Pantai Mirota Batam

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”7186″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau, 2948

Map: Klik Disini

HTM: Rp.10.000 per Orang

Telepon: 0813-6446-3078

Jarang Ditemui

Berkunjung ke pantai selama liburan merupakan kegiatan menyenangkan selama waktu bebas. Dimana pun tempatnya, kita akan selalu berusaha mewujudkan harapan untuk melihat laut dari dekat. Apalagi suasananya termasuk jarang ditemui di kawasan biasa.

Salah satu wilayah dengan banyak pantai indah ada di kawasan Kepulauan Riau. Bahkan, kondisi alamnya termasuk tercantik di Indonesia. Pantai tersebut juga berada tak jauh dari daratan paling besar di kepulauan Riau yaitu Batam.

Biasanya, orang membayangkan Batam hanya sebagai kota industri dan perekonomian. Wisatawan datang ke sini hanya berniat untuk berbelanja di pasar-pasar modern yang tersedia. Padahal, Batam pun memilki keindahan alam tak ada duanya dan membuat kita jatuh cinta.

Selain pengunjung lokal, wisatawan mancanegara mulai melirik potensi wisata sekitar Batam. Obyek wisata menawan tersebut telah banyak menarik turis dari negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Karena itulah, potensi wisata laut Batam sedang galak dikembangkan oleh pemerintah. Salah satunya yaitu pantai Mirota.

foto by youtube.com

Kondisi sekitar Mirota tersebut benar-benar terawat dan selalu ramai oleh pengunjung setiap hari. Banyak perusahaan dari dalam kota Batam menciptakan program di lokasi ini. Sayang rasanya bila ke Batam tidak mengunjungi Mirota beserta obyek wisata disekitarnya.

Rute Menuju Lokasi

Letak Pulau Mirota berada di Desa Sijantung dalam kelurahan Galang Barelang. Tepatnya di kecamatan Galang yang masuk dalam wilayah provinsi kepulauan Riau. Perjalanan menuju pantai ini melewati jembatan Barelang yang sangat populer. Jembatan Barelang merupakan penghubung beberapa pulau kecil di kota Batam.

Butuh waktu cukup lama untuk sampai ke lokasi. Anda akan berkendara selama 45 menit sampai satu jam untuk sampai ke lokasi dengan melewati beberapa jembatan. Mirota sendiri berada di bersahabat jembatan lima. Uniknya anda juga mampu menemukan kawasan wisata lain disekitar ini yang cukup menakjubkan.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke dalam tempat pantai Mirota, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Mereka hnaya perlu membayar tarif masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Setelah itu, mereka bisa menikmati keindahan alam bahari dan sekitarnya hingga puas.

Pesona Mirota

Mirota seperti nirwana dengan pemandangan pantai yang sangat menawan. Pantainya berpasir putih dan tampak begitu menakjubkan. Selain itu, air lautnya termasuk bersih sehingga terlihat jernih. Karena itulah pemandangan bawah laut pantai mirota terlihat jelas dari atas permukaan air. Anda bisa menyaksikannya eksklusif dengan mata telanjang.

foto by jotravelguide.com

Jika disaksikan secara menyeluruh, sejauh mata memandang, air laut disekitar Mirota sangat mempesona untuk disaksikan. Warnanya sangat manis untuk dinikmati. Air maritim ini berwarna biru yang berpaduan dengan hijau tosca. Jelaslah terlihat bahwa bahari ini masih minim untuk dicemari.

Biasanya pantai higienis menawan seperti ini, jarang sekali dijelajahi oleh insan. Kebanyakan daerah dengan kondisi tersebut baru dibuka untuk umum. Tapi, Mirota bukan tempat gres. Pengelolaan yang baik akan menciptakan alam sebuah obyek wisata tetap terjaga. Pantai Mirota pun mirip itu. Pengunjung, penduduk dan pengelola tolong-menolong merawat apa yang telah alam beri.

Lingkungan di sekitar tempat ini masih sangat asri. Pepohonan masih banyak tumbuh menjadi besar. Anda tak akan merasa panas alasannya pepohonan termasuk banyak. Pohon tersebut juga rindang sehingga membawa keteduhan. Selama bermain, anda mampu beristirahat dengan damai di bawah pohon-pohon ini.

foto by selvy-erline.blogspot.co.id

Meskipun sekitar daerah tersebut nyaman untuk melaksanakan aktivitas, namun pantai ini masih memiliki sedikit karang. Ini juga bagus alasannya adalah anda bisa menemukan pesona lain di Mirota.

Karang ini mampu anda lihat di sebelah timur dan Barat dari pantai. Meskipun begitu, karang-karang tersebut tidak akan menggangu aktivitas anda dalam berenang atau bermain air.

foto by jalankemanagitu.wordpress.com

Keindahan Mirota tak akan lengkap jika tidak diabadikan. Banyak spot menarik untuk fotografi terdapat disini. Pasir putih dengan pemandangan maritim lepas pun akan menciptakan foto terlihat mempesona.

Disisi pojok dalam area ini, ada anjungan yang sering dijadikan tempat untuk mengabadikan gambar. Pengunjung banyak memanfaatkan daerah ini untuk melancarkan kegiatan fotografi. Melihat Mirota dengan citra lebih terang tentu pengalaman menyenangkan. Apalagi obyek tersebut mampu dijadikan hadiah untuk dibawa pulang kemudian dibagikan di sosial media masing-masing.

foto by jalankemanagitu.wordpress.com

Pulau Mirota memang dikelola dan dirawat dengan baik oleh penduduk setempat, maupun pemerintah Batam. Begitu juga destinasi wisata lain di sekitar pulau Galang mirip pantai viovio dan Melur. Mirota sendiri termasuk pantai yang berada di dalam kawasan Pulau Galang.

foto by festivaljalanjalan.com

Ada obyek wisata unik lain dalam wilayah kecamatan Galang. Obyek ini termasuk wisata sejarah dengan peninggalan menarik. Tempat tersebut merupakan camp pengungsian orang-orang yang berasal dari negara Vietnam sekitar tahun 1970-an. Semua bangunan dan suasananya dibiarkan seperti apa adanya. Karena itulah, tempat ini juga ramai dikunjungi sebab ciri khasnya.

Fasilitas Yang Ada

Fasilitas disini sudah cukup lengkap. Pengunjung mampu berlibur disini dengan perasaan puas. Hampir semua acara outdoor yang berafiliasi dengan bahari dan pantai mampu pengunjung dapatkan disini. Walaupun hanya dengan bersantai nyaman sekalipun.

Seperti halnya wisata pantai yang sudah dikelola dengan baik, pondok-pondok telah tersedia di tepi pantai. Pondok tersebut sudah berjejer disini. Anda bisa menyewanya sebesar Rp. 50.000 per jam untuk setiap pondok. Jika pengunjung ingin menikmatinya tanpa fasilitas apapun, mereka bisa menggelar tikar dimanapun. Biayanya tidak ada, mereka mampu menikmatinya secara gratis. Tentu saja, kebutuhan untuk itu perlu mereka bawa dari rumah.

Uniknya, disini disediakan dipan bersantai dan berjemur sambil memandang ke lautan lepas. Anda mampu menikmati keindahan alam dengan sangat nyaman. Tentu saja, fasilitas ini mampu anda nikmati secara gratis tanpa dipungut biaya.

foto by jotravelguide.com

Untuk kegiatan menyenangkan, ada acara yang mampu dinikmati oleh orang akil balig cukup akal dan bawah umur. Tentu saja fasilitas ini berbeda karena disesuaikan dengan umur si penikmat. Untuk orang dewasa, anda mampu mencoba menikmati kegiatan banana boat. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok. Namun, pengunjung harus membayar untuk setiap orang sebesar Rp. 20.000 per orang.

Jika ingin menikmati pemandangan laut lepas di atas permukaan air dengan kalem, anda mampu menyewa Kano dengan biaya Rp. 70.000 per tiga puluh menit. Kano ini bisa dipakai oleh dua orang. Tentu saja mereka yang memilki pasangan tidak akan melewatkan momen ini.

Selain itu, ada pula perahu atau kapal pompong yang disewakan khusus oleh nelayan. Anda mampu menggunakan kapal ini untuk menelusuri maritim sekitar pantai. Terutama jika wisatawan tersebut ingin mencoba mancing ditengah maritim. Atau melihat daratan lain disekitar pulau. Pengalaman menarik tersebut bisa mereka coba lakukan.

Bagi belum dewasa, ada wahana bermain khusus. Taman bermain ini bisa dinikmati secara gratis. Fasilitas yang ada didalamnya sama saja dengan taman bermain anak lain mirip ayunan, jungkat jungkit, dan sebagainya.

foto by selvy-erline.blogspot.co.id

Untuk mencoba berbagai hidangan kuliner khas pantai, anda tidak akan susah untuk menemukan tempat makan sambil bersantai. Disini , anda bisa menemukan beberapa rumah makan dan cafe yang tersebar.

Jika ingin menginap untuk menikmati pantai Mirota dengan bebas, anda bisa menyewa penginapan tipe apa saja. Ada beberapa resort atau pun villa di sekitar pantai yang bisa disewa. Selain itu, pengelola Mirota juga menyediakan beberapa cottage untuk menginap. Harganya tergantung dari berapa besar cottage yang dipesan oleh pengunjung.

Biasanya, harga cottage untuk disewakan dari ukuran kecil hingga besar berkisar antara Rp. 400.000 sampai dengan Rp.800.000. Jika jumlah anggota anda banyak, tentu saja harga cottage tersebut juga tinggi. Namun, hal itu sesuai dengan kepuasan anda sebagai tamu.

foto by arthamandira.wordpress.com

Fasilitas sangat penting untuk setiap objek wisata juga mampu anda temukan disini. Tempat parkir yang tersedia untuk roda empat maupun roda dua sangat luas. Anda tidak akan sulit menemukan daerah ibadah dan MCK disini. Segalanya sudah tersedia.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni