Pantai Pacitan, Pesona Pesisir Selatan Pulau Jawa

Pantai Pacitan ada berbagai jenis, mulai dari berombak tenang hingga pantai berbatu. Pantai merupakan wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok dikunjungi ketika berlibur. Berwisata di Pantai juga bisa menawarkan sensasi berlibur yang berbeda dan Menyenangkan.

Pantai Pacitan ada berbagai jenis, mulai dari berombak tenang hingga pantai berbatu. Pantai merupakan wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok dikunjungi saat berlibur
Pantai Pacitan. Image via: wisataoke.com

Mengenai objek wisata di Pacitan, mungkin yang pertama terbayang yakni soal Gua. Pacitan bukan hanya terdapat Goa saja. Justru di pacitan memiliki pantai yang sangat unik dan menarik dari pantai lainnya.

Potensi wisata alam di Pacitan ini bahkan mampu dikatakan sebagai salah satu yang paling mengesankan di Jawa Timur. Terutama jika berbicara dilema pantai di Pacitan, tidak banyak yang mengetahui mirip apa keindahan pantai di Pacitan.

Pacitan sebagai salah satu kabupaten di jawa timur yang terletak di pesisir selatan jawa, mampu di bilang pacitan sebagai salah satu nirwana tersembunyi di jawa timur. Yang pesona wisata pantai nya bisa di laga dengan pulau dewata bali

Banyak sekali destinasi Pantai pacitan yang memiliki pemandangan pantai pasir putih bersih. Berpadu dengan bahari yang kebiruan, serta terdapat ombak yang sangat cocok untuk surving. Sehingga menjadi daya tarik sendiri sebagai alternative wisata pantai selain bali

11 Pantai Pacitan Populer

  1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Pacitan, pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo . Image via: @pacitanku

Simak juga: 13 lokasi wisata indah Pacitan

Destinasi wisata pantai  Pacitan yang pertama adalah Pantai Banyu Tibo yang mempunyai makna “air yang jatuh”.Hal ini dikarenakan di pantai Pacitan satu ini Toppers bisa menemukan gerojokan yang pancurannya eksklusif jatuh ke pesisir pantai dan mengalur ke bahari.

Dikelilingi tebing bebatuan yang ekstotis, Toppers bisa menikmati indahnya panorama unik ini dari kejauhan atau juga turun ke hamparan pasir pantai untuk bermain air atau sekedar bersantai menikmati indahnya lautan.

Ada tempat khusus untuk berenang di bibir pantai dengan di atas nya ada penderasan kecil yang kondusif untuk anak-anak. Ditambah dengan banyak nya tebing tebing yang penuh dengan tanaman pepohonan. Dari bebatuan itu, pengunjung mampu melihat eksklusif ombak yang menyapu bibir pantai menambah suasana begitu kalem dan sejuk

Alamat: Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Ngandul

Pantai pacitand negan air terjun, Pantai Ngandul
Pantai Ngandul. Image via: @bingah_inawati

Letaknya yang tersembunyi menciptakan pantai Pacitan ini tidak banyak dijamah orang. Walaupun begitu, untuk menuju ke daerah wisata pantai ini tidaklah susah. Karena banyak petunjuk jalan yang akan memudahkan anda untuk menuju ke Pantai Ngandul ini.

Tidak hanya menyuguhkan birunya air bahari. Ternyata pantai Pacitan ini mempunyai keistimewaan tersendiri dari pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan. Pantai Ngandul ini memiliki air terjun yang terjadi alasannya patahan sungai yang airnya mengalir secara eksklusif ke laut

Di sini anda pengunjung dapat menjumpai daratan dan tebing yang menjorok. Di tempat ini pengunjung mampu puas berfoto ria dengan spot yang indah dan menarik. Namun, harus hati-hati, alasannya tebing yang terhubung ke dasar bahari ini cukup licin. Jangan mengambil foto hingga ke pinggir tebing, sebab cukup berbahaya.

Alamat: Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Watu Karung

Pantai Pacitan Watu Karung menawarkan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar
Pantai Watu Karung. Image via: @bookpacker

Simak juga: Wisata dan edukasi di Tlatar boyolali

Pantai Pacitan Watu Karung memberikan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar. Ombak di sini mampu mencapai ketinggian 4 meter. Dengan ombak yang sangat bagus tersebut, tak heran peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di sini.

Selain ombak kelas dunia yang dimiliki, Pantai Watu Karung ini juga memiliki pesona lain. Pantai ini sangat higienis dan air laut yang biru. Pasir yang pantai nya merupakan pasir putih. Deretan karang berjejer menambah keindahan dari pantai Pacitan ini.

disamping hal-hal tersebut terdapat juga pepohonan hijau yang melengkapi elemen-elemen keindahan dari daerah ini. Pengunjung yang tidak suka surfing, tetap mampu menikmati indahnya pantai Pacitan satu ini. Pengunjung  juga mampu menyantap aneka macam masakan yang dijual di pinggi-pinggir pantai.

Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Klayar

pantai Klayar, adalah salah satu pantai Pacitan terbaik. Di pantai ini terdapat karang raksasa yang berbentuk mirip patung Sphinx di Mesir.
Pantai Klayar. Image via: @chikaauliaananda

Tidak mampu dipungkiri lagi pantai Klayar, adalah salah satu pantai Pacitan terbaik. Di pantai ini terdapat karang raksasa yang berbentuk seperti patung Sphinx di Mesir. Selain itu pulai, di Pantai ini pun punya keunikan yang kerap di sebut dengan sebutan Seruling Laut.

Seruling laut sendiri merupakan kerikil karang besar yang memiliki celah. Setiap kali ombak besar tiba, celah karang itu memancarkan air ke atas dan menimbulkan suara siulan. Oleh karena itulah, fenomena ini kerap disebut seruling laut oleh masyarakat setempat. Mantap bukan sahabat teman.

Di pantai Pacitan ini ada sebuah peraturan, dimana pengunjung dilarang untuk berenang di pantai Klayar alasannya adalah alasan keamanan. Selain itu pula, tebing yang tinggi serta ombaknya dapat membahayakan pengunjung yang berenang.

Alamat: Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang cukup besar, sehingga pantai ini juga terkenal sebagai tempat surfing terbaik di Pacitan
Pantai Teleng Ria. Image via: @hudha_bestari

Simak juga: Slide terpanjang Asia di Kediri Water Park

Pantai teleng ria cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga tercinta. Pasir putih dan kecoklatan yang higienis menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya yang membawa belum dewasa.

Pengunjung bisa leluasa bermain air di tepian pantai hingga berenang di pantai. Namun pengunjung disarankan untuk berhati-hati, mengingat ombak maritim selatan memiliki ombak yang ganas yang tak dapat diduga waktu datang.

Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang cukup besar, sehingga pantai Pacitan ini juga terkenal sebagai tempat surfing terbaik di Pacitan. Maka tidak heran juga kalau saat mengunjungi pantai ini bertemu dengan beberapa wisatawan asing dari banyak sekali negara melaksanakan olahraga surfing.

Pantai Teleng mempunyai Pohon-pohon cemara yang rimbun. Banyak sekali pengunjung yang menggelar tikar dan duduk santai di bawah sejuk suasana pantai. Pohon cemara ini juga cantik dijadikan spot pengambilan foto.

Alamat: wilayah Balong, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Srau

Selain dari keindahan alam berupa tebing bebatuan dan panorama sunset-sunrise, pantai Srau menyimpan keunikan lain. Pantai ini memiliki mata air tawar
Pantai Srau. Image via: @exploredolan.id

Pantai Srau mempunyai pasir pantai berwarna putih. Di pantai Pacitan ini pengunjung mampu mendirikan tenda untuk camping dengan spot yang telah disediakan ialah ditepian garis pantai. Tersedia kamar mandi untuk mandi dan bilas untuk para pengunjung, serta warung yang buka 24 jam.

Ada banyak spot cantik untuk menikmati pemandangan, salah satunya diatas bukit karang, telah disediakan tangga untuk mengaksesnya. Namun jika ingin sedikit lebih jauh lagi, pengunjung bisa menyaksikan keindahan yang lebih keren dengan menyusuri bukit melalui jalan setapak yang ada.

Selain dari keindahan alam berupa tebing bebatuan dan panorama sunset-sunrise, pantai Srau menyimpan keunikan lain. Pantai Pacitan ini memiliki mata air tawar. Keunikan ini jarang diketahui pengunjung luar. Mungkin berkaitan dengan anggapan warga sekitar mengenai keangkeran mata air tawar itu.

Alamat: Candi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Buyutan

Pasir putih pantai buyutan bisa dijadikan sebuah tempat untuk berjemur layaknya beberapa pantai di Indonesia
Pantai Buyutan. Image via: @pacitanisme

Simak juga: Air terjun dan HUtan di Srambang Ngawi 

Pasir putih pantai buyutan bisa dijadikan sebuah tempat untuk berjemur layaknya beberapa pantai di Indonesia.  Berenang di tempat ini juga menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati esoktisnya pantai buyutan.

Di Pantai Pacitan ini pengunjung  akan digoda dengan kehadiran beberapa karang-karang unik dan anti mainstream. Karang yang ada disini seperti sekali dengan berbagai macam bentuk. Seperti perahu, ada juga yang seperti dengan mahkota dewa, dan masih banyak lagi.

Pantai Buyutan ini terbilang sebagai tempat yang paling ramah soal sunset. Pesona langit jingga, dan perpaduan alam yang tersaji seperti gambar dalam lukisan. Ada sebuah tebing yang menjulang cukup tinggi. Tebing inilah yang biasa digunakan sebagai kawasan untuk melihat lukisan alam ini.

Memasuki sore hari, beberapa wisatawan akan datang dan memadati tebing ini. bagi yang sedang asyik berenang maka, mereka akan berhenti dan segera berbilas.

Alamat: Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Pangasan

Indahnya pemandangan pantai pacitan ini berbingkau bebatuan karang yang menjulang tinggi.
Pantai Pangasan. Image via: @diluarrumah

Indahnya pemandangan pantai pacitan ini berbingkau bebatuan karang yang menjulang tinggi. Sebuah bukit karang besar yang bangkit kokoh menjadi salah satu landmark dari destinasi wisata pantai di Pacitan satu ini. Nuansa alami yang sangat sayang untuk pengunjung lewatkan saat berlibur ke Pacitan.

Di tebing sisi timur pun ada gua kecil yang tidak begitu luas. Di dalam gua tersebut banyak terdapat batu-kerikil bulat-lingkaran dan juga merupakan habitat dari kelelawar. Untuk masuk ke dalam gua harus menunggu ombak surut, alasannya pintu masuknya sempurna berada di zona ombak pantai.

Saat ombak laut sedang surut, kita bisa bermain air maritim ataupun mencari kerang. Banyak terdapat kolam-bak kecil yang berair jernih dengan ikan-ikan hias di dalamnya, sangat cocok buat berenang ataupun snorkeling.

Alamat: Kalipelus, Kebonagung, Pruwo, Kalipelus, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Langitan

pantai pacitan satu ini tersembunyi di balik tebing-tebing karang yang menjulang tinggi.
Pantai Langitan. Image via: @ayodolan

Simak juga: Agrowisata Bhakti Alam

Lokasinya pantai pacitan satu ini tersembunyi di balik tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Ini menciptakan suasana asri dari Pantai Langitan masih tak banyak diketahui orang-orang. Namun, pantai berbentuk teluk kecil ini mempunyai pemandangan yang sangat bagus dengan birunya maritim dan bebatuan karang yang eksotis.

Untuk turun ke pantai Langitan di butuhkan nyali tinggi alasannya harus menuruni tebing curam. Di mana di dinding tebing terdapat resapan air yang membuat tebing semakin licin. Tapi begitu berhasil turun ke pantai Pacitan ini, pengunjung akan mendapati sebuah pantai yang masih alami dan bersih dari sampah.

Alamat: Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Pikatan

Ciri khas Pantai Pidakan yaitu terdapat bebatuan alam yang berwarna putih dan bersih dari berbagai macam jenis dan ukuran.
Pantai Pikatan. Image via: @jarambahnusantara

Ciri khas Pantai Pidakan adalah terdapat bebatuan alam yang berwarna putih dan bersih dari banyak sekali macam jenis dan ukuran. Batu tersebutlah yang menjadi salah satu icon Pantai Pidakan. Pengunjung Pantai Pacitan ini di larang mengambil bebatuan elok yang terdapat di sepanjang bibir pantai.

Bagi Pengunjung yang hobi dengan fotografi, di Pantai Pidakan ini sangat cocok untuk di jadikan tempat hunting. Tidak sedikit calon pengantin dari aneka macam tempat tiba ke Pantai ini untuk melaksanakan sesi preweding.

Di pantai Pacitan ini kalau air maritim sedang surut Anda akan melihat beberapa warga sekitar pantai Pidakan ini mencari kerang di celah-celah lubang  bebatuan karang di sepanjang bibir Pantai.

Alamat: Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

  1. Pantai Kunir

Di sekitar Pantai Kunir ada sebuah sungai yang bermuara ke pantai. Muara ini dikelilingi oleh hutan yang cukup lebat.
Pantai Kunir. Image via: @pacitan_paradise

Simak juga: Spot Surfing terbaik di Pantai Lhoknga

Pantai Kunir mempunyai pasir putih dan air laut yang sangat bersih. Ada salah satu keunikan yang ada di sekitar pantai yaitu sebuah tanah lapang berumput yang cukup luas. Mendirikan tenda disana akan menjadi sesuatu yang sangat pas untuk menikmati langit malam di sekitaran pantai.

Di sekitar Pantai Kunir ada sebuah sungai yang bermuara ke pantai. Muara ini dikelilingi oleh hutan yang cukup lebat. Bentuk muara sungai ini seperti sebuah telaga dengan air yang sangat hening dan jernih. Sangat menarik hati sekali untuk berenang.

Dengan suasana pantai Pacitan yang sangat sepi dan damai serta keberadaan hutan di sekelilingnya, Pantai Kunir ini menjadi tempat yang sangat pas untuk kabur sejenak dari kesibukan sehari-hari yang melelahkan. Tempat ini akan menjadi kawasan yang pas untuk mencari wangsit baru serta menciptakan pikiran kembali fresh.

Alamat: Jl. Jalur Lintas Selatan, Dusun Lamong, Desa Pagerkidul, Kecamatan Sudimoro, Pager Kidul, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000,-

Jam Oprasional : 24 Jam

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi pantai Pacitan yang ada dalam daftar di atas?

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni