Pantai Kelapa Tuban, Teduh Dalam Naungan Nyiur Melambai

Pantai Kelapa Tuban mempunyai hamparan pasir putih yang mempesona. Pantai ini resmi jadi objek wisata sejak tahun 2015. Jadi wisata ini masih tergolong gres. Waktu paling tepat berkunjung ke kawasan ini yaitu pagi dan sore hari.

Pantai Kelapa Tuban memiliki hamparan pasir putih yang mempesona. Pantai ini resmi jadi objek wisata sejak tahun 2015.
Pantai Kelapa Tuban. Image via: localguidesconnect.com

Tempat wisata ini diberi nama pantai kelapa alasannya memang di lokasi wisata ini tumbuh subur banyak sekali jenis pohon kelapa dengan banyak sekali bentuk dan ukuran. Wisata pantai kelapa tuban pantai sanurnya kabupaten tuban.

Setelah mengalami penataan sebagai objek wisata, ada hal yang berbeda dengan pantai ini. Jika dahulu pengunjung hanya disuguhkan pepohonan kelapa dan pasir putih yang luas, tetapi untuk kini pengunjung bisa menemukan jembatan dek panggung.

Kesejukan pantai kelapa memang tiada duanya, pasalnya beberapa pepohonan kelapa yang terbilang cukup lebat dan rindang. Ini menjadi alasan kuat, kenapa pantai di Tuban ini selalu coock menjadi pelabuhan untuk mengistirahatkan pikiran yang lelah balasan banyaknya aktivitas kerja.

Sunset di pantai kelapa tuban.
Sunset di pantai kelapa. Image via: seringjalan.com

Simak juga: 11 lokasi wisata pilihan di Tuban

Lokasi Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban beralamat di Jl. Raya Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Lokasi pantai kelapa Tuban ini tidak terlalu sulit ditemukan. Lokasi nya terletak 5 km dari pusat kota menuju arah timur serta 300 meter ke sisi Utara Jalan Raya.

Rute Menuju Pantai Kelapa Tuban

Pengunjung hanya perlu melewati jalan dari arah Tuban menuju Lamongan atau sebaliknya kalau pengunjung tiba dari daerah lokal atau Tuban. Dan kalau datang dari arah Semarang atau Rembang maka mampu mengikuti pas Jalan Pantura Surabaya hingga melewati Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Lanjutkan perjalanan lurus untuk mengikuti jalan sampai menuju arah Lamongan. Jika tiba dari Semarang maka mampu  melewati jalur paling utara provinsi Jawa Timur. Pengunjung mampu menggunakan rute tercepat kurang lebih selama 5 jam perjalanan.

Gerbang masuk kawasan Pantai Kelapa Tuban .
Gerbang Pantai. Image via: detikkasus.com

Ketika di dalam perjalanan maka pengunjung akan melewati beragam kawasan wisata lain mirip pantai sowan, pantai Remen dan pantai pantai lain di sepanjang garis pantai 65 KM ini.

Jam Buka Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban buka setiap hari sejak subuh sampai menjelang Maghrib. Pantai ini mulai buka jam 05.00 pagi dan tutup jam 17.00.

Tiket Pantai Kelapa Tuban

Untuk bisa menikmati keindahan pantai Kelapa Tuban, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua, akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000.

Sedangkan, untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 per mobil dan Rp 10.000 per bis. Murah meriah.

menggantung Hammock di Pantai Kelapa TUban.
Hammock Pantai Kelapa. Image via: ibenuatmoko26

Simak juga: BJBR Probolinggo, wisata dan konservasi

Fasilitas Pantai Kelapa Tuban

Fasilitas yang ada di Pantai Kelapa Tuban yaitu Kamar mandi, parkir, kantin dan bebas menikmati pantai sesuka hati.

Selain kemudahan umum itu, ada banyak kemudahan menarik yang bisa dinikmati pengunjung di sekitar pantai ini. Contohnya mirip panggung musik, bak renang, serta wisata berkuda. Pecandu adrenalin juga mampu melepas penat dengan menjajal fasilitas flying fox di sini.

Di Pantai Kelapa, pengunjung juga dapat menjumpai aneka kuliner unik dan yummy. Makanan yang dijajakan pedagang sekitar sini pun cukup variatif, mulai dari masakan berat hingga minuman segar. Contoh minuman yang mampu ditemukan di sekitar pantai ini yakni es degan.

Daya Tarik Pantai Kelapa Tuban

  1. Pemandangan yang Unik dan Menarik

foto kelompok untuk kenangan kebersamaan di pantai kelapa tuban
Foto kelompok. Image via: @Ziee99909678

Dikelilingi pohon kelapa, pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Panyuran ini sekilas mirip landscape pantai yang ada di Hawaii apabila anda pernah menonton film animasi Moana. Panjangnya garis pantai di Tuban yang mencapai 65 km menyajikan deretan wisata alam maritim.

Pantai Kelapa Tuban ini yang merupakan satu-satunya pantai dimana pohon-pohon umum yang biasanya tumbuh di pantai-pantai mirip pohon mangrove, cemara, atau pun bakau justru tidak mampu tumbuh subur kecuali pohon kelapa. Dari situ lah nama Pantai Kelapa didapatkan.

Pantai ini tidak hanya menyajikan pesona landscape alami, namun keunikan yang ditunjukkan adalah pasir putih dan gugusan pohon kelapa. Semuanya menambah nuansa Hawaiian. Juga demikian dengan biru ombak, bahtera jelajah dan papan penunjuk vintage yang membuat suasana kolam di pulau terpencil yang jarang dijamah insan.

Selain itu ombak biru jernih dan sensasi angin sepoi-sepoi juga menambah keindahan pantai yang berada di salah satu gugusan bibir pantai terpanjang di Pulau Jawa ini.

Air jernih dan pasir putih memudahkan pengunjung untuk mampu melihat ekosistem di dalamnya dengan mata telanjang seperti kepiting, kerang hingga banyak sekali jenis ikan hanya dengan menaiki bahtera yang ditawarkan penduduk lokal.

  1. Wahana Pantai

Flaying Fox pantai kelapa TUban.
Flaying Fox pantai kelapa. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Pesona Pantai Pantai Pacitan

Sebagai daya tarik tersendiri pantai ini menyediakan ayunan yang dikaitkan pada pohon kelapa. Juga ada fasilitas jajaran gazebo yang membuat pengunjung betah terutama bagi pecinta selfie dan fotografi diwajibkan mampir ke pantai yang terletak di Desa Panyuran ini.

Meskipun pantai ini bernuansa eksotis bukan berarti hanya mampu dinikmati oleh kalangan muda melainkan semua umur mampu menikmati waktu senggang.

Rekreasi bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit hingga flying fox juga tersedia sebagai sarana hiburan keluarga. Selain itu juga cocok untuk edukasi anak yang tidak hanya akan mencar ilmu mengenai alam. Sekaligus juga dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di luar rumah tanpa gadget.

Di beberapa tepat juga tersedia hammock yang disediakan khusus pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai dengan posisi rileks dan eksotis ditemani kelapa muda segar yang dijual aneka macam pedagang di lokasi pantai.

  1. Pepohonan Pantai

Pantai kelapa tuban teduh dalam rindang pohon kelapa
Rindang. Image via: nyata.web.id

Tanaman bakau yang ada di sekitar pantai juga menjadi salah satu daya tarik pantai Kelapa ini. Para pengunjung tentu akan mendapatkan pengalaman berbeda dikala menikmati indah pohon bakau yang ada di sekitar pantai.

Pengunjung yang datang ke pantai Kelapa ini, umumnya tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen terindah di erat hutan bakau.

Di sekitar pantai kelapa juga terdapat pohon cemara yang rindang sehingga menimbulkan kesan Asri serta adem meskipun pengunjung datang ketika siang hari. Pengunjung bisa  duduk-duduk di sepanjang pantai dan menikmati makanan yang sudah disiapkan dari rumah.

Hal ini tentu sangat menyenangkan, duduk kalem sembari menikmati pemandangan indah di depan mata. Apalagi ditambah dengan menikmati sajian bekal masakan yang sudah siapkan.

  1. Menikmati Wisata Kuliner di Sekitar Pantai

Makan di seduh Café di pasir pantai kelapa tuban
Makan di seduh Café. Image via: @seduhcafe

Simak juga: Rekreasi dan edukais di Tlatar Boyolali 

Setelah puas dengan menikmati keindahan hamparan pasir dan hijau tumbuhan pantai, pengunjung pantai kelapa Tuban bisa menempatkan diri mencicipi nikmat kuliner khas pantai Kelapa. Banyak sekali penduduk yang berjualan di sekitar pantai.

Pengunjung bisa mencicipi beragam menu kuliner yummy dan terjangkau. Ini akan menambah sensasi liburan Anda semakin menyenangkan.

Café yang paling terkenal di pantai ini ialah Seduh Cafe. Tempat nongkrong, ngopi, dan bersantai berdekatan dengan Pantai Kelapa Tuban ini juga dipilih sebagian besar perjaka untuk bersantai menghabiskan tamat pekan bersama mitra nya.

  1. Hunting Foto di Sekitar Pantai

hunting foto cantik di pantai kelapa
Hunting foto. Image via: kepengenwisata

Hal menarik selanjutnya yang mampu pengunjung lakukan di pantai kelapa tuban yakni mengambil foto kenangan dikala berada di sekitar pantai. Keberadaan pemandangan yang indah ini akan sayang sekali jikalau dilewatkan.

Ada berbagai latar belakang yang mampu dipilih. Mulai dari objek alam mirip pasir pantai, pepohonan, sampai garis pantai. Hingga juga mampu memilih latar objek buatan, seperti papan nama pantai yang didesain unik dan vintage.

Foto terindah tentu bisa diperoleh ketika Sunset. Momen ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Jarang ada pengunjung yang tahan untuk tidak meninggalkan jejak berupa foto selfie dengan kamera di moment sunset pantai kelapa Tuban.

Pantai dan perahu nelayan di pantai kelapa tuban,
Pantai dan bahtera, Image via: guneman.co

Simak juga: Sluncur Terpanjang Asia di Kediri Water Park

Objek Wisata Dekat Pantai Kelapa Tuban

Di Tuban masih banyak pantai indah, selain pantai kelapa ini. Salah satunya yaitu Pantai Boom. Tempat ini berupa sebuah daratan yang menjorok ke bahari sekitar 800 meter. Salah satu keunikan dari tempat wisata ini yakni mempunyai 2 sumur air tawar yang ada di dalam bangunan dengan arsitektur Jawa.

Di objek wisata Tuban ini, para pengunjung mampu bersantai di dalam gazebo, melihat keindahan sunset/ sunrise, dan memancing ikan. Jika ingin berlayar berkeliling perairan pantai ini, pengunjung juga mampu menyewa bahtera.

Ada juga pantai Pantai Sowan. Selain memperlihatkan panorama alam pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pesona hutan hijau yang asri. Beberapa fauna yang dapat dijumpai di sana antara lain ialah burung jalak, cendet, perkutut, prenjak, musang, biawak, dan masih banyak lagi.

Semoga gosip kami seputar Pantai Kelapa Tuban ini bisa berkhasiat untuk anda.

Selamat berlibur!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni