Pantai Rindu Alam, Pantai Landai Dengan Akomodasi Ala Theme Park

Pesona pantai Rindu Alam yang terbentang sepanjang ± 2 km sungguh menawan. Pohon pinus yang melambai-lambai tampak bagus mempesona. Diwarnai deburan ombak yang dekat serta pasir pantai yang tidak mengecewakan putih menjadi ciri khas tersendiri meluluhkan hati pengunjung.

Pantai Rindu Alam, pantai yang sejuk dengan naungan pohon pinus di sepanjang pantai
Pantai Rindu Alam. Image via: emchoiruman

Pantai ini merupakan daerah rekreasi favorit anggota keluarga yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pantai Rindu Alam Pagatan mempunyai hamparan pasir putih yang indah. Deburan ombak dan hembusan angin yang dipancarkan seolah memanggil pengunjung untuk mencicipi betapa nyamannya berenang di pantai ini. Aktivitas berenang di pantai Rindu Alam Pagatan ini cukup aman sepanjang tidak terlalu dari bibir pantai dan diharapkan pengawasan dari anda.

Pantai Rindu Alam cukup lengkap dengan banyak sekali sarana bermain belum dewasa. Salah satunya bak renang bawah umur yang dilengkapi dengan perosot-perosotan, outbond, dan lain sebagainya.

Lokasi Pantai Rindu Alam

Pantai Rindu Alam Pagatan ini terletak di Betung, Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

icon pantai rindu alam yang juga cantik untuk spot foto
Icon pantai. Image via: kabarbanua.com

Simak Juga: Wisata Banjarmasin

Lokasi ini kurang lebih berada sekitar 7 Km dari pusat kota Pagatan dan Sekitar 37 Km dari Batulicin ibukota kabupaten Tanah Bumbu. Dari Ibu kota provinsi, Banjarmasin, lokasi ini berjarak 230 km.

Rute Menuju Pantai Rindu Alam

Untuk menuju pantai rindu alam, mampu dimulai dari kota kabupaten watu licin. Dari kota Batu Licin, Ambil Jl. Lingkar lalau Belok kanan ke Jl. Manggis. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu pertigaan Jalan Ahmad Yani. Pada pertigaan ini masuk ke Kanan menuju jalan Ahmad Yani. Berkendara terus di Jl. Ahmad Yani sejah kira kira 25 km.

Saat sampai perempatan Tugu Pahlawan 7 Februari Pagatan, ambil arah ke kanan.  Terus lanjutkan perjalanan menyusuri pantai. Dari perempatan tugu hero itu, pantai Rindu alam berjarak sekitar 7 km lagi.

pinus pantai rindu Alam bisa dimanfaatkan untuk memasang hammock demi terciptanya suasana yang lebih nyaman dan santai
Hammock pinus. Image via: @supriansyahhh

 Jam Buka Pantai Rindu Alam

Untuk mampu menikmati kunjungan wisata ke pantai rindu alam, pengunjung bisa tiba mulai jam 07.00 pagi hingga jam 22.30 malam.

Tiket Pantai Rindu Alam

Biaya retribusi kepada pengunjung untuk masuk ke pantai Rindu Alam sebesar  Rp. 5000 per kendaraan beroda empat.

Bagi yang menyukai wisata pantai tempat ini bisa jadi alternatif liburan yang murah.

Fasilitas Pantai Rindu Alam

Pantai Rindu Alam ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari gazebo yang bisa dipakai kawasan mangkal, water boom buat bawah umur, WC dan toilet umum, sampai penjual makanan juga ada.

Daya Tarik Pantai Rindu Alam

  1. Pantai Yang Indah

Pantai Rindu alam memeilki kontur yang landai sehingga nyaman utuk berwisata berjalan jalan di atas pasir.
Pantai yang landai. Image via: @sufia1906

Simak juga: Pantai Asmara.

Pantai Rindu Alam Kalimantan Selatan merupakan sebuah pantai yang potensi ideal untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata. Dengan garis pantai yang cukup panjang hingga mencapai 1 km serta lebar pasir yang lebih dari 30 meter, menciptakan pantai ini leluasa digunakan untuk tempat beraktivitas oleh pengunjung.

Pantai pasir pantai yang berwarna putih dengan tekstur halus, serta kemiringan yang landai melengkapi kesempurnaan potensi pantai ini. Pada pasir yang datar ini pengunjung mampu melaksanakan berbagai macam acara, mulai dari berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain pasir, sampai sekedar duduk kalem berjemur Menikmati keindahan panorama.

Ombak pantai juga tidak begitu keras, sehingga relatif aman untuk dipakai bermain air jangan terlalu jauh ke dalam lautan.

jembatan pantai rindu alam menghubungungkan tempat parkir dengan pantai
Jembatan. Image via: emchoiruman

Bentuk Pantai Rindu Alam sepintas hampir ibarat sebuah pulau karena lokasi ini dipisahkan oleh sebuah selat kecil yang menjurus ke luar.

Untuk sampai ke Pantai Rindu Alam, pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung. Meskipun jembatan gantung sudah dibangun cukup memadai, pengunjung tetap harus berhati-hati saat melalui jembatan gantung tersebut agar tidak tergelincir atau terperosok ke sungai yang berada di bawahnya.

Pantai Rindu Alam menjadi andalan warga Tanah Bumbu untuk berlibur. Tak heran bila setiap harinya Pantai Rindu Alam hampir tak pernah sepi dengan pengunjung. Pada hari biasa jumlah pengunjung Pantai Rindu Alam mampu mencapai ratusan orang. Sedangkan ketika libur panjang atau perayaan khusus biasanya pengunjung mampu menembus ribuan orang.

  1. Hutan Pinus

Outbound di pantai rindu alam menyenangkan untuk dilakukan, karena kontur pantai yag landai dan cukup lebar.
Outbound di pantai. Image via: @go.orbit

Simak juga: Pantai Angsana

Salah satu daya tarik yang istimewa di lingkungan Pantai Rindu Alam ini ialah adanya hutan pinus yang menjulang tinggi. Tempat ini sangat cocok dipakai untuk berteduh dari teriknya sinar matahari saat siang hari.Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk berfoto dengan background deretan pohon pinus yang terlihat memukau.

Berbeda dari pantai pada umumnya, daerah sekitar Pantai Rindu Alam banyak ditumbuhi dengan pepohonan pinus, sehingga dikala sampai di sana Anda akan mencicipi hawa yang benar-benar asri dan sejuk. Apalagi karena pepohonan yang ada di sana memang tumbuh dengan rimbun.

Hamparan pantai yang panjang sekitar 1 Km dan disepanjang pantai ini ditumbuhi cemara cemara maritim yang menawarkan keindahan tersendiri.Suasana di Pantai ini akan terasa semakin menawan ketika senja hari. Matahari karam  terlihat indah di depan pantai ini.

Lokasi pantai yang strategis dibalik rimbunnya pepohonan pinus memberi keuntungan bagi pantai ini karena tidak terlalu terekspos dan bersentuhan pribadi dengan dunia luar. Hal ini mengakibatkan keasrian dan kebersihan pantai masih alami dan terjaga.

  1. Kolam Renang

pantai rindu alam memeiliki fasilitas kolam renang lengkap dengan perosotan
Kolam perosotan. Image via: tribunnews.com

Selain mengandalkan keindahan alam berupa pantai dan flora pinus, pengelola sepertinya berpikir untuk menambah daya tarik pantai ini. Pemikiran kreatif mereka membuahkan inspirasi untuk menambahkan membangun sebuah bak di tepi pantai itu.

Yang dibangun di pantai Rindu alam ukan hanya sekedar kolam, tetapi kolam yang mampu digunakan untuk bermain. Kolam yang dihiasi dengan air mancur serta beberapa perosotan dan permainan air yang lain, seperti layaknya Waterboom pada kawasan-daerah water park besar.

Perosotan di sini memang tidak terlalu tinggi. Namun itu tidak menjadi persoalan. Karena bak ini memang diproyeksikan untuk digunakan oleh belum dewasa.

Keberadaan bak ini mampu menjadi alternatif bagi pengunjung yang khawatir bila anak-anaknya bermain air di lautan. Selain itu juga mampu sekalian menjadi pemanasan sebelum mereka berenang di laut.

  1. Piknik

Di bawah pinus pantai rindu alam sangat mengasikkan utnuk duduk duduk menyantap bekal makanan
Di bawah pinus. Image via: rindangyuliani.com

Simak juga: Pulau tidung.

Pergi ke pantai merupakan sebuah cara untuk berekreasi yang memang sudah populer di seluruh negeri. Suasana kalem dan rileks yang diperoleh di pantai mampu, menenangkan hati dan bahkan Mempererat hubungan kalau pergi bersama sobat perjalanan.

Dalam kasus pergi ke pantai dengan keluarga, itu mampu menjadi family time yang sangat bermakna. Seperti layaknya sebuah perjalanan keluarga, makan yaitu bagian integral dari kebersamaan itu. Menyadari hal ini, banyak pengunjung pantai Rindu Alam yang memanfaatkan kondisi pantai untuk mereka piknik.

Pengunjung mampu menggelar tikar untuk makan bersama. Selain tikar, keberadaan Gazebo di tepi pantai juga mampu dimanfaatkan. Namun tempat terbagus untuk piknik bukan di Gazebo itu, namun di bawah Rindang pohon pinus.

Lesehan menggelar tikar di bawah pinus dengan Suasana pantai yang berpemandangan luas ditingkahi oleh kesegaran angin maritim, serta suasana adem di bawah pohon. Sungguh sebuah perpaduan sempurna yang mampu menjadi berkat bagi kebersamaan dalam keluarga melalui sebuah acara makan

kolam renangd engan persorotan di pantai rindu alam bsia dimanfatkan utnuk spot foto yang lumayan indah
Eksis habis. Image via: @ceritabanjar_

Objek Wisata Dekat Pantai Rindu Alam

Setelah puas bermain di pantai rindu alam, pengunjung yang masih penasaran sama pantai bisa mencoba pantai Pagatan. Pantai ini masih terletak di jalur jalan yang sama, berjarak 10 km ke arah timur. Pantai Pagatan tergolong istimewa dengan pohon kelapa yang melambai-lambai. Pantai ini juga memiliki sebuah program ritual khas nelayan keturunan Bugis yang biasanya di sebut dengan Macceratasi.

Jika tertarik untuk  mengeksplorasi keindahan laut bukan hanya permukaan, pengujung bisa mencoba wisata menyelam. Pilihan terdekat ada di pantai Angsana. Pantai ini berada 44 km di arah barat. Salah satu kegiatan yang menarik dari pantai ini ialah snorkeling dan selam scuba.Di perairan pantai itu pengunjung bisa melihat keindahan terumbu karang yang terletak tidak jauh dari lepas pantai.

Secara keseluruhan pantai Rindu Alam Pagatan ini sangat indah dan dan perlu dicoba untuk dikunjungi bersama anggota keluarga.

Have Fun dan Selamat berlibur.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni