Pantai Delegan Gresik

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11679″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
7

votes

)

Lokasi: Dalegan, Panceng, Campurejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61156

Map: Klik Disini

Buka: Setiap hari (07.00-17.00)

Ada banyak lokasi wisata yang bisa ditemukan di kabupaten gresik.

Selain wisata pulau mirip pulau bawean dengan ikon berupa rusa baweannya, wisata religi dengan makam para wali serta wisata alam pegunungan mirip bukit jamur, gresik juga mempunyai pesona lokasi wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu lokasi wisata laut di kabupaten gresik yang saat ini mulai menanjak kepopulerannya ialah pantai delegan di kecamatang panceng. Dimana setiap tiba isu terkini liburan, pantai ini niscaya akan dipenuhi oleh para wisatawan dari seluruh penjuru kota gresik.

Pantai delegan memang berbeda dengan kebanyakan pantai di kabupaten gresik. ia memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya selalu dirindukan oleh para pengunjung. Ciri khas tersebut salah duanya yakni pasir putih dan ombak hening miliknya.

Pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai, kolam hamparan permadani yang begitu nyaman untuk diduduki. Sedangkan ombak pantainya begitu damai menghempas tepain, memperlihatkan rasa aman dan juga kenyamanan dikala berenang.

Gresik Atau Lamongan

foto by instagram.com/huzeimah_

Keberadaannya yang terletak di ujung utara kabupaten gresik dan berdekatan dengan kabupaten lamongan, menimbulkan pantai delegan sering disebut sebagai pantai delegan lamongan. Bahkan beberapa masyarakat menyangka kalau dia merupakan milik kabupaten lamongan.

Padahal dari segi administratif wilayah, sangat terang terlihat dan tercatat bahwa pantai delegan memang kepunyaan kabupaten gresik, bukan kabupaten lamongan. Tapi hal ini tentunya bukanlah suatu permasalahkan.

Akan lebih baik bagi masyarakat lamongan dan gresik untuk bahu-membahu menjaga dan membangun pantai delegan daripada memperdebatkan klaim kepemilikannya.

Lokasi Dimana

foto by instagram.com/puji_kk

Pantai delegan terletak di perairan maritim jawa, persisnya di sebelah utara kabupaten gresik. Jaraknya dari sentra kota gresik ialah sekitar 45 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan dengan berkendara.

Sementara jika mencari alamatnya dengan melihat data administratif, maka pantai delegan ini beralamat di desa delegan, kecamatan panceng, kabupaten gresik jawa timur.

Daya Tarik

Diatas telah dituliskan bahwa daya tarik utama dari pantai delegan ialah pasir pantainya yang putih higienis ketenangan ombaknya.

Kedua daya tarik tersebut, juga dilengkapi dengan banyaknya aktivitas seru yang mampu dilakukan oleh para pengunjung di sini. Adapun kegiatan wisata yang bisa anda lakukan yakni :

foto by instagram.com/nd.juliar

  • Bermain pasir

Aktivitas ini biasanya sangat disukai oleh bawah umur, meskipun tidak menutup kemungkinan, ada juga orang akil balig cukup akal yang menyukai permainan pasir.

Di sini, bawah umur mampu bermain pasir dengan sangat nyaman karena area pasirnya sangat luas. Jarak titik lokasi kawasan bermain pasir juga tidak terlalu bersahabat dengan pinggir pantai, sehingga sangat aman dari terpaan ombak.

Di sini bawah umur bisa menciptakan patung atau istana dari pasir putih, atau juga bisa menciptakan aksara-karekter kesukaan mereka diatas permukaan pasir.

  • Berenang

Berenang adalah salah satu aktivitas wisata bahari yang mampu dilakukan baik oleh bawah umur ataupun orang cukup umur. Anda juga niscaya suka berenang kan ?.

Nah di, aktivitas renang anda akan semakin terasa istimewa karena di sini selain ombaknya cukup tenang, air lautnya juga jernih. Selain itu, batas area renang juga cukup luas sehingga anda mampu berenang dengan lebih puas.

Bagi anda yang tidak bisa berenang atau lebih bahagia membiarkan badan anda mengambang di atas ban pelampung.

Di pinggiran pantai telah tersedia beberapa tumpukan ban pelampung yang siap untuk dipakai dengan biaya sewa sebesar Rp. 5000 untuk ban pelampung ukuran kecil dan Rp. 20000 untuk ban pelampung ukuran super jumbo.

foto by instagram.com/gresiktourism

  • Berkeliling bahari dengan sampan

Ini juga merupakan acara wisata laut yang tidak kalah seru dengan bermain pasir ataupun berenang. Anda mampu mengajak sobat-sahabat, anak istri ataupun kerabat untuk berkeliling dengan menaiki sampan.

Tarif sewanya juga cukup murah. Untuk sekali jalan anda bisa menikmati sensai mendayung sampan dengan biaya sekitar Rp. 10.000.

  • Duduk-duduk di dingklik malas

Entah bagaimana awalnya sehingga kursi-dingklik di kawasan ini dinamakan bangku malas. Tapi memang begitulah biasanya para pengunjung menyebut deretan dingklik yang biasa digunakan untuk duduk-duduk melepas lelah selepas berenang atau naik sampan ini.

Ya, di lokasi ini anda juga mampu menghabiskan waktu liburan sambil duduk santai di atas kursi malas sambil menikmati hembusan angin.

Tapi jangan sampai anda jadi beneran malas ya sesudah duduk di dingklik ini. Karena masih banyak kegiatan lain yang bisa anda lakukan daripada bermalas-malasan di sini.

foto by instagram.com/nifatul_aula

  • Bermain layangan

Selain berenang dan naik sampan. Bermain layangan merupakan acara menyenangkan dan termasuk acara yang paling banyak digemari oleh para pengunjung.

Di pinggirnya anda bisa menikmati keseruan menerbangkan layangan. Angin pantai yang biasanya kencang, menciptakan anda tidak akan kesulitan untuk membuat layangan anda mengudara sejauh keinginan anda.

Sepertinya seru banget ya, saya jadi teringat waktu kecil dulu sering bermain layangan di pematang-pematang sawah.

foto by instagram.com/mitasumiati

Fasilitas

Mengenai fasilitas penunjang yang tersedia di pantai delegan mungkin memang belum selengkap kemudahan di lokasi lain. Hal ini memang menjadi bab paling kurang dari pantai delegan. Setidaknya saat tulisan ini aku tulis.

Saat ini akomodasi yang ada hanyalah tempat duduk pengunjung, daerah penyewaan ban pelampung dan warung penjual makanan. Masih belum tampak adanya fasilitas lain seperti kamar kecil/WC ataupun tempan penginapan.

Rute Menuju Lokasi

foto by instagram.com/mitasumiati

Jika anda tertarik untuk mengunjungi ke sana, maka ada dua rute perjalanan menuju pantai tersebut.

Bila anda datang dari arah kota gresik atau surabaya, maka anda bisa menyusuri jalur sidayu melewati hutan jati panceng. Sedangkan apabila anda tiba dari arah lamongan, anda mampu melewati jalur wisata bahari lamongan (WBL) untuk hingga di pantai delegan.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/gresiktourism

Seperti lokasi wisata maritim lainnya, pantai delegan juga dibuka untuk pengunjung setiap hari dari pagi sampai pukul 17.00. Namun jikalau anda lebih menyenangi suasana ramai, maka pilihlah waktu kunjungan pada hari libur.

Karena pada hari biasa, pengunjung biasanya sepi. Kalaupun ada, jumlahnya tidak hingga seratusan orang. Namun pada hari libur, jumlah pengunjung biasanya sangat banyak, bahkan menyentuh angka ratusan.

Sebelum masuk ke lokasi pantai, anda terlebih dahulu harus membayar karcis masuk dengan harga Rp. 3.500 untuk pengunjung akil balig cukup akal dan Rp. 2.500 untuk pengunjung bawah umur.

Penutup

foto by instagram.com/gresiktourism

Wisata bahari mampu menjadi pilihan sempurna untuk mengisi waktu liburan. Utamanya bagi anda yang tidak mempunyai tabungan banyak untuk bekal berlibur. Karena memang, liburan ke pantai hanya akan menuntut anda untuk mengeluarkan biaya ketika perjalanan dan membeli tiket masuk.

Meskipun kemungkinan anda juga ingin memakai fasilitas tambahan dikala sudah berada di dalam. Biayanya biasanya tidaklah terlalu banyak. Coba bandingkan dengan biaya dikala berlibur ke jenis wisata lain. Pasti biayanya lebih mahal.

Namun semuanya tergantung dari hobi dan pilihan masing-masing. Anda tentunya bebas memilih jenis wisata tujuan liburan anda. Selamat berlibur.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni