Pantai Sekerat, Gadis Desa Terpencil Yang Mulai Di Dandani

Pantai nyiur melambai. Mungkin nama yang pantas disandang pantai Sekerat. Pada pasir pantai yang putih berbaris pepohonan kelapa. Bahkan ada yang tumbuh condong indah ke arah lautan. Bagai penari yang sedang mencondongkan badannya.

Pantai Sekerat, pantai yang indahd engan nyiur melambai di tepiannya
Pantai Sekerat. Image via: https://www.antarafoto.com/bisnis/v1471618207/wisata-pantai-sekerat

Pantai sekarat yang sunyi pada hari biasa, bisa menjadi lautan insan di hari libur lebaran dan tahun gres. Pantai yang belum populer ini mempunyai harta karun tersembunyi.

Kegiatan mencari kerang-kerangan yang terhampar di tepi pantai, akan menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung yang hobi dengan biota laut. Makin ke timur sepanjang pantai sekerat pengunjung mampu menemukan sungai-sungai kecil yang bermuara ke maritim.

Ada diantara sungai-sungai itu, tidak terjadi percampuran antara air sungai dan air asin. Makin ke barat pengunjung akan dapatkan pemandangan pengisian watu bara ke kapal pengangkut batu bara.

Untuk oleh-oleh, pengunjung bisa membawa pulang kerajinan dari kerang-kerangan yang dibuat oleh warga sekerat. Kerang-kerangan itu mereka olah menjadi bunga, hiasan dinding yang sangat anggun. Ada juga oleh-oleh berupa olahan air nira menjadi gula merah.

Kelapa melenggok pantai sekerat memberikan nuansa berbeda
Kelapa melenggok. Image via: bontang.prokal.co

Simak juga: Wisata di Samarinda

Lokasi Pantai Sekerat

Wisata Pantai Sekerat yang terletak di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan timur.

Pantai ini berjarak 250 km dari kota Samarinda. Sedangkan dari kota Sangatta ibu kota kabupaten ktai timur, pantai Sekerat berjarak sekitar 80 km. Kota terdekat yakni kota kecamatan Bengalon, yang berjarak 30 km.

Rute Menuju Pantai Sekerat

Untuk mencapai pantai Sekerat dari kota Samarinda, tidak ada angkutan umum. Jadi pengunjung harus menggunakan kendaraan eksklusif. Baik itu setir sendiri maupun rental kendaraan beroda empat sekalian 1 paket dengan driver.

Dari kota Samarinda, pengunjung masuk ke jalan Jl. Ahmad Yani menuju Tepian Langsat. Jalur ini kira-kira sepanjang 206 km, dengan waktu tempuh normal 5 jam.

Setelah hingga di SPBU Simpang Perdau, ambil jalur ke kanan, masuk ke jalan Mulawarman. Ikuti terus Jalan ini kira kira sepanjang 21 km, hingga ketemu perempatan Port Ling Road. Ambil jalur yang ke kanan, memasuki Port Ling Road. Ikuti terus jalan ini sejauh sekitar 20 km.

3 Anak bermian di pohon kelapa iconik pantai sekerat
3 Anak. Image via: antarafoto.com

Sampai bertemu pertigaan masuk ke jalan menuju pantai Sekerat. Dari keluar jalan Port Ling Road, pantai berjarak hanya 250 meter saja.

Jam Buka Pantai Sekerat

Pantai Sekerat buka setiap hari selama 24 jam. Kaprikornus pengunjung bisa tiba kapan saja tanpa khawatir tidak bisa masuk ke pantai.

Tiket Pantai Sekerat

Untuk memasuki pantai nyiur melambai, hingga dikala ini belum dikenakan tiket masuk. Gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir bila membawa kendaraan bermotor.

Fasilitas Pantai Sekerat

Sebagai pantai wisata, ada beberapa Fasilitas yang mampu dipakai oleh pengunjung di pantai sekerat.

Beberapa diantara akomodasi itu berupa warung makan, toilet, daerah peristirahatan, bangku pantai, homestay, dan lain-lain.

Gazebo pantai di pantai sekerat disediakan untuk kenyamanan pengunjung
Bangku pantai. Image via: http://tashimsangatta.blogspot.com/2012/05/panorama-keindahan-pantai-sekerat.html

Simak juga: Pantai Klara

Hal Menarik di Pantai Sekerat

  1. Pasir Pantai Landai

Pantai Sekerat yang berada di Kec. Bengalon yang mempunyai panorama alam dan pantai yang sangat indah. Pantai ini mempunyai hamparan pasir yang berwarna putih. Dengan kondisi pantai yang landai dan luas sangat mendukung aktivitas wisata di pantai ini.

Kontur pantai yang bersahabat, memudahkan pengunjung untuk melaksanakan aktivitas. Baik itu berenang, bermain bola, atau hanya sekedar berjalan menyusuri garis pantai sambil menikmati udara yang sejuk.

Keindahan yang dimiliki pantai sekerat juga di dukung oleh adanya pegunungan sekerat. Pegunungan itu berupa pegunungan kapur yang sangat indah. Keberadaan gunung  menambah keindahan di sekitarnya.

  1. Kuliner Pantai

Makan bersama angin pantai di pantai sekerat.
Makan bersama angin pantai. Image via: teropongmedia.com

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat rumah-rumah warga. Yang unik yaitu sebagian besar dari warga menggunakan rumah mereka sebagai warung kuliner. Mereka menjual masakan yang cukup beragam.

Bahkan di hari libur lebaran dan tahun gres, hampir seluruh warga sekerat berganti profesi menjadi pedagang makanan dan minuman. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan dan kehausan di pantai ini.

Makan dan minum sambil menikmati pemandangan indah di pantai sekerat dapat menciptakan pengunjung melupakan segala kepenatan di hari kerja.

Beberapa kuliner khas yang bisa dicoba, yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain diantaranya pisang gapit, ayam Cincane, nasi Bekepor, Sate Payau, dan Gence Ruan. Pisang gapit bahan pisang dari jenis pisang mirip pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk. memakai pisang yang setengah matang. Proses pembuatannya dipanggang sambil digapit, lalu di pencet sampai pipih.

Sate payau masakan yang unik, jikalau sate tempat lain menggunakan daging ayam, kambing, atau sapi, tidak dengan sate payau. Sate ini menggunakan daging rusa. Daging rusa jauh lebih lembut daripada daging kambing.

sate payau makanan khas pantai sekerat
Sate daging rusa. Image via: borneochannel.com

Simak juga: Rusa Ranca Upas

Ayam Cincane Dulu hanya akan dihidangkan saat program-program penting, seperti pernikahan atau kelahiran. Tetapi kini sajian ini sudah banyak disediakan di warung-warung makan di kawasan wisata termasuk pantai sekerat. Bahan utamanya adalah ayam kampung, sebab daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya.

Daging ayam kampung tersebut diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah mirip jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya. Ayam ini dibakar memakai bara api, tunggu hingga matang atau mampu juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih. Juga memakai jeruk sebagai penambah rasa biar lebih nikmat.

Nasi Bekepor, nama nasi yang cukup ini memiliki komposisi adalah nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah, kemudian dimasak menggunakan alat masak khusus khas Kalimantan Timur. Dalam penyajiannya, Nasi Bekepor umumnya disandingkan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur, adalah sejenis sayur asam yang diolah bersama dengan ikan air tawar seperti patin atau gabus dan ubi cantik.

Senja di pantai Sekerat memebrikan kesan romantis efek dari pantainya yang landai dan panjang
Senja di Sekerat. Image via: tofikpr

  1. Oleh-Oleh Khas

Untuk buah tangan, pengunjung mampu membawa pulang kerajinan dari kerang-kerangan yang dibentuk oleh warga sekerat, kerang-kerangan itu mereka olah menjadi bunga, hiasan dinding yang sangat anggun.

Bagi pengunjung yang suka dengan yang elok-cantik, pengunjung juga bisa membawa pulang gula merah hasil olahan warga sekitar pantai sekerat. Makanan enak ini mereka olah dari pohon aren. Gula merah sekerat ini mempunyai rasa yang pas. Tidak asin juga tidak pahit.

Jika sedang beruntung, pengunjung juga akan mendapatkan dampok wanyi. Dampok wanyi diolah dari buah wanyi yang merupakan buah khas Kalimantan. Karena wanyi merupakan buah tahunan, maka pengunjung hanya akan mendapatkan masakan ini dikala musim pohon wanyi berbuah.

gerbang laut, salah satu spot foto di pantai sekerat
Gerbang bahari. Image via: @angelputri02

Simak juga: Tanjung Bira.

Objek Wisata Dekat Pantai Sekerat

Objek wisata di kabupaten kutai timur tidak hanya pantai sekerat saja. Masih banyak pilihan objek lain. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Pantai Teluk Lombok. Pantai ini berjarak 111 km di selatan pantai sekerat. Mengunjungi Pantai Teluk Lombok, pengunjung akan dimanjakan dengan kesegaran dan ketenangan. Pantai ini memiliki pepohonan yang rindang dan terdapat pula gazebo-gazebo yang bisa disewa oleh pengunjung pantai.

Ada juga lokasi Pulau Miang. Pulau kecil ini berjarak sekitar 25 km perjalananlaut dari pantai sekerat. Desa Pulau Miang merupakan pulau terpencil yang mempunyai keindahan alam indah, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang jernih dan hening. Di sekitar daerah bahari Pulau Miang, warga pernah menemukan hiu tutul yang langka dan cukup cantik dilihat.

Makin ingin tau dengan pantai sekerat? Ayo ramai-ramai kunjungi pantai sekerat.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni