Pantai Suwuk Yang Indah

class=”kk-star-ratings kksr-valign-top kksr-align-left “
data-id=”1875″
data-slug=””>

5
/
5
(
2

votes

)

Lokasi: Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Koordinat: Klik Disini

Tarif: Anak-Anak Rp.2.500, Dewasa Rp.4.500

Operasional: 24 Jam

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk di Pantai Suwuk tahun ini sebesar 4.500 per orang, sangat murah di kantong kan?

Dengan harga tersebut kamu mampu menikmati banyak sekali akomodasi yang ditawarkan, bukan hanya pemandangan indah tapi juga berbagai wahana permainan sampai fasilitas umum lainnya seperti masjid maupun toilet umum.

Foto By @anggun_isn

Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Kebumen yang wajib untuk kau datangi, namanya yakni Pantai Suwuk.

Wisata pantai memang menjadi destinasi favorit di kota ini karena memiliki suhu udara yang sangat panas. Bahkan warga sekitar juga sering datang ke objek wisata alam tersebut hanya untuk sekedar menyegarkan pikiran.

Suwuk Beach memang tidak seperti pantai yang ada di Lombok dan Pulau Bali, tetapi destinasi wisata ini tetap di gemari oleh warga di Kebumen.

Kabupaten Kebumen di bagian selatan sendiri memang populer dengan wisata alamnya. Selain pantai daerah tersebut juga mempunyai seratus gua yang berstalaktif dan stalagmit.

Gua tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kebumen. Cocok sekali untuk kau yang hobi dengan petualangan deekstrim.

Baca Juga: 40 Tempat Wisata di Kebumen yang Indah dan Bagus

Pasir di sekitar Pantai Suwuk ini berwarna cokelat sampai hitam dan mempunyai pinggiran sangat panjang serta udara sejuk.

Foto By @samcokonurcahyo

Di bibir pantai Suwuk ini menjadi salah satu daerah bermain favorit bagi belum dewasa yang berkunjung kesini.

Mereka bisa bermain pasir sampai melakukan aktivitas olahraga mirip bermain volley dan bola. Tak jarang juga banyak pengunjung yang hanya duduk di pinggir pantai sembari menikmati udara khas bahari.

Di sekitar pantai Suwuk terdapat bangkai pesawat Garuda Boeing 737. Tentu saja pesawat ini bukan dari bangkai orisinil tetapi bangunan yang sengaja dibangun untuk objek wisata biar semakin menarik di mata wisatawan.

Banyak sekali pengunjung yang melakukan foto-foto, bahkan sering kali komunitas fotografi datang ke Pantai Suwuk hanya sekedar mengambil gambar dengan objek background bangkai pesawat tersebut.

Di bangunan pesawat ini biasanya juga diputar video 3 dimensi yang berdurasi sekitar 20 menit yang disukai bawah umur.

Tak hanya itu, dibawah bangunan pesawat ini juga terdapat sebuah kolam renang anak – anak. Kaprikornus selain puas bermain di pesawat ini, kau juga mampu menemani si kecil kau berenang disini.

Di dalam bangunan pesawat ini kamu juga mampu bebas masuk untuk melihat isinya, sehingga bisa merasakan sensasi seperti di dalam pesawat sungguhan.

Uniknya lagi di bangunan pesawat ini juga disediakan ruangan pilot dan co-pilot, kamu mampu masuk ke dalamnya berfoto selfie sepuasnya.

Sejarah Asal Usul

Foto By @kiekebumen

Selain terkenal dengan wisata pantai, di Kebumen juga dikelan dengan Goa yang tersebar dibeberapa daerah.

Seperti Pantai Karang Bolong, Pantai Petanahan, Pantai Bocor, dan lainnya, Pantai Suwuk juga tidak terlepas dari cerita maupun mitos.

Memang tidak mirip Pantai Karangbolong yang memiliki dongeng mistis sangat kental, di Pantai Suwuk ini juga sering kali terjadi kejadian diluar nalar insan.

Bahkan juga sering terjadi kecelakaan yang mengorbankan nyawa. Pantai Suwuk juga termasuk salah satu dari beberapa pantai selatan yang dipercaya adanya ratu penguasa maritim selatan Nyi Roro Kidul.

Di Pantai Suwuk ini juga pernah terjadi sebuah peristiwa mirip tsunami hingga menciptakan berita terbaru pada ketika itu.

Air laut di pantai ini mengalami pasang dan naik sampai mencapai bibir pantai yang tadinya kering. Lokasi di sekitar Pantai Suwuk ini biasanya bersih dan sedikit kering menjelma kotor.

Gelombang tinggi tersebut terjadi tepatnya pada tahun 2016. Beberapa pantai di bab selatan juga mengalami kejadian yang sama.

Keindahan dan Potensi

Di pintu depan gerbang Pantai Suwuk ini terdapat sebuah jalan kecil yang juga banyak sekali dipadati pengunjung yang merasa ingin tau.

Foto By @kiekebumen

Kamu juga wajib untuk menyusurinya, di sebelah kanan akan terlihat Sungai Telomoyo yang indah dan bermuara di Muara Suwuk.

Muara tersebut memisahkan Pantai Suwuk di Kebumen dangan Karangbolong. Maka secara tidak langsung kamu juga akan mampu melihat pantai Karang bolong dari kejauhan.

Di sungai Telomoyo ini juga disediakan jasa sewa perahu. Kamu bisa menaikki perahu tersebut untuk menyusuri Sungai Telomoyo.

Sebelum sampai di dermaga bahtera sungai, kamu harus melewati jembatan bamboo terlebih dahulu.

Hanya dengan 25 ribu rupiah kamu mampu mengelilingi sungai dan melihat pemandangan yang sungguh indah alasannya adalah Sungai Telomoyo sendiri bisa menampung sampai sepuluh sungai di Kebumen.

Ketika menyusuri sungai ini, akan sangat terasa keseruannya alasannya kau akan melewati hutan Nipah.

Gelombang di sungai Telomoyo ini sangat dekat jadi kau tidak perlu takut jikalau naik perahu disini. Berkunjung kesini, kamu akan disuguhi pemandangan dari orang-orang yang sedang memancing di sungai tersebut.

Di sungai ini juga populer dengan banyaknya ikan tawar. Bahkan bukan warga setempat saja yang memancing disini, tetapi orang dari luar kota bahkan pengunjung Pantai Suwuk juga ikut.

Foto By @palupiekawati

Keunggulan lain yang dimiliki pantai Suwuk ini ialah dilengkapi dengan kebun hewan kecil serta sarana bermain outbond, bahkan ada pula aneka macam wahana permainan anak-anak.

Tempat wisata ini memang cocok sekali untuk rekreasi keluarga. Meski terdapat beberapa dongeng mitos namun hal tersebut tidak membuat para pengunjung kabur dan tetap setia tiba ke pantai ini.

Di sebelah barat kamu juga mampu melihat pemandangan indah mirip bukit kapur yang menulang dari arah utara sampai bab selatan.

Bukit kapur tersebut terlihat begitu kokoh. Biasanya banyak pengunjung yang tidak lupa melewatkan untuk mengabadikan foto mereka dengan latar belakang bukit kapur tersebut.

Foto By @kebumenaerial

Sepintas bukit kapur jika dilihat dari jauh juga terlihat seperti gunung salju yang ada di Jepang.

Khas lain yang dimiliki Pantai Suwuk ini ialah pemandangan indah mirip padang pasir luas dan flora pandan serta rumput rindang.

Sering kali padang pasir ini digunakan sebagai daerah wisata offroad. Uniknya lagi bibir pantai disini bentuknya begitu curam dan tajam dengan kemiringan sampai 35 derajat. Jadi kau harus selalu berhati-hati jikalau bermain-main di sini.

Di Pantai Suwuk ini juga disediakan persewaan kuda, kau mampu menyewanya untuk sekedar mengelilingi bibir pantai.

Hanya dengan 25 ribu rupiah kamu bisa menunggangi kuda tersebut untuk berkeliling melihat pemandangan indah di tengah maritim.

Tenang saja kau tidak akan ditinggal sendiri dengan sang kuda tetapi akan ditemani dengan pawang untuk memandu perjalananmu.

Selain kuda ada beberapa permainan lain yang mampu kamu mainkan dan tentunya anak-anak akan suka, namanya adalah ATV.

Foto By @anggun_isn

Hanya dengan 50 ribu kau bisa bermain ATV selama 1 jam namun jangan hingga membiarkan bawah umur menaikinya sendiri ya, karena game ini harus dibawah pengawasan orang tua.

Di bagian kiri dan kanan juga terlihat jejeran daerah makan yang menawarkan banyak sekali sajian makanan mulai dari kuliner khas Desa Suwuk, Jawa Tengah sampai hidangan modern dan aneka olahan seafood enak.

Untuk harga makanannya cukup bervariasi, tergantung jenisnya dan terbilang sangat murah.

Ombak di Pantai Suwuk ini terbilang sangat besar. Bahkan beberapa kali juga terjadi kecelakaan yang menelan korban nyawa.

Terakhir kali terjadi pada tahun 2016 silam, seorang remaja asal Semarang hilang. Meski demikian keamanan di Pantai Suwuk sudah terjaga.

Sebab kini akan ada banyak petugas bertugas mengawasi pengunjung yang sedang mandi di pantai dan menyarankan agar tidak berenang ke tengah laut tetapi cukup di pinggir saja.

Lokasi Pantai

Alamat atau letak Pantai Suwuk ini berada di desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Jateng.

Foto By @kiekebumen

Kamu tidak akan kebingungan untuk dapat menemukan Pantai Suwuk ini alasannya adalah saluran jalan sudah sangat manis dan baik.

Dari Gombong sendiri pantai ini memiliki jarak sekitar kurang lebih 22 km di sebelah selatan dan membutuhkan waktu hanya 45 menit.

Sedangkan kalau dari Kota Karanganyar pantai ini berjarak sekitar 35 km berada disebelah barat daya dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu setengah jam.

Jalan Menuju Lokasi

Setelah mengetahui lokasi Pantai Suwuk, sekarang kita akan membahas tentang rutenya.

Rute jalan menuju pantai ini bahwasanya sangatnya sangat gampang tetapi kami juga akan menunjukkan santunan titik koordinat yang mampu kau sambungkan ke denah atau peta online dengan santunan google map dari smartphone-mu.

Foto By @yuventiusodie

Pertama kita akan bahas melalui jalur pantai selatan di Jawa Tengah yang lebih dikenal dengan Jalan Daendels yakni dari kawasan Cilacap ke Congot, Jogjakarta.

Jalur ini juga sering kali digunakan sebagai alternatif bagi pemudik di ketika lebaran tiba.

Jalur lain mampu kamu ambil dari arah Gombong, untuk waktu yang diperlukan disini adalah sekitar 45 menit dengan keadaan normal dan tidak macet atau berjarak kurang lebih 25 km.

Berbeda lagi bila dari arah Kebumen maka kau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan jarak yang dimiiki yakni sekitar 50 km dari arah kota.

Kami lebih menyarankan biar kau menggunakan kendaraan eksklusif jika ke Pantai Suwuk sebab terusan untuk angkutan umum sendiri mampu dibilang tidak ada.

Untuk ojek motor sendiri bisa kau mampu dari arah ke Kota Kebumen namun kalau ingin naik bus atau angkutan kendaraan beroda empat tampaknya akan sulit alasannya adalah dalam kota sendiri masih jarang ditemukan.

Malik Pratama

Menulis Adalah Seni