Pantai Mrutu, Pantai Mungil Ideal Untuk Menyelam Ke Dalam Diri

Kelebihan Pantai Mrutu dibanding pantai yang lain adalah ombaknya yang hening, alasannya ombak yang datang ke bibir pantai mirip berjalan pelan-pelan dan halus. Ombak itu seakan tidak mau menimbulkan suara yang berisik.

Kelebihan Pantai Mrutu dibanding pantai yang lain adalah ombaknya yang tenang, sebab ombak yang datang ke bibir pantai seperti berjalan pelan-pelan dan halus. Ombak itu seakan tidak mau menimbulkan suara yang berisik.
Pantai Mrutu. Image via: @bruryajja

Namanya singkat, Mrutu. Sesuai namanya, pantai ini juga “singkat” alias mungil. Hamparan pantai tak lebih dari 200 meter. Namun soal kemolekan panorama, tak kalah dengan pantai lainnya. Ombak pantai ini jinak, dikarenakan posisi pantai sedikit terhalang tebing.

Arus gelombang yang halus itulah yang menjadi daya tarik pantai ini. Apalagi pasir putihnya sangat higienis dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Banyak pohon yang menjorok ke pantai, sehingga mampu dijadikan kawasan berteduh.

Duduk di bawah pohon yang teduh di bibir pantai yang indah, tentu merupakan nikmat yang luar biasa. Pohon-pohon yang mengelilingi pantai tersebut menjulang cukup tinggi. Sebagian rantingnya menjorok ke pantai yang membuat udara lebih sejuk berada di bawahnya.

Disebut Pantai Mrutu, alasannya adalah di pantai ini cukup terkenal dihuni berbagai binatang mrutu (orang Jawa menyebut lemut) ialah sejenis nyamuk kecil.

Pantai Mrutu memiliki daerah berbukit di sekitarnya.
Pantai berbukit. Image via: @agus_islah

Simak juga: 11 Wisata di Malang

Lokasi Pantai Mrutu

Pantai Mrutu yaitu sebuah pantai di pesisir selatan terletak di sebelah barat daya Kota Malang, tepatnya di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Mrutu

Pantai ini terletak kurang lebih 70 km dari Kota Malang dan membutuhkan waktu tempuh berkisar 2,5 jam. Dari Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Kepanjen. Dari sini, ada dua rute yang mampu dipakai dan keduanya sama-sama melelahkan..

Pertama, lanjutkan ke Pagak lalu ke Donomulyo. Kedua, lanjutkan ke Karang Kates dan Kalipare untuk selanjutnya ke Donomulyo. Akses jalan tidak mengecewakan cantik, namun perjalanan akan sangat melelahkan alasannya naik turun pegunungan.

Senja di Pantai Mrutu mengundnag banyak pengunjung untuk menikmati senja di sana
Senja di Mrutu. Image via: @muhamdany_

Jam Buka Pantai Mrutu

Pantai mrutu mampu diaktakan buka 24 jam sehari sepanjang pekan. Hal ini terutama terjadi alasannya adanya acara perkemahan di lokasi wisata ini.

Tiket Pantai Mrutu

Untuk memasuki pantai mrutu, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000,-. Namun alasannya adalah tiket ini semi resmi, mampu jadi harganya berbeda-be da terutama dikala isu terkini ramai. Seperti final pekan dan hari libur.

Fasilitas Pantai Mrutu

Mrutu yaitu pantai perawan yang jarang dijamah wisatawan. Ini juga berarti bahwa pantai ini tidaklah didukung oleh fasilitas yang memadai. Tentu, bagi petualang sejati, kurangnya akomodasi lebih mampu menekankan sisi menarik dari petualangan.

Daya Tarik Pantai Mrutu

  1. Pantai yang Indah

Ombak yang tenang dan pantai yang teduh di Pantai Mrutu.
Ombak yang hening dan pantai yang teduh. Image via: @happyswandika

Simak juga: Sejarah Megalitik di Situs Duplang

Keistimewaan pantai Mrutu dibanding pantai-pantai di sekitarnya yakni ombaknya yang tergolong cukup tenang. Pantai-pantai di Kabupaten Malang populer ganas dan Anda tidak diperbolehkan berenang di hampir setiap pantainya., namun tidak demikian ombak di Pantai Mrutu Malang.

Gelombang yang tidak terlalu besar terjadi sebab posisi Pantai Mrutu yang unik. Pengujung akan melihat tebing-tebing tinggi berjejer di sekeliling pantai ini. Tebing ini menghalangi datangnya ombak besar.

Bila ombaknya yang damai sudah membuat Anda kepengen buru-buru berangkat, kesempurnaan panorama dan Pesona Ombak Pantai Mrutu di tengah kesunyian ini rasanya akan menciptakan Anda ingin menikmati waktu lebih usang di Pantai ini.

Belum ada penginapan di pantai Mrutu. Bagi pengunjung yang masih ingin melanjutkan piknik di Pantai ini esok harinya, mampu mendirikan tenda untuk camping di sekitar Pantai namun dengan ijin warga setempat.

Di Pantai Mrutu terdapat banyak pepohonan tinggi yang bisa dijadikan tempat berteduh dari sengatan sinar terik matahari. Anda bisa duduk bersantai di bawah pepohonan yang menjorok ke pantai sembari menikmati pemandangan alam dengan air jernih kehijauan.

  1. Pantai yang hening

Menyep dan menyelami diri di pantai Mrutu
Menyepi, menyelami diri. Image via: @harsabersa

Sesuai dengan kondisi pantai yang sunyi dari kunjungan dan bahakn sepi dari suara debur ombak, Pantai Mrutu menjadi lebih ideal bagi mereka yang menghendaki ketenangan dari sebuah pantai. Sepinya kunjungan memungkinkan nuansa yang lebih hening seolah pantai milik sendiri.

Aktivitas terbaik di pantai ini adalah penghayatan.Mencoba masuk ke alam bawah sadar dan mencicipi betapa pengunjung ialah seorang traveler yang beruntung diberi kesempatan menjadi bagian dari secuil keindahan.

  1. Main pasir dan Air

Main pasir di lembutnya pasir putih pantai Mrutu
Main pasir putih. Image via: tripadvisor.co.za

Simak juga: Pantai Biduk-Biduk di Kalimantan Timur

Mengingat ombak yang sangat damai pantai ini menjadi ideal dan aman untuk kegiatan wisata pantai. Baik itu bermain apsir, mapun bermain air. Pengunjung cukup umur maupun anak mampu bebas beraktifitas di pantai ini.

Apalagi pasir putihnya sangat bersih dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Untuk bermain pasir, pengunjung anak bisa bebas mengekplorasi imajinasinya. Mulai dari membangun istana pasir, sampai berlarian berguling-guling diatas pasair yang lembut.

Sedangkan untuk aktivitas ia iir pantai, mampu dilakukan dengan kalem. Mulai dari berenang ringan hingga hanya sekedar berendam saja.

  1. Camping

pengunjung bisa menikmati keindahan pantai mrutu dengan berkemah
Camping di Mrutu. Image via: 10magzblog

Pantai ini sangat menarik untuk dijadikan kawasan berkemah. Tetapi, sebab lokasinya tersembunyi dan jauh dari perkampungan, sangat disarankan untuk terlebih dahulu memberitahu warga kalau ada planning camping, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Apalagi sebab sejarah pantai ini yang penuh misteri, sama seperti pantai-pantai lain di Laut Selatan. Ada beberapa orang yang dengan tujuan ziarah menyambangi pantai-pantai selatan setelah melaksanakan acara spiritual di Pesarean Gunung Kawi.

Saat menetapkan untuk berkemah, jangan lupa untuk melengkapi segala keperluan dari rumah atau di dalam perjalanan sebelum mencapai pantai.

Fasilitas pantai ini masih belum dilengkapi sehingga para wisatawan bahkan tidak akan mampu menemukan warung makan di sini, apalagi toko keperluan materi sehari-hari dan penginapan.

spot foto menawan yang bisa diambil dengan sudut tepat di pantai Mrutu
Spot foto. Image via: islahagus

Simak juga: Danau Rombebai di Papua

Tips Mengunjungi Pantai Mrutu

Jika ingin bermalam, persiapkanlah semuanya, mulai dari secangkir kopi hingga perlengkapan berkemah. Sebelum bermalam, berbicaralah dengan warga sekitar semoga tidak terjadi kesalahpahaman. Pantai ini sangatlah sepi dan jauh dari perkampungan.

Ingat untuk membawa lotion anti nyamuk. Pantai ii disebut Mrutu, alasannya adalah di pantai ini cukup populer dihuni berbagai binatang mrutu. Yakni sejenis nyamuk kecil. Kalau menggigit, membikin gatal-gatal. Namun tidak sampai berdampak malaria. Hanya membekas pada kulit hingga bintik-bintik merah.

Pantai berbatu dan berpasir putih di pantai mrutu
Berbatu dan berpasir putih. Image via: islahagus

Objek Wisata Dekat Pantai Mrutu

Selain Mrutu, malang juga mempunyai pantai indah lainnya. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini memberikan keunikan yang mungkin tidak mampu temukan dengan obyek wisata lainnya, ialah saat ombak pantai mulai pasang akan ada kolam renang alami yang sangat luas di bibir pantai.

Kolam ini terbentuk akibat ada cekungan sedalam 1,5 meter dan airnya berasal dari ombak yang membawa air ke tepian pantai. Air ini terhalang untuk kembali ke laut oleh watu karang yang membentang sepanjang pantai.

Pantai istimewa lain di malang ialah Pantai Bale kambang. Pantai Balekambang memiliki keistimewaan yang berbeda dari pantai lainnya.Secara topografi dan wujudnya, pantai ini seringkali disebut sebagai ‘Tanah Lot’nya Jawa Timur.

Tanah Lot merupakan obyek wisata pantai ternama di Bali dengan ciri khas bebatuan dan Pura yang ada di atas pulau karang. Sama halnya dengan Tanah Lot Bali, Pantai Balekambang juga mempunyai Pura di salah satu pulau karang.

Sekian pembahasan nativeindonesia.com mengenai lokasi wisata tepi maritim di Malang ini. Semoga bisa dijadikan penambah semangat untuk segera mengunjungi lokasi ini.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni