budaya sulawesi, sekaligus promo wisata
Festival Bahari Pantai Akkarena. Image via: wartakita.id

Simak juga: Air Terjun Girimanik

Objek Wisata Dekat Pantai Akkarena

Kawasan Pantai Akkarena tempatnya berdekatan dengan Benteng legendaris Fort Rotterdam. Mereka hanya dipisahkan jarak sejauh 7.5 km saja. Dinding Fort Rotterdam dibangun dengan ketebalan rata-rata 2 meter. Di daerah dalam benteng sampai sekarang bangun 15 bangunan klasik berarsitektur Eropa. Bangunan ini peninggalan Belanda yang sempat mengambilalih benteng kekalahan Sultan Hasanudin.

Untuk menyempurnakan pengetahuan sejarah kebudayaan Sulawesi, kunjungan bisa dilanjutkan ke Museum Karaeng Pattingalloang yang hanya berjarak 4 km dari pantai. Museum memakai konsep rumah panggung dengan gaya atap yang menarik. Koleksi museum yang terdiri dari dua lantai ini menunjukkan pengetahuan wacana keberadaan Gowa pada abad lampau.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Pesona Pantai Akkarena. Semoga mampu menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata Tanah Para Daeng, Sulawesi Selatan.

Semoga informasi yang kami berikan mampu bermanfaat untuk anda semua.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni