Pantai Puru Kambera, 5 Km Pasir Putih Yang Berpagar Cemara Setebal 50 Meter

Pantai Puru Kambera berpasir putih nan empuk yang seakan bercumbu tiada henti dengan ombak yang hadir silih berganti. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat menawan. Desiran angin yang berpadu dengan teriknya mentari Sumba tidak menghambat kekaguman akan indahnya pantai.

Pantai Puru Kambera berpasir putih nan empuk yang seakan bercumbu tiada henti dengan ombak yang hadir silih berganti. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat menawan.
Pantai Puru Kambera. Image via: travel.tribunnews.com

Hamparan pasir pantai ini berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru menarik hati. Di sepanjang bibir pantai membentang pula hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang. Berteduh di bawahnya, disertai hembusan angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai merupakan kenikmatan tersendiri di pantai ini.

Begitu hingga di pantai, hati niscaya tergoda untuk sekedar mencelupkan kaki di air bahkan nyemplung sekalian,, berenang menikmati air laut. Tidak perlu khawatir, pantainya sangat landai dan ombaknya tidak terlalu besar Sangat sulit untuk menggambarkan hanya dengan kata.

Ombak pantai ini juga relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga mampu pula untuk bersnorkeling. Waktu yang sempurna untuk bersnokeling ialah ketika pagi hari yaitu ketika air bahari sedang surut.

Hamparan pasir pantai ini berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru menggoda. Di sepanjang bibir pantai membentang pula hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang.
Foto dari Drone. Image via: kompasiana.com

Simak juga: 11 daerah wisata di Pulau Sumba

Lokasi Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kmabera terletak di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari sentra kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur.

Rute Menuju Pantai Puru Kambera

Lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Waingapu dan mampu ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Waktu tempuhnya sekitar satu jam perjalanan.

Rute perjalanan dari Waingapu bisa langsung menuju ke Desa Mondu. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke kawasan ini. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau dan beberapa kuda yang sedang merumput.

Jam Buka Pantai Puru Kambera

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kabupaten Sumba Timur. Pantai Puru Kambera buka jam 24 jam.

Pagi di Pantai Puru Kambera.
Pagi di Pantai Puru Kambera. Image via: awalnya

Tiket Pantai Puru Kambera

Umumnya, harga tiket untuk masuk kawasan wisata berbeda antara hari libur, ahad atau hari biasa. Namun tidak demikian dengan Pantai Puru kambera. Saat weekday, harga tiket masuk Pantai Puru Kambera yaitu Rp 15,000.00. Demikian juga dengan harga tiket masuk weekend tetap sama.

Fasilitas Pantai Puru Kambera

Pantai ini memang tak seramai pantai-pantai lain yang ada di tempat Waingapu mirip Pantai Londo Lima misalnya. Pantai Puru Kambera masih sepi pengunjung. Makara sangat cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan dikala berlibur.

Hampir tidak ada penduduk di sekitar daerah pantai ini. Begitu juga dengan rumah makan. Hanya ada beberapa penginapan saja yang dikelola oleh koperasi. Karena itu jangan lupa juga untuk membawa bekal masakan dan minuman kalau akan berkunjung ke sini.

Daya Tarik Pantai Puru Kambera

  1. Barisan Cemara

Di bawah Cemara Pantai Puru Kambera.
Di bawah Cemara Pantai Puru Kambera. Image via: @nu_rajivsingh

Simak juga: Rumah Adat Prai Ijing Sumba

Hamparan pohon cemara yang tumbuh dan berkembang begitu teratur bagai ditata manusia, membentang sepanjang bibir pantai. Panjang bentangannya sekitar sekitar 10 km, dengan lebar ke darat hanya sekitar 50 meter.

Namun, sebetulnya pohon cemara yang berusia 1 tahun sampai 20 tahun itu tumbuh secara alamiah. Ketika angin bahari atau angin darat berembus di area pantai, yang terdengar adalah suara gemuruh perlahan di udara, menerpa tubuh yang sedang kepanasan.

Tubuh pun terasa cuek dan sejuk seketika. Warga sering tiba membawa tikar. Siang hari, mereka tidur di bawah rerimbunan pohon itu sehabis lelah mandi dan makan. Bahkan, ada pengunjung yang sempat terlelap di pantai ini.  Seperti berada dalam istana atau di lokasi yang istimewa.

  1. Pantai yang panjang

Pantai Puru Kambera terasa terindah di Sumba Timur. Hamparan pasir putih berkilau sepanjang sekitar 5 km membentang di bibir pantai dengan air laut yang jernih membiru
Pantai Panjang. Image via: @alfons_pingge

Pantai Puru Kambera terasa terindah di Sumba Timur. Hamparan pasir putih berkilau sepanjang sekitar 5 km membentang di bibir pantai dengan air bahari yang jernih membiru. Ketika mendekati pantai itu, tepatnya dari Bukit Puru, sekitar 2 km, tampak hamparan pasir putih yang memesona mata.

Hati pun seakan melonjak kegirangan menyaksikan air bahari nan jernih, yang bergelombang kecil memecah di bibir pantai. Tak ada penduduk di sekitar pantai. Aktivitas nelayan pun sangat jarang, menandakan pantai itu benar-benar bebas dari perilaku kotor insan.

Hanya tampak beberapa elang beterbangan di pesisir, sebentar hinggap di puncak pohon cemara, kemudian terbang mengikuti buih ombak di tepi pantai, mencari makanan. Keheningan pantai itu membunuh semua perasaan ingar-bingar tinggal di perkotaan.

  1. Menyelam

Ikan perairan Pantai Puru Kambera
Ikan perairan Pantai Puru Kambera. Image via: mongabay.co.id

Simak juga: Melihat KUda di Savana Puru Kambera

Walau bakan spot penyelaman utama di Sumba, Pantai Puru Kambera tetap mampu dinikmati sebagai lokasi penyelaman. Tidak perlu masuketrlalud alam, penyelam sudah masuk melayang diantara warna-warni coral Puru Kambera. Kerapatan hard dan soft coral dari puru kambera sangat mengagumkan.

Jaman dahulu memang banyak para nelayan pendatang yang memakai bom untuk mencari ikan di tempat sini. Tetapi kesadaran bahwa ikan akan segera menghilang bila karang dihancurkan dengan bom, menggugah semangat nelayan setempat untuk menjaga maritim Puru Kambera.

Di sini pengunjung bisa pribadi bertemu dengan banyak sekali macam ikan yang mengelilingi karang. Beberapa jenis ikan blennie juga tidak luput dalam perjumpaan itu. Penyelam akan merasa sangat beruntung sekali mampu menikmati itu semua.

Walaupun tidak didukung dengan kemudahan yang memadai, penyewaan peralatan menyelam, pantai puru kambera tetap cuup menawan. Penyelam rata-rata menyatakan puas. Walaupun tentu di sini tidak akan mampu bertemu si manta ray dan dugong yang legendaris si maritim Sumba itu.

Menuntun Kuda di Pantai Puru Kambera.
Menuntun Kuda di Pantai Puru Kambera. Image via: awalnya

Tips Mengunjungi Pantai Puru Kambera

Pantai memang destinasi liburan paling favorit. Apalagi di Pantai Puru Kambera nan indah dan eksotis ini. Agar liburan di pantai semakin seru dan mengasikkan, ada beberapa tips asik menikmati pantai ini patut diperhatikan.

  • Memakai sunblock SPF tinggi

Memang paling seru liburan ke pantai ketika ekspresi dominan panas. Gak seru juga bila liburan ke pantai pas ekspresi dominan hujan. Karena di pantai itu matahari bersinar terik, so kalian perlu menggunakan sunblock SPF tinggi agar kulit kau tidak terbakar dan tetap terlindungi.

  • Outfit yang kece sekaligus nyaman

Pakailah pakaian yang menyala semoga eye catching dikala kena jepret kamera. Menggunakan topi lebar juga mampu menambah kekecean kau loh, selain itu manfaat lain dari topi yaitu melindungi wajah kamu dari paparan matahari. Dan satu lagi, pakailah sandal semoga tetap nyaman saat di pantai. Kamu dapat berjalan bebas tanpa khawatir kemasukan air atau pasir.

  • Siapkan kamera

Kamera memang penting banget sih untuk mengabadikan moment seru-undangan di pantai baik upwater ataupun underwater. Kalau kamu mempunyai drone, seru juga tuh dibawa untuk mengabadikan keindahan pantai dari atas ketinggian.

berteduh di bawah pohon cemara pantai puru kambera
Berteduh. Image via: lifestyle.okezone.com

Simak juga: Danau Lut Tawar di ketinggian tanah Gayo

Objek Wisata Dekat Pantai Puru Kambera

Objek wisata lain yang terdekat dengan Pantai Puru Kambera, tentu saja adalah Savana Puru Kambera. Savana Puru kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas.

Ketika menetapkan berkunjung ke Savana Puru kambera, pengunjung akan menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau ketika demam isu penghujan dan kuning saat demam isu kemarau dilengkapi dengan gerombolan kuda liar yang sedang merumput.

Untuk pantai lainnya, sumba timur mempunyai Pantai Watu Parunu. Pengunjung Pantai Watu Parunu, akan disambut hamparan pasir pantai, tebing watu dan desir ombak. Tebing kerikil putih yang berada di ujung timur pantai Watu Parunu menjadi salah satu ciri khas Pantai ini. Tebing watu putih yang tinggi di Pantai ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto.

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan keindahan yang ada di Pantai Puru kambera? Apakah hamparan Pasir putih dan barisan Cemara nan indah ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, langsung saja siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan pribadi saja berangkat begitu situasi wabah terkendali!

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni