Pantai Jayanti Cianjur

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”10506″
data-slug=””>

3.7
/
5
(
3

votes

)

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275

Map: Klik Disini

HTM: Rp.5.000 per Motor dan Rp.15.000 per Mobil

Buka Tutup: 24 Jam

Telepon:

Pantai Jayanti atau Jayanti Beach mampu dikatakan sebagai wisata alam terindah yang di Cianjur. Bagi warga Cianjur Jayanti Beach sudah tak asing lagi, pasti tahu dimana letaknya. Tapi, bagi wisatawan luar kota seperti Jakarta, masih ajaib mendengar namanya.

Nah, bagi kamu warga ibukota yang memiliki sedikit waktu luang bisa mengunjungi objek wisata ini yang tak terlalu jauh dari Jakarta. Dijamin takkan kecewa, lingkungan yang masih perawan mampu melepaskan kepenatan dan menghilangkan stres.

Keindahan alamnya mampu menarik ribuan pengunjung, bahkan pada lebaran tahun 2017 daerah ini mengalami lonjakan wisatawan. Selain warga Cianjur sendiri, banyak warga luar kota yang ikut menikmati panorama alamnya.

Keindahan Alam

foto by instagram.com/adie.92/

Setiap objek tour pastilah mempunyai ciri khas, begitu pula pantai ini yang mempunyai ciri khas sebegaimana pantai diselatan. Yaitu ombaknya besar, watu-kerikil karang yang besar serta pemandangan sunset begitu indah kurun dilihat darisana.

Kalau diamati ombaknya mirip pantai selatan Yogyakarta. Selain sebagai destinasi tour, Jayanti Beach juga dipakai untuk pelabuhan tradisional ialah tempat berlabuhnya kapal-kapal para nelayan. Tak heran jika ketika kamu berkunjung menemukan perahu.

Selain populer akan keindahannya, kamu pun niscaya pernah mendengar jika ada beberapa insiden orang tergulung ombak disini. Gelombang ombaknya memang tidak elok untuk kegiatan berenang, Tak hanya ombak besar, arus pantai ini juga deras.

foto by instagram.com/tutiambarwati18/

Sementara pasirnya memiliki bulir-bulit berwarna hitam kecoklatan. Terumbu karang di sekitar tempat ini cukup besar. Di bagian selatan pantainya, terdapat panti watu kukumbung. Konon katanya, benda tersebut yaitu tempat persinggahan Prabu Siliwangi dan Kian Santang.

Bahkan nampak telapak kaki sangat besar disana. Memang kebanyakan objek tour di Indonesia tak lepas dari dongeng legenda, mitos dan cerita keangkeran. Tentang dongeng persinggahan Prabu Siliwangi dan Kian Santang itu kau boleh percaya atau tidak.

Di sebagian kawasan pantai, terdapat bentuk palung dalam yang berada di sekitar kawasan bahtera-perahu nelayan dijangkarkan. Kalau warga sekitar menyebutnya dengan “lawang” yang artinya pintu. Disebut demikian karena merupakan daerah keluar masuk pelabuhan.

foto by instagram.com/edwin.mmp/

Sedangkan area dalam atau palung dinamakan legon diambil dari bahasa ilmu geografi. Garis pantainya membentang dari Cipakis bagian barat hingga Cisela bab timur. Bagian barat agak landai, hanya beberapa area yang memiliki palung dalam.

Kalau di bagian timur, areanya penuh karang dan berbatu. Karena pengelola sudah menyadari potensi wisata Jayanti Beach, maka mulailah dibangun kemudahan-fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung dan para nelayan.

foto by instagram.com/purnama.s.h/

Sekarang, bahkan bahtera-perahu kayu sudah digantikan bahtera fiber, sehingga kelihatan lebih elok dan infinit. Selain hanya menikmati pemandangan alam nan asri, kamu dapat melakukan berbagai acara di objek wisata ini.

Yang Bisa Dilakukan

Adapun aktivitas atau aktivitas yang bisa kamu lakukan dikala berkunjung ke Jayanti Beach yakni :

a. Matahari Terbenam

foto by instagram.com/gilangmuharrom19/

Bila ingin melihat keindahan alam yang tepat, tunggulah sampai sore hari. Perlahan-lahan matahari turun, sinar cerah beralih menjadi warna kuning. Cahaya senja mulai menampilkan pesona yang tak boleh dilewatkan.

Detik demi detik berjalan, saatnya penerang bumi membenamkan dirinya di hamparan lautan biru nan jernih dan haripun mulai gelap. Itulah suasana saat sunset. Jangan lupa untuk mengambil gambarnya, berpose menarik dengan latar sunset, bisa menciptakan follower instagram kau iri.

b. Main di Pinggir Pantai

foto by instagram.com/ula_kinanti/

Memang sebaiknya tidak berenang, tapi bukan berarti kamu tidak mampu berbuat apa-apa. Kamu tetap bisa bermain di tepian pantai. Menunggu air bahari yang didorong deburan ombak di bibir pantai bagian barat. Bersantai di pasirnya, sambil menciptakan suatu bangunan pasir juga menyenangkan.

c. Menjelajah Ke Tengah Laut

foto by instagram.com/dimzriandi/

Nah, bagi yang suka akan tantangan, sewa bahtera nelayan untuk melihat kondisi tengah pantai. Mintalah nelayan mengarahkan perahu tersebut. Tapi, jikalau takut lebih baik jangan ke tengah. Karena memakai perahu bukan kapal.

Bawa alat pancing juga ketika kau sewa bahtera nelayan. Sebab, terdapat beragam ikan di dalam lautannya. Jika kamu beruntung akan memperoleh ikan yang besar.

d. Hunting Foto

foto by instagram.com/ngadorsquad_/

Dengan keasriannnya, tentu cocok sebagai tempat berburu foto indah. Selain berlatarkan matahari terbenam, kamu mampu ke tepi pantai ada benteng beton yang gunanya mengurangi kikisan air bahari terhadap tanah. Nah, disana kamu bisa berfoto selfie sendiri atau bersama teman.

Kalau diamati lagi lokasinya elok untuk pemotretan prewedding. Namun, perlu diingat kau mesti berhati-hati kalau foto di bibir pantai.

Fasilitas

Kawasan ini tergolong destinasi wisata dalam tahap perkembangan, sehingga belum banyak kemudahan yang disediakan bagi pengunjung. Tapi, kau tetap mampu menemukan tempat makan, harga makanannya cukup murah, menunya pun tidak mengecewakan.

Memang belum ada hotel bintang lima, namun tersedia penginapan-penginapan atau rumah-rumah yang disewakan. Kaprikornus, saat kemalaman menyaksikan pemandangan matahari terbenam, pengunjungi dapat bermalam. Kisaran harga penginapan disini sekitar Rp 50.000/ malam.

Harga Tiket Masuk

Pantai Jayanti buka 24 jam dengan harga tiket masuk hanya Rp 5.000 per motor. Sementara kendaraan roda empat biayanya Rp 15.000. Tentu sangat murah, dibandingkan kenikmatan menyaksikan pemandangan indah.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/denna_cahyana/

Wisata alam ini berada di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275. Lokasinya tak jauh dari Sukabumi atau bogo. Terdapat beberapa rute atau cara menuju kesana. Kalau dari Bandung memakai mobil atau motor eksklusif, melalui Ciwidey, kemudian Naringgulm, Cidaun dan Jayanti.

Rute ini paling memanjakan pengunjung karena sepanjang perjalanan terbentang keindahan alam eksotis. Perjalanan mampu ditempuh selama 2 – 3 jam. Sementara jika kamu dari Jakarta, alurnya berbeda dan cukup jauh daripada rute pertama.

Dari Jakarta menuju ke Cianjur, kemudian ke Sukanagaram Tanggeung, Sindangbarang, Cidaun sampailah di Jayanti. Sebetulnya banyak rute alternatif lainnya untuk ke kawasan ini. Gunakan GPS dan google map semoga lebih gampang.

Tips Berkunjung

  1. Ikuti peraturan atau peringatan dari pihak pengelola. Jangan tabrak peringatan dari petugas penjaga.
  2. Bawa bekal sendiri lebih nikmat. Buka bekalmu duduk di tepi pantai dengan alas tikar, kemudian makan bersama orang-orang tercinta. Sungguh menyenangkan.
  3. Atur waktu liburan, tentukan berapa lama disana. Apabila ingin menyaksikan sunset, pesan penginapan di sekitar lokasi.
  4. Kalau menginap bahwa perlengkapan mandi sendiri, jangan lupa bawa tisu atau kresek sebagai daerah sampah.
  5. Jika membawa bawah umur, awasi mereka. Sebab, ombaknya besar tidak sedikit korban tenggelam disini.
  6. Bawa pakaian hangat, jangan bengong atau terpisah dengan rombongan.
  7. Jaga sikap demi keselamatan diri.

Mulailah merencanakan waktu liburan bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Siapkan budget dan bekal yang cukup. Meski tidak percaya mitos-mitosnya, tapi jangan melanggar apapun yang dihentikan oleh pengelola atau yang dipercayai masyarakat sekitar.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni