Pantai Ria Gresik

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”11508″
data-slug=””>

5
/
5
(
1

vote

)

Lokasi: Dusun Perapattunggal, Desa Deketagung, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur 61181

Map: Klik Disini

HTM: Gratis

Buka: 24 Jam

Pantai di Gresik

foto by instagram.com/udin_meleng_

Pantai Ria. Dua kata ini diadopsi oleh beberapa kawasan yang ada di dunia. Salah satunya yaitu Restoran Pantai Ria, halal seafood restaurant di Jalan Pantai, Sirusa, Negeri Sembilan, Malaysia, tidak terlalu jauh dari Teluk Kemang Hotel Port Dickson (PD).

Ada pula Holiday Condo @Pantai Ria di Kampung Bagan Pinang, Shangri-La’s Rasa Ria Resort & Spa di Pantai Dalit, PPR Pantai Ria dan Ria Beach Apartment di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, kurang lebih 4 km dari Flat Taman Pantai Dalam serta Bazar Ria di Kuala Lumpur.

foto by instagram.com/sultan.ysya

Dua Lokasi

Di Indonesia sendiri kita mengenal Pantai Ria Kenjeran atau yang beken dengan sebutan Kenjeran Park (Ken Park).

Ia terbagi menjadi dua lokasi, yakni Pantai Kenjeran Lama, akrab dengan tempat Rian dkk menggambar mural, dan Kenjeran Baru yang dihubungkan oleh Jembatan Suroboyo, letak Taman Air Mancur Menari (Dancing & Musical Fountain) yang melakukan pertunjukannya setiap Malam Minggu berada.

Keduanya sama-sama memberikan pemandangan pantai serta laut nan unik. Pesona sunset alias matahari terbenamnya pada sore hari juga amat menggoda. Tidak heran jika warga Surabaya, Jawa Timur kerap menjadikannya alternatif bersantai saat hari libur, selain mendatangi mall atau sentra perbelanjaan.

Sebagai destinasi wisata keluarga, kemudahan yang disediakan KenPark sudah sangat lengkap. Mulai dari playground, toko pernak-pernik, warung makan dan persewaan bahtera.

foto by instagram.com/nusatriw

Selain itu, seperti yang bisa dilihat pada petapark, ada beberapa spot yang layak dikunjungi, seperti area waterpark, pemancingan, contoh kuda dan Kya Kya Seaside (sentra jajanan di Kenjeran Park).

Terdapat pula klenteng (kawasan sembahyang umat Buddha) bernama Sanggar Agung atau Hong San Tang Temple yang didirikan setelah Klenteng Kwan Kong Bio. Ia mempunyai dua ikon. Pertama, Patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter yang terletak di pinggir bahari.

Menurut Wikipedia, patung itu dibangun setelah salah satu karyawan melihat sosok wanita menggunakan jubah putih berjalan di atas air pada malam hari, yang diyakini sebagai penampakan sang dewi.

foto by .instagram.com/tal1tha_f.z

Kedua, Stupa Maha Brahma yang mempunyai banyak sebutan, antara lain Brahma Catur Muka, Phra Prom, She Mien Fo dan Four Face Buddha.

Perhitungan pembangunannya banyak memakai angka sembilan karena selain menyesuaikan rujukan patung serupa di Thai, negeri Waranee, seorang sarjana kedokteran yang kerap melakukan research, angka tersebut mempunyai arti tersendiri.

Karena berukuran raksasa, dia didaftarakan ke MURI sebagai patung Four Face Buddha paling besar se-Nusantara, meski yang dimiliki Negeri Gajah Putih masih jadi yang terbesar di dunia.

foto by instagram.com/fanfan_achmad

Di samping KenPark, ada 4 objek wisata dengan nama Pantai Ria di Indonesia, antara lain di Ende, Flores, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, di Dompu, Nusa Tenggara Barat, di Ancol, Jakarta dan Gresik, Jawa Timur yang akan dibahas kali ini.

Contoh lain yang agak seperti yakni Pantai Teleng Ria (Pacitan), Pantai Matahari Carita Ria (Pandeglang, Banten) dan Pantai Mandala Ria (Bulukumba, Sulawesi Selatan).

Lalu, ada Tasik Ria Resort & Spa (Manado, Sulawesi Utara) dan Ria Bintan Golf Lodge (Bintan, Kepulauan Riau).

Keelokannya

foto by instagram.com/imam.jrr

Pantai Ria merupakan satu dari beberapa pesisir yang berada di Pulau Bawean. Ia sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain di pulau tersebut.

Di pinggir pantainya mampu dijumpai bebatuan karang hitam yang menjulang tinggi. Selain itu, tidak terdapat hamparan pasir putih atau debur ombak. Air lautnya sendiri jernih dan berwarna biru kehijauan.

Pemandangan yang terlihat ketika Anda main ke objek wisata ini ialah kapal-kapal nelayan yang berlabuh di pinggiran. Kadang, mereka dibawa berlayar ke tengah samudera.

foto by instagram.com/lovi_tech179

Keberadaan mereka berkaitan dengan asal ajakan penamaan Pantai Ria. Dulu, pantai itu dijadikan daerah bersandarnya kapal nelayan sehabis menangkap ikan. Karena hasil jaringan melimpah ruah, para nelayan pun bergembira ria.

Area tersebut juga sempat menjadi sentra pengolahan ikan dan rumput maritim. Maka, tidak heran kalau sampai sekarang Anda masih bisa melihat perahu-perahu serta aktifitas mereka di sekitar pantai.

Lokasi Dimana

foto by instagram.com/danisoudlan

Alamat Pantai Ria ada di Dusun Perapattunggal, Desa Deketagung, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jatim. Satu-satunya cara untuk menuju lokasi yaitu dengan menumpang kapal feri atau pesawat ke Pulau Bawean.

Jika melalui jalur bahari, biaya yang harus dikeluarkan kurang dari Rp150.000, sedangkan kalau memakai transportasi udara tarifnya lebih mahal. Tapi, Anda mampu cepat hingga di destinasi, hanya dalam hitungan menit. Berbeda dengan kapal yang memerlukan waktu berjam-jam.

foto by instagram.com/exploregresik

Buka Jam Berapa

Setelah tiba di Pulau Bawean, silakan mencari tempat sewa motor untuk melanjutkan ekspedisi ke Pantai Ria. Tidak usah terburu-buru karena zona wisata tersebut buka selama 24 jam. Di samping itu, pengunjung tidak dikenai biaya apapun ketika memasukinya.

Best time to visit Pantai Ria yaitu pada pagi dan sore hari. Karena dikala itu panorama sekitar sedang bagus-bagusnya. Jika Anda tertarik untuk menikmati sunrise di pantai tersebut bersama pasangan, lakukan check in di motel terdekat.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni