Pantai Dewi Mandapa, Pesona Hutan Bakau Dengan Sentuhan Cinta

Datang ke Pantai Dewi Mandapa, pengunjung akan disambut dengan pemandangan maritim yang cantik. Air maritim yang biru berpadu dengan corak kehijauan yang timbul dari pepohonan rindang di sekitar Pantai Dewi Mandapa.

Pantai Dewi Mandapa wisata pantai yang kaya akan hutan mangrove nya
Pantai Dewi Mandapa. Image via: @fajarhw

Pantai Dewi Mandapa menjadi rumah bagi hutan bakau yang asri.. Perpaduan antara air bahari biru jernih dengan hijau hutan bakau membuat pengalaman mengasyikkan dikala berkunjung bersama keluarga atau sahabat.

Yang Unik dan menarik dari Pantai Dewi Mandapa yaitu kehadiran Pulau Cinta. Berdiri di atas tumpukan pasir putih halus, Pulau Cinta memiliki bentuk hati sehingga memberikan suasana cinta dalam arti bantu-membantu.

Letak pulau cinta yang menjorok ke dalam bahari menciptakan Pulau Cinta terlihat mengapung. Namun pengunjung tidak perlu khawatir pulau ini hanyut. Pulau mungil ini berdiri di atas tanah reklamasi, sehingga aman untuk dikunjungi dalam waktu usang.

Pantai dewi mandapa menyediakan beragam spot foto seru yang mampu pengunjung manfaatkan. Mulai dari jembatan dengan gapura mini di atasnya, hingga kolam kecil yang dikelilingi hutan bakau.

Satu hal yang dihentikan dilupakan saat ke pantai dewi Mandapa yaitu berburu sunset. Kecantikan sunset di pantai ini bisa dinikmati dari pinggir semenanjung Pulau Cinta maupun di pinggir Pantai Dewi Mandapa.

Panorama Pagi di pantai Dewi Mandapa yang mempesona
Pagi di Pantai. Image via: @muklis95

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Pantai Dewi Mandapa

Pantai ini terletak di desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran lampung.

Lokasi pantai ini kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Rute Menuju Pantai Dewi Mandapa

Jika ingin berkunjung ke  pantai dewi mandapa, pengunjung dapat memulai perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Perjalanan diawali dengan melalui jalan Pramuka menuju ke Teuku Cik Ditiro. Kemudian melewati Jalan Raden Imba Kusuma Ratu yang menuju ke Padang Cermin.

Jalur alternatif lainnya ialah melewati jalan kota yang menuju ke arah Teluk Betung. Jalan ini melewati kantor pemerintahan Lampung.

Kondisi jalan menuju ke pantai dewi mandapa ini tidak cukup anggun karena belum sepenuhnya beraspal. Jalanan yang rusak kira-kira 500 meter  yang lalu dilanjutkan dengan 50 meter jalan tanah merah.

Gazebo pantai Dewi Mandapa untuk menikmati keindahan pantai dan menanti sunset
Gazebo Pantai. Image via: @fajarhw

Jam Buka Pantai Dewi Mandapa

Wisata pantai dewi mandapa ini dibuka untuk umum mulai jam 08.00 – 19.00 WIB.

Tiket Pantai Dewi Mandapa

Tiket masuk di Pantai Dewi Mandapa relatif murah adalah Rp 10.000.

Ditambah dengan biaya parkir untuk motor dikenakan tarif Rp 10.000. Untuk mobil dikenakan Rp 30.000. Jika ingin menikmati dermaga anda harus membayar biaya pelengkap adalah Rp. 5.000.

Fasilitas Pantai Mandapa

Fasilitas pendukung pantai ini pun sudah cukup lengkap. Di area wisata pantai ini sudah tersedia toilet umum, warung-warung penjual kudapan dan minuman, jasa penyewaan bahtera dan pelampung untuk berenang di pantai ini. Juga ada penyewaan peralatan snorkeling.

Pantai ini terkenal alasannya adalah view yang anggun untuk berfoto. Selain spot untuk berfoto pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah di waktu sore hari.

Mengenai Penamaan Pantai Dewi Mandapa, berdasarkan cerita warga lokal, berasal dari nama pemilik kawasan ini yang berjulukan Dewi Mandapa.

Daya Tarik Pantai Dewi Mandapa

  1. Hutan Bakau

Bakau lebat pantai dewi Mandapa memebrikan pengalaman wisata berbeda di pantai ini
Bakau Pantai. Image via: @iwansetiawanoscar

Simak juga: Wisata Karimun Jawa.

Pohon mangrove di Pantai Dewi mandapa tak kalah indah dibandingkan mangrove pantai lain. Jika di Jakarta Ada hutan mangrove PIK (pantai indah kapuk) maka di Lampung Pantai Dewi Mandapa.

Pantai ini masih sangat alami dengan rimbun pohon bakau yang hijau. Ditambah lagi dengan air maritim yang berwarna biru kehijauan nampak sangat menyejukkan mata.

Hutan bakau di tepi Pantai dan berfungsi mencegah pengikisan. Bakau yang tumbuh di Pantai ini rindang dan terawat sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang tiba. Tempat ini biasa dijadikan background untuk berpose sebab pemandangan yang unik.

Untuk ke depan, pengelola pantai ada planning untuk memperluas dan menambah kemudahan pantai ini. Namun mereka berkomitmen tidak akan merusak tumbuhan mangrove yang ada di pantai tersebut.

  1. Pulau Cinta

Spot dermaga di Pulau cinta pantai dewi Mandapa
Pulau Cinta. Image via: sabigaju.com

Salah satu yang paling menarik dari Pantai ini yakni terdapat sebuah pulau kecil yang terbentuk akan tumpukan pasir putih. pulau kecil ini berbentuk mirip bentuk hati jika dilihat dari atas.

Bila ingin memasuki Pulau Cinta ini, pengunjung akan terlebih dahulu melewati jembatan penyeberangan dan semacam gerbang kecil sebagai pintu masuk Pulau Cinta. Untuk memasuki pulau cinta pengunjung dikenakan pungutan aksesori biaya masuk Rp 15.000

Di pulau kecil ini, pengunjung mampu leluasa untuk bermain dengan pasir pantai yang putih, ataupun berenang di sekeliling pulau, alasannya adalah tidak terlalu dalam. Kedalaman air di sekitar pulau Hanya sekitar seukuran dada orang dewasa.

spot iconik pulau cinta pantai dewi Mandapa
Spot foto pulau cinta. Image via: tripadvisor.com

  1. Snorkeling dan Berenang

Kegiatan air seperti berenang dan snorkeling juga mampu dilakukan di sekitar Pulau Cinta. Untuk menikmati acara ini, pengunjung dikenakan biaya embel-embel khususnya untuk sewa peralatan snorkeling.

Cukup dengan membayar Rp 40 ribu, maka pengunjung sudah dapat menyewa satu set perlengkapan snorkeling lengkap. Pengunjung mampu menikmati pemandangan bawah air selama sehari.

Batas kondusif dimana pengunjung dapat melaksanakan aktivitas snorkeling yaitu wilayah sejauh 100 meter dari garis pantai. Di daerah ini, banyak terumbu karang, beberapa jenis ikan kecil, dan bila beruntung, akan mampu melihat ubur-ubur kecil melintas dan terlihat terang dari permukaan.

  1. Dermaga Asmara

Dermaga asmara. Pantai dewi mandapa dengan payung unik berbentuk jamur raksasa
Dermaga asmara. Image via: @wisatalampung.co

Simak Juga: Taman Nasional Wakatobi.

Objek wisata lain yang ada di Pantai Dewi Mandapa adalah terdapat sebuah beranda dengan bangku Pantai beserta payung. mengapung di tengah laut. Beranda ini sangat nyaman dan tidak perlu khawatir kepanasan. Selain oleh payung, pengunjung akan terlindung dengan daun pohon bakau yang rimbun.

Kursi dan payung yang disediakan di beranda ini sangat indah karena dihias dengan beberapa ornamen pelengkap. Lokasi ini nyaman digunakan untuk bersantai sembari menikmati keindahan panorama Pantai ditemani sejuk angin yang terkadang datang menyapa Anda.

Sangat disarankan untuk dikala pagi dimana matahari belum terlalu panas, ataupun sore hari saat sunset berlangsung.

Pengunjung mesti membayar tiket sebesar Rp 5.000 sebelum melewati jembatan kayu menuju Dermaga Asmara.

  1. Spot Foto dan Sunset

Sunset di pulau asmara pantai dewi Mandapa terasa beda karena dilihatnya dari tengah laut
Sunset di pulau. Image via: @geolampung

Di Pantai ini terdapat spot foto yang beraneka ragam. Mulai dari gapura berbentuk hati yang dihiasi bunga-bunga indah dan sampai dermaga asmara yang didesain unik. Bisa dikatakan salah satu alasan Pantai ini berhasil menjadi lokasi favorit para anak muda, yaitu spot foto yang bermacam-macam. Spot foto di pantai Dewi Mandapa unik dan banyak pilihan.

Selain itu, sunset yang indah juga dapat disaksikan di Pantai Dewi Mandapa ketika moment menjelang matahari karam datang.

  1. Camping

Selain untuk menghabiskan waktu dengan berfoto ria dan duduk kalem di dermaga, di Pantai Dewi Mandapa juga memungkinkan pengunjung untuk melaksanakan aktivitas camping.

Perlengkapan camping serta beberapa life guard sudah tersedia di pesisir pantai. Pengunjung tidak perlu khawatir jikalau tidak mempunyai perlengkapan camping. Pengelola pantai dewi Mandapa menyediakan kemudahan persewaan seluruh set perlengkapan camping.

Pengunjung yang ingin camping bermalam di pantai ini, dikenakan biaya pelengkap selain dari biaya yang sudah dibayarkan dikala memasuki wilayah pantai ini. Biayanya Rp 100 ribu/tenda untuk satu malam.

Lokasi renang di sekitar pulau cnta pantai dewi mandapa
Lokasi renang. Image via: @lampunginsta

Simak Juga: Pantai Ngeliyep.

Objek Wisata Dekat Pantai Dewi Mandapa

Saat sudah puas bermain dan berburu foto indah di pantai dewi Mandapa, pengujung mampu beralih ke pantai lain di bersahabat sana. Pesisir lampung tidak kekurangan pantai indah. Yang terdekat, dengan jarak hanya  10 km ke timur, ada pantai Sari Ringgung. Pantai ini terkenal dengan eksistensi masjid terapung. Banyak pengunjung yang tiba karena ingin tau ingin mencoba pengalaman sholat di mesjid di atas air.

Jika masih kurang juga, bisa menentukan pantai Pier 4 ketapang. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk penyuka wisata pantai yang tertarik untuk snorkeling. Pantai pier 4 ketapang hanya berjarak 5 km ke arah barat dari pantai dewi Mandapa

Sekian pemaparan singkat kami soal keindahan pantai dewi mandapa di lampung ini. Semoga mampu menjadi tumpuan bagi rencana perjalanan ke pantai indah ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni