Pantai Namalatu, Pantai Indah Yang Mengahdap Ke Bahari Terdalam Di Indonesia

Pantai Namalatu yang berada di Desa Batulahat ini memiliki ciri khas berupa jajaran batu karang dengan warna kecoklatan, yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai Namalatu yang berada di Desa Batulahat ini memiliki ciri khas berupa jajaran batu karang dengan warna kecoklatan, yang menjadi daya tarik tersendiri.
Pantai Namalatu. Image via: swiss-belhotel.com

Pantai Namalatu diambil dari dua kata, yang pertama ialah Nama yang berarti nama, dan Latu yang berarti raja. Menurut penduduk setempat, pesona pantai ini membuatnya dianggap sebagai rajanya pantai di tanah Ambon.

Dari pesisir pantai, pengunjung bisa menikmati pribadi pemandangan indah dan teduhnya laut Banda yang merupakan bahari paling dalam di Indonesia.

Penggemar olahraga menyelam, selancar atau snorkeling, cocok menyalurkan hobi di sini. Pesona keindahan alam bawah lautnya sangat indah. Perairan bawah lautnya menjadi kawasan tinggal bagi aneka terumbu karang dan banyak sekali jenis ikan yang cantik.

Menikmati matahari yang terbenam akan menjadi kegiatan menarik di Pantai Namalatu. Biasanya, ketika sedang bersantai sore hari akan nada ibu-ibu yang menjual pisang goreng dengan berkeliling. Lebih nikmat lagi, disantap dengan minum buah kelapa muda.

Dari pesisir pantai namalatu, pengunjung bisa menikmati langsung pemandangan indah dan teduhnya laut Banda yang merupakan laut paling dalam di Indonesia.
Bersantai. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Tempat-tempat indah di Maluku

Lokasi Pantai Namalatu

Pantai Namalatu terletak di desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku

Pantai Namalatu ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Ambon, atau 30 menit naik kendaraan.

Rute Menuju Pantai Namalatu

Jika Anda datang dari arah Kota Ambon, maka harus menempuh jarak sekitar 15 km atau lebih kurang 30 menit dengan kendaraan langsung. Tentunya bisa dikatakan sangat akrab dengan kota. Namun apabila tiba ala backpacker dan ingin menghemat anggaran, maka mampu naik transportasi umum.

Jika berencana hendak memakai angkutan umum, maka disarankan untuk berangkat pada pagi hari. Karena sehabis pukul 17.00 Wib, tidak akan ada moda transportasi publik yang melintas. Kecuali apabila Anda berencana untuk menginap di homestay sekitar pantai.

Pantai namalatu sering dipakai untuk lokasi foto preweding
Janji Suci di Namalatu. Image via: liaprizilya

Selain naik kendaraan beroda empat, ada pilihan lain dalam memilih jenis kendaraan umum. Ojek adalah pilihan tepat untuk para pelancong yang menginginkan perjalanan lebih mudah. Jika memilih jasa ojek, tentu akan lebih mahal dibanding angkutan umum. Siapkan dana sebesar Rp30 ribu untuk mencapai lokasi dari pusat kota Ambon.

 Jam Buka Pantai Namalatu

Pantai Namalatu terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Pantai Namalatu

Saat weekday, harga tiket masuk Pantai Namalatu adalah Rp 5,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Pantai Namalatu ialah tetap Rp 5,000.00.

Dermaga pantai namalatu.
Dermaga namalatu. Image via: wonderfulindonesia.co.id

Simak juga: Sinka Island Park

Fasilitas Pantai Namalatu

Berbagai kemudahan disediakan di pantai ini mirip Gazebo, kawasan makan toilet yang dilengkapi shower. Juga untuk anak2 disediakan perahu angsa untuk dikayuh di dalam laguna yang tertutup karang.

Kuliner yang disediakan, umumnya kuliner tradisional Maluku seperti pisang goreng, sagu gula, kuyabu kasbi, rujak, sarmento, juga minuman mirip es kelapa muda, es pisang ijo, ees kacang dll. Untuk persoalan daerah tinggal tak perlu khawatir. Disini sudah banyak home stay yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Daya Tarik Pantai Namalatu

  1. Snorkeling dan Diving

Perairan pantai namalatu yang jernih sesuai untuk snorkeling dan menyelam.
Perairan yang jernih. Image via: @fadildels

Pencinta olahraga bawah air mirip snorkeling dan diving sangat diwajibkan untuk berkunjung ke Pantai Namalatu. Flora dan fauna bawah lautnya yang sangat beragam dan masih alami dijamin bisa menciptakan pengunjung  tercengang.

Panorama bawah air obyek snorkeling dengan pemandangan bawah maritim yang masih terjaga. Karang-karang di Pantai Namalatu memang masih terjaga dan sangat indah baik untuk diabadikan dalam foto atau dinikmati eksklusif dengan snorkeling.

Beberapa fauna langka seperti siput pelangi tanpa cangkang dan ikan mandarin dapat pengunjung saksikan secara leluasa disini.

  1. Hunting Kuliner Tradisional

Koyobu makanankhas ambon yang banyak dijual pedagang penduduk lokal di speanjang pantai namalatu
Koyobu. Image via: sajiansedap.grid.id

Simak juga: Indahnya Bukit Langara

Berwisata ke sebuah daerah pastinya tidak akan terasa lengkap apabila belum merasakan kuliner tradisional. Dan salah satu acara menggoyang lidah yang dapat dilakukan dikala mengunjungi Pantai Namalatu ialah hunting kuliner.

Ada banyak pedagang masakan tradisional seperti kuyabu, sagu gula, dan pisang ijo di area pinggir pantai.

Lokasi Pantai Namalatu sebagai tujuan wisata sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Deretan warung masakan dan penjual kelapa muda,berjajar rapi di sepanjang pantai.

Menikmati matahari yang terbenam memang akan menjadi aktifitas menarik di Pantai Namalatu. Apalagi, saat waktu bersantai sore akan ada ibu-ibu yang menjual jajanan pisang goreng dengan berkeliling.

Lebih nikmat lagi, dikala satu buah kelapa muda menemani keceriaan jingga-nya matahari terbenam.

  1. Hunting Foto

Pantai namalatu memeiliki berbagai objekd ans udut pengambilan gambar yang bsia diexplorasi
Objek fotografi. Image via: beritagar.id

Pantai Namalatu memang bukanlah pantai populer layaknya Pantai Netsepa atau Liang. Namun Pantai yang sebagian besar daerahnya ialah batuan karang ini seringkali menjadi tujuan wisatawan yang ingin mencari obyek fotografi.

Karang-karang di Pantai Namalatu memang masih terjaga dan sangat indah baik untuk diabadikan dalam foto atau dinikmati pribadi dengan snorkeling. Pengunjung akan menemukan keindahan pantai Ambon dengan sudut pandang yang berbeda dikala berada di Pantai ini.

Sehingga tidak mengherankan apabila pantai ini banyak dikunjungi oleh para potografer ternama.

  1. Mancing

Para pemancing mania yang kebetulan sedang berlibur di Kota Ambon, maka jangan melewatakan objek wisata Pantai Namalatu. Bukan hanya mampu refreshing alias menyegarkan pikiran, pengunjung juga bisa melampiaskan hobi memancing disini.

Namun untuk pengunjung yang penghobi pancing, ketika memancng di sini harus membawa peralatan sendiri. Karena di sekitar pantai tidak ada tempat penyewaan peralatan pancing.

  1. Family Time

pantai namalatu dengan suasana yang rindang, sesuai untuk wisata keluarga
Family Time. Image via: travel.tribunnews.com

Simak juga: Jernihnya air Waikelo Sawah

Jika berkunjung bersama keluarga atau kekasih tercinta, maka mampu menyewa bahtera bebek semoga moment romantis atau kekeluargaan lebih terasa. Apalagi bila datangnya di sore hari dikala matahari mulai terbenam, pastinya akan sangat menyenangkan.

Suasana romantis nan syahdu bsia disempurnakan dengan menghadirkan segelas es kelapa muda yang bsia dibeli di warung tepi pantai.

Pantai Namalatu merupakan pilihan sangat sempurna bagi siapapun yang ingin memanjakan diri. Disini, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar bibir pantai sembari menyaksikan birunya air laut dan hamparan bebatuan karang sepanjang mata memandang.

Kalau merasa lelah, maka bisa membeli minuman dan duduk bersantai di bawah pohon kelapa tepi pantai.

Tips Wisata Pantai Namalatu

Waktu terbaik berkunjung ke pantai yaitu di pagi hari. Angkutan menuju Pantai tersedia, hanya saja tidak hingga malam. Sekitar pukul lima sore biasanya angkutan sudah sepi dan menjelang malam sudah tidak beroperasi lagi.

Jika hanya ingin berjalan-jalan di pinggir pantai, harap mengenakan ganjal kaki alasannya adalah pantai penuh belahan batu karang yang berukuran kecil tapi berwarna putih bersih.

Pantai namalatu ramah pada keluarga, termasuk anak.
Pantai ramah anak. Image via: @alvinlatukolan

Objek Wisata Dekat Pantai Namalatu

Di ambon ternyata juga ada pemandian air panas. Namanya Pemandian Air Panas Tulehu. Pemandian air panas yang mengandung welirang yang tinggi ini mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Lokasi pemandiannya pun sangat unik, terletak di bawah bukit sehingga terkesan mirip berada di dalam hutan.

Sebagai kota besar, ambon juga mempunyai infrastruktur ikonik yang sekaligus menjadi landmar kota. Dalam hal ini, epran itu diambil oleh Jembatan Merah Putih. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2015. Jembatan ini menghubungkan antara lintas Poka dan Galala.

Keberadaan Jembatan Merah Putih ini kini berubah menjadi menjadi pusat rekreasi bagi masyarakat lokal. Banyak warga lokal yang berfoto dengan latar belakang Jembatan Merah Putih alasannya pemandangannya sangat indah. Apalagi dikala malam hari dikala lampu sudah mulai menyala, Jembatan Merah Putih ini semakin cantik dipandang.

Selain aneka macam keindahan dan keseruan pantai namalatu yang sudah kami sebutkan tadi, masih banyak ada dongeng ang sbai diambil dikala mendatangi lokasi wisata di Ambon ini. Jadi, jika kau belum pernah ke Ambon, tidak ada salahnya memasukkan Ambon, dalam planning petualanganmu pada liburan depan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni