Pantai Panjang, Pantai 7 Km Di Pesisir Barat Bumi Rafflesia

Pantai Panjang dinamakan “Panjang” sebab memiliki garis pantai yang sangat panjang. Mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter. Hal ini terjadi alasannya adalah di sekitar pantai tidak terdapat karang.

Pantai Panjang dinamakan “Panjang” karena memiliki garis pantai yang sangat panjang. Mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter
Panjangnya Pantai Panjang. Image via: pedomanwisata.com

Ukuran yang luar mampu besar ini membuat pantai ini lebih indah saat surut. Karena hamparan pasir putihnya jadi terlihat sangat luas. Kondisi pantainya yang landai, airnya yang higienis, serta hamparan pasir putihnya yang luas, merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata Pantai Panjang.

Pengunjung Pantai ini  tidak hanya bisa menemukan warna biru dari maritim dan putih dari pantai, tapi juga hijau dari pepohonan. Dengan kondisi pantai mirip itu, pengunjung dapat mandi sepuasnya sambil menikmati semilir angin pantai yang sejuk di bawah pepohonannya.

Pohon cemara dan pinus yang tumbuh di sekitar pantai ini juga merupakan keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Pohon cemara dan pinus ini menambah kesegaran suasana di sekitar pantai.

Pantai Panjang ini juga menjadi wisata olahraga, dengan berjogging di dikala pagi atau pun sore hari di lintasannya. Pantai ini memiliki pasir putihnya yang sangat halus, tidak akan mengotori kaki dikala berjalan-jalan.

Pnatia panjang memebrikan suasana romantis dan syahdu di sore hari
Senja di Pantai Panjang. Image via: @andree.pt

Simak juga: Pesona Bukit Khayangan Kerinci

Lokasi Pantai Panjang

Karena panjangnya, pantai ini hingga masuk dalam wilayah 3 Kecamatan. Pantai ini masuk dalam wilayah Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban.

Pantai ini Letaknya sekitar 1.5 km dari pusat kota. Pantai ini mempunyai garis pantai yang mencapai 7 km dengan lebar pantai sekitar 500 meter.

Rute Menuju Pantai Panjang

Bandara Fatmawati di Bengkulu ialah Bandara Domestik, hanya melayani penerbangan Jakarta dan Batam. Pantai Panjang terletak di Sebelah barat kota di sepanjang Jalan Pariwisata, Kota Bengkulu. Pantai hanya 1,5 KM dari Pusat Kota dan gampang diakses dengan mobil, minibus, taksi atau sepeda bermotor.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Panjang, terdapat banyak sekali macam kemudahan transportasi yang tersedia di pusat Kota Bengkulu.

Berbagai macam akomodasi transportasi yang tersedia dapat dimanfaatkan dari mulai transportasi umum, hingga kendaraan sewaan. Pantai Panjang mampu ditempuh sejauh 3 Km dari sentra Kota Bengkulu. Rutenya ialah Jl.Fatmawati – Jl.Ratu Agung – Jl.Samudra – Jl.Parawisata.

Pantai panjang yang indah tlah ditata sebagai pantai wisata
Pesona Pantai. Image via: wisataria.com

Jam Buka Pantai Panjang

Secara teknis tidak ada jam buka tutup di pantai panjang ini. Hal ini mungkin alasannya panjangnya pantai yang hingga 7 km itu. Dengan jam buka yang 24 jam dan jarak hanya 1,5 km dari pusat kota, pantai ini menjadi lokasi wisata ideal untuk bersantai. Sebagai lokasi wisata selingan maupun lokasi wisata utama.

Tiket Pantai Panjang

Pengunjung Pantai Panjang tidak dikenakan tiket masuk, alias gratis. Ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi pantai ini.

Fasilitas Pantai Panjang

Sebagai kawasan wisata utama, berbagai akomodasi diposisikan di sepanjang pantai seperti restoran, bar, kemudahan, taman bermain belum dewasa serta fasilitas olahraga.

Pantai Panjang memiliki air yang jernih serta dilapisi dengan pasir yang sangat halus yang tidak akan menyakiti kaki Anda, sehingga sangat tepat untuk berjalan-jalan atau joging pagi. Ombak yang tidak terlalu berombak, sehingga merasa bebas untuk bermain di air, berenang atau memancing.

Daya Tarik Pantai Panjang

  1. Pantai yang Indah

Pantai Pnajngan tampil sejuk dengan pepohonan cemara
Pepohonan pantai. Image via: reyginawisataindonesia

Simak juga: Surfing di Pantai Krui

Saat air maritim surut, pesona pantai panjang seakan tersingkap ke permukaan. Pesona pantai timbul karena hamparan dari pasir putihnya terlihat demikian luas. Perpaduan antara warna putihnya pasir bahari, birunya air maritim dan hijaunya pepohonan yang ada disekitar menyebabkan gradasi serta perpaduan warna yang begitu menakjubkan.

Deburan ombak laut yang silih berganti disusul dengan angin bahari yang menerpa wajah dengan sangat lembut, membuat para pengunjung merasa begitu betah untuk berlama-lama dii daerah pantai ini.

Di sekeliling pantai ini juga ditumbuhi dengan aneka macam macam jenis peppohonan rindang seperti cemara dan pinus yang menciptakan suasana di pantai ini terlihat begitu sejukk walau terik matahari begitu memancarkan cahayanya.

  1. Kegiatan Pantai

Menikmati pantai Panjang dnegan bersantai
Menikmati Pantai. Image via: alamasedy.com

Di pantai ini ada cukup banyak aktivitas yang mampu dilakukan seperti, bermain volly pantai, berenang, atau hanya sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati keindahan ombak dari pantai ini. Atau berjalan-jalan desekitar pantai sambil mencicipi kelembutan dari pasir putih Pantai Panjang Bengkulu.

Tak hanya itu saja, bagi para pecinta kegiatan air seperti surfing, juga mampu menyalurka hobi dan talenta anda di pantai ini. Karena pantai ini merupakan daerah surfing yang cukup baik dengan ombaknya yang terbilang cukup besar. Sehingga bagi anda para surfer wajib untuk mencoba ombak Pantai ini.

  1. Jogging

OLahraga pagi Jogging di Pantai Panjang.
Jogging di Pantai Panjang. Image via: siberklik.com

Simak juga: Pesona Kalianda Lampung

Bagi pengunjung yang memutuskan menginap di Kota Jambi, sempatkanh satu hari untuk berdiri se-pagi mungkin. Pengunjung mampu menikmati suasana Pantai Panjang di pagi hari sambil berolahraga. Terdapat jogging track yang cukup nyaman di sepanjang pantai yang membujur sejauh tujuh kilometer di tepian Kota Bengkulu ini.

Anak-anak, orang remaja, sampai yang lanjut usia tampak antusias menikmati suasana pagi di daerah ini. Yang membuatnya menjadi sangat nyaman adalah posisi pantai yang menghadap ke barat. Walaupun matahari pagi semakin meninggi, pantai ini tetap teduh tertutup oleh pepohonan yang cukup rindang.

Setelah lelah berolahraga, biasanya para pengunjung akan turun ke bibir pantai untuk bermain air. Memang berenang di pantai ini tidak dianjurkan, mengingat laut yang berhadapan pribadi dengan pantai ini yakni Samudera Hindia, dengan ombak yang relatif berbahaya.

  1. Bersantai di Pantai

Pantai panjang memiliki fasilitas wisata untuk anak, seperti ATV.
Cara lain menikmati pantai panjang. Image via: @m.nackori

Setelah olahraga pagi, melanjutkan hari dengan duduk-duduk santai, atau sedikit lari berkejaran dengan ombak sudah cukup untuk menjadi pelepas lelah susai jogging. Suasana pantai yang ramai pengunjung ternyata dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mencari nafkah.

Ada beberapa penjaja masakan yang berkeliling menyediakan menu makanan ringan unik. Ada satu menu yang unik yang dijajakn penjual makanan ringan ini. Di dalam keranjang, mereka membawa kepiting yang sudah digoreng dengan balutan tepung.

Harganya pun tidak mahal, hanya berkisar lima ribu rupiah per ekor. Ukurannya memang tidak terlalu besar, namun cukup untuk mengganjal perut yang keroncongan di pagi hari. Hati-hati, jangan lepas kontrol ngemil kepiting gorengnya ya. Nanti joggingnya jadi tidak berkhasiat.

  1. Festival Pantai Panjang

SAlah satu peserta Patung pasir dalam festival PAntai PAnjang.
Patung pasir dalam bazar. Image via: bengkulu.antaranews.com

Simak juga: Alun-Alun Kidul Jogja

Dalam rangka mendukung pantai panjang sebagai ojek wisata, pemerintah provinsi Bengkulu secara rutin menyelenggarakan Festival Pantai Panjang. Festival ini diselenggarakan setiap tahun, dan sudah masuk dalam kalender event wisata nasional.

Festival ini juga menggelar lomba kreasi pasir, pegelaran seni budaya Bengkulu, Bengkulu Ekpo, pasar rakyat dan pesisir coffe corner, serta lomba funbike yang ikuti ribuan gowes. Semua acara Festival Pesisir Pantai dilaksanakan di Sport Senter, Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat tiba ke lokasi bazar tersebut.

Foto kenangan di pantai panjang.
Foto kenangan. Image via: rochigambar

Objek Wisata Dekat Pantai Panjang

Dalam jarak hanya 2 km dari pantai Panjang, terdapat Benteng Marlborough. Objek wisata di Bengkulu ini merupakan benteng terkuat kedua milik Inggris di wilayah timur, sehabis Fort St George di Madras, India. Benteng Malborough dibangun di rentang waktu 1713 sampai 1719 dengan luas area 44.100 meter persegi.

Setelah puas berkeliling Benteng Malborough, lokasi liburan di Bengkulu selanjutnya yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno. Antara Benteng Molborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno tak terpaut jauh, hanya sekitar 2,4 kilometer.

Di Rumah Pengasingan Bung Karno, pengunjung bisa melihat jejak-jejak romantisme sang Proklamator ke pujaan hatinya Fatmawati. Terdapat surat cinta dari Soekarno untuk Fatmawati yang meluluhkan hati. Soekarno berada di rumah pengasingan dari 1938 sampai 1942.

Demikianlah sedikit cerita mengenai keindahan Pantai Panjang Bengkulu. Dengan mengunjungi langsung, tentu anda akan mendapati bahwa dongeng ni hanya sebagian kecil saja dari ratusan pesona yang dimiliki pantai indah ini.

Semangat Berlibur!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni