Pantai Pangasan Pacitan, Dijaga Gunung Lanang Dan Gunung Ganjuran

Pantai Pangasan Pacitan yaitu salah satu pantai di kawasan ini yang masih alami dan punya daya tarik tersendiri. Selain pesona pantai yang indah, daya tarik utama Pantai Pangasan yaitu tebing kerikil yang menjulang tinggi. Masyarakat setempat bisa menyebut tebing batu ini dengan nama Gunung Lanang.

Pantai Pangasan Pacitan adalah salah satu pantai di daerah ini yang masih alami dan punya daya tarik tersendiri
Pantai Pangasan Pacitan. Image via: @indoflashlight

Di pantai ini, pengunjung juga mampu melihat perbukitan hijau yang berbatasan eksklusif dengan laut lepas. Hal yang tentu jarang ditemukan di banyak pantai. Pengunjung Pantai Pangsasan Pacitan bisa mencicipi suasana pantai yang alami dengan susasana tenang yang sekarang sudah arang didapatkan.

DI sebelah timur pantai, pengunjung akan menemukan muara sungai yang menjadi pembatas antara Pantai pangasan dengan Pantai Sangklehan. DI sebelah timur ini juga ada tebing yang cukup besar, walau tidak sebesar gunung lanang di barat.

Gunung di timur patai ini diberi nama gunung Ganjuran. Konon Gunung Ganjuran dianggap keramat. Ini terbukti dari adanya acara ritual, oleh beberapa warga di sekitar area gunung Ganjuran ini. Di Sebelah timur gunug terdapat sebuah goa kecil.

Senja di Pantai Pangasan Pacitan.
Senja di Pantai Pangasan. Image via: @afief_ilham

Simak juga: 11 Pantai cantik di Pacitan

Lokasi Pantai Pangasan Pacitan

lokasi Pantai Pangasan Pacitan ini terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Lokasi Pantai Pangasan tidak terlalu jauh dari sentra kota, untuk menuju area parkir Pantai Pangasan hanya membutuhkan waktu perjalanan sekira 40 menit. Kemudian, perjalanan dari area parkir menuju pantai dilanjutkan dengan melakukan trekking berjalan kaki selama 15 menit.

Rute Menuju Pantai Pangasan Pacitan

Untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke wisata alam Pantai Pangasan pacitan ini yang satu ini, Jalannya sudah cukup Bagus. Untuk rute menuju Pantai Pangasan dari Kota Pacitan mampu lewat fly over Gayam dan ikuti terus jalan utama.

Jangan berbelok arah sebelum sampai gapura masuk Desa Klesem dan lurus mengikuti jalan utama. Sesampai di pertigaan Balai Desa Kalipelus, belok kiri hingga pertigaan kembali belok kiri. Pastikan untuk fokus dalam mengendalikan, kendaraan alasannya adalah jalananya menurun.

rute-pantai-pangasan-pacitan
Rute Jalan Setapak. Image via: wisatamantap.com

Ikuti jalan utama sampai bertemu pertigaan ambil ke kiri lagi. Kembali ikuti jalan utama hingga pertigaan barulah ambil kanan. Karena jalanan setapak, maka pengunjung dipersilakan parkir di titik ini. Perjalanan selanjutnya dilanjutkandnegan jalan kaki di jalan setapak.

Rute trekking berupa jalan setapak yang melalui perkebunan dan persawahan warga yang menyuguhkan sensasi tersendiri.

Jam Buka Pantai Pangasan Pacitan

Danau ini sebuah tempat terbuka. Kaprikornus tidak ada pintu masuk dan keluar, maka lokasi ini mampu dianggap terbuka 24 jam sehari. Ini mungkin juga akibatd ari belum adanya pengelola resmi lokasi wisata ini.

Tiket Pantai Pangasan Pacitan

Sama mirip wisata air lainnya yang belum dikelola dnegan profesional, pengunjung pantai Pangasan Pacitan ini tidak dipungut biaya masuk. Alias tiket masuk Pantai Pangasan ini gratis. Hanya saja pengunjung dikenakan biaya parkir kisaran Rp 2000 – 5000 per motor.

Sawah menghijau di dekat bibir pantai pangasan pacitan.
Sawah menghijau. Image via: @mbolangjatim

Simak juga: PAsir putih pantai Bercak Pacitan

Fasilitas Pantai Pangasan Pacitan

Karena masih belum sering dikunjungi oleh wisatawan, pengunjung  mampu mencicipi suasana yang hening di pantai ini. Bahkan, pantai Pangasan Pacitan ini belum ada kemudahan seperti daerah makan dan kawasan duduk untuk beristirahat yang memadai.

Untuk duduk, pengunjung mampu memanfaatkan bebatuian, atau bahkan selojoran di pasir pantai. Ini justru menciptakan suasana jadi lebih kalem, Alami, dan menyenangkan.

Daya Tarik Pantai Pangasan Pacitan

Warga lokal memebri ama pantai ini sebagai Pantai pangasan, alasannya adalah banyak batu karang. Di akrab pantai, pengunjung dapat menikmati hamparan hijau persawahan warga.

  1. Sisi Barat Pantai Pangasan Pacitan

Gunung Lanang di sisi Barat pantai pangasan pacitan.
Gunung Lanang di sisi Barat. Image via: tribunnewswiki.com

Perjuangan pengunjung menempuh trekking selama sekitar 15 menit, melalui jalan setapak tidak akan berakhir sia- sia. Keringat yang mengucur akan terbalas dengan indahnya panorama ciptaan Tuhan yang tak terperikan di Pantai PAngasan APcitan ini.

Tidak cukup hanya puas bermain air, pengunjung mampu menyusuri sebelah barat pantai menuju Gunung Lanang. Gunung ini dikenal sebagai landmark yang menjadi ciri khas Pantai Pangasan Pacitan ini. Sebenarnya ini bukan gunung sungguhan. la hanya terlihat mirip tanjung kecil yang terpisah dari daratan.

  1. Sisi Timur Pantai Pangasan Pacitan

Bukan hanya sisi barat pantai yang perlu dinikmati, sisi timur pun menyimpan panorama yang layak untuk di tengok. DI sisi timur terdapat sungai, yang dijadikan batas paling timur dari daerah pantai pangasan. Di seberang sungai, sudah disebut dengan Pantai Sangklehan.

Pasir hitam sisi timur Pantai Pangasan PAcitan.
Pasir Pantai Pangasan. Image via: @pacitan_paradise

Simak juga: Pesona PAntai Walaikiri Sumba

Beda dengan tempat barat yang berbatu karang, pantai tempat timur ini banyak dijumpai area berpasir HItam. Warga menyebutnya Pantai Sangklehan. Meski hanya terpisah sungai, namun secara administratif, tempat timur masuk desa lain, yaitu Desa Katipugal, Kecamatan Kebonagung.

Dari sisi timur ini, Gunung Lanang masih terlihat terang.  Jika disebelah barat terdapat gunung Lanang, maka di sisi timur ini menjulang Gunung Ganjuran.

Dari penuturan warga, ada cerita jika di tempat ini aroma mistis berpengaruh mewarnai. Ini diindikasikan dnegan keberadaan beberapa pengunjung yang datang ke gunung Ganjuran dengan tujuan mistis.

Di ujung timur daerah juga nampak keberadaan sebuah  goa kecil. Pengunjung yang ingin tau, mampu masuk ked alam gua kecil ini. Di dalam gua ini aneka macam bebatuan berbentuk lingkaran. Dan juga alasannya suasana gua yang gelap dan lembab, tidak gila bila gua ini juga menjadi sarang kelelawar.

Untuk Dapat masuk ke gua ini tidak bisa sembarang waktu. Pengunjung harus menunggu ombak surut. Karena saat ombak pasang, pintu gua masuk akan terhalang ombak pantai.

Berfoto cantik berlatar gunung lanang.
Berfoto elok. Image via: @ayodolan

Tips Mengunjungi Pantai Pangasan Pacitan

  • Hindari berkunjung ke Pantai Pangasan Pacitan saat trend hujan. Karena memang jalur menuju pantainya belum maksimal / belum memadai. Di beberapa bagian jalan sangat licin dan berlumpur. Intinya cari waktu yang sempurna, dikala cuaca akrab.
  • Bawa perbekalan dari rumah berupa air dan masakan, alasannya adalah di daerah pantai tidak terdapat warung dan sejenisnya.
  • Bagi pengunjung yang ingin membawa mobil tetap mampu. Namun mobil ditinggal di bab atas (ada parkiran mobil tapi tidak luas / sempit), sehingga tidak direkomendasikan membawa mobil. Kami sarankan memakai motor saja
  • Kalau mampu gunakan guide lokal/ masyarakat sekitar semoga lebih aman, kecuali kalau punya sobat yang sudah tau persis kawasan ini bisa di ajak
  • Jangan lupa bawa kamera, bawa drone bagi yang punya, siapkan juga power bank dan peralatan rekam lainnya, alasannya adalah sayang kalau tidak diabadikan kawasan seindah ini

Hijauhnya persawahan di tepi pantai pangasan pacitan
Hijauhnya persawahan. Iamge via: @sisi_alam.id

Simak juga: Pantai Puru Kambera berpagar Cemara 

Objek Wisata Dekat Pantai Pangasan Pacitan

Pacitan selain terkanal akan kota 1000 Gua, juga ternyata memiliki banyak pilihan pantai pantai wisata yang indah. Salah satu yang unik ialah Pantai Klayar. Di pantai ini terdapat karang raksasa yang berbentuk seperti patung Sphinx di Mesir. Selain itu pulai, di Pantai ini pun punya keunikan yang kerap di sebut dengan sebutan Seruling Laut.

Untuk wisata keluarga, pacitan memiliki pantai Teleng Ria. Pantai teleng ria cocok untuk dikunjungi dikala berlibur bersama keluarga tercinta. Pasir putih dan kecoklatan yang bersih menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya yang membawa belum dewasa. Pengunjung bisa leluasa bermain air di tepian pantai hingga berenang di pantai.

Seperti itulah gosip, kondisi dan situasi yang ada di Pantai Pangasan Pacitan. Tempat ini sangat direkomendasi menjadi tujuan wisata di hari libur.

Begitu wabah mereda, silahkan pergi bersama sahabat-teman, saudara, maupun keluarga dan abadikan momen berharga berlatar Gunung Lanang yang menjulang.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni