Pantai Oetune, Gurun Indah Di Pantai Pulau Timor

Pantai Oetune yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki pasir yang bersih dan terbentang luas di pinggir pantai. Keindahan pantai ini sering disamakan dengan padang pasir di wilayah Timur Tengah.

Pantai Oetune yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki pasir yang bersih dan terbentang luas di pinggir pantai.
Pantai Oetune. Image via: indonesiakaya.com

Pantai Oetune mempunyai karakteristik gelombang pecah yang unik. Gulungan ombaknya saling menyusul, sekitar empat kali dalam semenit. Pasir-pasirnya sangat lembut dan mudah bergerak. Oleh alasannya itu, perlu hati-hati dikala berjalan di atasnya.

Jajaran Pohon Lontar juga ikut menghiasi lansekap Pantai Oetune. Anak-anak di sekitar akan bahagia hati memperlihatkan dan menjajakan buah lontar kepada pengunjung di sekitar pantai. Harganya sekitar Rp3.000-Rp5.000 per buah.

Berkunjung ke sini, mirip berada di gurun pasir. Pemandangannya begitu indah dan memesona. Hamparan pasir ini bisa digunakan untuk sandboarding karena di sekitar gurun terdapat beberapa gundukan pasir yang menyerupai bukit.

Perpaduan antara gurun pasir yang menghampar luas dengan laut lepas berwarna hijau kebiruan memang terlihat eksotis. Keindahan Pantai Oetune semakin lengkap dengan berjejernya pohon kausari di sepanjang batas pantai. Diperkirakan, usianya sudah puluhan tahun. Tak hanya itu, pantai ini juga menjadi rumah bagi tukik-tukik kecil.

bentangan pasir yang luas di tepi pantai GUrun pantai Oetune mengingatkan apda kondisi gurun pasir di timur tengah
Gurun tepi pantai. Image via: mytrip.co.id

Simak juga: wisata indah di Timoe Tengah Selatan

Lokasi Pantai Oetune

Pantai Oetune terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pulau Timor, Provinsi NTT.

Jaraknya sekitar 115 km dari Kota Kupang, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Rute Menuju Pantai Oetune

Berjarak sekitar 115 km dari Kota Kupang, diperlukan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam lamanya. Pengunjung mampu menyewa kendaraan terlebih dahulu di Kota Kupang ataupun memakai kendaraan langsung untuk menuju lokasi pantai.

Pengunjung harus melintasi jalur lintas selatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada awal tahun 1990-an dengan kondisi jalan bervariatif. Mulai dari jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit dan lembah.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai, hamparan perbukitan serta rumah-rumah penduduk khas Timor akan menemani perjalanan Anda. Kurang lebih sehabis 2,5 jam berkendara, pengunjung akan menemukan persimpangan yang apabila lurus maka akan menuju Pantai Kolbano.

GUrun pantai Oetune bisa menghasilkan foto yang dramatis
Gurun Oetune. Image via: myjobandtrip

Letak Pantai iniberada di sebelum kawasan Pantai Kolbano. Di kanan jalan pengunjung akan melihat beberapa spanduk dan baliho mengenai wisata Pantai Oetune, kemudian arahkan kendaraan belok ke kanan menuju lokasi.

Jam Buka Pantai Oetune

Pantai Oetune terbuka sepanjang hari atau 24 jam untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Tiket Pantai Oetune

Pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar 3.000 rupiah dan 1.000 rupiah untuk biaya parkir motornya.

Fasilitas Pantai Oetune

Lopo-lopo adalah Fasilitas unik di pantai Oetune
Lopo Pantai Oetune. Image via: misterpangalayo.com

Simak juga: Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon di Tanah Timur

Di sekitar lokasi panai, sudah terdapat beberapa akomodasi penunjang bagi para pengunjungnya seperti jajaran lopo-lopo, rumah khas warga Pulau Timor, dengan jumlah 7-9 lopo dan 1 buah lopo induk di tengahnya, yang dapat digunakan sebagai tempat untuk bersantai sejenak.

Selain itu juga terdapat toilet dan juga kamar bilas, yang mampu dipakai para pengunjung untuk mandi dan berbilas setelah bermain air di pantai.

Di sekitar pantai, juga terdapat beberapa kios kecil yang menjajakan masakan dan minuman ringan. Anak-anak lokal setempat juga biasa menjajakan buah Lontar kepada para pengunjung Pantai Oetune.

Daya Tarik Pantai Oetune

  1. Gurun pasir

GUrun panai Oetune sungguh mengingatkan pada pemandangan gurun apsir, hanya saja kurma tergantikan oleh pohon rontal.
Ini bukan Mesir. Image via: travel.detik.com

Pantai Oetune memberikan pesona pesisir dengan hamparan lautan padang pasir yang lembut. Saking besarnya, pengunjung mampu puas menjelajah padang pasir yang luasnya mencapai beberapa ratus meter persegi itu.

Dengan cuaca yang relatif terik, keindahan gurun pasir ini berpadu dengan panorama pantai yang eksotis. Dari kejauhan, pengunjung mampu melihat debur ombak yang saling menggulung, mendekati bibir pantai yang juga dipenuhi pasir putih lembut.

Ada banyak jenis acara yang mampu pengunjung lakukan di gurun pasir Pantai Oetune. Selain bisa bebas berfoto, pengunjung juga bisa gunakan lokasi ini sebagai kawasan bermain sandboarding. Makin seru, karena gurun pasir di sini terdiri dari banyak gumukan pasir yang bikin sandboarding bisa meluncur deras.

Pesona anggun gurun pasir di pantai ini mencapai klimaks di sore hari. Kala, matahari mulai tenggelam, warna langit yang sendu terasa menyatu dengan warna pasir di gurun ini. Kaprikornus, cocok banget buat pengunjung yang pecinta senja.

  1. Sand boarding

pengunjung pantai oetune bsi amencoba olahraga gurun pasir, sand boarding.
Bersiap meluncur. Image via: @hendrik513

Simak juga: Benteng Otonaha di Tepi danau Limboto

Cabang olahraga papan seluncur memang beraneka ragam. Kita tentu telah menjumpai beberapa jenis olahraga papan seluncur layaknya longboarding, skateboarding, surfing, dan snowboarding. Sandboarding merupakan salah satu olahraga yang memakai papan seluncur dengan medan bukit pasir.

Daerah yang paling sering dipakai untuk latihan sandboarding adalah gurun pasir atau kawasan pesisir pantai dengan bukit pasir. Beberapa destinasi penting yang jadi primadona untuk meluncur di atas pasir, misalnya, gurun Namibia, bagian selatan dan barat Australia, Mesir, dan lain-lain.

Namun dengan mengunjungi pantai Oetune, untuk mengenal Sandboarding, tidak perlu harus pergi jauh. Tidak perlu pergi ke laur negeri mirip ke Amerika, Namibia atau Australia lagi.

Suasana Pagi di gurun pantai oetune sungguh terasa otentik
Sunrise Oetune. Image via: foap.com

Gumuk pasir yaitu sebuah fenomena alam yang terbentuk dari pasir yang terbawa hembusan angin. Lama kelamaan pasir tersebut akan menumpuk dalam jumlah yang besar. Maka terbentuklah gumuk pasir atau sand dunes.

Kalau gumuk pasir di pantai Oetune juga mempunyai huruf berbukit-bukit, sehingga bsia digunakan untuk sandboarding.

Di sana pengunjung bisa mencoba olahraga sandboarding atau ski pasir. Namun di sini pengunjung harus membawa papan sendiri. Belu ada fasilitas penyewaan papan sandboarding, seperti di Parangkusumo Jogja.

Pengunjung yang pertama kali kenal olahraga ini, bisa mencoba di jalur pemula yang tingginya hanya 1-2 meter. Tetap berhati-hati ya sebab licin dan mampu jatuh. Nah, jika untuk yang sudah profesional akan dibawa ke jalur yang lebih tinggi, yaitu 5-7 meter.

foto artistik bisa dihasilkan oleh fotografer handal di Pantai oetune
Foto artistik. Image via: mytrip.co.id

Simak juga: Candi lumbung

Tips Mengunjungi Pantai Oetune

  • Waktu kunjungan terbaik

Pesona gurun pasir Pantai Oetune paling asyik dinikmati semenjak mentari terbit. Pemandangan sunrise di sini mampu dibilang juara.

  • Jika dari Kupang, perlu berangkat dini hari

Untuk mencapai gurun pasirPantai Oetune, pengunjung perlu berkendara selama beberapa jam terlebih dahulu dari pusat kota Kupang.

Karena momen terbaiknya adalah saat sunrise, maka traveler sebisa mungkin siap berangkat dini hari. Harus berangkat jam 1 dini hari dari Kota Kupang, maksimal jam 1 alasannya adalah butuh perjalanan 3-4 jam menuju Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Dengan berangkat pukul 01.00 WITA, perkiraannya akan datang di gurun pasir Pantai Oetune saat momen mentari terbit alias sunrise

pesona Pantai Oetune terpancar dari luas pasirnya dan bersih lautnya
Pesona Oetune. Image via: foap.com

  • Jangan lupa sedia bekal sarapan

Berhubung berangkat dini hari, sebaiknya sempatkan juga untuk menyiapkan bekal untuk sarapan setibanya di gurun pasir Pantai Oetune nanti.

Dengan membawa bekal sendiri, mampu lebih menyesuaikan santapan yang pas untuk disantap di sela-sela kunjungan atau sebelum mulai menjelajah Pantai.

Selain itu, belum banyak pilihan menu sarapan yang tersedia di sekitar Pantai Oetune. Kebanyakan berupa mi instan rebus maupun goreng.

tulisan anam pantai menjadi Land MArk pantai OEtune
Landmark pantai. Image via: antaranews.com

Simak juga: Hayati Keagungan Candi Prambanan

Objek Wisata Dekat Pantai Oetune

Masih di kabupaten yang sama, yakni di timor tengah selatan, terdapat juga beberapa bojek wisata lainnya. Salah satunya yakni Gunung mArmer Futumnasi. Alam Futumnasi sangat indah, masih asri dan alami. Tempat ini menyajikan alam pegunungan yang sangat mempesona.

Selain mempunyai pemandangan yang eksotis.  Hal-hal menarik yang mampu Anda jumpai di Gunung Marmer Futumnasi mulai dari hutannya yang lebat, padang rumput yang luas, bebatuan yang unik dan gagahnya puncak Mutis.

Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan selanjutnya yang dapat dikunjungi yakni Pusat Kerajaan Mollo yang berada di Sonaf Aijaobaki. Di daerah ini pengunjung mampu menyaksikan bekas peninggalan Kerajaan Mollo. Pengunjung juga mampu menikmati hidangan ringan serta atraksi seni budaya berupa tarian giring-giring (Soo Bano).

Nah bagaimana? Apakah anda ingin tau dengan keindahan yang ada di Pantai Oetune ini? Apakah pantai ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, eksklusif saja nih lo siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan pribadi saja berangkat!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni