Pantai Baruna, Pantai Berpadang Ilalang Hijau Nan Romantis

Pantai baruna yaitu pantai yang memiliki karakter berbatu, berilalang, dan  berkontur curam. Persis seperti pantai-pantai di film Eropa. Pantai berilalang itu romantis, bisa dijadikan kawasan guling-guling tanpa risih dengan pasir pantai. Pantai berilalang juga cenderung lebih hijau, yang menciptakan udara pantai ilalang terasa lebih segar, dan suasananya cenderung lebih teduh.

Pantai baruna adalah pantai yang memiliki karakter berbatu, berilalang, dan  berkontur curam. Persis seperti pantai-pantai di film Eropa. Pantai berilalang itu romantis
Pantai Baruna. Image via: riskafaradilasari

Dulu, Pantai Baruna yaitu sebuah taman rekreasi Tanjung Emas. Lengkap dengan lapangan golf dan warung apung. Namun karena lahan dibeli oleh swasta sehingga tempat terebut terpaksa harus diratakan.

Berbeda dari pantai lainnya, Pantai Baruna ini tergolong unik karena tidak memiliki hamparan pasir pantai yang luas mirip pada pantai kebanyakan, akan tetapi kekurangan itu digantikan oleh kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, salah satuya keberadaan padang ilalang.

Pemandangan dan suasana terbaik dari pantai ini yakni dikala sore hari. Terdapat juga beberapa acara yang mampu anda lakukan di sini, mirip memancing, atau melihat para nelayan dengan perahu-perahunya yang unik.

pemecah ombak panta baruna, salah satu spot foto yang banyak diincar pengunjung
Pemecah Ombak. Image via: portalwisata.co.id

Simak juga: 14 lokasi wisata di Semarang

Lokasi Pantai Baruna

Pantai baruna ini terletak di Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin, Tj. Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah .

Pantai Baruna terletak di kawasan Baruna, Semarang Tengah. Tepatnya berada di sisi timur Pantai Marina.

Rute Menuju Pantai Baruna

Rute menuju pantai Baruna, bsia ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan, baik eksklusif  maupun publik.

Bila di tempuh dari Semarang kota atau simpang lima, pengunjung mampu  ambil jl. MT haryono atau jalan mataran , lurus hingga bundaran bubakan. Lanjut ke jalan ronggo warsito dan hingga perempatan lampu merah ambil lurus.

Sampai kesannya tiba di kawasan pelabuhan semarang .

Jalan masuk ke pantai masih jalan tanah yang cukup menyusahkan. Pantai akan susah untuk dimasuki setelah hujan, alasannya jalan tanah akan berkembang menjadi lumpur yang akan menghambat laju kendaraan.

Penikmats enja pemburu sunset pencari ikan, di pantai baruna
Pemancing sunset. Image via: portalsemarang.com

Jam Buka Pantai Baruna

Pantai Baruna tidak memiliki jam kunjungan resmi. Makara mampu saja dianggap pantai ini terbuka 24 jam penuh.

Tiket Pantai Baruna

Untuk masuk kawasan pantai baruna, pengunjung tidak dikenakan pungutan ber-karcis, mirip umumnya wisata yang dikelola badan pengelola. Kalaupun ada menawarkan uang, sifatnya suka rela  seikhlasnya.  Itu mampu dilakukan pada penjaga pantai.

Pengunjung biasanya memberikan antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Fasilitas Pantai Baruna

Karena bleum dikelola secara khusus, di sini belum banyak kemudahan penunjang bagi wisatawan. Sehingga, jikalau datang ke sini pastikan untuk membawa perbekalan secukupnya.

Begitupun untuk urusan toilet, sebaiknya buang air dulu sebelum menuju objek wisata ini. Pastikan juga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Meskipun belum dikelola dengan baik, namun pengunjung harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam.

Daya Tarik Pantai Baruna

  1. Pantai yang indah

Pesona garis pantai baruna kala sunset sungguh menawan hati
Pesona Garis Pantai. Image via: portalwisata.co.id

Simak Juga: Pemandian air hangat candi Umbul

Deru angin pantai menyambut ketika datang di pinggir pantai Baruna. Pemandangan Jermal nelayan dan pelabuhan Tanjung Mas di kejauhan seolah menjadi suplemen pemandangan ilalang dan padang bunga liar di pantai ini.

Kontur pantai yang curam juga membuat pantai ini terasa berbeda dan unik dari pantai lainnya. Pengunjung bisa berteriak bebas di pantai, meluapkan isi hati. Tidak perlu jauh-jauh ke Skotlandia untuk menemukan pantai mirip ini.

Pemandangan bunga liar dan ilalang-nya manis untuk dijadikan kawasan hunting foto ataupun membuat timelapse untuk video. Tetapi bagi yang tidak hobi keduanya, duduk diam di tepi pantai sembari menunggu sunset juga merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan.

Semilir angin pantai dan deru ombak membuat suasana sore menjadi lebih romantis. Secarik kertas dan pena mungkin akan cocok menemani anda untuk mulai merangkai puisi di pantai abnormal di tengah Kota Semarang ini.

Ilalang pantai baruna dnegan kasen pohon menjadi lokasi pengmailan foto yang romantis dan syahdu
Ilalang Pantai Baruna. Image via: travel.tribunnews.com

Pengunjung juga dapat bersantai dan berduduk-duduk di sekitar pinggiran pantai untuk menikmati pemandangan sambil mencicipi terpaan angin yang hangat. Bagi yang gemar berburu photo anggun, maka Pantai Baruna Semarang merupakan salah satu pilihan terbaik.

  1. Padang Ilalang

Di kanan dan kiri jalan menuju pantai terbentang padang ilalang berwarna-warni diselingi pohon-pohon rindang yang menyejukkan mata. Pengunjung biasanya menyempatkan diri berhenti sejenak untuk mengambil objek foto.

Padang ilalang dengan sebatang pohon rindang bangun di tengah-tengahnya, persis mirip yang ada dalam dongeng di negeri kisah. Setelah puas berfoto ria di padang ilalang, pengunjung mampu melanjutkan perjalanan menuju pantai yang menderu-deru suaranya di kejauhan.

Menjelajahi ilalang pantai baruna bahkan bisa dilakukan dengan sepeda
Menjelajahi Ilalang. Image via: yukpiknik.com

Simak juga: Pohon menari di pantai walakiri

Pantai Baruna merupakan pantai yang terdiri dari vegetasi sabana dengan padang ilalang yang tinggi dan pohon-pohon kerdil di beberapa daerah. Kawasan pantai ini memang masih cukup sepi dan alami. pengunjung bisa menemukan binatang-binatang liar mirip bajing yang bersembunyi memantau para insan pengunjung pantai.

  1. Memancing

Pantai ini ramai dengan pengujung yang mempunyai hobi memancing. Sepertinya memang banyak ikan di perairan sekitar pantai ini, sebab banyak pula nelayan yang kemudian-lalang dengan bahtera kecilnya di sekitar pantai. Selain memancing, hobi fotografi dan film juga mampu disalurkan di pantai ini.

Pada waktu senja hari , pantai ini mempunyai pemandangan yang menakjubkan , perpaduan dari keindahan laut, pantai, dan langit Saat senja hari. Bagi penghobi mancing , lokasi pantai baron ini juga layak dijadikan lokasi memancing.

Dengan ombak yang relatif damai khas pantai utara dan bebatuan akan lebih membuat aktifitas memancing anda lebih menyenangkan , menikmati pemandangan sambil menunggu kail di sambar ikan.

  1. Tugu Peringatan Jepang

Tugu ketenangan Jiwa di panta baruna, monuen korban perang masa perang dunia dua
Tugu ketenangan jiwa. Image via: rumpan.id

Tak hanya ilalang dan watu pemecah ombak, Pantai Baruna juga ternyata menyimpan sejarah. Di lokasi ini ada tetenger berjulukan Monumen Ketenangan Jiwa. Monumen tersebut dibuat pemerintah Jepang untuk memperingati para tentaranya yang tewas dikala pertempuran lima hari di Semarang.

Pemerintah Jepang menetapkan membangun tugu peringatan karena banyak tentaranya yang mati dan dibuang ke Banjir Kanal Barat. Menurut dongeng, monumen yang sebagian besar berpahatkan aksara Kanji ini mengarah ke Utara. Dan apabila ditarik garis lurus, maka akan sejajar dengan Tokyo, Ibukota Jepang.

Posisi mirip itu, dimaksudkan agar arwah para tentara yang tewas ketika pertempuran terjadi bisa merasa tenang dan kembali ke Jepang.

Kemudian, lantaran posisinya makin tergerus oleh banjir dan rob dari Laut Jawa, tugu yang dibangun pada 14 Oktober 1945 ini kemudian dibangun menjadi sebuah monumen dan diresmikan oleh Wali Kota Semarang, Sutrisno Suharto, yaitu pada tanggal 14 Oktober 1998.

  1. Berburu Foto

Selain refreshing, pengunjung yang suka hunting foto maupun video, sangat tepat bilamana mengunjungi pantai baruna ini.
Penahan pengikisan. Image via: @wisatasemarang

Simak juga: Danau Weekuri, NTT

Selain refreshing, pengunjung yang suka hunting foto maupun video, sangat tepat bilamana mengunjungi pantai baruna ini. Karena selain laut, pantai baruna mempunyai hamparan padang rumput yang luas sejauh mata memandang.

Terdapat pohon serta ilalang ilalang tinggi yang dapat jadi spot foto terbaik untuk penggemar fotografi alam. Selian di ilalang, berfoto di area tepi bahari yang banyak batu segitiga atau watu pemecah ombak, juga popular diantara pengunjung.

duduk menyendiri menikmati alamd ankesendirian, emnjadi sesuatu yag mengasikkan jika dilakukan di pantai baruna
Menanti senja: Image via: @wisatasmg

Objek Wisata Dekat Pantai Baruna

Berdekatan dengan pantai Baruna, hanya beberapa ratus meter di sebelah barat, terdapat pantai Marina Semarang. Di pinggiran Pantai Marina disediakan banyak kapal sederhana yang berjejer, untuk para pengunjung yang ingin mengelilingi Pantai marina sembari mengamati indahnya hutan bakau.

Di sisi sebaliknya, hanya beberapa ratus meter di sebelah timur, terdapat pantai Pantai Cipta. Pantai Cipta didominasi oleh banyaknya bebatuan dan hanya sedikit pasir. Namun Pantai Cipta sendiri mempunyai ombak yang hening, tidak seperti di Pantai Selatan yang lebih besar ombaknya.

Itulah lokasi, biaya masuk, rute, sampai aneka macam objek wisata di kawasan pantai Baruna.

Selamat menikmati liburan!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni