Pantai Asmara, Pantai Romantis Di Ujung Selatan Kalimantan

Nama Pantai Asmara merupakan singkatan dari Asam Asam Muara. Salah satu keunggulan pantai ini yaitu kondisi pantai yang bersih, dengan pasir pantai berwarna putih. Hal ini membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal Banjarmasin maupun luar kawasan, terutama di akhir pekan atau trend liburan.

Pantai Asmara, pantai wisata di kalimantan selatan
Pantai Asmara. Image via: Ruhani

Kondisi alam yang relatif masih asli dengan pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai, menunjukkan nuansa yang dan pesona alam yang menyenangkan. Dari kejauhan mampu dilihat pula pelabuhan khusus bongkar muat batubara dan kapal-kapal pengangkut batubara yang sedang berlabuh.

Pantai Asmara pantas menjadi tujuan rekreasi atau wisata favorit keluarga. Pantai yang landai dan panjang tanpa ada kerikil karang. Ini menciptakan kondusif untuk mandi di bahari. Kondisi pantai demikian menciptakan pengunjung dapat berjalan menelusuri pantai dengan puas. Menyusuri pantai bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau bahkan sepeda motor.

Pengunjung juga mampu berfoto di tulisan LOVE yang instagramable. Selain itu bisa bermain pasir, atau naik kano yang mampu disewa pada pengelola pantai. Hal lain yang unik di pantai ini, pengunjung akan menemukan dermaga mini yang terbuat dari kayu untuk berfoto bersama sobat-sobat dan keluarga.

Spot Love di Pantai Asmara menjadi spot foto instagramable.
Spot Love. Image via: Ahmad Alkahfy

Simak juga: Pilihan wisata Banjarmasin

Lokasi Pantai Asmara

Pantai Asmara yang terkenal ini beralamat di Muara Asam Asam Jorong, Muara Asam Asam, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Dari kota Banjarmasin, jarak yang harus di tempuh menuju Pantai Asmara kurang lebih 115 kilometer atau sekitar 2,5 jam perjalanan darat.

Rute Menuju Pantai Asmara

Pantai asmara yang berlokasi di Kecamatan Jorong, berjarak kurang lebih sekitar  115 km dari Banjarmasin. Pengunjung bisa sampai di tempat wisata Pantai Asmara kurang lebih dalam waktu  sekitar 2,5 jam dari Banjarmasin.

Bagi pengunjung yang ingin berlibur di pantai ini, bisa menuju pantai asmara dengan jalan masuk jalan yang tidak begitu sulit. Jalanan menuju pantai sudah beraspal sehingga bisa dilalui dengan baik memakai kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.

Ayunan Pantai Asmara, spot cantik di sebelah dermaga indah.
Ayunan Pantai Asmara. Image via: Ariel Wildan

Dari Banjarmasin, pengunjung bisa eksklusif menuju ke Pelai hari dan ke arah Jorong atau Batulicin. Pengunjung hanya perlu mengikuti jalan raya besar sampai menuju lorong.

Kemudian dilanjutkan hingga bertemu goresan pena Pantai Asmara atau sampai menemukan goresan pena Pos  TNI AL Muara Asam-Asam di kanan jalan. Dari titik ini, kurang lebih sekitar 8 km lagi traveler akan menuju pantai Asmara.

Jam Buka Pantai Asmara

Pantai indah di Kalimantan selatan ini terbuka untuk didatangi pengunjung sepanjang hari. 24 jam.

Tiket Pantai Asmara

Untuk bisa masuk ke Pantai Asmara, pengunjung mampu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Sementara, jikalau membawa kendaraan eksklusif, harus membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan beroda empat dan Rp 5.000 untuk sepeda motor.

pantai asmara perairannya cukup tenang sehingga bsia untuk Berenang di pantai.
Berenang di pantai. Image via: @myadelora

Simak juga: Pulau Cinta

Fasilitas Pantai Asmara

Sebagai sebuah objek wisata yang terbilang gres fasilitas yang disediakan di Pantai Asmara sudah cukup memadai untuk kebutuhan dasar. Selain area parkir kendaraan, di pantai ini hanya tersedia warung-warung masakan miliki masyarakat setempat yang bisa dimanfaatkan untuk melepas lelah atau mengisi perut.

Pengelola juga sudah menyediakan toilet dan kamar mandi dengan kebersihan cukup terjaga, termasuk tersedia pula air bersih untuk membilas air asin yang menciptakan badan lengket.

Aktivitas Menarik di Pantai Asmara

Selain keindahan pantai yang menjadi objek wisata pantai ini, ada beberapa yang menjadi obyek wisata lainnya. Berikut ialah beberapa obyek wisata pantai Asmara ini.

  1. Menikmati Pantai

Menikmati Pantai Asmara dari Gazebo. sewaan tepi pantai
Menikmati Pantai dari Gazebo. Image via: Husni Tambrin

Pengunjung mampu duduk di pinggir pantai ini sambil menikmati suasana keindahan pantai yang higienis dengan pasir pantai berwarna putih. Di sini, pengunjung mampu melepaskan rasa penat sambil menikmati keindahan pantai dengan suara debur ombak dan angin yang semilir.

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa gazebo yang disewakan dan juga ayunan yang membuat pengunjung menikmati suasana pantai ini. Sambil memejamkan mata serta menyalakan musik, mampu menciptakan traveler mencicipi suasana keindahan pantai ini.

  1. Bermain Pasir Dan Air

Selain menikmati suasana keindahan pantai, pengunjung mampu menikmati liburan dengan bermain pasir dan bermain air. Di sini, ombak pantai cukup damai, sehingga cukup aman untuk digunakan sebagai lokasi olahraga air.

Selain itu, bibir pantai ini tidak ada karang yang ditemukan yang mampu mengakibatkan kaki cedera.  Di sini, pengunjung bisa melakukan aktivitas menyenangkan dengan bermain pasir bersama dengan sahabat, keluarga ataupun pasangan.

Pantai asmara, pantai yang Aman untuk anak bermain air
Aman untuk anak. Image via: Soefrie Yantoe

Simak juga: Pulau Derawan

  1. Hunting Foto

Di pantai Asmara terdapat beberapa spot untuk berfoto yang bagus. Pengunjung bisa mengambil foto hingga sepuas bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan. Di pantai ini, pengunjung dengan bebas dan lebih leluasa untuk mengekspresikan gaya atau pose pada ketika berfoto bersama.

Salah satu spot foto yang anggun yaitu dermaga yang baru dibangun di lokasi ini. Dermaga mini itu terbuat dari kayu. Di spot ini pengunjung bisa menemukan pemandangan cantik untuk dijadikan titik spot foto bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan.

  1. Snorkeling

Pantai Asmara memiliki air yang jernih. Balutan air bahari yang menawan berwarna biru kehijauan menjadi bukti banyaknya terumbu karang yang hidup di bawah bahari. Pantai ini kaya akan biota bawah maritim hidup termasuk terumbu karang.

Pantai Asmara sering kali dijadikan daerah terbaik bagi pengunjung yang hobi akan aktivitas pantai snorkeling atau diving. Bagi pengunjung yang ingin melakukan snorkeling atau diving, harus membawa peralatan sendiri dari rumah.

Dermaga Kayu pantai asmara menjadi spot foto cantik dengan pemandangan ke arah laut maupun pantai.
Dermaga Kayu. Image via: @iamraahel

Di pantai Asmara masih belum tersedia daerah sewa untuk snorkeling atau diving. Hal ini ada kaitan dengan kondisi pantai yang masih tergolong gres dikelola sebagai objek wisata.

  1. Banana Boat

Selain dua acara terkenal diving dan snorkeling, pengunjung juga bisa mencoba wahana banana boat atau permainan karet ban di pantai ini. Banana boat ialah sebuah permainan Bali water sport ditengah perairan laut, memakai perahu karet yang bentuknya menyerupai pisang. Ukuran banana boat lumayan besar dan mampu dinaiki 5-6 peserta.

Pengunjung mampu merasakan angin bahari yang tidak mengecewakan kencang saat menaiki wahana banana boat. Juga sensasi menegangkan dikala kecepatan perahu banana boat bertambah dan terutama dikala perahu banana boat berubah arah.Selain sensasi menegangkan, penerima akan dapat melihat pemandangan maritim dari sudut berbeda.

Pengunjung dapat menyewa kemudahan ini dengan biaya Rp 20.000 per orang.

  1. Gembok Cinta

gembok cinta pantai asmara menjadi spot pernyataan hati
Gembok Cinta. Image via: Sierra Zhafira

Simak juga: Pantai Angsana.

Sesuai dengan nama pantainya Pantai Asmara, pengelola berkreasi dengan menyediakan tempat untuk meletakkan gembok cinta. Konon, gembok cinta ini biasanya menjadi simbol bagi beberapa pasangan yang ingin “menyimpan” rasa sayangnya kepada seseorang.

Sekilas, gembok cinta ini seperti dengan gembok cinta di Paris. Atau jikalau di ranah lokal, mirip dengan di Sukabumi. Tempat ini, sangat cocok bagi pasangan yang ingin menyimpan rasa sayang diantara mereka berdua.

  1. Berburu Sunset

Di pantai asmara, pengunjung bisa melihat keindahan sunset di sore hari. Sunset merupakan fenomena yang sangat ditunggu semua orang dikala mengunjungi pantai. Pengunjung bisa mengambil foto siluet dengan pemandangan sunset yang indah.

Dalam pengambilan foto sunset itu, sebaiknya memakai teknik underexpose. Ini merupakan teknik yang cocok untuk mengambil momen sunset. Dengan pengaturan shutter speed yang cepat dalam mode manual, untuk menerima tampilan pencahayaan yang lebih rendah dan merata di kanan dan kiri.

Sunset Pantai Asmara. menyuguhkan keindahan langit keemasan
Sunset Pantai Asmara. Image via: traveler-senja

  1. Berkemah

Jika pengunjung tertarik untuk bermalam di pantai, pengunjung mampu mendirikan tenda di tepi pantai dengan membawa peralatan berkemah sendiri. Dengan cara ini pengunjung akan diajak lebih bersahabat dengan alam. Selain it juga ada bonus dapat menikmati matahari terbenam di sore hari dan menikmati pemandangan bintang-bintang di alam hari.

Pengunjung bisa mengadakan pesta api unggun di malam harinya sambil menikmati suasana pantai dengan keluarga ataupun dengan teman-sahabat. Di pagi harinya, pengunjung mampu menikmati sejuk udara pagi yang bebas polusi dan keindahan matahari terbit di tepi pantai.

  1. Wisata Kuliner

Meskipun disini belum adanya tempat penginapan atau villa, tetapi disini sudah tersedia warung makan. Warung makan ini yakni warung makan milik masyarakat setempat yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi perut.

Salah satu masakan khas Kalimantan selatan yaitu Iwak samu. Kuliner ini  berupa ikan yang disamu. Samu dalam bahasa Banjar berarti proses mengasinkan ikan dengan dibumbui oleh garam, kunyit, dan beras yang disangrai dan kemudian ditumbuk bergairah. Ikan yang biasa dipilih untuk disamu yaitu ikan gabus, sepat, saluang, dan papuyu.

wefie kroyokan di pantai asmara
Wefie. Image via: laskarperisai-news.com

Simak juga: Pulau Sikuai.

Objek Wisata Dekat Pantai Asmara

Jika terlanjur jatuh cinta pada suasana maritim di Kalimantan selatan, dalam jarak tidak terlalu jauh ada juga pantai Swarangan. Pantai ini berjarak hanya 30 km dari pantai Asmara. Dengan abjad pantai yang seperti dengan pantai asmara, salah satu spot favorit untuk berfoto yaitu ayunan di sebuah pohon besar di pantai.

Bagi yang menginginkan perubahan suasana, bisa mencoba wisata teladas, Dalam jarah 60 km dari pantai asmara terdapat Air terjun bajuin. Keindahan alam yang asri dan alami dari air terjun ini akan menciptakan wisatawan terpukau selagi menikmati kesegaran udara di wilayah ini.

Demikian dongeng singkat kami dari Nativeindonesia.com untuk menggambarkan betapa indah dan mempesona pantai Asmara di Kalimantan selatan ini. Segera rencanakan kunjungan ke pantai ini, sebelum nanti jadi pantai yang ramai, sebab Ibu Kota negara keburu pindah ke sekitar sana.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni